Cara Download Video di Youtube Tanpa Software Paling Rekomended

Cara Download Video di Youtube -Sejak youtube terbukti bisa jadi jalan cari duit, banyak orang berbondong-bondong pengin jadi youtuber. Bahkan ada anak umur lima tahunan ketika ditanya apa cita-citanya, tanpa ragu dia menjawab ingin jadi youtuber. Fenomena ini memberi bukti bahwa youtube semakin jadi primadona. Oleh karena itu wajar sekali jika semakin banyak content creator yang mencari peruntungan di youtube.

Sayangnya enggak semua content creator membuat konten sendiri secar original. Banyak sekali kita temukan video-video di youtube yang ternyata hasil reupload atau upload ulang dari video yang sudah ada. Atau yang sedikit kreatif biasanya memberi sentuhan editing agar hasilnya lebih menarik.

Sebenarnya enggak ada punishment yang jelas buat para reuploader atau pencuri video orang lalu diunggah lagi untuk mengeruk dollar. Maka dari itu, dari hari ke hari konten-konten video yang ada di youtube semakin bertambah banyak. Terlepas dari hal itu, menarik untuk dipelajari bagaimana cara mereka mendownload video dari youtube? Padahal kan youtube enggak menyediakan tombol download. Kecuali pada aplikasi Youtube Go atau pada konten video tertentu.

Pada dasarnya youtube memang sebagai media streaming, bukan download. Youtube hanya memberikan fitur download kepada member premium saja. Jadi hanya terbatas untuk kalangan tertentu.

Setelah dipelajari, ada beberapa cara untuk mendownload video di youtube. Kalau dikelompokkan, bisa dibagi menjadi dua, yaitu mendownload dengan menggunakan bantuan aplikasi dan mendownload tanpa aplikasi atau tanpa software.

Cara Download Video di Youtube
Sumber: pexels.com

Ada banyak aplikasi untuk mendownload video youtube yang bisa kita dapatkan gratis di internet. Misalnya: aplikasi ArkTube, TubeMate, Dentex, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita bisa pakai aplikasi ini untuk mendownload video di youtube tanpa perlu ribet pakai cara-cara tertentu. Namun, pada artikel kali ini saya enggak akan membahas tentang aplikasi tersebut. Melainkan saya fokuskan untuk membahas cara mendownload video youtube tanpa menggunakan software.

Iya, barangkali kita akan bisa menebaknya bahwa, untuk bisa melakukan hal itu kita butuh layanan dari pihak ketiga yang disediakan gratis secara online. Nah, berikut ini saya jabarkan cara-caranya sekaligus dilengkapi langkah-langkah praktis yang sangat mudah untuk diikuti.

Cara Download Video di Youtube Melalui Situs savefrom.net

Savefrom.net ini salah satu situs yang paling sering saya gunakan untuk mendownload video. Baik untuk keperluan hiburan, maupun untuk materi latihan editing video. Selain mudah penggunaannya, juga mendukung banyak sekali sumber file yang bisa didownload.

Sumber mana saja yang didukung oleh savefrom.net? antara lain youtube.com, vimeo.com, facebook.com, souncloud.com, dan masih banyak sumber lainnya. Bisa jadi ini adalah situs favorit para downloader video.

Ada tiga cara mudah dalam menggunakan savefrom.net untuk mendownload, antara lain:

Cara pertama, Buka youtube.com, pilih video favorit yang akan didownload. Klik video tersebut, copy URL video dari youtube yang akan didownload. Lalu buka situs savefrom.net, kemudian tempelkan URL video pada kolom yang ada di laman savefrom.net. Tunggu beberapa saat, lalu klik “Unduh tanpa penginstalan.”

Cara Download Video di Youtube

 

Klik format pengunduhan untuk memilih hasil unduhan. Setelah itu klik “Unduh.” Maka kita akan dibawa pada tampilan video tersebut.

Download Video di Youtube

Perhatikan tanda titik tiga yang ada di pojok bawah sebelah kana nada video. Klik tanda tersebut, maka nanti akan muncul pilihan untuk download. Klik “Donwload” maka proses download akan dimulai dan filenya akan otomatis tersimpan pada folder download.

Cara kedua, Buka youtube.com, pilih video favorit yang akan didownload. Klik video tersebut, copy URL video dari youtube yang akan didownload. Buka jendela baru, tempelkan URL pada browser. Tambahkan “savefrom.net/” atau “sfrom.net/” di depan URL video tersebut, lalu tekan Enter.

Kurang lebih tampilan URL sebelum di enter seperti ini: savefrom.net/https://www.youtube.com/watch?v=L4uIwml5LfU

Cara Download Video di Youtube

Kita akan otomatis dibawa pada laman situs savefrom.net. Silakan klik Enter untuk memunculkan menu selanjutnya. Sampai di sini langkah selanjutnya sama dengan yang sudah dijabarkan di atas. Sama dengan cara pertama.

Cara ketiga, buka youtube.com, pilih video favorit yang akan didownload. Klik video tersebut, lalu copy URL dan tempelkan pada browser baru. Silakan tambahkan dua huruf “s” didepan kata “youtube” pada URL. Sehingga jadinya seperti ini: https://ssyoutube.com/watch?v=L4uIwml5LfU

Download Video di Youtube

Silakan tekan “Enter” dan kita akan dibawa pada laman situs sasavefrom.net. langkah selanjutnya sama seperti yang dijabarkan pada cara pertama. Klik “Unduh tanpa penginstalan” lalu pilih format video, dan klik ‘Unduh” untuk mulai mendownload.

Cara Download Video di Youtube Melalui Situs keepvid.work

Keepvid Video Downloader hampir sama dengan savefrom.net. Fungsinya sama, langkah-langkahnya juga hampir sama. Hanya saja tampilan websitenya yang beda. Barangkali kalau kita enggak begitu suka dengan iklan-iklan, mungkin akan memilih pakai savefrom.net. Mengapa demikian?

Ketika saya coba download menggunakan situs keepvid.work, ada sedikit ketidaknyamanan terkait dengan beberapa iklan. Misalnya ketika pertama kali situs terbuka, ada iklan pop up. Ketika saya coba close, ternyata malah terbuka jendela baru yang menyajikan situs lain. Hampir empat kali saya coba close, tetap sama hasil. Baru yang kelima bisa berhasil close.

Baca juga: 7 Trik Simple Download Lagu Dari Youtube, Cobain Deh …

Apakah situs keepvid.work ini beneran bisa buat download video youtube? Bisa, gaes. Meskipun beberapa kali harus berjumpa dengan iklan, tapi berhasil untuk mendownload video youtube. Caranya bagaimana?

Pertama, buka youtube dan cari video favorit yang hendak didownload. Klik video tersebut, lalu copy URL nya untuk ditempelkan pada laman situs keppvid.work.

Kedua, silakan buka situs keepvid.work di browser. Bisa pakai chrome, atau yang lainnya. Setelah masuk ke situs keepvid.work, silakan tempelkan URL video youtube yang sudah kita copy. Klik “Enter.”

Silakan scroll ke bawah dan temukan beberapa link download yang ditawarkan. Kita bisa memilih sesuai dengan format file unduhan yang kita inginkan, lali klik “Download.”

Kita akan diarahkan ke laman yang menampilkan video tersebut. Silakan klik tanda titik tiga di pojok kanan bawah video. Pilih “Download” lalu klik saja, maka proses download akan otomatis berjalan dan file akan tersimpan pada folder download setelah selesai terdownload.

Mudah sekali bukan. Tapi memang kita harus sedikit bersabar jika menggunakan situs keepvid.work. Karena ada beberapa iklan yang mungkin butuh kesabaran untuk menutupnya satu persatu.

Cara Download Video di Youtube Melalui Situs qdownloader.com

Satu lagi situs yang bisa kita pakai untuk mendownload video dari youtube yaitu qdownloader.com. dari sisi tampilan situsnya sih menurut saya lebih keren disbanding kedua situs yang saya sebutkan di atas. Dengan desain simple dan menggunakan warna dasar ungu.

Cara download video dari youtube menggunakan situs ini pun sangat mudah. Caranya: silakan buka youtube dan pilih video favorit yang akan didownload. Klik video tersebut, lalu copy URL-nya.

Selanjutnya silakan buka situs qdownloader.com dan tempelkan URL yang tadi kita copy. Klik Enter dan tunggu beberapa saat hingga video yang akan kita download tampil di laman situs tersebut.

Silakan pilih format file video, lalu klik “Download.” Maka file akan tersimpan di folder download jika proses telah selesai.

 

Mudah sekali bukan? Memang cara paling mudah mendownload video dari youtube adalah menggunakan situs downloader. Sebenarnya dulu bisa juga memakai ekstension browser google chrome, tapi sejak ada kebijakan dari baru youtube, kita enggak bisa menggunakan ekstension untuk mendownload video dari youtube.

Sepertinya youtube ingin menguatkan regulasi untuk menjaga copyright dari video-video yang diunggah di sana. Agar orang enggak sembarangan mendownload dan menggunakan konten-konten youtube untuk hal-hal yang diluar kendali.

Entahlah, apakah ini bagian dari kampanye anti hoax atau sekadar perbaikan system dari youtube, saya belum bisa memastikan. Yang jelas saya apresiasi Google yang berusaha meningkatkan layanannya melalui youtube.

Nah di atas kan saya sudah jabarkan tiga cara download video di youtube tanpa software, kira-kira yang paling rekomended yang mana?

Secara keseluruhan sebenarnya bagus, masing-masing enggak ribet ketika digunakan, dan memberikan pilihan format file video yang didownload. Kita diberi kebebasan untuk menentukan format video apa yang kita inginkan.

Video hasil downloadnya pun sama-sama menunjukkan kualitas yang bagus. Jadi sebenarnya agak sulit untuk menentukan mana yang paling rekomended. Namun, jika membandingkan pengalaman ketika menggunakan ketiga situs downloader tersebut, saya cenderung memberikan skor tertinggi pada situs savefrom.net.

Karena di situs savefrom.net saya enggak menemukan gangguan iklan yang berarti. Mungkin hanya banner yang terpampang di bawah kolom search link. Enggak ada iklan pop up, sehingga bisa lebih cepat proses downloadnya.

Bagaimana dengan kalian? Kira-kira suka pakai situs downloader yang mana? [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *