Akhir-akhir ini Bitcoin mengalami kenaikan harga yang sangat tajam. Ketika artikel ini ditulis, 1 BTC sudah seharga 108 juta rupiah. Akibatnya banyak pemburu mata uang digital ini yang diuntungkan. Sebenarnya ada banyak faktor, yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya : Harga Bitcoin Makin Menggila. Sudah Saatnya Kita Investasi di Cryptocurrency? Kurang lebih seperti itu.

Namun tidak hanya Bitcoin saja yang mengalami kenaikan harga secara cepat, hampir semua mata uang Cryptocurrency mengalami kenaikan. Makanya banyak investor yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berinvestasi di mata uang ini. Untuk mendapatkan saldo Bitcoin sangatlah mudah, ada banyak cara selain deposit. Seperti mining, faucet, dan exchanger. Dari ketiga tersebut yang paling efisien dan sekiranya tidak mengeluarkan biaya adalah dengan cara faucet, walaupun hasil dari faucet tidak seberapa, namun jika ditekuni di waktu luang mungkin lumayan buat uang jajan sehari-hari.

Jika sudah mendapatkan nominal Bitcoin tersebut, lantas bagaimana cara menyimpannya? Untuk menyimpan bitcoin tersebut lumayan mudah. Cukup dengan mempunyai wallet Bitcoin. Wallet ini bisa diartikan sebagai dompet, lebih tepatnya lagi seperti mesin ATM. Namun wallet Bitcoin ini dalam bentuk digital. Untuk mengakses nya pun harus menggunakan jaringan internet, layaknya internet banking.

Ada banyak wallet yang kita ketahui, namun dari semua wallet yang ada, manakah yang populer dan memiliki keamanan serta kredibilitas yang baik dan terpercaya? Saya akan memberikan 6 (enam) situs wallet Bitcoin yang populer dan terpercaya. Note : sebelumnya saya tidak menyuruh pembaca untuk invest dan trading di mata uang digital Cryptocurrency ini.

Gambar : blog.bitcoin.co.id

1. Vip.Bitcoin.co.id

Siapa sih yang tidak kenal dengan wallet Bitcoin satu ini? Hampir kebanyakan pemain trading tahu. VIP Bitcoin ini adalah wallet yang sangat populer di indonesia. Ada banyak fitur keamanan salah satunya adalah Google Autenticator dan fitur keamanan lainnya. Namun di VIP Bitcoin ini tidak hanya menyediakan sebagai wallet untuk menyimpan, menerima, mengirim, dan menarik Bitcoin dalam jumlah rupiah (harus jual Bitcoin ke rupiah dulu, baru bisa di tarik ke bank lokal), tapi juga menyediakan fitur exchanger yang bisa dimanfaatkan untuk trading. VIP Bitcoin bisa menampung mata uang Cryptocurrency seperti BTC, BTS, DASH, DOGE, ETH, LTC, NXT, XLM, XEM dan XRP. Bisa juga dimanfaatkan untuk kegiatan trading karena nilai harga Bitcoin ini sangat sensitif dan relatif terhadap harga pasar.

Untuk memantau kegiatan jual/beli di situs ini, VIP Bitcoin menyediakan fitur market jual dan beli yang ditujukan pada aktivitas member lainnya. Dengan fitur ini, pengguna bisa memprediksi harga. Fitur lain adalah Spot Market, karena di dalamnya ada Market Maker,  yaitu fitur memasang harga sesuai dengan kemauan kita sendiri yang sudah dirancang. Ada juga Marker Taker untuk membeli dan menjual mata uang Cryptocurrency secara instan tapi dikenakan biaya sebesar 0.3% setiap transaksi yang dilakukakan pengguna.

Nah, untuk memprediksi perkembangan harga selanjutnya, di VIP Bitcoin menyediakan fitur ChatRoom, sebuah ruang percakapan sesama member lain, dengan tujuan membahas mata uang ini, dan biasanya mereka memprediksi perkembangan Cryptocurrency. Maka dari itu, banyak pemburu Bitcoin/Cryptocurrency dan investor yang menggunakan situs ini sebagai trading atau sekedar sebagai wallet mata uang Cryptocurrency. Disarankan untuk membuat akun di situs ini dengan nama asli, karena di VIP Bitcoin harus memverifikasi akun tersebut dengan scan foto KTP dan foto selfie, serta nama bank harus sama agar nantinya akun tersebut akan bisa digunakan secara maksimal.

Gambar : blockchain.com

2. Blockchain

Blockchain, adalah sebuah wallet Bitcoin no. 1 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Blockchain ini sifatnya hanya sebagai penerima dan pengiriman Bitcoin. Tidak ada fitur selengkap seperti kebanyakan wallet lainnya. Namun meskipun begitu, Blockchain adalah wallet pertama yang dapat menampung Bitcoin. Itu sebabnya mengapa banyaknya user yang menggunakan wallet Blockchain ini.

Yang menjadi keunggulan dari wallet lain ini adalah sangat erat dengan kaitannya perkembangan ekonomi Bitcoin, karena wallet ini sangatlah menjadi rujukan dalam perkembangan Bitcoin dari awal dahulu. Saya rasa untuk mendaftar wallet Blockchain ini tidak perlu saya jelaskan, karena sangatlah mudah Pengguna tinggal mengikuti instruksi yang diberikan oleh pihak Blockchain dan sesudah itu memverifikasi email tersebut, kurang lebih begitu.

Pengguna juga bisa melihat transaksi yang dilakukan dari seluruh akun wallet, termasuk pengiriman dan penerimaan.

Gambar : luno.com

3. Luno

Walllet Bitcoin ini baru nongol, yaitu Luno. Saya menganggap wallet ini baru karena wallet ini baru saja hadir di Indonesia. Yang membuat saya heran adalah banyaknya pengguna dari wallet Bitcoin ini, padahal ya itu, baru. Namun ada yang bilang jika wallet Luno ini adalah wallet Bitcoin yang sebelumnya bernama BitX.

Luno memiliki cabang di berbagai negara, seperti Singapore, Cape Town, dan London. Luno ini adalah wallet yang memiliki layanan memuaskan, karena bisa diakses di web dan aplikasi berbasis seperti Android dan IOS. Pengguna bisa menerima dan mengirim Bitcoin serta bisa juga untuk tarik ke rupiah lewat bank lokal.

Gambar : xapo.com

4. Xapo

Pemain Bitcon pasti tahu dong dengan wallet yang satu ini. Xapo adalah wallet yang menawarkan fitur menarik karena mempunyai layanan dengan kartu debit. Pengguna bisa bertransaksi dengan ATM bank yang mendukung Visa.

Tingkat sekuriti wallet ini juga bagus, ketika pengguna masuk ke wallet Xapo tersebut harus memasukkan kode yang terkirim lewat sms agar bisa login.

Gambar : coinbase.com

5. Coinbase

Berikutnya yang menurut saya yang banyak digunakan adalah Coinbase. Menurut saya di fitur keamanan hampir sama seperti Xapo tapi di Coinbase menyediakan fitur yang lebih banyak. Di Coinbase tidak hanya Bitcoin saja yang bisa ditampung, tetapi juga Ethereum dan Litecoin. Pengguna tidak usah repot menggunakan banyak wallet untuk menampung altcoin seperti ini. Namun kekurangan dari wallet ini adalah tidak bisa tarik rupiah/wd ke bank lokal, sehingga anda wajib pake jasa exchanger.

Gambar : triv.co.id

6. Triv

Menurut saya, yang paling keren dari semua wallet di atas adalah Triv. Wallet ini mempunyai banyak fitur seperti dari pembelian pulsa, voucher games, token listrik, dll. Nah, untuk deposit pun sangatlah mudah, Triv menyediakan layanan deposit melalui bank lokal hingga melalui layanan Perfect Money dan Okpay. Sepertinya Triv ini lebih mengutamakan kenyamanan pengguna dengan menyediakan fitur tersebut, sehingga pengguna lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dari ke 6 wallet tersebut, untuk mendapatkan saldo Bitcoin, baik dengan cara membeli lewat exchanger, minning atau pun faucet. Pengguna diharuskan menyalin wallet address Bitcoin yang telah disediakan dari masing-masing wallet. Untuk mata uang digital lainnya (Cryptocurrency) caranya juga sama harus menyalin address Altcoin yang disediakan dari masing-masing wallet. Tapi untuk sesama wallet biasanya memakai email yang didaftarkan di wallet tersebut, agar tidak terkena fee saat proses transaksi.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Hanyalah seorang pemuda dari Lereng Semeru yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman di dunia internet

Next Article >

Leave A Response