Cara Mudah Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan Secara Online

Teknologi memang benar-benar telah mengubah gaya hidup kita. Sekarang sudah tersedia banyak aplikasi online yang sangat membantu kita dalam urusan bayar-bayar. Seperti bayar listrik, PDAM, BPJS, TV Kabel, semua bisa dilakukan secara online. Bahkan tanpa harus keluar rumah sekalipun.

Mungkin sekarang kantor PLN, PDAM enggak seramai dulu. Sekarang, tanpa datang ke kantorr atau loket pembayaran pun sudah bisa menyelesaikan urusan bayar-bayar. Tinggal nyalain handphone dan sentuh aplikasi, sudah beres.

Namun, ternyata enggak semua orang familiar dengan aplikasi online seperti ini. Terutama bagi yang masih awam dengan teknologi gadget. Bisa jadi bukan karena mereka enggak mau menggunakan fasilitas itu, mungkin karena belum tahu caranya saja.

Nah, di artikel ini saya akan coba menjabarkan mengenai cara cek tagihan listrik menggunakan beberapa cara yang dilakukan secara online. Harapannya biar semakin banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan urusan sehari-hari.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Website PLN

Dulu sih ada layanan email e-billing yang dikirimkan ke pelanggan untuk memberi info mengenai tagihan. Layanan ini bisa diakses melalui website resmi PLN. Terakhir saya cek website PLN (https://pln.co.id/info-rekening/) untuk memastikan cara cek tagihan listrik melalui website tersebut.

Bagaimana caranya?

Pertama, silakan nyalakan laptop atau smartphone dan buka browser untuk mengakses website pln.co.id. Bisa juga dengan klik link berikut: Cek Tagihan Listrik PLN.

Kedua, silakan klik menu “Pelanggan” dan perhatikan beberapa deretan menu layanan online yang ada di sana.

Ketiga, klik “Informasi tagihan dan token listrik.”

cek tagihan listrik pln
Tampilan website PLN

Keempat, silakan klik “Daftar” untuk membuat akun baru. Atau bisa langsung mengisi kolom username dan password untuk log in jika sebelumnya sudah pernah mendaftar.

cek tagihan listrik online
Tambpilan menu registrasi di website PLN

Kelima, silakan isi data-data yang diminta pada form pendaftaran online yang ada di laman tersebut. mulai dari nama pemohon, email, ID pelanggan, nomor ponsel dan lain sebagainya.

Keenam, beri tanda centang pada “Saya menyetujui syarat dan ketentuan berlaku.”

Ketujuh, masukkan kode chaptca sesuai yang tertera, lalu klik “Daftar.”

cek tagihan listrik pln online
Tampilan menu cek tagihan listrik PLN online

Silakan tunggu beberapa saat hingga ada email yang  emngirimkan informasi tagihan listrik atau token listrik sesuai dengan nomor pelanggan yang kita daftarkan. Mudah sekali bukan?

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Marketplace

Cara yang kedua yang bisa kita lakukan untuk cek tagihan listrik adalah melalui beberapa website marketplace. Emang bisa? Bisa dong.

Menu-menu pada website ecommerce atau marketplace sekarang sudah berkembang. Dari yang sebelumnya menjual produk fisik dan elektronik, sekarang menambah layanan pelanggan dengan layanan pembayaran online.

Sepertinya memang website-website tersebut bergerak cepat menangkap peluang dan memberikan servis pelanggan yang lebih  baik dari waktu ke waktu. Salah satunya dengan mengembangkan fotur yang ada pada website. Salah satu menu yang dikembangkan adalah menu pembayaran online seperti PLN, Pulsa, Paket data, BPJS, dan lain sebagainya.

Website marketplace apa saja yang bisa cek tagihan listrik dan bagaimana caranya?

Cek Tagihan Listrik di Bukalapak

Siapa sih yang enggak kenal Bukalapak? Marketplace karya anak bangsa yang menjadi salah satu tempat belanja online favorit ini.

Bukan hanya menyediakan produk dari berbagai kategori, melainkan juga menyediakan menu untuk cek pembayaran listrik, pulsa, paket data, dan lain sebagainya. Jadi kita pun akan semakin mudah untuk menyelesaikan urusan bayar-bayar, bahkan bisa sambil belanja online produk-produk di Bukalapak.

Untuk melakukan cek tagihan listrik di buka lapak silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, silakan buka browser dan akses situs bukalapak.com.

cek tagihan listrik bukalapak 1
Tampilan meu bayar-bayar di bukalapak

Kedua, klik menu “Listrik PLN” yang ada di bawah menu utama. Silakan klik “Tagihan listrik” untuk mengubah pengaturan. Karena ada dua jenis pilihan pengaturan: token listrik, dan tagihan listrik. Token listrik ini untuk yang prabayar, sedangkan tagihan listik unuk pelanggan paska bayar.

Ketiga, ketikkan nomor meter atau nomor ID pelanggan dan periode pembayaran. Selanjutnya system akan memproses dan menunjukkan jumlah tagihan dalam nominal rupiah.

cek tagihan listrik di bukalapak
Tampilan menu bayar-bayar di marketplace bukalapak

Jika kita hendak membayar tagihan ini bisa langsung dengan cara klik “Bayar.” Maka proses pembayaran tagihan listrik akan diproses dan kita tinggal duduk manis melanjutkan belanja online.

Jika ingin mengakses menu pembayaran online lainnya di bukalapak, silakan kunjungi saja laman: Bayar Online Bukalapak. Di sana tersedia menu layanan bayar-bayar online. Bukan hanya bayar listrik saja, bahkan sampai ke bayar kartu kredit hingga bayar pajak PBB. Mantab, kan?

Cek Tagihan Listrik di Tokopedia

Marketplace selanjutnya yang bisa kita pakai untuk cek tagihan listrik adalah Tokopedia. Marketplace berlogo gambar tass dengan ilustrasi mirip burung hantu ini juga menjadi yang terbesar. Enggak kalah dengan Bukalapak, Tokopedia pun terus mengembangkan system online dengan memberikan kemudahan bayar-bayar online kepada pelanggan setianya. Termasuk menu untuk bayar tagihan listrik.

Bagaimana cara cek tagihan listrik di Tokopedia?

Pertama, silakan buka browser dan akses situs tokopedia.com.

cek tagihan listrik tokopedia
Tampilan menu di website tokopedia.com

Kedua, silakan log in dengan akun milik kita, atau jika belum punya akun silakan klik “Daftar” untuk membuat akun baru.

Ketiga, silakan klik menu “Listrik PLN” pada widget ‘Top Up & Tagihan’ dan ubah pilihan ‘Jenis produk listrik’ menjadi “Tagihan listrik.” Selanjutnya silakan masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meteran. Maka system akan memproses dan menampilkan jumlah tagihan dalam rupiah. Kita tinggal klik “Bayar” jika hendak membayarnya.

Atau bisa coba dengan cara lain, klik “Lihat Semua.” Maka kita akan dibawa pada laman baru tokopedia. Di laman baru ini kita akan disajikan menu khusus layanan bayar-bayar dari berbagai produk. Bukan hanya layanan listrik PLN, ada pulsa, paket data, TV kabel, angsuran, dan lain sebagainya.

cek tagihan listrik di tokopedia
Tampilan menu bayar-bayar di tokopedia

Silakan klik pada menu “Listrik PLN” untuk cek tagihan listrik.

Kedua, scroll ke bawah dan pilihlah “Tagihan listrik” untuk cek tagihan listrik pasca bayar.

Ketiga, tuliskan nomor meteran atau ID pelanggan, lalu klik “Bayar.”

cek tagihan listrik tokopedia online
Tampilan menu cek tagihan listrik di tokopedia

Semudah itulah caranya. Jadi memang system yang ada di marketplace didesain agar memudahkan customer untuk memenuhi kebutuhannya. Entah itu kebutuhan belanja atau kebutuhan bayar-bayar. Ke depan tentu system ini akan terus dikembangkan dan diperbaiki.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Hp Android

Karena enggak semua orang punya laptop, atau mungkin juga enggak semua orang selalu punya paket data, maka perlu kiranya mencoba cek tagihan listrik lewat Hp atau smartphone. Karena tanpa harus online pun bisa melakukan cek tagihan listrik menggunakan Hp.

Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Untuk bisa cek tagihan listrik melalui telepon, syaratnya nomor kita harus masih aktif dan terisi pulsa. Karena cara ini nantinya akan dikenai biaya panggilan. Jadi pastikan dulu pulsa kita mencukupi.

Bagaimana caranya?

Kita cukup melakukan panggilan ke nomor ekstensi 123 dengan menggunakan format: (kode area) 123.

Contoh: 0274123

Ini untuk nomor panggilan telepon area Yogyakarta. Kode areanya 0274, diikuti dengan nomor ekstensi 123.

Setelah tersambung, kita tinggal ikuti arahan dari operator saja. Enaknya lagi, kita bisa melakukan pengecekan melalui telepon ini kapan pun yang kita mau. Karena operator PLN stand by 24 jam.

Baca juga: 4 Cara untuk Cek Tagihan BPJS dengan Mudah

Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk cek tagihan listrik adalah melalui pesan singkat atau SMS. Meski layanan SMS ini sudah mulai jarang digunakan, tapi masih tetap perlu diperhatikan karena bisa jadi salah satu alternative pilihan.

Perlu diperhatikan juga bahwa kita harus memastikan pulsa kita mencukupi. Layanan SMS ini hanya tersedia untuk beberapa provider saja, seperti: Telkomsel, Indosat, T-Flexi, dan XL.

Caranya bagaimana?

Pertama, buka aplikasi SMS di Hp android kita.

Kedua, ketikkan nomor tujuan: 8123.

Ketiga, ketikkan pesan singkat dengan format: REK (spasi) Nomor ID Pelanggan.

Atau jika kita hendak berlangganan info tagihan listrik PLN secara otomatis, bisa dengan mengetikkan pesan singkat dengan format: PLN (spasi) ON (spasi) Nomor ID Pelanggan.

Bagaimana jika ingin berhenti berlangganan? Ya kita tinggal ketikkan pesan singkat dengan format: PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID Pelanggan.

Ketiga, klik “Send” atau kirim pesan untuk mendapatkan info tagihan melalui SMS.

Semudah itulah cara cek tagihan listrik melalui Hp android. Cara ini saya tuliskan di artikel ini sebagai alternative ketika ada hambatan ketika melakukan pengecekan secara online.

Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa kita pakai untuk cek tagihan, seperti menggunakan aplikasi android. Namun, mengenai cara yang satu ini belum saya jabarkan di sini. Semoga di lain kesempatan bisa menuliskannya di artikel yang lain.

Semoga informasi ini bermanfaat, silakan share dan boleh meninggalkan komentar jika ada sesuatu hal yang perlu didiskusikan. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *