Hal-hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengikuti Seminar Bisnis

Dalam memulai sebuah bisnis diperlukan sekali sebuah pembelajaran atau pembekalan di dalam praktek langsung di dunia bisnis. Jika asal action maka sangat mungkin anda akan menemui banyak kegagalan dan bahkan kebangkrutan. Menjalani bisnis di tahap awal akan lebih sulit daripada sekedar membuka bisnis. Maka bekal ilmu dan pengalaman dari para mentor wajib kita ketahui dan pelajari sebelum memulai bisnis. Namun seiring biaya yang minim, maka tidak semua seminar bisnis atau workshop kita harus ikuti, dibawah ini saya membahas beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika anda ingin mengikuti sebuah seminar bisnis.

seminar photo

1. Siapa yang menjadi pembicaranya  
Ini adalah salah satu yang menjadi bahan pertimbangan paling berat dalam menentukan seminar untuk diikuti. Lihat siapa pembicaranya, apakah memiliki jam terbang dan pengalaman yang baik. Coba cari tahu lewat google dan komunitas anda. Lihat testimoni orang-orang yang pernah mengikuti seminarnya.

2. Harga tiket yang mahal tidak menjamin
Harga mahal belum tentu adalah yang terbaik untuk anda, lihat baik-baik sekali lagi kualitas dari seminarnya dan poin-poin yang akan dibahas dalam seminar tersebut. Intinya adalah apa yang anda bayar haruslah sebanding dengan apa yang anda dapatkan.

3. Lihat jam terbang event organizer-nya
Anda tentu tidak mau seminar yang anda ikuti memiliki konsumsi yang minim, tempat yang kurang nyaman bahkan waktu mulai seminar dan coffee break yang tidak sesuai jadwal. Maka dari itu lihat siapa penyelenggaranya. Pastikan sudah memiliki jam terbang yang baik dalam hal mengadakan seminar.

4. Cari tahu siapa saja yang mengikuti seminar tersebut
Inti dari sebuah seminar selain ilmu dan pengalaman baru adalah mendapatkan relasi atau kerabat bisnis baru yang bisa diajak kerjasama dalam memulai sebuah bisnis. Siapa tahu ada nama besar yang cukup dikenal ikut seminar tersebut, seperti seminar buka langsung larus yang diadakan oleh Jaya Setiabudi kemarin dihadiri oleh Axl pemilik dari perusahaan keripik Maicih. Jangan malu untuk berkenalan atau menyapa duluan sesama peserta, siapkan kartu nama anda jika dibutuhkan. Jika bisa bawa produk anda juga untuk dicoba atau dilihat dan minta pendapat mereka.

5. Utamakan bertanya dan berdiskusi
Siapkan pertanyaan dan hal-hal yang mengganjal dalam bisnis anda untuk anda tanyakan pada saat seminar anda. Manfaatkan dengan baik sesi Tanya jawab yang dibuka oleh panitia dan juga dengarkan dengan baik masalah atau pertanyaan peserta seminar yang lain. Mungkin saja pertanyaan anda sama dengan pertanyaannya. setiap seminar pasti ada sesi tanya jawab, jika anda belum puas dengan jawaban yang anda dapatkan, anda bisa menemui si pembicara selepas seminar usai.

6. Mentoring lanjutan melalui komunitas sosial media
Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan setelah seminar, bergabunglah dengan komunitas pengusaha yang dibentuk dari peserta seminar tersebut. Hal ini bertujuan untuk membina hubungan baik dan memonitor kinerja sesama anggota seminar dan saling mengkoreksi. Maka dari itu cari tahu apakah seminar yang anda ikuti membuat sebuah grup untuk mentoring lanjutan atau tidak.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *