Bermula dari sebuah akun twitter bernama @suksezMuda yang mulai menghimpun beberapa pemuda yang memiliki minat dan visi yang sama yaitu Internet Marketing, berkumpulah beberapa anak muda dari latar belakang dan bisnis yang berbeda. Dari sanalah tercipta sebuah komunitas bernama “Padepokan Internet Marketing”. Sebuah komunitas yang berisi anak-anak muda bersemangat dengan berbagai macam latar belakang dan bisnis yang berbeda namun melakukan bisnis di sebuah dunia yang sama, yaitu dunia internet. Kopdar atau gathering adalah ajang dimana semua anggota dapat berkumpul dan mendiskusikan sesuatu. Kopdar awal tahun kemarin pada tanggal 11 januari terbilang sukses dengan mengundang sang founder padepokan internet marketing, @suksezMuda atau biasa disebut jhon, kemudian turut mengundang Zule, Owner dari sebuah brand fashion pria bernama I Wear Zule (@iwearZule) dan mengundang juga Kang Dicky (Dixxieland), seorang sesepuh dunia twitter dan bisnis kaos distro. Beliau adalah pemilik dari brand invictus serta pemilik akun @InfoBandung.

Kopdar kedua kami kali ini mengundang Sibi @BBfreakz, Igo Perdana @IgoPD, dan Sandy @TipsJualOnline. Kopdar yang dimulai pukul 13:00 itu diawali dengan sibi yang bercerita tentang online shop melalui Instagram. Dia mengatakan bahwa Instagram saat ini memang sudah banyak yang memakai untuk media dalam berjualan online seperti layaknya Twitter dan Facebook. Namun yang ada kebanyakan hanyalah spamming saja, banyak bisa dilihat di kolom komen foto yang diunggah para selebritis. Sebetulnya ada beberapa strategi untuk berjualan di instagram, salah satunya adalah memakai jasa salprom atau saling promo atau buzzer, tapi pastikan dulu untuk anda telah mengunggah 100 minimal. Hal ini bertujuan agar ketika follower baru anda melihat, mereka akan merasa percaya dan yakin untuk membeli produk anda. Selebihnya sibi banyak membahas tentang perjalanan karirnya hingga bisa menjadi seperti saat ini.

Sesi kedua diisi oleh Igo Perdana yang lebih banyak membahas soal properti. Dia menjelaskan banyak tentang menjadi makelar atau broker sebuah properti seperti rumah. Dengan berbekal jam terbang yang tinggi dia menceritakan secara garis besar tentang bisnis property yang notabene hal tersebut adalah awam bagi para anggota PIM. Dari masalah perijinan hingga cara melihat peluang untuk mendapatkan properti yang rumah semua dikupas tuntas. Awalnya Igo tidak direncanakan datang, namun tidak disangka, Igo datang untuk menemani sibi, jadi saja dia “ditodong” untuk mengisi sebagai pembicara juga.

Sesi terakhir diisi oleh Sandy yang biasa dikenal dengan Tejo. Mengawali materinya dengan bercerita tentang dirinya yang saat ini sudah memiliki 3 buah bisnis, dari bisnis kaos hingga makanan. Sedikit tips untuk diferensiasi produk juga sempat dibahas. Materi langsung masuk ke dalam pembahasan tentang web untuk berjualan secara singkat. Penggunaan blogger dan pemilihan tema yang responsive artinya tema itu bisa dibuka melalui ponsel. Sempat juga membahas sedikit tentang SEO. Sisa waktu yang ada dipakai untuk saling sharing, Tanya jawab antar pembicara dan peserta.

Pukul 19:00 acara sudah usai, beberapa pembicara sudah pulang hanya saja ada beberapa anak-anak PIM yang masih di lokasi untuk membahas perencanaan grup PIM untuk kedepannya. Selesai sudah acara hari ini. untuk kopdar bulan depan akan direncanakan lagi. Untuk anda yang berminat bergabung bisa langsung mention saja ke @PadepokanIM.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

3 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Niken Juniar February 17, 2014 at 12:52 PM - Reply

    Bersyukur dipertemukan dengan komunitas internet marketing seperti mereka,dapet energi positif,dapet ilmu,dan nambah temen pula 🙂
    ditunggu kopdar selanjutnya 🙂

  2. @TranslateGratis February 18, 2014 at 9:07 PM - Reply

    Perlahan2 membangun pemikiran positif dan sikap pantang menyerah bisa terus bersama teman2 di komunitas ini…. semoga manfaat!

  3. @Dearestra February 19, 2014 at 5:42 AM - Reply

    walau gak hadir, tp energinya kerasa bro… salam sukses !!

Leave A Response