Percaya diri.  Hampir semua orang yang ditanya apa modal awal yang harus dimulai agar bisa berbisnis dengan sukses jawabannya, “kamu harus PD, kamu harus percaya diri, lu musti yakin sama diri lu sendiri, atau semacamnya”. Sayangnya, kata percaya diri jauh panggang dari api. Mudah sekali diucapkan, namun wujud aslinya seperti apa sulit sekali bisa dibangun maupun dideteksi.

“Berbekal Percaya Diri, Selain bikin bisnis kita lebih powerfull, juga jadikan orang mudah membangun kerjasama dengan kita”.

Padahal kalau kita sendiri belum bisa mendefinisikan sesuatu, bagaimana kita bisa mencapainya? Katakanlah kita merencanakan suatu perjalanan, tanpa kita mengerti terlebih dahulu mau kemananya, tak akan pernah tau kapan sampainya, kapan waktu harus segera melakukan akselerasi supaya daerah tujuan itu  tercapai, atau parahnya bagaimana kita tau waktu harus berputar arah sebab kita sudah kebablasan.

Lalu apa sih percaya diri?
Street smart definition-nya percaya diri adalah keyakinan positif  yang secara sadar dibangun dalam diri seseorang bahwa dirinya bisa, mampu, dan telah memiliki sumber daya cukup mencapai impian – impiannya.  Elemen dasarnya berupa keyakinan positif sebab percaya diri yang dimaksudkan bukan kemantapan hati dalam lingkup kriminal serta merugikan orang lain.

Percaya diri juga mempunyai unsur kata kerja aktif ‘secara sadar dibangun’ supaya mengilhami bahwa demi mendapatkannya manusia harus berusaha, melatih, terus belajar supaya individu atau kelompok bisa memilikinya. Bukan berdiam saja menanti datangnya rasa percaya diri merasuk ke dalam diri kita.

Bagaimana melatih diri supaya bisa percaya diri?
Khususnya dalam dunia bisnis, cara sederhana melahirkan percaya diri minimal ada empat. Apa saja?

  • Allah Yang Mahakaya penguasa alam semesta tempat kita berada sudah menjamin riski seluruh makhluknya sampai semut yang berada di liangnya. Bahkan cicak yang tak bisa terbang Allah ‘datangkan’ kepadanya nyamuk agar bisa dia makan. Kalau semut serta cicak yang tak punya akal saja diberi kecukupan riskinya,  apalagi manusia?
  • Renungkan secara mendalam bahwa mau siapapun orang terkaya di dunia, penjual terbaik di internet, atau pebisnis tersukses disepanjang sejarah itu memiliki modal sama dengan diri kita. Modal gratis terbaik bagi segala bentuk bisnis, yaitu waktu dan akal sehat. Detik ini masih kah anda memilikinya?
  • PD lahir dari akumulasi kebiasaan-kebiasaan yang terus dibangun dan dilatih. Inget baik baik segala momen sukses yang pernah diraih sekecil apapun. Tulis, kumpulkan, jadikan itu sebagai daftar list panjang sebagai bukti bahwa diri kita luar biasa. Misalnya, “saya adalah manusia pertama di kampung yang berhasil menaiki tower telepon seluler sampai puncaknya (walau waktu itu niatnya bunuh diri sebab broken heart)”.
  • Bertanyalah dalam dirimu, “kalau saya sudah percaya diri, apa saja saya yang saya lakukan agar target-target bisnis saya tercapai?” Tentu bentuknya sangat berbeda daripada menjalani sesuatu sesuatu dengan galau. Lalu berpura puralah sudah percaya diri beneran mulai sekarang juga dalam segala aktivitas keseharian kita.

So, mari kita bangun percaya diri.  Kita mulai latih dari cara termudah, paling sederhana, dan sedari kecil. Insyallah berbekal rasa percaya diri yang bagus, bisnis kita semakin powerfull dan orang lain mau bekerja sama mengembangkannya pun lebih mantap. GO CONDIDENTLY in the direction of your DREAMS!

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Online Quotient Practitioner. Blogger Marketer. Creative Muslim Entrepreneur. Proven Durianholic. Kenal saya lebih dekat di Google+, Facebook & Twitter.

5 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. yansugie February 7, 2013 at 7:28 AM - Reply

    Yess, percaya diri memang modal utama kesuksesan kita.

  2. Erik February 7, 2013 at 9:37 AM - Reply

    Yup. PEDE itu luar biasa pak :)

  3. Agung Wiseso February 7, 2013 at 9:52 AM - Reply

    Klo gak PD akan menjerumuskan diri sendiri ya.. :D
    Paragraf terakhir OK banget.. ;-)

  4. ayudyacorner February 11, 2013 at 8:50 PM - Reply

    PD itu harus … F!GHT

  5. Indrawan Sugiarto December 7, 2013 at 3:56 PM - Reply

    Ridha Allah adalah sumber pendongkrak PD yg utama,,,

Leave A Response