Cara Mudah Membuat Channel Youtube untuk Menghasilkan Uang

Sekarang banyak sekali yang tergoda untuk menjadi youtuber. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tertarik pengin jadi youtuber. Rata-rata mereka menganggap bahwa menjadi youtuber itu asyik. Bisa ngetop, plus dapat duit tanpa harus kerja buang-buang tenaga. Meskipun sebenarnya hal ini enggak sepenuhnya benar, tapi prospek masa depan youtuber memang cerah.

Orang enggak perlu mikir lama untuk menjawab pertanyaan tentang siapa youtuber sukses di Indonesia. Rata-rata pasti bisa menyebutkan namanya, bahkan lebih dari satu. Karena kenyataannya zaman sekarang orang lebih sering nonton youtube ketimbang nonton TV.

Fenomena inilah yang kemudian memberi ruang kepada creator konten untuk berekspresi. Begitu juga dengan pengembang, seperti ada lahan bisnis yang cukup menggiurkan dari sisi keuntungan yang dapat dihsailkan. Belum lagi mempertimbangkan tawaran kerjasama yang tentu saja memberi keuntungan juga buat para creator konten.

Peluang ini membawa orang-orang berbondong-bondong mempelajari cara bagaimana bisa menghasilkan uang dari youtube. Hingga kemudian membawa seseorang kepada pemahaman bahwa untuk bisa menghasilkan uang dari youtube, seseorang harus membuat channel di youtube kemudian melakukan monetize akun youtube mereka.

Maka kemudian banyak orang yang membuat channel youtube dan mulai mengupload video-video kreasi mereka. Nah, di artikel ini saya akan jabarkan bagaimana cara membuat channel youtube yang nantinya bisa dipakai untuk menghasilkan uang.

Membuat Channel Youtube di Laptop

Kita bisa membuat channel youtube dengan menggunakan laptop dengan mudah. Syaratnya hanya butuh koneksi internet yang memadai. Terkait panduan dan langkah-langkah cara membuatnya silakan ikuti penjabaran berikut ini:

Pertama, nyalakan laptop dan pastikan laptop kita tersambung dengan internet.

Kedua, silakan buka browser dan ketikkan “youtube.com” lalu tekan enter. Tunggu beberapa saat hingga tampilan situs youtube.com terbuka di layar laptop kita.

Ketiga, klik ‘Sign in’ untuk mulai membuat channel youtube baru. Siapkan akun Gmail dan passwordnya untuk sign in.

cara membuat channel youtube
Tampilan youtube desktop

Keempat, masukkan alamat Gmail aktif yang kita punya. Kemudian klik ‘Next’ untuk melanjutkan.

membuat channel youtube
Sign in ke youtube

Kelima, masukkan password yang biasa kita gunakan untuk log in kea kun Gmail tersebut.

sign in ke akun youtube
memasukkan password akun Gmail

Keenam, klik ‘Done’ untuk melakukan verifikasi akun melalui nomor telepon. Atau silakan klik ‘Update jika hendak mengubah nomor telepon atau memperbarui nomor kontak kita. tunggu beberapa saat hingga kita masuk ke laman youtube dengan akun Gmail kita.

Ketujuh, klik icon akun kita di pojok kanan atas, kemudian pilih “Your Channel.”

cara membuat channel youtube
Masuk ke menu your channel

Kedelapan, ketikkan nama channel youtube yang ingin kita buat, kemudian klik ‘Create channel.’

membuat channel youtube
Menentukan nama channel youtube

Kesembilan, klik ‘Customize channel’ untuk mulai menyetting akun youtube yang baru saja kita buat.

channel youtube
Menu customize di youtube

Kesepuluh, silakan upload foto profil dengan cara klik icon pensil yang ada pada kotak di sebelah kiri atas. Kita bisa unggah foto dari yang tersimpan di laptop.

Kesebelas, klik ‘Add channel art’ untuk mengganti background profil akun youtube kita. Di sini kita akan diminta untuk upload satu gambar yang nantinya bakal menjadi background profil akun kita dari tiga penampakan device yang berbeda.

Kedua belas, klik ‘Select a photo from your computer’ atau silakan drag file foto dari computer ke area yang tersedia. Perhatikan bahwa ukuran foto sebaiknya 2560 x 1440 dan ukuran maksimal 6 MB. Ukuran ini yang paling direkomendasikan oleh youtube.

Add channel art youtube
Setting channel art di youtube

Ketiga belas, silakan klik menu ‘About’ untuk melengkapi informasi detail channel youtube yang baru saja kita buat. Tambahkan deskripsi channel, alamat email, lokasi, dan link url beberapa website.

info profile youtube
Tampilan setting menu profile akun youtube

Keempat belas, silakan klik icon akun kita yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik icon setting yang ada di sebelah tulisan “Youtube studio.” Kita akan di bawa ke laman pengaturan akun youtube kita. silakan klik ‘View or change your Google account.”

Kelima belas, silakan lengkapi informasi akun Google kita. Caranya: klik tanda ‘+’ yang ada di pojok kanan bawah, kemudian pilih item yang hendak kita tambahkan. Isi kolom yang tersedia dengan informasi yang sesuai. Usahakan mengisi informasi akun ini dengan data yang valid. Karena akan memudahkan kita ketika harus validasi data yang dilakukan oleh system Google.

Sampai di sini kita sudah selesai dalam membuat channel youtube. Selanjutnya kita bisa mulai membuat konten video, kemudian menguploadnya di channel yang baru kita buat. Jika kita masih bingung bagaimana cara upload video di youtube, silakan ikuti panduan di artikel ini: Cara Upload Video di YouTube Studio Terbaru Like A Pro

Bisakan Menghasilkan Uang dari Channel Youtube?

Untuk bisa menghasilkan uang dari youtube, kita harus konsisten membuat konten dan mengembangkan channel youtube kita. Hingga pada suatu suatu saat ketika channel itu siap dimonetize, kita bisa mendaftarkan untuk program monetize akun youtube.

Monetize channel youtube yang paling popular ya dengan Youtube Adsense. Kita bisa mendaftarkan channel youtube kita jika memenuhi kebijakan Youtube Adsense.

Ada beberapa youtuber yang sudah berkali-kali mencoba daftar youtube adsense, tapi belum berhasil. Kemungkinan masalah utamanya karena belum memenuhi kebijakan youtube adsense. Maka pihak youtube masih ragu untuk menerima permohonan mereka.

Kita memang harus pahami dulu seperti apa kebijakannya, baru kemudian mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan. Jika kedua hal ini sudah kita lakukan, maka akan mudah bagi kita untuk menghasilkan uang dari youtube.

Nah, berikut ada tips untuk menghasilkan uang dari youtube, silakan cek di artikel ini: Mau Dapat Uang Banyak dari Youtube? Ikuti 4 Tips Berikut ini

Bagaimana dengan pengguna smartphone? Apakah kita juga bisa membuat channel youtube di android? Tentu bisa, dong. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat channel youtube di android.

Membuat Channel Youtube di Android

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk membuat channel youtube di android, yaitu melalui browser dan melalui aplikasi youtube yang kita download di Playstore. Jika sudah terdownload, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, tap icon akun yang ada pada pojok kanan atas. Kemudian pilih akun Gmail yang hendak kita gunakan untuk mengakses youtube.

Kedua, pilih minimal satu saluran yang ada di layar, kemudian tap ‘Continue’ untuk melanjutkan.

Ketiga, tap ikon akun Gmail kita yang ada di pojok kanan atas, tap ‘Your Channel’ secara otomatis kita sebenarnya sudah punya channel youtube ketika memiliki akun Gmail. Hanya saja perlu setting lanjutan untuk melengkapi informasi akun tersebut.

Secara default, akun kita akan disetting privat oleh Google. Sehingga kita perlu menyetting ulang untuk membuatnya bisa terpublish. Bagaimana caranya?

Pertama, tap icon setting. Selanjutnya kita akan dibawa ke dashboard pengaturan akun youtube kita.

Kedua, tap icon pensil di sebelah kanan nama untuk mengubah nama channel youtube sesuai dengan yang kita inginkan.

Ketiga, tap icon pensil pada menu ‘Add a description’ untuk menambahkan deskripsi channel youtube.

Keempat, matikan tanda centang pada setting privacy yang meliputi: Keep all my liked videos private, Keep all my subscriptions private, dan Keep all my saved playlists private. Dengan menonaktifkan tanda centang, artinya kita memberi akses pengguna internet untuk melihat jumlah like, subscrip, dan playlist video private. Namun, jika kita hendak membiarkannya dalam setting private ya enggak apa-apa.

membuat channel youtube di android
Tampilan setting akun youtube di android

Kelima, silakan lanjutkan melengkapi profile Google. Caranya: tap icon akun kita yang ada di pojok kanan atas, pilih ‘Manage your Google account.’

Keenam, tap ‘Get started’ dan kita akan di bawa pada laman akun profil Google kita. Yang perlu kita setting di laman ini adalah pada menu personal info, data & personalization, dan security.

Ketujuh, tap menu ‘Personal info’ untuk melengkapi info personal kita yang meliputi: nama, tanggal lahir, gender, password, kontak email, dan nomor telepon.

Kedelapan, tap ‘Go to about me’ kemudian pilih browser untuk membukanya. Kita akan dibawa pada laman “Google about me” yang menyajikan informasi detail kita. Di laman ini kita bisa mengedit tampilan foto profil, background foto profile, dan menambahkan beberapa informasi detail lainnya.

Caranya adalah dengan tap icon tanda ‘+’ pada pojok kanan bawah, lalu pilih jenis info yang hendak kita tambahkan. Semakin lengkap informasi yang kita tambahkan, semakin kredibel profil kita di mata Google.

Setelah selesai melakukan setting, channel youtube kita sudah siap untuk diisi dengan konten-konten berkualitas untuk selanjutnya demonetize.

Kalau dibandingkan sekilas, memang sepertinya lebih mudah membuat channel youtube menggunakan laptop. Karena enggak harus pindah dari aplikasi ke browser ketika menyetting profil Google-nya. Namun, semua itu sebenarnya tergantung kita masing-masing. Bagi yang terbiasa dengan smartphone, mungkin akan lebih nyaman menggunakan smartphone.

Nah, itulah cara membuat channel youtube menggunakan laptop dan android yang bisa saya jabarkan. Silakan dicoba dan semoga segera bisa demonetize agar kita bisa menghasilkan uang dari youtube. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *