Cara Download Subtitle Indonesia dari 4 Situs Terfavorit

Nyadar atau enggak, ternyata ketika kita nonton film barat tuh, yang paling sering kita tatap ternyata adalah subtitle-nya. Kecuali kalau filmnya enggak ada subtitle atau kita yang memang paham dengan bahasanya. Iya, ternyata diakui atau enggak, keberadaan subtitle itu sangat penting untuk membantu memahami jalannya cerita.

Celakanya enggak semua film barat dilengkapi dengan subtitle. Kadang kita sendiri yang harus melengkapinya. Entah dengan cara menerjemahkan sendiri lalu mengunggahnya, atau tinggal download saja subtitle yang sudah ada di internet. Cara download inilah yang paling sering dipakai para penikmat film.

Sebenarnya kalau kita paham Bahasa yang digunakan dalam film sih, enggak perlu subtitle ya? Subtitle itu hanya perlu jika yang menonton memang enggak paham sama sekali dengan Bahasa di film. Meskipun sebenarnya tanpa subtitle pun kadang kita sudah bisa menangkap alur ceritanya, tapi tetap belum puas jika enggak mengerti apa yang dibicarakan para tokohnya.

Enggak lucu kali, kalau nonton film enggak paham dialog dan alur ceritanya. Maka dari itu, banyak yang merasa kurang puas jika nonton film barat yang enggak ada subtitle-nya. Sehingga sering cari-cari di internet untuk di download.

Ketika sudah berhasil download pun kadang masih ada yang belum puas. Ternyata subtitle-nya kadang enggak nyambung dengan kalimat dialog yang diucapkan si tokoh dalam film. Ini kelihatan banget ketika suara dialog dalam film enggak diikuti subtitle yang tertulis di layar.

Paling terasa sih ketika kita hubungkan dengan adegannya. Jika makna tulisan dalam subtitle enggak mendukung adegan, bisa jadi subtitle-nya ngawur. Atau jangan-jangan kita salah mendownload subtitle. Ini bisa saja terjadi, ketika judul filmnya sama tapi kita kurang cermat mencari subtitle-nya.

Masalah lain yang sering terjadi adalah timing kemunculan subtitle-nya kurang tepat dengan suara dialog dalam film. Kadang lebih lambat dari suara dialog, atau kadang lebih cepat mendahului suara dialog. Nah, masalah-masalah seperti ini sering sekali kita temui saat menonton film.

Sumber: pexels.com

Kali ini saya akan mengulas beberapa situs penyedia subtitle untuk film-film berbahasa asing. Siapa tahu dari situs-situs ini nantinya kita bisa menemukan subtitle untuk film favorit. Dari situs-situs ini nanti saya juga akan rekomendasikan mana yang paling oke.

Bukan hanya itu, di artikel ini saya juga akan sampaikan langkah-langkah download subtitle Indonesia untuk film favorit kita.

Beberapa Situs Download Subtitle yang Bisa Kita Akses

Sebenarnya ada banyak sekali situs tempat download subtitle film yang bisa kita akses. Hampir semuanya menyediakan subtitle yang bisa kita download secara Cuma-Cuma. Alias gratis tanpa biaya. Paling kita Cuma keluar duit buat bayar paket data doang.

Pada artikel ini saya enggak akan menyajikan semua situs tersebut. Saya akan memilih beberapa saja dan mengulasnya secara singkat disini. Harapannya ntar teman-teman bisa memilih sendiri mana situs yang dirasa paling cocok. Atau mau ikut rekomendasi yang kita keluarin juga boleh.

Baca juga: Cara Download Film Indonesia Dengan Kualitas Istimewa

Ada beberapa hal yang membuat saya merekomendasikan situs download subtitle di artikel ini. Pertama situsnya aman, alias terpasang SSL. Lebih gampangnya yang sudah pakai ekstensi HTTPS. Jadi kalau dibuka di google chrome enggak bakal ada tanda peringatan. Karena selama riset untuk artikel ini, saya menemukan beberapa situs yang berlabel merah. alias dianggap kurang aman oleh google.

Kedua, menyediakan subtitle Bahasa Indonesia. Pertimbangan ini karena saya anggap sebagian besar pembaca artikel ini adalah orang Indonesia. So, kemungkinan besar bakal nyari subtitle Indonesia.

Ketiga, bukan situs hoax. Alias informasi atau file yang dibagi adalah file yang sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan. Bukan situs yang hanya memburu klik untuk mendapatkan duit.

Memang sengaja saya pakai ketiga standar itu untuk menemukan situs download subtitle Indonesia yang rekomended. Ya, agak repot dikit enggak mengapa. Saya harus cek situsnya satu-satu dan coba merasakan menu-menu yang disediakan situs tersebut. Jadi apa yang saya tulis di sini bukan hanya hasil melamun saja, Gaes. Tetapi dari hasil riset langsung ke situs-situs tersebut.

Download Subtitle di Podnapisi.net

Situs pertama yang saya rekomendasikan adalah podnapisi.net. Tampilan situsnya simple dan memudahkan banget buat pengunjung untuk berselancar di sana. Sebagian besar subtitle yang disediakan adalah dalam Bahasa inggris, tapi ada juga Bahasa Indonesia meskipun enggak cukup banyak.

Kita bisa mendownload subtitle Indonesia di podnisi.net dengan gratis. Silakan saja akses situs podnapisi.net, lalu tambahkan pilihan Bahasa Indonesia. Caranya dengan mengambahkan icon bendera di bagian pojok kiri atas. Setelah itu kita ketikkan judul film yang kita cari subtitlenya pada kolom search, klik “enter.”

Setelah ketemu judul filmnya, silakan amati apakah ada logo bendera Indonesia di kolom “language” dan silakan klik judu filmnya lalu mulai download subtitle. Enggak sampai satu menit, file subtitle itu sudah terdownload.

 

Download Subtitle di Opensubtitles.org

Ketika kita buka situs opensubtitles.org, kita akan merasa lebih mudah memahami menu-menu yang ada di laman situs. Karena ada pilihan Bahasa yang bisa mengubah tampilan situs ke dalam Bahasa Indonesia. Sehingga bagi kita yang sulit memahami Bahasa Inggris, masih bisa menjelajah situs dengan lancar ranpa kesasar. Pilihan menu Bahasa ini bisa kita temukan pada pojok kanan atas laman.

Cara mendownloadnya: silakan ketikkan judul film yang akan kita cari subtitle-nya pada kolom search. Pastikan pilihan Bahasa subtitle yang kita carai sudah disetting ke Bahasa Indonesia, tapi kalau mau nyari subtitle Bahasa inggris ya tinggal ubah aja. Kalau sudah, silakan klik “Cari” untuk mulai menjalankan pencarian.

Selanjutnya kita akan dibawa ke laman deskripsi film. Pada laman ini disediakan juga menu “unggah subtitle” untuk para creator subtitle yang ingin mengunggahnya. Tetapi kalau kita kendak mendownload, ya tinggal focus aja ke link download subtitle-nya.

Silakan amati tabel yang ada di bawah deskripsi film. Ada kolom Judul Film, CD, Diunggah, dan lain sebagainya. Silakan klik salah satu file “SRT” pada kolom download. Maka proses download subtitle akan berjalan.

 

Download Subtitle di Islandsubs.com

Bagi penggemar film-film Drama Korea, Jepang, dan Taiwan tentu bakal demen download subtitle di situs islansubs.com. Karena sebagian besar subtitle yang ada di situs ini adalah film-film Korea, Jepang, dan Taiwan. Untuk film barat hanya beberapa saja. Kekurangan dari situs ini yaitu koleksi filmnya enggak update. Saya lihat subtitle film yang paling baru adalah tahun 2015. Namun, untuk referensi nyari subtitle film drama Korea, lumayanlah untuk dicoba.

Cara download subtitle-nya sangat mudah. Silakan klik saja judul film atau poster gambar filmnya. Nanti akan diarahkan ke laman deskripsi film dan link download subtitle-nya.

Klik saja salah satu link subtitle yang ada dalam daftar. Maka nanti kita akan dialihkan ke laman MediaFire. Klik tombol “Download File” untuk mulai proses download subtitle. Hanya dalam waktu beberapa detik, file subtitle akan sempurna terdownload.

 

Download Subtitle di Subscene.com

Dari sekian banyak situs download subtitle Indonesia, barang kali situs Subscene-lah yang paling rekomended. Secara tampilan, situs ini sangat simple dan enggak banyak menu. Berbeda banget dengan situs lainnya. Jadi ketika kita buka laman situs subscene, enggak perlu khawatir bingung caranya download. Karena menu-menunya sudah didesain untuk memudahkan pengguna.

Kalau dibandingkan dengan situs download subtitle lainnya, subscene jauh lebih lengkap koleksinya. Untuk film Mile 22 saja saya lihat ada 121 subtitle yang tersedia. Ada subtitle mulai dari Bahasa Arab hingga Bahasa Vietnam. Bahkan kita bisa lihat report subtitle yang dinilai kurang bagus.

Sebaiknya memang kita pilih subtitle yang dibuat oleh creator yang sudah familiar. Misalnya saja Lebah Ganteng, atau Pein Akatsuki. Dua creator ini kalau kita jeli, pasti sering menemukan nama mereka di daftar creator subtitle pada film-film box office. Namun, bukan berarti subtitle karya orang lain jelek. Mungkin karena karya mereka belum banyak tersebar di film-film kali ya?

Cara download subtitle di subscene pun sangat mudah. Pertama kita tinggal ketikkan judul film pada kolom search. Lalu klik Enter pada keyboard atau tombol “Subtitle Search.” Beberapa saat kemudian akan muncul laman yang menyajikan judul film yang kita cari dan jumlah subtitle yang tersedia.

Silakan klik judul film tersebut, dan kita akan dibawa ke laman yang memuat daftar subtitle yang tersedia dengan berbagai pilihan Bahasa. Silakan pilih salah satu link subtitle dengan Bahasa yang kita cari. Langsung klik saja link tersebut, maka kita akan dibawa pada laman link download file tersebut.

Silakan klik “Download Indonesian Subtitle” jika kita hendak download subtitle Indonesia. Maka dalam waktu kurang dari dua detik, file akan selesai terdownload. Mudah sekali bukan?

Nah, itulah cara download subtitle Indonesia di 4 situs favorit yang perlu kita ketahui. Kita seharusnya mengapresiasi para creator subtitle yang hingga saat ini terus memudahkan kita dalam memahami alur cerita film favorit kita. Semoga bermanfaat. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *