Beberapa waktu lalu saya sempat membaca berita dimana ada orang korea yang kebingungan di sebuah terminal, dimana dia tidak bisa bahasa Indonesia dan menjual iPhonenya kepada seorang pengendara motor dengan wajah memelas plus alasan untuk kembali ke Negara asalnya. Dia menjual dengan harga yang sangat murah, si pengendara motor tentu tergoda. Tanpa cek ulang, hanya bermodalkan fisik saja sudah persis maka transaksipun dilakukan. Namun apa yang terjadi? Ternyata iPhone tersebut palsu, ditambah lagi ketika disinkronisasikan dengan iTunes ternyata tidak berhasil. Maka yang tersisa hanyalah penyesalan.

Dari fisik saja memang tidak akan terlihat bedanya, di bawah ini ada beberapa tips dari Oki Tri Hutomo, Pakar Teknologi Informasi dan SSnetters tentang bagaimana mengenali gadget replika. Yang pertama adalah lihat garansinya, Jika anda membeli  gadget dalam kondisi baru, lihat baik-baik kartu garansinya, jika memang produk asli pasti aka nada garansi resminya. Kalau tidak ada bisa dicurigai sebagai gadget palsu atau tiruan. Yang kedua adalah sensitifitas layar dan daya tahan baterai. Kualitasnya jelas akan menurun dengan sangat cepat karena gadget tiruan memang memakai barang-barang dengan kualitas yang buruk.  Bagian fisik juga bisa dilihat, kadang casing atau lainnya beda finishingnya.

c9202dfa673377bd_640_replica

Pendapat Heru Dhimaz menuliskan ciri-ciri gadget replika salah satu merk smartphone mahal yaitu Samsung, Biasanya perbedaan terletak pada Air gesture, air gesture itu mengarah pada 1 arah, biasanya kanan. kalo di arahkan ke kiri, tetap saja layar mengarah ke kanan. Perbedaan berikutnya adalah Kualitas Video, kalo yang asli gambar tajam kualitasnya dan suaranya terdengar lebih jernih. Berikutnya adalah membedakannya dari segi garansi seperti yang dijelaskan diatas kalo misalnya dia garansi resmi. Pada waktu reboot, akan keluar nama brand, jika saat gambar itu keluar kondisinya ngadat, hampir pasti itu palsu. Kalo animasinya berjalan dengan baik tanpa tersendat bisa dipastikan gadget itu 85% asli.

Kalau cara saya sendiri yaitu dengan cara mencolokkan kabel usb ke laptop atau PC, terutama replika iPhone. Dari fisik dan isi dalamanpun semua bisa sama persis. Namun jika disinkronisasi dengan pc dan itunes tidak bisa maka sudah jelas iPhone tersebut palsu. Untuk replika yang sudah grade ori 100% mirip cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk terhindar dari gadget palsu yang sedang marak saat ini.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response