Sejak 2 bulan lalu, Facebook sedang merahasiakan sesuatu. Rumor yang berkembang adalah mengenai Handphone Facebook, ternyata yang keluar sesuatu yang lain. Memperkenalkan : Graph Search > Social search engine yang pertama di dunia!

Graph Search adalah search engine di dalam Facebook yang hasil pencariannya diambil dari informasi yang kita sharing di Facebook. Berbeda dengan search engine yang lain, algoritma Graph Search pada dasarnya mengacu kepada apa yang sudah kita lakukan, apa yang teman-teman kita lakukan dan mereka publikasikan di Facebook.

Perbedaan yang mendasar dari Graph Search dengan Google misalnya, selain lingkaran Graph Search lebih kecil (karena berada di dalam Facebook), tetapi, by default, Graph Search akan mengeliminasi pencarian by the ‘most popular’ seperti yang Google selama ini lakukan. Graph Search meniadakan hasil pencarian dari orang-orang yang tidak kita kenal. Mesin pencari dari Facebook ini sungguh merupakan social search engine karena mencari apa yang ‘terdekat’ dengan kita. *liat video*

Secara khusus, Gizmodo menjelaskan Graph Search sebagai :

It’s an attempt to do what Google failed at doing — pulling all the information that matters to you within the context of your social life, skipping the results that are popular to the internet, in favor of the results that are popular within a group you actually give a damn about. Not a horde of strangers.

Jelas sekali tujuan dari Graph Search adalah untuk memberikan pengalaman seach engine yang lebih baik, lebih relevan dan lebih personalized. Secara khusus, Graph Search akan fokus kepada empat area besar di Facebook : people, photos, places dan interests. Huffttt…saya sudah terbayang bagaimana Facebook akan ‘monetize ‘  Graph Search. Kata kuncinya adalah : lokalisasi (dalam artian positif ya). Internet ke depan akan lebih personalized, custom dan local. Untuk yang satu ini, Facebook lebih jago dari Google. Harus kita akui. Selamat datang Graph Search!

Jadi yang pertama mencoba Graph Search, masuk waiting list disini.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock ‘n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

Leave A Response