Cara Mengatur Ukuran Kertas A3 dan A3+ Dalam cm, mm, inch & Pixel

ukuran kertas a3Ukuran kertas A3 bisa dikira kira dari benda yang ada di sekitar kita. Hal ini karena penggunaan kertas A3 cukup populer dalam kehidupan sehari hari. Hanya saja mungkin kita tida aware bahwa kertas tersebut merupakan kertas berukuran A3.

Namun bagi kamu yang mencari ukuran kertas A3 untuk membuat desain atau untuk mencetak, tentu saja perlu tahu berapa ukuran sebenarnya secara pasti. Sehingga kali ini aku akan membahas tentang berapa ukuran kertas a3 dalam berbagai satuan.

Satuan yang paling banyak dicari atau digunakan adalah satuan dalam cm, dalam pixel, dalam inchi dan dalam mm. Empat satuan inilah yang paling sering digunakan untuk ukuran kertas A3 baik untuk mendesain maupun untuk mencetak. Sehingga kamu perlu menghafalkan ukurannya.

Selain ukuran A3, sekarang juga banyak percetakan yang menggunakan kertas A3+. Beberapa kali aku mencetak desain, kertas yang digunakan oleh percetakan adalah kertas A3+. Sehingga kalau kamu ingin mencetak sesuatu yang berukuran kecil tetapi banyak, mending dimaksimalkan dalam ukuran A3+, sehingga nantinya tidak butuh banyak halaman karena sudah tertampung di lebihan luas yang dimiliki A3+.

A. Ukuran Kertas A3 dalam cm, mm, inchi dan Pixel

Kalau kamu tidak memiliki penggaris, kamu bisa membuat ukuran seperti A3 menggunakan kertas dengan ukuran lain. Hal ini karena ukuran kertas A series saling berkaitan satu sama lain. Misalnya, kertas A3 adalah dua kertas A4 horizontal yang diletakkan atas dan bawah. Atau ukuran A3 adalah kertas A2 yang dipotong atau ditekuk melintang menjadi dua.

ukuran kertas a5
Sumber: Wikipedia.org

Perkiraan itu bisa menjadi metode untuk meng-analogikan ukuran. Namun jika kamu sedang membutuhkan ukuran pasti kertas A3, maka di bawah ini adalah ukuran ukurannya dalam berbagai satuan panjang.

ukuran kertas a3

Berdasarkan gambar di atas, dapat dilihat bahwa ukuran kertas A3 dalam mm adalah 297 mm x 420 mm. Apabila dikonversi ukuran kertas A3 dalam cm adalah 29,7 cm x 42 cm. Sedangkan ukuran kertas A3 dalam inchi adalah 11,69 inch x 16,54 inch. Sedangkan apabila ukuran kertas dalam inchi, tergantung dari resolusinya.

Baca juga: Ukuran Kertas A5 dalam cm, inch, mm & pixel & Cara mengatur

Di bawah ini ukuran kertas A3 dalam pixel sesuai dengan resolusinya.

A3 – 72 PPI : 842 x 1191 Pixels

A3 – 200 PPI : 2339 x 3308 Pixels

A3 – 300 PPI : 3508 x 4962 Pixels

A3 – 400 PPI : 4677 x 6616 Pixels

A3 – 600 PPI : 7016 x 9924 Pixels

A3 – 1200 PPI : 14031 x 19848 Pixels

Nah itu tadi beberapa ukuran kertas A3. Kalau kamu ingin menggunakan ukuran kertas A3+, kamu juga perlu tahu ukurannya supaya bisa memaksimalkan desain yang akan dibuat.ukuran kertas a3

Ukuran kertas A3+ adalah 32 cm x 48 cm, sehingga jika dikonversi dalam mm adalah 320 mm x 480 mm. Di bawah ini ilustrasi perbandingan ukuran kertas A3 dan A3+.

B. Cara Mengatur Ukuran Kertas A3

Cara mengatur ukuran kertas a3 di aplikasi sebenarnya mudah. Namun kalau belum terbiasa memang kadang sulit mencarinya. Apalagi seperti mengatur ukuran kertas di word misalnya, kalau dulu bisa langsung memilih ukuran yang dikehendaki. Sayangnya, kini pilihannya terbatas dan harus membuat ukuran kustom jika tidak ada dalam daftar yang ada.

Oleh karena itu, aku bahas juga langkah langkah cara mengatur ukuran kertas A3 dan A3 plus dalam berbagai aplikasi. Simak dan langsung saja coba praktekkan.

1. Cara Mengatur Ukuran Kertas A3 di Word

Sebenarnya jarang kertas ukuran A3 atau A3 plus digunakan dalam ms word. Namun tidak ada salahnya jika kamu coba menggunakannya. Kertas A3 di word ini mungkin akan dibutuhkan jika kamu akan membuat tulisan besar sebagai petunjuk, rambu rambu atau desain potongan kertas.

Langkah langkah membuat ukuran kertas a3 di Microsoft word adalah sebagai berikut. Kali ini sebagai contoh aku menggunakan Ms Word 2016.

  • Buka Ms Word buat dokumen baru
  • Klik ‘Layout’
  • Klik ‘Size’ukuran kertas a3Klik ‘More Paper Sizes’
  • Pada ‘Paper Size’ Klik Dropdown
  • Pilih ‘Kustom’
  • Masukkan ukuran kertas A3 yaitu width 29,7 cm dan height 42 cmukuran kertas a3Klik OK

Nah semudah itu saja untuk mengatur ukuran kertas A3 di word. Kamu bisa memasukkan ukuran dalam inchi atau dalam mm. Gunakan yang paling mudah saja, tetapi pastikan konversinya tidak salah.

2. Cara Mengatur Ukuran Kertas A3 di Corel Draw

Kalau yang ini paling memungkinkan untuk menggunakan kertas ukuran A3. Desain yang dibuat di corel draw yang akan dicetak dipercetakan menggunakan kertas, biasanya dicetak pada kertas ukuran A3 plus. Kecuali memang ada desain khusus yang bisa mencapai ukuran A0, tetapi kebanyakan kertas yang digunakan adalah kertas A3+.

Kamu perlu cek terlebih dahulu ukuran kertas yang biasa digunakan oleh percetakan yang akan kamu gunakan untuk mencetak hasil desain. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih memaksimalkan dan mengoptimalkan desain yang kamu buat.

  • Buka aplikasi Corel Draw dan buat dokumen baru
  • Di bagian kiri atas, pilih ukuran kertas yang kamu inginkanukuran kertas a3
  • Bisa juga kamu masukkan ukuran secara manual

Ya, sesimpel itu saja cara membuat ukuran kertas A3 di aplikasi Corel Draw. Kamu bisa memasukkan angka secara manual baik dalam cm, dalam pixel bahkan Inchi. Namun Corel Draw sendiri sudah memberikan pilihan untuk langsung klik ukuran yang dibutuhkan. Begitu juga untuk mengatur ukuran kertas di photoshop, sudah diberika pilihan.

3. Mengatur Ukuran Kertas di Ms Powerpoint

Untuk apa di Ms Powerpoint bikin ukuran A3? Dalam beberapa kesempatan, aku menemukan, ternyata banyak lhoh yang menggunakan Ms Powerpoint untuk membuat desain. Misalnya membuat desain poster yang akan dicetak atau mengedit foto, beberapa kali aku menemukan rekan yang menggunakan Powerpoint.

Sehingga aku merasa perlu untuk menambahkan part ini agar menjadi lebih lengkap. Cara mengatur ukuran A3 dan A3 plus di Powerpoint sebenarnya mudah, tetapi barangkali ada yang belum tahu.

Sebagai contoh, aku menggunakan Ms Powerpoint 2016. Silakan simak langkah langkahnya di bawah ini.

Buka Ms Powerpoint dan buat dokumen baru

  • Klik Menu Bar ‘Design’
  • Klik ‘Slide Size’ di bagian kanan
  • Pilih ‘Custom Slide Size…’
  • Klik Bagian Dropdown
  • Pilih A3 Paperukuran kertas a3
  • Atau masukkan ukuran kertas secara manual pada Width dan Height
  • Klik OK
  • Pilih Maximize atau Ensure Fitukuran kertas a3

Karena ukuran kertas yang sangat besar, maka Powerpoint memberimu pilihan untuk menampilkan skala agar fit dengan layar atau menampilkan layar penuh. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah semudah itu saja pengaturan kertas A3 dan A3 di halaman Ms Powerpoint. Jadi untuk kamu yang tidak lihai mendesain di Photoshop atau di Corel Draw, kamu masih bisa memanfaatkan produk simpel ini untuk membuat desain yang tidak kalah bagusnya.

Apalagi kamu bisa langsung membuat grafik dan menampilkan data data langsung pada halaman slide. Sehingga misalnya kamu membuat poster seminar, bisa secara mudah untuk memasukkan teks dan data data sekaligus visualisasinya secara langsung di dalam aplikasi ini.

C. Penggunaan Kertas A3

Penggunaan kertas ukuran A3 atau A3 plus sudah banyak dalam kehiduoan sehari hari di sekitar kita. Ukuran kertas a3 cukup populer karena ukurannya yang pas untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu yang paling populer dalam penggunaan ukuran kertas a3 adalah poster. Poster yang berukuran A3 dirasa pas untuk dipajang. Ukurannya cukup luas sehingga dapat memuat banyak informasi dengan tulisan masih cukup terbaca dalam satu lembar. Di sisi lain, ukuran kertas ini tidak terlalu luas sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga dan ruang untuk menempatkannya.

Baca juga: Cek ukuran kertas F4 dengan Software Photoshop dan Word

Penggunaan lain yang juga cukup populer adalah kalender. Kalender yang berukuran A3 masih dapat dibaca dengan mudah dari jarak jauh dan tidak memakan banyak tempat. Bahkan terkadang kalender berukuran A3 ini adalah kalender satu lembar, yaitu satu lembar kertas A3 atau A3 plus yang berisi 12 bulan kalender. Meskipun sudah berisi banyak angka, kalender biasanya masih muat untuk ditambah dengan beberapa gambar.

Nah sekian tadi ulasan mengenai berapa ukuran kertas A3 dan kertas A3 plus yang mungkin bermanfaat untuk kamu. Jika kamu ingin mencetak desain dalam kertas art paper misalnya, kamu bisa mendesain dalam ukuran A3 dan membawanya ke percetakan. Atau jika kamu membutuhkan keperluan lain, kertas A3 ini sangat membantu karena ukurannya yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Sekian dulu bahasan kali ini, semoga dapat menjawab pertanyaanmu berapa ukuran kertas A3 dan A3+. Semoga membantu dan semoga bermanfaat, aamiin.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *