Ijinkan saya curcol dulu eh.. bercerita maksud saya,

Main fokus saya ketika terjun di bisnis online adalah graphic design, list building & product creation karena dari situlah saya mendapatkan uang yang lumayan untuk menghidupi saya saat itu dan di akhir tahun 2010 akhir saya tergoda dengan yang namanya “Adsense” menurut saya ini adalah THE BEST MONEY MAKER saat itu, bagaimana tidak? yang saya lakukan tiap hari adalah rajin mengupdate artikel di blog selama 1-2 jam dan berkat bantuan sahabat saya Habibie Afsyah, Ardy Pratama & Fadhli 3 bulan kemudian saya memperoleh nikmatnya penghasilan ‘pertama’ dari google adsense.

Akhirnya semua pekerjaan tentang blog semua saya ‘Outsource’ a.k.a sewa karyawan dan hanya membutuhkan sedikit campur tangan saya karena yang saya pikirkan waktu itu adalah bahwa ini adalah bisnis “long term” ini adalah bisnis masa depan! bangun tidur check earning sebelum tidurpun check earning… AMAZING! ngga heran pemain adsense sering di sebut pengangguran ya karena begini kerjanya….

Dan gilanya saya……

Nyaris kegiatan design, affiliate dan product creation saya tinggalkan saat itu dan saya hanya berfokus membangun blog-blog baru, sampai pada akhirnya “petaka itu datang” sebuah update dari  google (baca: google panda) membabat habis 50% blog, toh…. saya tetep ‘don’t f*ckin care’ karena beberapa blog saya yang the real money maker masih ada di search engine dan tetap saya masih menerima pembayaran dari adsense, hingga bulan september 2011 itu datang penghasilan saya ngga keluar! saya hubungi support adsense SEMUA NO RESPONSE bisa dibilang penghasilan saya itu ngga sedikit dan yang lebih gilanya lagi SEMUA blog saya deindex!

Saya lepas semua iklan adsense dan terus menerus mengirimkan email ke support adsense, sadly ga ada jawaban! dan pada bulan november adsense saya di BANNED! pendapatan saya hangus… jika anda pemain adsense anda pasti tahu perasaan saya saat itu… GALAU berat! Pkiran saya waktu itu “Adsense adalah bisnis yang sangat riskan, dimana google lah yang mengendalikan semuanya”

Akhirnya berkat bantuan sahabat saya Maulana Malik saya kembali lagi ke product creation dan list building, dan saya sadari setelah saya menekuni (kembali) list building bagi saya ini adalah the REAL business, karena mebnagun list beda sekali dengan membangun blog, semisal jika anda membangun blog ketika blog anda di deindex atau di banned sangat sulit mengembalikkan posisinya di search engine berbeda dengan ‘pelihara’ list dimana jika mereka sudah stay di dalam list kita mereka akan terus bisa kita monetize selama mereka masih hidup dan menerima email offer dari kita… dan tentu saja tidak unsubscribe :D

Bayangkan saja saya dulu sewaktu awal-awal membangun list, saya hanya mempunyai list 1000-an dan berapa earning yang saya dapatkan waktu itu? berkisar antara $1k – $2k/month dan alhamdulilah sekarang list saya telah bertambah besar dan semkain besar pula pendapatan masuk ke kantong tapi saya ‘belum’ ada apa-apanya dengan ‘sang legenda’ list building indonesia Heri Rosyadi yang mempunyai lebih dari 100.000 email list.

Hhmmm…. anda bisa bayangkan earning yang dia dapatkan tiap bulannya! bahkan sahabat saya Maulana Malik ‘mengejutkan’ saya dia menghasilkan lebih dari $700/day dari 1 email blast sewaktu promo produk saya di WSO dan dia pun juga kaget…. padahal Maulana belum lama mempelajari list building.

Dan lebih enaknya kalau list anda sudah besar anda ngga perlu lagi cape-cape bikin-bikin produk untuk dijual anda tinggal cari produk untuk di affiliasikan lalu di ‘Blast’ aja! earning masuk ke kantong anda, Enak? memang enak pada akhirnya…. tapi semua tentu ada prosesnya ;-)

Sama halnya seperti anda membangun blog, bedanya disini anda membangun email list yang responsif yang setia setiap saat menerima penawaran dari anda… jika mereka sudah senang dengan anda mereka akan membeli ‘apapun’ yang anda tawarkan bahkan saya mempunyai beberapa customer yang membeli semua produk yang saya tawarkan, ketika hal ini saya tanyakan kepadanya:

“kenapa kamu membeli hampir semua yang saya tawarkan?” jawabannya simple “karena kamu yang menawarkannya, kalau yang lain belum tentu saya mau beli”

Jawaban itu tentu saja membuat saya terkejut… karena jika mereka sudah suka dengan anda mereka akan membeli meskipun mereka belum tentu membutuhkan produknya..

Ok deh gitu aja cerita kali ini, saya harap anda sadar sekarang betapa pentingnya membangun sebuah email ist untuk bisnis anda ;-)

Saya jadi teringat apa kata ‘mentor’ saya “Agung, kalau kamu mau sukses di bisnis internet tirulah apa yang guru-guru di internet lakukan. perhatikan cara mereka berpromosi kamu contek dan aplikasikan tanpa keraguan”

Dan list building adalah salah satu senjata paling ampuh para GURU di internet marketing

Tags: , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Fulltime Internet Marketer & List Building Maniac

14 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. hendro jy January 11, 2013 at 5:23 PM - Reply

    wah mantap mas agung udah ada niatan pengen beli yang produk WSO pandoranya… mudah-mudahan bisa kebeli cz masih pemain baru sekaligus fulltimer penganguran….
    :D

    • Agung Hari Prabowo January 12, 2013 at 12:49 AM - Reply

      ini lagi ga promosi loh ya? :))

  2. Sophan Wahyudi January 12, 2013 at 1:15 AM - Reply

    Mas Agung, mau tanya nih…List Building itu kita bisa dapatkan dengan cara yg bagimana? Maklum juga masih mengandalkan blog2 yang masih ada? Cara yg sederhananya bagaimana? Sebelom belajar yang paling ampuh…hehe?

    • Agung Hari Prabowo January 12, 2013 at 10:59 AM - Reply

      pake blog juga bisa kok coba pasang aja autoresponder di blog biasanya ada aja subscriber kalau blognya rame

  3. Jefri January 12, 2013 at 2:16 AM - Reply

    Maaf Gan..ilmunya saya curi curi dikit….Terimakasih…

  4. prio January 12, 2013 at 6:44 AM - Reply

    mas agung,saya belum siap untuk bikin produk sendiri, jadi saya mau ikut bisnis list building saja atau affiliate wso.kalau mau daftar affilate wso caranya gimana?terus harus punya website atau blog apa enggak?.boleh ga saya jadi affiliatenya mas agung dan mempromosikan produknya mas agung?.

    • Agung Hari Prabowo January 13, 2013 at 10:57 PM - Reply

      daftar affiliate wso bisa daftar di warriorplus bayar $4/bulan dan JVZoo.com kalau yang ini gratis

      ngga mesti punya website kalau mau promosi produk saya boleh2 aja :)

  5. Dodi January 15, 2013 at 2:28 AM - Reply

    Terus terang saya gak begitu care dengan list building, kenapa?? karena saya banyak subsribe produk IM, jadinya malah semacam spam bagi saya.

    Nah dari situ saya pikir semua orang punya pikiran sama kayak saya, alias ignore all newsletter….hehehehe….ternyata masih manjur juga yaaaaa….

  6. Santri January 17, 2013 at 11:14 AM - Reply

    gan mau nanya nih produk agan yg imcashmachine itu hrs bs programing (coding dll) komputer gk? ato bs outsource? ane bru blajar IM skitar 1 thun kira2 utk newbiew cocok gk krn tingkat ksulitan kn termsuk tinggi

    • Agung Hari Prabowo January 19, 2013 at 3:27 PM - Reply

      sampe skrg pun saya ga ngerti HTML atau coding, ada banyak jalan menuju roma salah satunya ‘outsource’

      cocok untuk orang yang udah tahu basic IM, terutama domain, hosting dan basic ngeblog

  7. Maulana Malik January 17, 2013 at 2:23 PM - Reply

    Maulana Malik itu emang ganteng dan baik hati ya … jadi pingin kenal orangnya :D

    • Agung Hari Prabowo January 19, 2013 at 3:27 PM - Reply

      preeeeeeeettttt…..

  8. ayudyacorner February 11, 2013 at 8:31 PM - Reply

    itu yang lagi aku lakukan sekarang … cuma mesti sabar untuk proses di awal yah mas ? itu biasanya yg dibagi di newsletter isinya informasi atau promosi semua yah mas? saya udah coba , tp ada beberapa yg akhirnya malah unsubcribe :(

  9. tata January 12, 2014 at 9:39 PM - Reply

    bagaimana saran mas agung untuk memulai menjadi IM biar tidak trial dan error, pertama apa yg harus dilakukan?

Leave A Response

*