Review of: Xiaomi Redmi 4A
Price:
900.000 - 1.000.000

Reviewed by:
Rating:
3
On September 24, 2017
Last modified:September 24, 2017

Summary:

Smartphone murah dengan spesifikasi yang cukup, dengan body dan desain mewah yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari. Cocok untuk menjadi smartphone pertama anda.

Setelah  Xiaomi Redmi 3 Series, kini Xiaomi telah merilis smartphone barunya yakni Xiaomi Redmi 4 Series. Nah kali ini saya akan bahas seri Redmi 4 termurah, yaitu Xiaomi Redmi 4A yang telah dirilis pada November 2016.

Saya sempat terkagum dengan smartphone ini, karena dengan harga yang murah memberikan spesifikasi yang dibilang cukup tangguh. Kalau melirik pesaingnya, dengan harga yang sebanding tapi memiliki spesifikasi jauh dari standar. Umumnya, banyak vendor asal Tiongkok yang menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga miring. Ada banyak faktor kenapa Xiaomi membandrol harganya cukup murah.

Salah satunya yang saya ketahui adalah banyaknya perusahaan distributor yang menawarkan harga miring sehingga garansi resmi (TAM) kurang diminati banyak orang karena garansi resmi harganya lebih mahal dari pada garansi distributor.

Gambar : jakartanotebook

Tidak panjang lebar mari kita lihat spesifikasi yang lebih dalam.

Desain

Di lihat dari seri sebelumnya yaitu Redmi 3 Series, Xiaomi tampaknya mengalami penurunan kualitas dari segi desain. Redmi 4A ini, secara desain menggunakan bahan polycarbonate sedangkan pada Redmi 3 Series menggunakan material body metal. Walaupun begitu, smartphone ini memilki finishing metalik yang terlihat mirip dengan generasi sebelumnya.

Gambar : androidauthority.net

Walaupun bermaterial polycarbonate, yang menjadi daya tarik Xaiomi Redmi 4A adalah tetap menggunakan konsep desain uni-body dengan baterai yang terpasang non removable namun memiliki kesan mewah. Mungkin saja pihak Xiaomi sedikit menekan budget mereka dengan memakai bahan murah tetapi tetap dengan desain yang wah.

Baca juga : OnePlus 5 : Smartphone Harga Terjangkau Dengan Spesifikasi Impian Untuk Para Gamers

Dari segi visual Xiamoni Redmi 4A menggunakan layar berukuran 5 inci yang telah menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) dan  memiliki berat 131.5 serta dimensi 139.5 x 70.4 x 8.5 mm. Yang sempat disayangkan, layar tersebut belum mengadopsi kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen yang sudah dipakai Redmi 4 dan Redmi 4X.

Anda tidak perlu khawatir, meski belum dilapisi kaca 2.5D, Redmi 4A ini sudah memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels dan kerapatan pixelnya 294 ppi. Selain itu, smartphone ini mempunyai varian warna Rose Gold dan Gold yang bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Gambar : appmifile.com

Dapur Pacu Yang Cukup Tangguh Dengan Kombinasi RAM 2GB Dan Internal 16GB

Xiaomi Redmi 4A dilengkapi dengan komponen yang cukup mumpuni dikelas entry-level. Dengan harga yang miring, tetapi memilki dapur pacu yang sudah lebih dari cukup. Karena di bagian otak smartphone ini, mengandalkan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dan processor Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 serta GPU Adreno 308.

Meskipun belum menggunakan Processor OctaCore namun performanya bisa di acungi jempol untuk kebutuhan multi tasking dan memainkan games HD dengan lancar, hanya saja memakai grafik medium (standart).

Baca juga : Oppo A37 : Smartphone Bodi Keren, Spesifikasi Oke dan Harga Terjangkau

Xiaomi Redmi 4A ini dibekali dengan RAM 2 GB, yang mampu untuk menjalankan berbagai aktifitas sehari-hari seperti chatting yang udah menjadi kebutuhan banyak orang. Selain mempunyai RAM 2 GB juga memilki Internal 16 GB yang cukup untuk menginstal aplikasi dan menyimpan foto-foto. Sayangnya Xiaomi Redmi 4A ini memiliki slot SIM Card Hybrid, yaitu tidak bisa mengaktifkan memori eksternal selama masih mengaktifkan 2 Slot SIM card yang memiliki batas penyimpanan eksternal maksimal 256 GB.

Dari segi software, Xiaomi Redmi 4A telah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dan juga tidak lupa dengan User Interfaces buatan Xiaomi sendiri yaitu MIUI 8 untuk membantu kinerja dan percantik tampilan maupun fitur pada Redmi 4A.

Gambar : metrotvnews.com

Dual SIM Card 4G LTE Dan Konektivitas Yang Cukup Lengkap

Xiaomi Redmi 4A ini telah mendukung 2 slot SIM card dimana kedua slot tersebut mendukung 4G LTE dengan kecepatan Download Up To 150 Mbps dan Upload Up To 50 Mbps. Namun masih di lengkapi dengan jaringan alternatif HSPA+ dan GSM.

Beranjak dari kelengkapan Konektivitas utama yaitu Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.1, dan port MicroUSB 2.0. serta sensor yang disematkan sudah terbilang cukup lengkap mulai dari ambience light , proximity sensor, compass, acceleration hingga Gyroscope. Yang menjadi keunggulan dari Redmi 4A ini adalah tidak  hanya menggunakan sistem navigasi GPS namun juga menggunakan sistem GLONASS (sistem navigasi buatan rusia, yang juga memiliki akurasi lokasi yang tinggi).

Namun sangat di sayangkan, smartphone ini belum dilengkapi dengan sensor fingerprint untuk kebutuhan autentikasi padahal di generasi sebelumnya seperti Redmi 3S dan Redmi 3X telah menggunakan sensor fingerprint.

Gambar : ibtimes.co.in

Kamera Belakang 13 MP Dan Depan 5 MP

Dari sisi sektor fotografi, Xiaomi Redmi 4A telah disematkan kamera utama yang beresolusi 13 Megapixel kamera tersebut memiliki aperture f/2.2. Serta sudah dilengkapi berbagai fitur menarik, yang bisa menghasilkan kualitas foto lebih bokeh dan tajam. Kekurangan kamera utamanya adalah pada saat memotret di kondisi yang minim cahaya/gelap akan ada beberapa noise dan masih belum dilengkapi dengan fitur Phase Detection Autofocus. Bahkan mode fokusnya pun masih ada kesan blur.

Nah, untuk kamera depan juga kurang bisa diandalkan karena hanya dibekali dengan resolusi 5 Megapixel dengan aperture f/2.2, sehingga masih bisa diandalkan saat berfoto selfie pada kondisi low light (kurang cahaya/gelap). Kekurangan lain pada kamera depan adalah dengan resolusi yang terbilang kecil membuat foto selfie anda terlihat sedikit ada noise dalam keadaan gelap dan masih kurang detailnya ketajamannya. Pesaing lain minimal mengandalkan kamera depan beresolusi 8MP dengan di lengkapi berbagi fitur menarik. Namun diharga yang terbilang murah, Redmi 4A ini sudah sepantasnya dengan kamera beresolusi hanya 5 MP.

Walaupun agak meragukan sektor kualitas kameranya, yang menjadi keunggulan dari kamera Redmi 4A tersebut karena anda bisa menghasilkan jepretan foto dan rekaman video yang mampu menghasilkan resolusi Full HD [email protected] Selain itu, adanya fitur Beautify pada kamera depan untuk mempercantik wajar ketika selfie. Bagi anda yang suka video call atau Vlog Live di Redmi 4A ini telah mengusung  fitur VoLTE (Fitur 4G+) yang memberi kecepatan untuk membuat video call anda lancar dan terasa tidak adanya lag.

Kapasitas Baterai 2.630 mAH

Nah, telah sampai kita membahas spesifikasi yang mendalam, kini saatnya kita melihat dari sektor daya baterai. Untuk memenuhi kebutuhan daya komponen sehari-hari, Redmi 4A dibekali baterai Lithium Ion yang memiliki kapasitas 3120 mAh non-removable. Kapasitas baterai tersebut mampu digunakan untuk kebutuhan seharian seperti chatting, memutar musik dan video, dll. Namun sayangnya masih belum dibekali fitur fast charging.

Harga Xiaomi Redmi 4A

Setelah membahas spesifikasi smartphone ini, kini sekarang akan saya bahas harga Xiaomi Redmi 4A ini. Dilihat dari spesifikasi yang tergolong sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan memberikan performa yang lumayan baik di kelas entry-level. Harga yang ditawarkan di awal rilisnya yaitu November 2016 yang dibandrol dengan harga 1.5 jutaan dan untuk saat ini mengalami penurunan drastis yakni dengan harga dibawah 1 jutaan.

Bisa saya simpulkan untuk harga Xiaomi Redmi 4A ini dengan bandrol harga 900rb an sampai dengan 1 jutaan. Dengan spesifikasi yang ditawarkannya harga demikian sudah murah mengingat spesifikasi yang tergolong sama dengan fitur dari pesaing yang lain.

Keunggulan Xiaomi Redmi 4A

  • Desain yang mewah
  • Dual SIM support 4G LTE
  • Layar berukuran normal 5.0 inchi, resolusi HD cocok buat  nonton video, dengan tampilan layar cukup jernih
  • Sistem oprasi berjalan menggunakan OS Android v 6.0 Marshmallow dan MIUI 8.0
  • Dukungan prosesor Snapdragon 425, CPU Quad Core 1.4 GHz, Adreno 306 yang membuat kinerja secara maksimal
  • RAM 2 GB dan Memory Internal 16 GB yang dapat melakukan multitasking dan untuk menginstal aplikasi serta menyimpan foto-foto
  • Kamera 13 MP, Autofocus, LED flash, didukung perekam video full HD dan kamera depan 5 MP cocok untuk selfie dan Video call
  • Baterai berkapasitas 3030 mAh, yang dapat menunjang kegiatan gdget bertahan seharian

Kekurangan Xiaomi Redmi 4A

  • Belum adanya fitur Fingerprint
  • Tidak adanya lapisan Gorilla Glass
  • Kamera depan tidak memiliki LED Flash
  • Slot SIM Card hybrid
  • Baterai  Non-Removable (baterai tidak bisa dilepas)
NameXiaomi Redmi 4A
RilisNovember 2016
Bodi139.5 x 70.4 x 8.5 mm, 131.5 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 425 quad-core 1.4 GHz
GPU
Adreno 308
RAM dan Internal2GB RAM dan 16 GB Internal, microSD up to 256 GB
LayarIPS 5 inci (1.280 x 720 pixels)
Kamera belakang dan DepanBelakang 13 MP dan Depan 5 MP
Sistem OperasiMIUI 8 (Android 6.0.1)
JaringanGSM, HSPA+, Dual-SIM 4G (VoLTE)
KonektivitasBluetoth, Wi-Fi, GPS
InterfacemicroUSB 2.0, 3.5mm Jack audio
Sensoraccelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai3.120 mAh
HargaUbdate Bulan September 2017 : 900rb - 1juta

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Hanyalah seorang pemuda dari Lereng Semeru yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman di dunia internet

Leave A Response