Gambar : isigood.com

Di era zaman globalisasi ini semua masyarakat sudah mengenal internet. Internet itu membutuhkan jaringan, selain jaringan untuk terhubung ke beberapa orang dengan cara browsing (mencari informasi lewat internet). Disinilah diperlukan sebuah Browser. Browser tercepat selain menjadi kebutuhan sekunder, tapi juga sebagai hobi yang sudah melekat dihati masyarakat.

Browser internet adalah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi dunia maya seperti browsing, chatting, streaming, dll.

Browser sendiri banyak mempunyai platform berbeda seperti  Windows, MAC OS, Linux, Android, IOS, Blackberry, dll. Browser yang sering kita kenali karena kecepatan dan fitur lengkap diantaranya seperti  Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera,  UC Browser, Dll. Yang saya sebutkan itu adalah nama-nama web browser populer yang memiliki rating oke, baik untuk digunakan diberbagai PC dan platform lainnya.

Dari masing-masing fitur, keamanan dan fungsinya, manakah yang lebih baik dari web browser tersebut? Nah, kali ini saya akan bahas tentang browser tercepat dan terbaik di tahun ini, mari disimak baik-baik.

1. Google Chrome, browser tercepat dengan tampilan minimalis.

Gambar : omgubuntu.co.uk

Google Chrome – Dari namanya aja udah tau kan, kalau browser ini dari Google Inc. Perusahaan sendiri telah meluncurkan berbagai layanan berbasis web seperti search engine Google, Google Translate, Google Maps, Google Adwords, dan lain-lain. Pada tahun 2008, Google Inc merilis software Google Chrome dengan menggunakan teknologi mesin rendering WebKit sebagai fitur utamanya.

Google Chrome adalah web browser yang mendapat rating/nilai tinggi karena mempunyai fitur yang mantab serta tampilan user interfaces (UI) yang sederhana. Dengan tampilan minimalis, wajar saja browser ini mempunyai kecepatan tinggi saat browsing, streaming, dan download. Kecepatan download-nya pun tidak kalah dengan IDM (Internet Download Manager).

Bagi anda yang gonta-ganti devices/gawai, Google Chrome mempunyai fitur sinkronisasi. Untuk menggunakan fitur ini anda harus sign in terlebih dahulu dengan akun Google anda. Cara kerjanya adalah dengan menyimpan history, cookies dan saved-password. Jika software Chrome ini di-uninstall atau anda berganti perangkat maka anda bisa memanfaatkan fitur sinkronisasi ini.

Fitur lainnya yaitu pengelola tab, mendukung reading PDF, notifikasi web, sudah tersedianya dukungan flash, dukungan berbagi file ekstensi, sinkronisasi bookmark, dan masih banyak lagi. Yang menjadi fitur keren di browser ini adalah adanya fitur ketika mengakses website Scam (penipuan), di bagian domain akan dipertebal. Contoh: ibank.klikzxc.d288pc.com

Yang sangat disayangkan dari browser ini adalah memakan banyak prosesor dan RAM, akibatnya akan membuat PC anda terasa panas dan lemot, tapi menurut saya sebanding dengan fitur yang ditawarkan.

Namun dari segi fitur Google Chrome ini masih kalah dengan Mozilla Firefox yang memiliki segudang fitur dan banyaknya add0ns (plugin browser). Seandainya Mozilla Firefox lebih cepat dari Google Chrome, maka Mozilla Firefox akan menjadi browser tercepat No. 1.

 2. Mozilla Firefox, browser yang menawakan fitur lengkap

Gambar : wikimedia.org

Mozilla Firefox – Web browser yang pas buat anda yang suka dengan fitur lengkapnya, yaitu Mozilla Firefox. Web browser ini mampu memberikan fitur lebih lengkap dari pesaingnya. Walaupun demikian, browser ini tetap ringan, karena tidak memakan banyak prosesor dan RAM, cocok bagi anda yang memiliki spesifikasi PC rendah.

Dari segi tampilan memang cukup ramai karena fitur yang disematkannya sangat banyak. Berbeda dengan Chrome yang memilki tampilan minimalis.

Fitur lengkap Mozilla Firefox diantaranya yaitu : Reading mode, pembaca PDF, add-ons, bookmarks, sinkronisasi, developer tools, notifikasi web, pilihan tema yang banyak dan keren, reading list, dan masih banyak fitur lainnya.

Firefox memang memilki ribuan fitur lengkap namun dibandingkan dengan Chrome masih kalah di bagian speednya. Tetapi Firefox memilki keunggulan banyak di segi fitur yang disukai banyak orang. Salah satunya adalah tampilan yang lebih mudah digunakan, serta bisa digunakan sesuai selera pengguna.

3. UC browser, browser fast download

Gambar : softlay.net

UC Browser adalah browser tercepat saat ini di platform Android dan IOS.  Tahun 2015 lalu, perusahaan asal Tiongkok ini, Alibaba, telah meluncurkan browser untuk platform Windows. Apakah browser ini lebih cepat seperti di platform Android dan IOS? Kenyaataan tidak, karena fitur yang ditawarkannya masih kalah dengan browser lainnya dan browser ini tergolong cukup berat kinerjanya dari Chrome.

Meskipun kurang  populer dari pesaingnya yakni Google Chrome dan Mozilla Firefox, tetapi browser ini masih nyaman digunakan sehari-hari. Fitur yang ditawarkan UC Browser ini adalah Fast Downloads, Cloud Sync, Fun & Easy to Use, Data Compression, dan lain sebagainya. Kali ini saya akan bahas juga kelebihan UC Browser ini, berikut ini kelebihannya :

  • Cukup ringan dan cepat sehinnga enak buat browsing dan sosial media
  • Support ekstensi Chrome
  • Mudah dikustomisasi, yang membuat anda tidak bosan
  • Adanya Download manager, sehingga memungkinkan anda untuk mendownload file dengan mudah dan cepat
  • Fitur Mouse Gesture

4. Opera, browser ringan dan minimalis

gambar : freetrialdownloads.com

Opera – Banyak orang yang menganggap browser Opera dan Chrome perancangnya adalah sama. Apakah betul? Yupz. karena Opera sendiri merupakan web browser yang berbasis engine milik Chrome. Oleh karena itu browser Opera punya fitur yang bisa dibilang mirip dengan Google Chrome.

Dari sisi desain, Opera ini membawa desain tampilan yang biasa dan menurut saya enak di lihat karena nggak terlalu ramai seperti  Mozilla Firefox dengan fitur andalannya yaitu speed dial, sidebar kiri yang dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Dengan tampilan dan fitur yang kurang lengkap, browser ini masih layak untuk digunakan sehari-hari. Browser ini sangat ringan dan di-update.

Namun tetap tidak bisa dianggap sebelah mata karena, Opera mempunyai fitur tambahan seperti merubah wallpaper pada halaman tab baru, list tab yang baru saja ditutup, dan fitur lainnya yang tak kalah menarik dari browser lainnya.

5. Vivaldi, Browser keluaran 2017 dengan fitur unik dan menarik.

Gambar : webupd8.org

Vivaldi – Mungkin anda baru saja mendengar nama browser ini. Betul, browser ini baru datang pada tahun 2017 ini. Vivaldi ini browser buatan salah satu developer Opera yang dibekali fitur-fitur yang unik dan menarik.

Browser terbaru ini tampaknya tidak mau kalah dengan pesaingnya karena telah dibekali fitur yang oke, diantaranya adalah menaruh tab (di atas, bawah, kiri, kanan), tab group, mampu menyimpan sesi browser yang dapat di-reload, mempunyai akses support ekstensi dari Chrome dan yang tidak ada di browser lainnya adalah  mengambil screenshot dengan memo.

Browser Vivaldi menyuguhkan fitur yang dapat mengatur tampilan dan desainnya agar pengguna tidak bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Mulai dari tema, warna, pengaturan speed dial, posisi tab, aplikasi  catatan bawaan, sidebar kiri yang bisa diubah sesuai selera, dan masih banyak lagi.

Vivaldi adalah browser alternatif  bagi anda yang bosan menggunakan browser-browser diatas.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Hanyalah seorang pemuda dari Lereng Semeru yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman di dunia internet

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. arif October 11, 2017 at 8:33 AM - Reply

    Microsoft edge layak juga dipertimbangkan untuk pemakaian sehari-hari

    • Adit Firman October 16, 2017 at 11:58 AM - Reply

      Iya mas, tapi saya fikir jarang yang menggunakan browser Microsoft Edge.

Leave A Response