busy people photo

Berdasarkan pengamatan saya, masih banyak internet marketer Indonesia yang memutuskan untuk tetep jomblo. Entah ini nasib, trauma atau karena pekerjaan yang gak ada habisnya. Well, sudahlah. Saya dan anda sama-sama internet marketer, jadi gak usah pura-pura pekerjaan yang kita lakukan adalah pekerjaan paling penting di seluruh dunia. Komputer itu hanya alat, earning itu akibatnya, tapi kalau cewek gak bisa dapet juga, itu kebangeten.

Tetapi, untuk menyelamatkan setiap internet marketer yang jomblo, akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel ini. Agar para perempuan di luar sana (atau laki-laki) mengerti, bahwa pekerjaan yang (kadang) sibuk dan (kadang) santai ini ternyata menghasilkan. Lebih lagi, ternyata bisa dijadikan pegangan hidup. Lanjut lagi, dan itu gak bohong. Emang beneran.

Memutuskan untuk pacaran dengan internet marketer bukanlah hal yang mudah. Banyak diantara kami yang jarang keluar ~ sehari-hari cuma ada di kosan, kontrakan, rumah dan kalau sudah di depan komputer serasa dunia menjadi gak penting lagi. Baju lusuh atau kegedean (beberapa ada yang berlagak junkie juga) dengan celana yang 2 minggu gak dicuci sudah jadi pemandangan biasa. Jangan heran juga kalo ada gelas kopi yang setengah kering karena sudah seminggu di pojokan atau mangkuk bekas indomie yang gak terasa sudah berjamur di depan pintu.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk berhubungan dengan seorang internet marketer, sebaiknya anda tahu hal-hal ini.

1. Ini adalah pekerjaan jangka panjang.

Jangan pernah berpikir, iming-iming earning dollar akan menjadikan pacar anda yang internet marketer itu menjadi kaya raya dalam sekejab. Apalagi pas dollar lagi asik seperti sekarang ini (saat artikel ini dutulis, dollar sudah tembus 13.500). Yang sudah mendapatkan earning dengan stabil biasanya sudah memulai kegiatan internet marketing-nya dalam waktu yang lama. Pada saat tertentu, saya yakin betul, pacar anda akan menunjukkan screenshot earning. Baik itu adsense, CPA, Amazon atau yang lainnya. Jangan telen mentah-mentah. Earning itu belum tentu akan menjadi penghasilan. Earning, jelas berbeda dengan payout. Daripada pacar anda itu menunjukkan earning terus-menerus dan kemudian sombong karena dapet dollar, mendingan suruh dia nunjukin rekening bank. Pastikan apa yang ada di screenshot itu masuk ke rekening bank, setelah itu baru pujilah pacar anda setinggi langit. Duwit itu sudah menjadi milik anda, sesuai porsi seorang pacar tentunya.

2. Dikit-dikit liat handphone.

Jangan cemburu atau panas hati duluan. Sama sekali gak ada yang selingkuh atau nungguin whatsapp dari orang lain disini. Cek handphone itu berarti cek statistik. Entah itu earning adsense, atau clickbank atau sekedar cek statistik visitor di histats. Menjadi seorang internet marketer akan menjadikan pacar anda seorang yang gak bisa lepas dari gadget. Galau dimulai ketika statistik yang di cek tidak sesuai dengan harapannya. Kemudian dia akan mulai bicara mengenai teknik internet marketing yang anda tidak akan pahami. Ujung-ujungnya gelisah pengen cepet pulang buat benerin, atau nyari tempat yang ada wifi buat buka laptop dan bye, anda akan dicuekin selama pekerjaan itu belum beres. Gak perlu sakit hati, biasain aja. Bakalan ada terus yang seperti ini.

3. Laptop itu saya, saya itu laptop.

Sebagai seorang internet marketer sejati, membawa laptop adalah kebutuhan dasar. Bukan, bukan buat gaya-gayaan kok, tapi memang harus begitu. Biar bagaimanapun juga, banyak hal yang tidak bisa diselesaikan dengan smartphone dan harus buka di laptop. Modem juga wajib. Ini khusus dibawa untuk memastikan dia punya koneksi internet. Apalagi yang awal-awal punya toko online. Mengawasi toko online secara 24 jam adalah mutlak. Kalau pacar anda itu memutuskan juga untuk menjadi CS. Udah deh, mendingan anda tiap kali pacaran bawa peralatan masak. Ketika dia sibuk dengan blackberry, atau whatsapp toko online-nya, anda masak rendang aja. Dijamin pas rendangnya mateng (waktu masak rendang : 24 jam), pacar anda juga baru beres dikomplain sama buyer.

Oiya, tapi ini jangan dijadikan patokan. Kalau pacar anda itu kekeuh bawa laptop ke kondangan, mendingan toyor aja kepalanya. Pasti udah ada yang geser di dalemnya. Hahahaha…

4. Cuek bukan berarti gak sayang.

Ini penting banget. Seorang internet marketer biasanya cuek banget. Emang bawaannya gitu. Kerja sendirian dan punya duwit banyak, disini songong-nya keluar. Tapi sebetulnya, internet marketer itu hatinya banyak yang Rinto. Rinto Harahap maksudnya (yang generasi 90an pasti ngerti maksud kalimat ini). Mereka juga perlu diperhatikan. Jadi kalau anda serius, perhatikanlah dia duluan. Jangan ragu buat sms atau kontak duluan sekedar ngingetin makan atau bahkan mandi. Perhatikan kebutuhannya. Kalau dia gak keluar kamar udah 2 hari, ya ingetin aja dengan bawain handuk atau baju ganti. Kalau belum makan, jangan cuma anda teriakin suruh makan, tapi bawain makannya. Dia akan dengan sangat senang hati makan di depan komputernya. Ketika makanan sudah di depan hidungnya, dalam hitungan detik dia akan lupa pada anda. Tapi sekali lagi, gak boleh sakit hati. Itu berarti ada hal penting yang harus dia kerjakan. (Modus detected).

5. Seneng pajang gambar motor atau mobil atau rumah idaman.

Ini bisa dipasang dimana saja. Bisa di layar komputer atau laptopnya. Atau di depan wilayah kerjanya. Ini menandakan dia mempunyai cita-cita yang tinggi. Gambar itu adalah motivasinya. Jangan pernah sekalipun memindahkan gambar, atau barang lain miliknya. Kalaupun meja kerjanya berantakan, biarkan saja. Bahkan saya sampe sekarang masih kok majang mobil idaman. Wajar dong. Kalau udah kebeli, dipajangnya di garasi dan di facebook, bukan lagi di layar laptop.

Kok bukan gambar sedang pacaran atau pose berdua dengan pacar? Perlu dipahami, ini juga bukan berarti pengingkaran akan rasa sayang. Hanya memang, setiap mentor internet marketer, bahkan yang kelas dunia, tidak pernah meminta kita untuk memasang foto pacar sebagai motivasi. Jadi, kalau foto anda tidak ada di sekitar komputernya, yang harus disalahin ya mentornya, bukan pacar anda.

6. Jangan tanya-tanya hal teknis.

Misalnya gini : sayang, bagaimana sih cara masang backlink buat blog aku yang kemaren aku bikin biar cepet dapet income dari adsense? ~ udah deh, ini merendahkan harkat dan martabat pacar anda yang seorang internet marketer sejati itu. Buat dia, anda gak usah ikut-ikutan. Biar dia yang berkutat dengan hal-hal yang teknis dan njelimet. Anda sebagai pacar, nanti toh akan menerima hasilnya. Titik.

7. Terlambat itu biasa.

Bayanginnya gini : pas waktunya wakuncar (waktu kunjung pacar), tiba-tiba lelang aged-domain yang diincer di godaddy auction juga habis masa waktunya. Gak ada tuh bakal ditinggal, pasti ditungguin dulu lelangnya sampe beres. Atau misalnya, pas anda minta dianterin ke mall, pacar lagi bikin landing page. Kata : ‘sebentarr yaaa’ akan dengan mudah keluar dari mulutnya. Gak akan jelas juga sebentarnya sampai kapan. Tapi ya sudah sabar saja. Ini memang bukan seperti ngurusin negara, tapi tetap pekerjaannya harus beres.

Yang paling ngeselin adalah kalau tiba-tiba earning di Voluum terhenti atau traffic tiba-tiba mandeg. Terus gak bawa laptop, cuma bisa cek dari smartphone. Dijamin sepanjang anda pacaran, perhatiannya akan menjadi blur, tidak fokus dan ngobrol seperlunya saja. Ini berarti pacar anda sudah terkena ‘sindrom earning’. Kalau dibiarkan dalam situasi seperti itu tanpa diberikan kesempatan untuk cek apa yang terjadi dengan trafficnya, pacar anda bisa tiba-tiba demam atau mules-mules gak keruan. Saran saya, kalau ini terjadi, yang lagi nyetir disuruh berhenti aja dulu trus biarkan dia buka laptop dan cek semuanya. Setelah beres, baru lanjut lagi. Pasti pacar anda itu akan makin cinta. Kalau gak beres-beres, mendingan biarin dia berkutat dengan laptopnya dan anda panggil ojek buat pulang.

8. Orientasi hasil, bukan proses.

Kalau pacar anda seorang internet marketer, dia akan fokus ke hasil. Kalau udah dapet hasil banyak, akan kebingungan musti bagaimana. Disini peran anda menjadi signifikan. Tawarkan berbagai program investasi. Inget, penghasilan internet marketer itu bukan tetap bulanan. Tapi bisa naek turun. Kalo metode yang dipakai blackhat, bisa dapet banyak trus kemudian ngilang dan sepi senyap. Jadi sangat lah penting buat anda, sebagai seorang pacar yang baik, untuk tahu investasi apa yang seharusnya dilakukan.

Bagus lagi kalau anda mempunyai profesi sebagai agen asuransi atau manager investasi. Ini berarti simbiosis mutualisme. Kemampuan anda berinvestasi akan dipadukan dengan kehebatan seorang internet marketer. Jadi duwit yang didapet aman untuk bekal masa mendatang. Soalnya, menjadi seorang internet marketer itu gak ada puasnya. Sekali dapet banyak, pasti akan diikuti dengan beli ‘tools’ yang banyak pula. Akhirnya habis dah itu duwit ke ‘tools-tools’ yang mahal dan belum tentu dapat dipakai. Pada akhirnya, ya gigit jari lagi.

Betul gak? Ada yang mau nambahin?

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

24 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Fath August 3, 2015 at 2:45 PM - Reply

    Absurd banget dah om wien, tapi fakta banget… hehehe

    mungkin memang bener, kalo ada 1 atau 2 cewek yang jadi internet marketer, pasti bakalan diserbu jejombloan IM 😀

  2. Nanda Rahmanius August 3, 2015 at 6:50 PM - Reply

    Waah..artikel yang paling dicari sama internet marketer nih..hahaha 😆

    Apa bener ada yang sampai ngebiarin kopi nya sampai setengah kering begitu? Kalau saya sih gak ya..hehe

    Nanya-nanya hal teknik, saya sering nih..
    Ada yang penasaran tentang internet marketing atau blogging, tapi ketika saya mencoba ngejelasin, ternyata itu sia-sia (apa saya nya yang gk bisa ngejelasin ya?) 😀

  3. Dosen Jualan August 4, 2015 at 6:24 AM - Reply

    Wkwkkwkwk, untung saya sdh gak jomblo saat mutuskan jadi imers. Kalo gak, bakal jadi Jomblo akut deh Om Wien

    • Wientor Rah Mada August 4, 2015 at 8:14 AM - Reply

      Hahaha kalo dosen seganteng kita masih jomblo mah kayaknya gak mungkin om *naekin kerah*

  4. Mas Mulki August 4, 2015 at 4:43 PM - Reply

    Hahahaha Saya Imers yang usianya baru 15 tahun :3
    Sampe sekarang belum mikirin pacaran :v
    Padah muka ku Ganteng Loh 😛

  5. Lek Harjo August 4, 2015 at 8:33 PM - Reply

    Bagian paling ngakak dari tulisan ini adalah :
    “…tiba-tiba lelang aged-domain yang diincer di godaddy auction juga habis masa waktunya. ”

    Hahaa,
    saya tambahin pak :
    paling susah itu jelasin apa pekerjaan kita ke calon mertua,
    bingung mau jelasin dari mana 😐

  6. Jomblo IM August 4, 2015 at 11:04 PM - Reply

    hahahaha..
    biasa aja lu :v

    senyum senyum sendiri bacanya..
    kemana mana bawa laptop, bentar bentar liat gadget, gak ada wifi sehari galau.

    terlebih ane jomblo, seperti gak tertarik buat merayu, klo deket sama seorang cewek, malah aneh klo ada yg nanya udah makan, udah sholat :v

    masalah pajang motor di wallpaper, mantap juga.. :v
    ini nih wallpaper ane 😀

    https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xpt1/t31.0-8/11155118_963110740380489_1263433415902799450_o.jpg

    • Wientor Rah Mada August 5, 2015 at 12:21 AM - Reply

      Hati2 gan..jangan kelamaan jomblo. Dapet dollar bisa masa dapet pacar gak bisa #kabooorrrr

  7. Rora August 5, 2015 at 8:09 AM - Reply

    Hahahaha kereen tulisannya… Buat Imers jomblo ya googling aja cari pasangan yang Imers juga, dijamin ga abis-abisnya deh obrolannya…

  8. Agus Maulani August 9, 2015 at 12:43 AM - Reply

    Jomblo Imers ??
    Lanjut om…
    *Fakta Membuktikan
    “8 dari 10 cewe suka cowo Imers”
    hahaha…

  9. Fajar August 11, 2015 at 10:34 PM - Reply

    Ternyata ga mudah om saya lbh sibuk sama Blog-Blog saya ketimbang sama pacar. akhirnya april kemaren putus deh ahahahaha
    pdhl saya ada rencana mau nikah (maklum udh 26th) masak jomblo mulu? :3

  10. anjun October 24, 2015 at 1:35 AM - Reply

    sip, numpang mampir kakak ^_^

  11. stevany December 11, 2015 at 10:59 AM - Reply

    Mau nanya kak, apa nama plugin (penghitung visitor) yang terpasang di blog kk dipaling bawah ?

    Terima kasih

  12. Ichsan July 31, 2016 at 7:30 AM - Reply

    sampai sekarang msh blm bnr2 bisa ngejelasin ke teman..kerjaannya apa aja…kalo dijawab paling2 jawabannya cuma ” ohh”.sering sering ditanya ” bisnis online nya masih jalan? “…jadi seolah2 hanya sebagai sampingan aja…hmm…btw ada yg pny tips gmn jelasin ke calon mertua ga ya …ane msh single LOL…

  13. DeNature December 14, 2016 at 2:48 AM - Reply

    Mantapp gan. ijin share yaa. SALAM JOMBLO SUKSESS!!!

Leave A Response