Wikipedia adalah situs pencarian yang paling banyak digunakan untuk mencari tahu tentang sebuah kata atau beberapa nama tokoh/tempat/benda yang banyak orang belum tahu. Dikarenakan Wikipedia menyediakan data secara akurat dan sangat lengkap, Wikipedia tidak bisa lepas dari kehidupan manusia layaknya google. Tapi ada sebuah masalah yang cukup mengganjal, penggunaannya  tergantung ada atau tidaknya koneksi internet. Tidak semua wilayah di bumi memiliki koneksi internet.

Efeknya adalah masih banyak orang yang belum bisa  menikmati layanan yang diberikan oleh Wikipedia. Oleh karena itu Wikipedia memutar otak untuk mencari solusi untuk menghadapi masalah diatas. Situs Fast Company mengabarkan berita yang mengatakan bahwa Wikipedia telah menemukan dan mempublikasikan teknologi yang memberikan kemudahan mengakses dengan cara penggunaan pesan teks melalui ponsel dengan fitur yang basic/dasar yang dimiliki oleh masyarakat.

Program tersebut dinamakan dengan Wikipedia Zero yang menjadi pilot project yang dilakukan di Negara Kenya. Wikipedia menggandeng AirTel selaku perusahaan telekomunikasi dan yayasan Praekelt Foundation. Demi 70 juta pengguna telepon di kawasan sub-sahara Afrika maka program ini akan dimaksimalkan dan segera agar dapat dinikmati. Penggunaan sistem sms berbasis Wikipedia zero ini sangat sederhana, tinggal menekan *515# di ponsel maka mereka akan mendapatkan sms yang berisi permintaan untuk memasukkan kata kunci dari informasi yang mereka inginkan. Setelah itu penerima akan mendapatkan informasi yang diinginkannya. Usaha keras Wikipedia dalam hal ini patut diacungi jempol. Usaha ini berfokus untuk menghubungkan masyarakat dengan dunia luar, khususnya untuk mereka yang berada di wilayah negara dengan kondisi internet yang sangat amat minim.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response