Seperti yang kita tahu bahwa Blackberry telah menjalin kerjasama dengan salah satu produsen ponsel bernama Foxconn untuk bekerjasama selama lima tahun untuk memproduksi ponsel berbasis blackberry 10. Foxconn tidak hanya memproduksi tapi salah satu alasan utama blackberry ingin bekerjasama dengan Foxconn adalah keinginan Blackberry untuk mengembangkan produknya di Negara yang berkembang seperti meksiko dan Indonesia. Blackberry cukup diuntungkan dengan kerjasamanya bersama Foxconn. Karena kerjasama tersebut membantu Blackberry untuk mendapatkan komponen perangkat keras dengan harga yang lebih terjangkau karena jika tidak Blackberry harus mendapatkannya dengan harga yang terbilang mahal.

Simon Hsing, selaku juru bicara Foxconn angkat bicara tentang kerjasama kedua perusahaan raksasa ini yang memfokuskan pengembangan pasar ke Indonesia. Dia mengatakan “suatu kebetulan jika Blackberry ingin mengembangkan pasar di Indonesia, karena kita juga sedang memfokuskan pada pasar disana juga. Dari keinginan dan tujuan yang sama tersebut jadi dapat saling menguntungkan dan dapat menjelajahi pasar bersama-sama apalagi Foxconn memiliki rencana merilis ponsel untuk Indonesia. Maka jadi sangat memudahkan karena kami bekerja sama dengan Blackberry dengan berbekal visi yang sama” seperti yang dikutip dari Reuters. Blackberry Jakarta adalah ponsel low-end yang memiliki jaringan 3g dan menggunakan blackberry 10 sebagai system operasinya, april 2014 diperkirakan akan meluncur ke pasaran.

Hsing juga mengatakan bahwa tidak hanya sekedar kerjasama, kami dari pihak Foxconn menyediakan perencanaan yang tepat. Dimulai dari design, manufaktur dan kompenen untuk keperluan dalam manejemen logistik. CEO BlackBerry, John Chen juga mengatakan kerja sama ini adalah sebuah ujian bagi kedua perusahaan. “Mereka sedang menguji kami, dan kami juga menguji mereka,” ucap Chen. Foxcon  juga dikabakan akan membuat perusahaan gabungan bersama Erajaya Swasembada di Indonesia. Secara bertahap Foxconn akan berinvestasi sebesar 10 milliar dollar AS selama 5 tahun ke depan di Indonesia dan selama itu pula menunggu untuk didirikannya fasilitas untuk melakukan produksi di Indonesia. Foxconn sendiri sudah cukup banyak memiliki jam terbang dengan banyak memproduksi sony dan HTC hingga Apple.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Bubutsejahtera February 25, 2014 at 2:44 AM - Reply

    kantor perwakilan udah, produksi handset udah, tinggal dukungan blackberry terhadap startup indonesia… hahahaha ngarep truuusss

Leave A Response