Gambar : inscribd.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan Google Adsense?

Semua  pemain blog ( Blogger, WordPress, jomla, dll ) sudah tak asing lagi bagi mereka. Layanan iklan yang terbaik menurut banyak publisher karena CPC yang ditawarkannya terbilang mahal dari pesaingnya. Memiliki akun Adsense adalah keistimewaan bagi seorang publisher blog. Banyak orang mendaftar di Google Adsense sering kali ditolak, karena banyak berbagai alasan. Oleh karena itu untuk mendaftarkan blog anda dibutuhkan kriteria tersendiri agar blog anda bisa diterima oleh pihak Adsense.

Cara membuat Akun Adsense sendiri di bagi menjadi 2 yaitu Hosted dan Non Hosted. Kedua nya memiliki ciri yang berbeda. Agar anda tidak salah mengenai jenis akun tersebut. Berikut ini perbedaan Akun Adsense Hosted dan Non Hosted.

  1. Adsense Hosted adalah akun Adsense yang terkait dengan mitra google atau terkait dengan pihak ketiga. Adsense Hosted dibagi menjadi 2 yaitu Hosted Blogspot dan Hosted Youtube. Nah dari sini sudah bisa dilihat bahwa Akun Adsense Hosted ini hanya menampilkan iklan dari mitra web Blogger dan youtube. Untuk mendaftarkan blogspot/channel youtube ke Adsense Hosted ini terbilang mudah dan kemungkinan di aproved nya besar di banding Non hosted.
  2. Adsense Non Hosted adalah sebaliknya dari akun Adsense Hosted, yaitu tidak terkait dengan mitra Google. Artinya untuk mendapatkan Full Approve dari pihak Google Adsense cukup sulit. Mendaftarkan blog anda ke Adsense Non Hosted dibutuhkan hosting sendiri seperti web berbasis CMS. Bagi anda yang masih menggunakan platform blogger masih bisa mendaftar dengan akun Adsense Non Hosted. Cukup dengan mengganti domain-nya menjadi domain TLD (Top Level Domain) atau dengan menghilangkan domain blogspot. Untuk akun Adsense Non Hosted ini bisa dipasang di 500 blog, jadi potensi untuk mendapatkan income lebih besar.

Setelah membahas perbedaan akun Adsense Hosted dan Non Hosted, kali ini anda harus tau kriteria blog/website untuk mendaftarkan blog anda di Adsense, beberapa kriteria diantaranya:

Blog anda harus mempunyai konten yang berkualitas, original dan unik

Banyak sekali para publisher yang tidak memperhatikan kualitas konten, padahal itu adalah syarat utama untuk mendaftarkan blognya ke pihak Adsense, akibatnya banyak yang ditolak. Namun, Kualitas konten aja belum cukup untuk mendapatkan dukungan penuh, karena konten juga harus original dan unik. Nah, bagi anda yang blognya kebanyakan konten copas, jangan berharap blog anda mendapatkan persetujuan penuh dari pihak Adsense.

Blog minimal berumur 3 bulan

Publisher banyak sekali yang tidak sabar mendaftarkan blognya ke Adsense, akibatnya ditolak karena penyebabnya adalah blog belum berumur 3 bulan. Untuk itu harap bersabar. Jika blog anda ditolak secara terus-menerus, maka blog anda mendapatkan reputasi buruk di mata pihak Google Adsense.

Jumlah konten yang cukup

Dibutuhkan jumlah konten atau postingan yang cukup, minimal 20 postingan/konten. Tapi perlu diingat bahwa, jangan membuat konten sehari penuh, usahakan sehari rutin 1-3 postingan. Hal ini dapat dapat menjadi nilai/point tambahan di mata Google Adsense.

Blog fast loading

Mungkin banyak orang menganggap semua template/thema blog sama saja, namun kenyataan nya sekarang banyak yang menjual template dan thema blog dengan menawarkan salah satu fitur andalannya yaitu Fast Loading. Menurut saya ini adalah point penting yang bisa mendapatkan nilai tambahan di mata pihak penyeleksi Google Adsense.

Memiliki trefik blog yang cukup

Jangan harap blog dengan pengunjung nol akan mendapatkan full aproved dari pihak google adsense, justru sebaliknya akan ditolak karena sudah bisa dipastikan bahwa blog dengan pengunjung nol tidak akan mendapatkan tanyangan iklan. Anggap saja trafik yang cukup dengan kisaran antara 500-1000 per hari dan trafik  tersebut adalah organik yang dari mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Namun, sekarang banyak sekali yang menjual trafik bot. Tapi, pihak Adsense sangatlah jeli menghadapi permasalahan ini, ingat jangan pakai visitor bot atau jingling.

Tunjukkan bahwa blog anda profesional

Agar blog anda terlihat profesional ada baiknya anda menambahkan halaman kontak, About and Privacy Policy, serta TOS. Kelihatannya sih sepele namun, pihak penyeleksi Google Adsense sangat memperhatikan profesional blog yang didaftarkannya, ini menandakan bahwa blog anda adalah blog resmi bukan blog abal-abal.

Setelah anda membaca kriteria diatas, apakah blog anda sudah memenuhi kriteria tersebut atau belum? perlu di perhitungkan matang-matang. Dan jika sudah siap, anda bisa mendaftarkan blog anda ke Adsense. Nah, setelah kita membahas panjang lebar, saatnya kita bahas cara mendaftarkan blog anda ke Adsense.

Baca juga : 3 Tips Khusus Buat Anda yang Mau Bergabung dalam Google Adsense!

Mengajukan permohonan Akun Google Adsense baru

Yang pertama adalah anda harus mengajukan permohonan akun Adsense baru dengan mengunjungi www.google.com/adsense/apply. Setelah mengunjungi halaman tersebut, anda harus mengikuti langakah-langkahnya.

Langkah-langkah mengajukan permohonan akun Adsense Non Hosted baru :

1. Anda harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu. Jika anda belum punya bisa membuatnya dengan mengeklik “Create Account” dan jika anda sudah punya akun gmail anda tinggal login seperti biasa.

2. Setelah anda login, anda akan memasuki halaman web baru, nah anda disuruh untuk memasukkan alamat web/blog anda, negara, dan centang S&K. dilanjutkan dengan klik save dan continue.

3. Langkah berikutnya adalah memasukkan data pribadi anda secara lengkap seperti jenis akun, nama lengkap, alamat lengkap, kode pos dan nomor telepon. Isi form tersebut secara lengkap dan benar kemudian kalau sudah, anda bisa klik submit.

 

4. Langkah berikutnya adalah memilih kode verifikasi, silahkan anda memilih kode verifikasi melalui sms atau dengan telepon. Kalau sudah anda klik “Get Verification Code” dan tunggu ada kode verifikasi masuk ke handphone anda dan masukkan kode tersebut selanjutnya klik “Submit”.

 

5. Setelah itu anda harus menyalin Script iklan dari beranda Adsense ke halaman blog anda yang memenuhi kriteria yang sudah saya jelaskan diatas. Tempelkan Script iklan tersebut ke template/thema blog anda, letakkan di antara tag <head> dan </ head>. Jangan lupa Save template/thema pada blog anda, jika sudah Centang kotak dan klik selesai (Done).

 

6. Setelah itu anda akan disuruh menunggu maksimal 3 hari, dan jika beruntung anda akan mendapatkan email approve dari pihak Adsense. Namun, apabila permohonan Adsense anda ditolak, anda harus memulai dari pertama dan jangan lupa juga untuk memperbaiki kesalahan/kekurangan blog anda.

7. Jika akun anda mendapatkan persetujuan secara penuh, silahkan dites iklannya, apakah tayang atau tidak. Jika anda telah mendapatkan email Aproved dari Adsense, maka dapat dipastikan iklan tersebut akan tayang dan menandakan bahwa akun Adsense anda di Aproved secara penuh dan anda bisa mencari pundi-pundi dolar.

Contoh sudah di Full Aproved

Pengiriman dan verifikasi PIN

Jika iklannya sudah tampil dan pendapatan sudah masuk kedalam saldo min $10 akan ada notifikasi untuk pengiriman PIN.  Anda dapat selesaikan dengan petunjuk yang diarahkan oleh pihak Google Adsense dengan memasukkan alamat lengkap anda secara valid, yang nantinya PIN tersebut akan dikirim ke alamat anda. Dan jika PIN tersebut sudah anda ditangan anda, anda tinggal memasukkan kode PIN tersebut di akun Adsense.

Untuk mencairkan saldo akun Adsense minimal saldo anda adalah $100. Dan akan dibayar pada sekitar tanggal 21 setiap bulan, dan pendapatan akan masuk saldo pada tanggal 1 setiap bulan.

Baca juga : Lakukan 5 Hal Ini Agar Blog Kamu Diterima Google Adsense

Cara mudah dan simpel membuat Akun Adsense Hosted Blogger dan Youtube

Cara Simpel membuat akun Adsense Hosted Blogger

Buat anda yang tidak punya Blog TLD dan tidak mau ribet mikirin hosting dan domain, anda masih bisa membuat akun Adsense Hosted. Untuk membuat akun Adsense Hosted Blogger sangatlah mudah.

Anda harus Login terlebih dahulu, Setelah itu anda klik menu “Penghasilan” dan klik “Daftar Adsense” ikuti petunjuk yang diberikan oleh Google Adsense, sampai anda harus menunggu diterima atau ditolaknya permohonan anda.

Cara Simpel membuat akun Adsense Hosted Youtube

Saat ini untuk monetisasi dan daftar Adsense Hosted Youtube, anda harus mempunyai setidaknya video yang minimal ditonton sebanyak 10,000 kali (10k View). Setelah ada 10k view maka, otomatis menu monetisasi akan terbuka dan anda bisa mendaftar ke Adsense dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak Google Adsense

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags:

ABOUT THE AUTHOR:

Hanyalah seorang pemuda dari Lereng Semeru yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman di dunia internet

Leave A Response