Dewasa ini, bekerja dapat dilakukan di mana dan kapan saja asal ada kemauan kerja keras orang tersebut. Apalagi bekerja menggunakan media online seperti membuka usaha online. Usaha online merupakan tempat strategis dan nyaman bagi para pelaku usaha yang memang menyukai dunia online. Usaha online sudah banyak dijumpai. Berbagai macam jenis barang atau makanan ditawarkan. Karena semakin banyak orang yang menggunakan internet dan semakin bayak gadget-gadget canggih, orang menjadi malas untuk pergi keluar. Mereka yang ingin membeli sebuah barang cukup mencari di internet maka toko-toko online akan mereka temukan. Tinggal pilih yang sesuai keinginan mereka. Cara pemesanan dan pengiriman barang pun waktunya terbilang cukup singkat, paling lama seminggu. Tetapi itu pun tergantung dari lokasi jauh atau dekatnya antara penjual dan pembeli. Berjualan melalui online terbilang menggiurkan dan tidak harus bersusah payah menghabiskan tenaga. Cukup duduk manis di depan laptop dan mulai memasukkan jenis barang-barang yang akan dijual dengan membuat semacam blog maka usaha online sudah dapat berdiri.

Usaha tersebut menjadi salah satu cara mudah untuk memulai usaha bagi mereka yang ingin berjualan melalui internet. Bagi mereka yang sudah memiliki usaha skala rumah tangga, melebarkan sayap dengan memasarkan melalui internet akan memudahkan mengenalkan produk mereka kepada orang-orang. Marketing merupakan prinsip dasar yang harus dimiliki ketika akan memulai usaha. apalagi usaha melalui internet. Dalam membangun sebuah usaha tentunya harus menentukan apa yang dibutuhkan pasar saat ini. Atau barang apa yang akan Anda jual. Kemudian tentukan dahulu target pasar Anda. Apakah golongan ekonomi menengah ke bawah atau menengah ke atas. Laki-laki atau perempuan dan usia target pasar juga perlu dipikirkan. Langkah selanjutnya dalam menyusun online marketing adalah media apa yang akan Anda gunakan dalam memasarkan produk tersebut. Ada banyak pilihan yang dapat digunakan. Jika target Anda anak-anak muda remaja yang masih doyan facebook dan twitter maka pasarkan melalui cara tersebut.

Jika target Anda adalah remaja atau orangtua maka cara membuat blog bisa dipilih. Anda dapat membuat blog usaha online pribadi yang memasarkan produk-produk Anda. Perlu diingat bahwa Anda harus selalu update memperkenalkan produk-produk yang Anda jual. Walaupun berjualan melalui media internet tidak terikat waktu atau apapun namun sebaiknya selalu dikontrol dan dipantau. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan agar usaha online Anda tidak sepi pengunjung. Langkah lain yang juga perlu dipikirkan adalah selalu memberikan hal yang berbeda dari produk Anda. Cara tersebut untuk menunjukkan kelebihan produk Anda dibanding yang lainnya. Selain itu, dalam membuat usaha online ada yang berbayar dan ada yang gratis. Tentunya sama-sama memiliki kelebihan dan kerugian. Namun yang terpenting adalah sesuaikan dengan modal usaha yang Anda miliki. Jika modal seadanya maka memakai media internet yang gratis atau sebaliknya.

Selain itu berikan langkah-langkah transaksi penjualan dengan jelas agar pengunjung yang beli tidak kebingungan. Berikan bahasa yang sopan, mudah dipahami, dan jangan terlalu santai. Berikan langkah-langkah pembelian dengan tertata dan rapi. Hal tersebut untuk meyakinkan mereka untuk membeli produk di usaha online Anda. Memiliki usaha online juga akan membuat usaha Anda cepat dikenal sebab pengguna yang mengakses internet itu sangat luas dan bisa berasal dari luar negri. Anda pun akan beruntung jika ada pemebli luar negri yang tertarik dengan produk Anda dan membeli dengan harga tinggi. Produk Anda pun bisa langsung menjadi barang ekspor karenanya. Omset yang diperoleh pun akan semakin menggiurkan.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Blogger tulen. Penggemar sejati Benyamin Sueb dan Rhoma Irama. Tidak takut untuk berkata tidak. Bertekuk lutut pada kopi kental tanpa gula.

3 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Aryareksa December 10, 2013 at 12:46 AM - Reply

    ide kreatif dengan market online

  2. Wang Residence February 6, 2017 at 6:35 AM - Reply

    Great posting. Market segmentation is a very important in marketing online. Keep up the good work. Thank you.

  3. Singgih June 18, 2017 at 7:00 PM - Reply

    dengan segala kemampuan yang ada kadang sedikit ” terpaksa ” bisa membuah hasil yang maksimal

Leave A Response