3 Cara Reset Xiaomi Semua Type Paling Mudah dan Aman

Saya pengguna Xiaomi, dan paham banget bagaimana masalah-masalah yang sering dialami oleh pengguna android. Seperti sering lemot akibat terlalu sering bongkar pasang aplikasi. Atau baterai cepat ngedrop gara-gara konsumsi daya yang terlalu boros. Adakah solusi atas masalah-masalah ini?

Sebenarnya simple saja solusinya. Beli Hp baru yang kapasitasnya lebih besar, beres. Namun, kan enggak semua orang mampu beli Hp baru. Bisa jadi karena masih terlalu suka dengan Hp yang sekarang. Atau memang belum ada alokasi anggaran untuk membeli Hp baru.

Alternative lain yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mereset untuk mengembalikan ke pengaturan awal seperti saat pertama kali kita memakainya. Mungkin terdengar rumit bagi yang belum tahu caranya, tapi sebenarnya mudah dilakukan.

Kenapa Xiaomi Harus Direset?

Kalau boleh memilih, tentu kita pengin enggak usah direset segala. Karena ketika Hp kita reset, maka kita harus melakukan pengaturan ulang dari awal. Seperti setting akun pemilik device, setting keamanan, install ulang aplikasi, dan lain sebagainya. Betapa ribetnya kalau hal ini harus kita lakukan.

Maka, sebaiknya jangan terlalu sering reset. Kecuali meang dibutuhkan. Seperti hendak melakukan back up data atau hal lainnya.

Iya, salah satu alasan seseorang melakukan reset selain untuk meningkatkan daya baterai, juga untuk memback up data yang diperlukan. Kita kan enggak pernah tahu kejadian yang bakal menimpa kita di luar prediksi. Bisa jadi Hp hilang, tiba-tiba mati, dan maslah lainnya yang bisa mengakibatkan hilangnya data.

Jika dengan di reset masih juga belum mengatasi masalah, barangkali perlu cara lain. Bisa jadi xiaomi kita butuh di Flash agar kembali normal. Untuk cara-caranya bisa disimak di artikel: Ini 4 Cara yang Bisa DIlakukan untuk Flash Xiaomi Redmi 3.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa melakukan back up data melalui cara reset untuk mengembalikan ke pengaturan awal. Dengan begitu sampah-sampah file bisa terbuang, file data penting pun bisa kita amankan.

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Reset Hp Xiaomi

Bisa saja kita langsug melakukan reset tanpa harus persiapan, tapi risikonya bisa fatal. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dulu sebelum melakukan reset Hp Xiaomi. Apa saja persiapannya?

Pastikan daya baterai lebih dari 50%

Proses reset ini memakan waktu cukup lama. Jadi pastikan sebelum mereset, baterai sudah terisi minimal 50%. Karena selama proses reset, enggak bisa dilakukan sambil discharge. Jika di tengah-tengah proses reset, kemudian Hp mati, maka harus mengulang dari awal lagi.

Pastikan sduah melakukan back up data

Selalu ada kekhawatiran bahwa data-data penting di Hp akan hilang ketika proses reset dilakukan. Nah, untuk menghilangkan kekhawatiran itu, silakan lakukan back up terlebih dahulu. Hal ini untuk mengamankan data dan menghindari risiko kehilangan data penting yang tersimpan dalam Hp.

Seperti apa cara melakukan reset Xiaomi?

Cara Hard Reset Xiaomi dengan Mudah

Cara pertama untuk mereset Hp Xiaomi adalah dengan cara Hard Reset. Pada cara ini kita harus mematikan Hp kita dulu. Karena proses resetnya dilakukan melalui recovery mode yang diakses saat proses booting. Berbeda dengan factory reset yang bisa dilakukan tanpa harus mematikan Hp. Karena caranya dilakukan melalui menu pengaturan yang ada di Hp.

Nah, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan hard reset xiaomi yang kita miliki.

Pertama, silakan tekan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan dan tahan beberapa detik. Ingat ya, Hp dalam keadaan Off. Pada tahap ini kita akan masuk ke Recovery Mode.

cara hard reset xiaomi
Sumber gambar: androdot.com

Tunggu beberapa saat hingga muncul logo MI setelah ponsel bergetar. Pada layar akan tampak menu Recovery Mode yang nanti kita akses untuk mereset Hp.

Kedua, jika ada pilihan untuk memilih jenis Bahasa, maka pilih saja English. Caranya dengan menekan tombol volume untuk mengganti pilihan Bahasa yang disediakan. Setelah dipilih, selanjutnya tekan tombol Power sebagai pengganti tombol enter.

Enggak semua Hp Xiaomi akan meminta kita memilih jenis Bahasa. Beberapa sudah disetting otomatis ke dalam Bahasa inggris tanpa harus melakukan pengaturan.

Ketiga, pilih menu “Wipe Data/ Recovery Reset” untuk memulai proses reset.

Keempat, pilih “Wipe all data” kemudian pilih “Confirm.”

Kelima, tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Kurang lemih memakan waktu sekitar 5 menit.

Keenam, pilih “Back to main menu” setelah proses reset selesai. Di sana akan ada pilihan “Reboot” untuk merestart Hp Xiaomi. Silakan pilih “Reboot to system.”

Ketujuh, setelah restart maka tampilan layar Xiaomi akan seperti saat pertama kali kita menyalakannya. Aplikasi yang terinstall juga masih sedikit, hanya aplikasi-aplikasi bawaan.

Sampai di sini proses hard reset sudah selesai. Selanjutnya kita tinggal melakukan setting sesuai yang kita inginkan. Kita juga bisa menambahkan aplikasi yang kita inginkan dengan cara menginstall melalui Playstore yang ada di Hp.

Mungkin juga kita akan diminta log in menggunakan akun MI. Silakan masukkan username dan password untuk log in ke akun Mi. Jika kita enggak punya akun Mi, ya lewati saja.

Hard reset ini bisa kita lakukan di semua type Hp xiaomi. Baik xiaomi redmi 3, xiaomi redmi 4X, maupun redmi 4A. langkah-langkah yang harus dilakukan kurang lebih sama dengan yang saya jabarkan di atas.

Bagi yang merasa kesulitan, bisa dicoba dengan melakukan factory reset. Factory reset ini lebih simple, enggak perlu mematikan Hp. Bisa dilakukan melalui menu Setting. Nah, bagaimana langkah-langkahnya?

Cara Factory Reset Xiaomi

Apapun jenis dan type Hp xiaomi, kita bisa melalukan reset melalui menu Setting yang ada di Hp. Caranya juga sangat mudah. Namun, untuk persiapannya hampir sama seperti saat hendak melakukan hard reset. Kita harus melakukan back up terlebih dulu dan memastikan cadangan baterai mencukupi. Hal ini untuk menghindari risiko kehilangan data selama proses reset berlangsung.

Untuk melakukan factory reset, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, nyalakan Hp xiaomi dan bukalah menu Setting.

Kedua, klik menu setelan tambahan, atau kalau pengaturan xiaomi kita pakai bahawa inggris, klik saja “Additional Setting.”

Ketiga, klik “Cadangkan & setel ulang.” Di sini akan tampak beberapa menu pilihan untuk reset. Di antaranya kita bisa mengatur periode waktu untuk melakukan cadangan otomatis. Atau kita juga bisa melakukan back up dengan memilih “Cadangkan data saya.”

cara factory reset xiaomi
Sumber gambar: androdot.com

Jika kita ingin secara otomatis dilakukan pemulihan ketika melakukan reset, maka pastikan tanda centang pada pilihan “Pemulihan otomatis” kita aktifkan.

Keempat, klik “Kembalikan ke setelan pabrik.”

Kelima, klik “Setel ulang telepon” yang ada di bawah deretan menu.

Perlu diperhatikan bahwa kita perlu menyiapkan username dan password akun Mi kita yang terdaftar. Karena untuk melanjutkan proses factory reset, kita harus log in menggunakan akun Mi.

Keenam, silakan isikan username dan password akun Mi dengan benar.

Ketujuh, klik “Hapus” untuk konfirmasi proses factory reset. Tunggu beberapa saat hingg proses reset selesai. Hp akan otomatis restart ketika proses reset sudah selesai.

Langkah-langkah factory reset ini bisa dijalan pada Hp Xiaomi semua type. Kalaupun ada perbedaan, barangkali hanya pada letak menu dan setting Bahasa saja.  Secara garis besar hampir enggak ada perbedaan.

Cara Reset Xiaomi Melalui Mi Cloud

Cara yang ketiga ini sepertinya jarang dilakukan oleh pengguna Xiaomi. Bisa jadi karena belum familiar, atau bisa juga karena merasa lebih mudah melakukan reset di Hp.

Untuk bisa melakukan reset melalui Mi Cloud, kita butuh mengakses situs Mi Cloud melalui laptop. Tentu juga kita harus sign in menggunakan akun Mi. maka, kit aharus memastikan akun Mi yang kita gunakan sama dengan yang kita pakai di Hp yang hendak kita reset.

Bagaimana langkah-langkahnya?

Pertama, silakan buka browser menggunakan laptop. Ketikkan: us.i.mi.com lalu tekan enter. Atau silakan klik link berikut: Situs Mi Cloud.

cara reset xiaomi
Cara Reset Xiaomi Melalui Situs Mi Cloud

Kedua, klik “Sign in with Mi Account.” Silakan ketikkan email atau nomor handphone yang kita pakai di akun Mi. Setelah itu ketikkan password, lalu klik “Sign in.”

cara reset xiaomi
Sign in ke akun Mi Cloud

Ketiga, pilih “Find device” pada deretan menu yang ada setelah kita berhasil masuk ke laman Mi Cloud.

cara reset xiaomi
Menu reset di situs Mi Cloud

Keempat, tunggu beberapa saat hingga muncul type Xiaomi yang terdeteksi oleh Mi Cloud. Biasanya akan ditampilkan pada pojok kanan atas laman Mi Cloud.

Kelima, klik “Wipe device” yang ada pada deretan empat menu di bawah. Karena di sini kita hendak melakukan hard reset.

Keenam, akan muncul laman baru yang menampilkan beberapa data yang akan terhapus. Jika kita sudah yakin, silakan klik “Wipe.”

Maka proses reset akan berjalan dan secara otomatis Hp akan reboot setelah proses reset selesai.

Nah, itulah beberapa cara reset xiaomi yang bisa kita lakukan. Silakan pilih salah satu yang menurut kita paling mudah dan aman. Secara umum, ketiga cara tersebut sama-sama mudah dilakukan dan aman. Tinggal kita aja lebih nyaman pakai yang mana.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan share artikel ini agar teman yang lain mendapatkan manfaat. Jika ada yang perlu didiskusikan silakan tinggalkan komentar. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *