Affiliate Marketing Process

Bagaimana proses affiliate marketing @sugarrae.com

Memulai Affiliate Marketing sesungguhnya anda memulai sebuah bisnis dan untuk itu diperlukan beberapa persiapan. Dalam artikel ini saya akan memberitahu anda apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini:

a. Affiliate Network
b. Traffic Source
c. Server
d. Tracking Software
e. Spying Tools
f. Outsource
g. Creative Tools

A. Affiliate Network

Affiliate Network adalah perusahaan atau institusi bisnis resmi yang menjembatani antara Advertiser (Pemilik Produk) dan Affiliates. Advertiser menempatkan produknya di Affiliate Network dan ini biasanya disebut sebagai Offers. Advertiser akan memberikan sejumlah keuntungan tertentu apabila offernya menghasilkan leads atau penjualan.

Affiliate Network memiliki sejumlah Affiliates/Publisher, dan Affiliates bisa memilih Offers untuk ditawarkan ke target audiens, tentunya melalui iklan yang dipasang pada traffic sources.

Baca juga : Perbedaan Affiliate Marketing dan Multi Level Marketing, Ketahui Dahulu Sebelum Mencoba

Fungsi Affiliate Network yang utama adalah menjaga kepentingan Advertisers dan Affiliates. Jangan sampai Affiliate melakukan tindakan-tindakan pemasaran yang dilarang (spam, over traffics, dsb) yang akan merusak brand atau aturan yang diinginkan oleh Advertiser. Dari sisi Affiliate, Affiliate Network menjaga agar pembayaran “keuntungan” dari Advertiser selalu tepat waktu, bahkan beberapa Affiliate Network berani membayarkan komisi Affiliate lebih dulu sebelum ia menerima pembayaran dari Advertiser. Selisih pembayaran dari Advertiser -> Network Affiliate -> Affiliate inilah yang menjadi keuntungan dari Affiliate Network.

Untuk Affiliate Network ini akan saya bahas khusus di artikel lain.

Ada banyak Affiliate Network saat ini, dan anda harus terdaftar ke salah satunya, tentunya sebagai Affiliate. Berikut ini beberapa Affiliate Network yang cukup besar dan sudah cukup lama berkiprah:

– Never Blue
– MaxBounty
– ClickDealer
– Adsimilis
– Mundo Media
– CPAWay
– Matomy
– F5Media
– PeerFly
– dsb

Setiap Affiliate Network biasanya mempunyai karakteristik tertentu, misalnya, sebuah Affiliate Network kuat di offer untuk vertical Pin Submit, sementara Affiliate Network lain kuat di offer untuk vertical Mobile App Install dan yang lainnya ada yang kuat di offer Dating dan Adult atau Games.

Anda harus terdaftar sebagai Affiliate di salah satu Affiliate Network, salah satu referensi yang bisa Anda pakai adalah OfferVault.com.

Beberapa Affiliate Network menerapkan aturan yang sangat ketat dalam menerima seorang Affiliate. Sangat wajar, karena Affiliate Network ingin menjaga kredibilitas perusahaannya. Mereka tidak ingin Affiliates sembarang memasarkan, dan bagi mereka setiap klik adalah cost. Oleh karenanya, jika anda bisa diterima sebagai Affiliate disebuah Affiliate Network, jagalah sebaik mungkin, jangan juga referensikan sembarang orang. Karena gini, jika orang yang anda referensikan melakukan tindakan bodoh, biasanya nama anda akan ikut tersangkut. Affiliate Network, juga mempunyai asosiasi, jadi jika anda berlaku tidak sesuai aturan main di sebuah Affiliate Network, maka anda juga akan sulit untuk diterima di Affiliate Network lainnya. Di-blacklist.

Itu sebabnya dalam etika pergaulan di dunia Affiliate Marketing, sangat tabu untuk menanyakan kepada seorang Affiliate, dia tergabung di Affiliate Network mana.

Ketika anda bisa diterima di sebuah Affiliate Network, akan ada seorang Affiliate Manager yang akan mendampingi anda untuk berbagai keperluan, Anda bisa berdiskusi dan menanyakan berbagai hal pada Affiliate Manager itu.

Confusing Traffic Lights At A Busy Intersection In London

B. Traffic Source

Anda harus memilih sebuah Traffic Source untuk memulai bisnis ini. Traffic Source adalah tempat anda mendapatkan trafic untuk mempromosikan Offer dari Affiliate Network. Pilihlah dulu satu Traffic Source, dan lakukanlah explorasi. Melompat-lompat atau mencoba beberapa Traffic Source secara bersamaan ketika anda memulai adalah salah satu cara tercepat untuk gagal, itu yang paling pasti. Bertahanlah dengan satu-dua Traffic Source sampai anda berhasil.

Sama seperti halnya Affiliate Network, Traffic Source juga masing-masing memiliki karakteristik tertentu, ada yang kuat di Desktop ada yang menghkususkan diri di Mobile. Ada yang bersifat katagori umum ada yang mengkhususkan diri niche tertentu seperti misalnya Adult, Gambling, Games, dsb. Berikut ini beberapa contohnya:

PPC & Contextual
– Google adwords
– Bing/Yahoo
– 7 Search

Display/PPV
– Traffic Vance
– Sitescout
– Pulse360
– Adperium
– Buyads
– Chitika
– Direct CPV
– Clicksor
– Advertising.com
– 50onRed

Social Media
– POF Ads
– Facebook
– Twitter
– LinkedIn

Adult Mobile
– Traffic Junky
– Adbucks
– Ero Advertising
– Reporo
– Exoclick
– Juicyads
– Plugrush
– Adultadword

Adult Display
– Exoclick
– Traffic Junky
– Adbucks
– Juicyads
– Ero Advertising
– Adultadword
– Traffichaus
– Traffic force
– Traffic shop
– AdXpansion

Mobile
– Millennial Media
– Airpush
– Admob
– Admoda
– Inmobi
– Buzz city
– Adfonic
– Tapit
– Leadbolt
– Inneractive
– Mobicow
– Senddroid
– MobFox
– Komli

Dan ada banyak ratusan Traffic Sources lainnya, saya juga akan bahas khusus beberapa Traffic Sources populer di artikel lainnya.

C. Server

Apakah ini wajib? Jawabannya YA. Anda harus memiliki Server sendiri, server itu digunakan untuk Software Tracking (jika anda menggunakan Tracking yang Self Hosted) dan untuk Landing Page yang anda buat. Mungkin anda akan bertanya, segitu pentingnya sebuah Server hanya untuk Landing Page?

Iya, anda butuh sebuah server, tidak hanya sebuah Web Hosting, tapi sebuah Dedicated Server yang kuat dan cepat. Apalagi jika anda hendak memasarkan produk-produk Mobile App Install, Landing Page yang anda buat harus bisa di akses dengan cepat oleh Mobile Gadget, dan ketika anda sudah memasang iklan di Traffic Source, jumlah traffic yang akan masuk ke Landing Page Anda hitungannya sudah ribuan lagi traffic yang masuk setiap hari, tapi ratusan ribu sehari. Coba perhatikan gambar di bawah ini, Anda tidak bisa hanya mengandalkan Shared Hosting biasa untuk menanggani traffic sebanyak ini.

traffic banyak

Orang seringkali menghindari langkah ini, atau mencoba menghemat uang dengan menggunakan Web Hosting murah. DO NOT DO THIS!!

Web Hosting murah hanya akan membakar uang anda, akan banyak opportunity yang hilang. Mungkin saja berhemat dgn membayar Hosting senilai $25/bulan tapi sesungguhnya anda mungkin telah kehilangan $1000/bulan.

Saya menggunakan Dedicated Server di WiredTree, sudah lebih dari 3 bulan pakai belum pernah restart atau hang. Jika anda ingin berhemat, Anda bisa menggunakan The Beyond Hosting Started VPS, yang secara khusus di setting untuk Affiliate.

Bersambung ke bagian kedua…

You Never Know What You Can Do Until You Try...
Istambul Turki - 2012

turki

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Indonesia’s internet marketing guru, who’s now focusing on affiliate marketing. Famous with KebunEmas.com, his tremendous works have inspired most of Indonesian who works online.

16 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. fikriy May 29, 2016 at 10:36 AM - Reply

    Mantap !

    Saya pingin belajar affiliate marketing dari pak rully ini. Apakah pak rully sering mengadakan pelatihan atau launch produk panduan tentang itu?

    Mohon infonya. Makasih 🙂

  2. Fris May 29, 2016 at 1:32 PM - Reply

    mantaaap, jadi semakin semangat, dan praktek.
    Kalau resiko nggak dibayar sama affiliate networknya, mungkin om ?

  3. Beni May 30, 2016 at 9:57 AM - Reply

    Kalo spying toolsnya apa aja yg murah, selain what runs where ama box of ads?

    • Wientor Rah Mada May 31, 2016 at 6:06 AM - Reply

      Spying tools rata2 mahal, apalagi yg mobile. Harganya diatas $149 sebulan.

  4. rian June 8, 2016 at 10:01 AM - Reply

    Pak..ditunggu #2 nya ya hehehe

  5. rezkypratama July 20, 2016 at 6:06 AM - Reply

    masih menunggu part 2 nya, biar lengka bacanya

  6. teguh riyanto January 22, 2017 at 1:36 PM - Reply

    kepada bixbux/wientor rah madah…
    memang sebuah traffic juga ada yang fraud ya?
    term kasih.

  7. Izhari Ishak Aksa March 8, 2017 at 11:36 AM - Reply

    Kita gak boleh ngirim direct traffic ke landing page-nya offer ya om?

    Atau alurnya mesti kayak gini:
    Traffic Sources -> LP kita -> LP offer?

    LP kita itu gunanya buat tracking?

    Makasih sebelumnya om 😀

    • Wientor Rah Mada March 22, 2017 at 6:16 AM - Reply

      Boleh aja langsung direct. Tapi selama ini saya tes split selalu lebih bagus yg pake LP.
      Iya itu alurnya bener. LP kita itu ibarat penguat sinyal. Yg bikin orang tambah penasaran.

Leave A Response