Cara Masuk dan Keluar Mode Fastboot Xiaomi

Cara Masuk dan Keluar Fastboot xiaomi

Fastboot jika diartikan secara literally maka akan berarti booting cepat. Yang mana arti dari booting adalah proses memulai, baik pada gadget maupun komputer. Namun Fastboot mode lebih diartikan sebagai istilah sebagai jalan masuk pada protokol untuk melakukan flashing pada perangkat android. Sebenarnya ketika masuk ke halaman ini, aku yakin kamu sudah mengetahui apa itu arti fastboot dan fungsinya, sehingga tidak perlu aku jelaskan terlalu panjang.

Nah kali ini aku akan fokus membahas mengenai Fastboot Xiaomi. Fastboot pada perangkat Xiaomi, kemungkinan berbeda dibandingkan dengan cara masuk fastboot pada smartphone merek lain. Hal ini karena sebagian besar smartphone menggunakan sistem operasi Android, sedangkan Xiaomi hampir semuanya menggunakan MIUI.

Meskipun begitu, beberapa smartphone Xiaomi juga didesain oleh Google dan menggunakan sistem operasi Android. Misalnya, smartphone Xiaomi Mi A2 Lite menggunakan sistem operasi Android One, dan juga beberapa type Xiaomi yang lainnya.

Sebelum masuk ke cara masuk dan keluar fastboot mode pada Xiaomi, di bawah ini aku jelaskan juga kelebihan dari fastboot mode Xiaomi. Selain itu, aku berpesan, sebelum kamu melakukan cara masuk mode fastboot, kamu baca sekalian bagian cara keluar dari fastboot. Sehingga nanti ketika sudah masuk ke mode fastboot, tidak perlu bingung lagi. Karena ketika sudah masuk mode fastboot, hp tidak bisa digunakan untuk browsing atau beraktivitas seperti biasa. Silakan disimak dan langsung praktekkan saja.

A. Kelebihan Mode Fastboot Xiaomi dibandingkan yang lain

Mode Fastboot Xiaomi pada dasarnya hanya satu di antara beberapa mode yang lain. Xiaomi, misalnya, memiliki download mode dan recovery mode. Download mode biasanya digunakan pada saat smartphone sedang melakukan proses download, tujuannya agar baterai awet dan download lebih cepat. Sedangkan recovery mode biasanya digunakan pada saat smartphone akan dilakukan perbaikan, baik sofware maupun hardware.

Nah fastboot mode ini memiliki kelebihan dibandingkan mode yang lainnya. Fastboot mode memiliki fungsi yang lebih lengkap dibandingkan mode yang lain. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan flashing system update, flashing custom recovery, flashing bootloader dan flashing kernel.

Selain itu, fastboot juga memiliki fungsi untuk mengganti splash screen, menghapus data, restore android dan menghapus cache. Ditambah lagi, flashboot Xiaomi juga dapat digunakan untuk wipe atau format sistem, data maupun cache.

Meskipun fungsinya cukup banyak, akan tetapi kecepatan fastboot tetap tinggi. Kamu bisa melakukan pengubahan file image ROM melalui koneksi USB yang lebih cepat dibandingkan melalui recover maupun update melalui recovery mode.

Nah setelah tahu berbagai kelebihan dan fungsi Xiaomi fastboot, maka kini saatnya untuk kamu masuk ke mode Fastboot rom Xiaomi. Pastikan kamu melakukan langkah langkahnya secara detail.

B. Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi

Cara masuk mode fastboot Xiaomi sedikit berbeda dengan cara masuk fastboot pada smartphone yang lain. Hal ini berkaitan dengan perbedaan sistem operasi yang diterapkan oleh Xiaomi. Smartphone Xiaomi sebagian besar menggunakan OS besutannya sendiri yaitu MIUI. Karena perbedaan sistem inilah, maka berbagai fitur dan kode yang ada pada android seringkali tidak bisa digunakan pada smartphone Xiaomi.

Namun pada dasarnya, cara masuk fastboot yang paling mudah untuk semua merek smartphone hampir sama, yaitu menggunakan kombinasi tombol. Yang membedakan hanya pada penggunaan kombinasi tombol yang berbeda beda untuk setiap merek dan type hp. Akan tetapi, tenang saja, untungnya Xiaomi menggunakan kode atau tombol yang sama untuk berbagai type smartphone miliknya. Sehingga kamu tidak perlu mencari untuk setiap type HP Xiaomi.

Berikut ini adalah langkah langkah untuk masuk ke fastboot mode pada smartphone Xiaomi. Ikuti langkah langkahnya dengan baik, karena ketika sudah masuk ke fastboot, kamu tidak bisa langsung kembali ke halaman ini untuk membaca ulang.

Perhatikan juga, pastikan kamu membaca bagian cara keluar dari fastboot mode sebelum melakukan langkah di bawah ini. Karena nantinya kamu tidak bisa masuk ke halaman ini lagi jika sudah berada pada fastboot mode.

1. Matikan smartphone

Masuk ke mode fastboot berarti masuk ke salah satu mode booting, sehingga HP harus dimatikan terlebih dahulu agar bisa melakukan booting. Tunggu beberapa saat hingga HP benar benar telah selesai menutup semua sistem.

2. Tekan tombol power dan vol bawah secara bersamaan beberapa detik

Untuk melakukan booting dan langsung masuk ke mode safeboot, maka kamu perlu menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Tekan beberapa saat hingga smartphone bergetar dan muncul gambar atau logo fastboot.

Kamu harus pastikan bahwa tombol power dan volume down berfungsi dengan baik sebelum melakukan langkah ini. Hal ini karena tombol yang digunakan tidak akan bisa diganti dengan tombol yang lainnya.

Namun jika tombol rusak, kamu bisa melakukan Adb fastboot Xiaomi. Sayangnya langkah langkah Adb fastboot Xiaomi ini tidak mudah untuk dilakukan. Biasanya langkah ini dilakukan oleh para teknisi atau tukang service HP yang sudah terbiasa dan memiliki keahlian.

3. Lepaskan kedua tombolCara Masuk dan Keluar Fastboot xiaomi

Jika logo fastboot sudah muncul, maka kamu sudah masuk ke mode fastboot. Lepaskan tombol sehingga kamu bisa melakukan tindakan tindakan yang selanjutnya.

4. Lakukan pengaturan sesuai keinginan

Ketika sudah masuk ke mode fastboot, kamu sudah bisa melakukan berbagai pengaturan sesuai yang kamu inginkan. Masuk ke mode fastboot hanya satu dari berbagai rangkaian aktivitas yang bisa kamu lakukan. Sehingga, meskipun sudah masuk ke fastboot mode, berbagai pengaturan lain harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan sesungguhnya.

Misalnya, fastboot ini hanya satu dari berbagai rangkaian proses flashing sistem, menghapus data atau melakukan format sistem. Jika kamu hanya iseng iseng, maka perlu berhati hati. Hal ini karena melakukan flashing bisa mengakibatkan semua data pada smartphone hilang.

5. Selesai

Nah semudah itu saja untuk melakukan Rom fastboot Xiaomi. Cara fastboot Xiaomi ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Karena kamu hanya tinggal mematikan hp dan kemudian menekan kombinasi tombol secara bersamaan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, jika smartphone kamu berada pada kondisi lock bootloader, maka langkah langkah ini tidak akan bisa digunakan. Pastikan kamu tidak berada dalam kondisi lock bootloader.

Metode ini tentu sangat mudah untuk dilakukan oleh orang sekalipun. Hanya saja mungkin yang agak ribet adalah langkah langkah setelahnya, yaitu ketika melakukan flashing atau format. Sebenarnya ada cara masuk fastboot yang lain yaitu menggunakan adb yang merupakan mode untuk pengembang. Ini biasanya dilakukan oleh para pengembang aplikasi smartphone maupun pada teknisi terlatih.

C. Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi

Cara masuk ke Xiaomi fastboot mode yang mudah, juga diiringi dengan cara keluar dari fastmode yang lebih mudah lagi. Namun, mungkin yang belum pernah, akan kebingungan dengan cara keluar dari fastboot Xiaomi.

Mengapa demikian? Karena tampilan yang ada pada smartphone hanyalah logo fastboot saja. Sehingga dengan tampilan ini, mungkin beberapa orang akan bingung untuk kembali ke tampilan awalnya atau keluar dari fastboot Xiaomi. Apalagi, hp dalam kondisi mati dan tidak bisa browsing cara mengatasinya.

Padahal cara keluar dari fastboot Xiaomi ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya tinggal menekan tombol power beberapa saat hingga smartphone mati. Kemudian kamu tekan kembali tombol power beberapa saat hingga smartphone hidup.

Pada saat smartophone hidup kembali, maka tampilan smartphone akan sama dengan sedia kala. Kecuali jika kamu melakukan berbagai pengaturan atau flashing pada saat fastboot, maka tentu saja tampilannya akan berbeda.

Apabila kamu melakukan flashing secara menyeluruh pada sistem, maka tampilan smartphone tentu saja akan kembali seperti saat beli baru. Semua pengaturan akan kembali dan tampilannya akan seperti masih baru dari pabrik atau factory mode.

Semudah itu saja cara keluar dari fastboot mode pada Xiaomi. Hanya dengan mematikan kembali atau menghidupkan kembali smartphone Xiaomi, maka smartphone sudah akan kembali booting secara normal. Tentu saja, kamu tetap harus melakukannya secara hati hati agar tidak terjadi kesalahan.

Sekian tadi beberapa penjelasan tentang cara fastboot Xiaomi dan cara keluar dari fastboot Xiaomi. Kamu perlu melakukan fastboot rom Xiaomi secara hati hati agar tidak terdapat eror yang berarti. Kesalahan dalam menggunakan fastboot Xiaomi dan flashing, dapat mengakibatkan smartphone kamu tidak lagi bisa digunakan dengan normal. Sehingga jika kamu memang tidak yakin dengan Xiaomi fastboot ini, sebaiknya kamu serahkan kepada teknisi yang memang sudah biasa melakukannya.

Sekian dulu bahasan kali ini tentang rom fastboot Xiaomi. Semoga, kamu berhasil melakukan fastboot Xiaomi dengan bantuan artikel ini. Semoga membantu dan semoga bermanfaat, aamiin.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *