3 Cara Flash Asus Zenfone C untuk Pemula

cara flash asus zenfone cHP Asus merupakan salah satu HP yang populer di Indonesia. Dengan popularitas yang tinggi, sangat tidak menutup kemungkinan bahwa masalah yang dihadapi oleh penggunanya pun sangat beragam. Masalah umum yang mungkin dihadapi adalah bootloop, lemot, aplikasi keluar sendiri dan lain sebagainya. Beberapa masalah tersebut biasanya merupakan masalah yang berkaitan dengan software.

Salah satu cara mengatasi HP yang mengalami mati total atau bootloop karena kerusakan software adalah dengan melakukan flashing. Flash merupakan metode yang digunakan untuk melakukan perbaikan software secara total dengan cara memulai seluruh prosesnya dari awal, atau boleh dibilang memperbarui sistem operasi.

Kali ini, aku akan membahas secara khusus mengenai cara Flash Asus Zenfone C. Asus Zenfone C atau yang juga merupakan z007 memiliki spesifikasi yang berbeda dengan type yang lain, sehingga cara Flash Asus Zenfone C pun kemungkinan juga berbeda daripada yang lain.

Metode cara flash HP asus ini bisa digunakan pada HP yang tidak bisa masuk droidboot. Selain itu juga dapat digunakan pada saat HP mengalami sideload. Jika kamu ingin melakukan flash ulang, kamu juga dapat melakukannya dengan metode metode ini.

Baca juga: Cara Melakukan Flash Asus Z007 Untuk Atasi Bootloop

Bahaya melakukan flash asus Zenfone C

Sebelum kamu tahu langkah langkah dari beberapa cara Flash Asus Zenfone C, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui bahaya dari melakukan flash asus sendiri. Flash biasanya dilakukan oleh teknisi yang sudah terbiasa melakukan flashing, sehingga jika kamu melakukannya sendiri, mungkin akan ada yang salah.

Bahaya melakukan flash ini masih bisa dicegah dengan cara mengetahui dan memerhatikan setiap langkah cara flash yang baik dan benar. Berikut ini beberapa bahaya melakukan flash asus.

a. Semua data hilang

Salah satu bahaya yang terjadi jika HP asus di flash adalah seluruh file yang tersimpan pada memori HP akan hilang. Semua data akan terhapus dan setahuku, file tersebut sudah tidak bisa atau sangat sulit untuk dikembalikan.

Hal ini karena file yang hilang bukanlah terhapus, melainkan karena HP menjadi fresh lagi seperti dikembalikan ke versi pabrik. Jika kamu merelakan data hilang, maka bukan masalah untuk melakukan flashing pada smartphone kesayangan kamu.

b. HP mengalami kerusakan yang lebih parah

Flashing HP Android dilakukan biasanya menggunakan software khusus. Software yang digunakan pada setiap smartphone berbeda beda tergantung dari merek dan type smartphone. Apabila software yang digunakan tidak sesuai, bukannya memperbaiki HP kamu, justru kondisi HP kamu akan semakin parah.

Flash yang dilakukan dengan software yang tidak tepat akan lebih sulit untuk dibenarkan. Sehingga kemungkinan kamu hanya bisa menyelesaikannya dengan teknisi yang sudah profesional.

Secara umum dua hal itulah yang menjadi bahaya ketika melakukan flashing HP Asus. Kamu perlu mempertimbangkan baik baik sebelum melakukan flashing sendiri ketimbang melakukan flashing dengan meminta bantuan teknisi. Jika kamu siap dengan resikonya, silakan simak tips tips dan cara melakukan flashing di bawah ini secara teliti, kemudian terapkan dengan baik dan benar agar sesuai harapan.

Baca juga: 2 Cara Simpel untuk Flash Lenovo A6000 via QFIL & Flashtool

Persiapan sebelum melakukan flash HP Asus

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan flashing HP Asus mestinya berbeda beda setiap metode. Namun, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan secara umum agar proses flashing berjalan dengan baik.

Terkadang hanya karena masalah sepele yang seharusnya bisa dicegah, smartphone menjadi gagal flash dan akhirnya harus flash ulang. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan flash HP Asus.

  • Pastikan baterai HP dalam kondisi lebih dari 70%

Proses flashing HP membutuhkan daya yang sangat banyak karena berurusan dengan menjalankan sistem secara terus menerus. Pada saat proses ini, kita tidak bisa melihat berapa kapasitas baterai yang terisi. Sehingga sebaiknya pastikan terlebih dahulu baterai HP dalam kondisi mendekati penuh, atau HP sambil di charge.

  • Pastikan menggunakan software yang tepat

Seperti sebelumnya, kamu harus menyiapkan software yang tepat sesuai dengan merek dan type HP kamu. Jangan sampai kamu menggunakan software yang salah. Download software dari sumber yang tepercaya agar kamu tidak mendapatkan bahaya dari software yang palsu karena mungkin sudah ada perubahan yang membuatnya menjadi tidak bisa digunakan dengan baik.

Kerusakan yang terjadi akibat software yang salah biasa disebut sebagai bricked. Hal ini terjadi karena firmware yang digunakan tidak cocok sehingga HP tidak akan menjalankan sistem operasi dengan baik sesuai dengan seharusnya.

  • Pastikan baterai laptop terisi secukupnya

Jika kamu melakukan flashing menggunakan laptop, pastikan bahwa laptop juga memiliki baterai yang cukup. Apabila perlu, selalu sediakan charger sehingga bisa menghubungkan daya kapan saja.

Nah itu tadi beberapa persiapan untuk flash asus zenfone C. Di bawah ini kamu bisa memilih salah satu atau mencoba semua metode untuk melakukan flash pada HP asus.

1. Cara flash asus zenfone C dengan flash tool

Metode yang pertama adalah dengan menggunakan flash tool. Cara Flash Asus Zenfone C dengan via flashtool dilakukan dengan menggunakan laptop atau PC, sehingga kamu perlu menyiapkan laptop atau PC. Laptop atau PC yang kamu gunakan harus menggunakan OS Windows.

Berikut ini langkah langkahnya

a. download Firmware Asus Zenfone C Z007

b. Download Asus Android USB driver

c. Download Asus Flashtool zenfone C

d. Masuk ke droidmode HP dengan cara menekan tombol power dan volume up secara bersamaan

e. Buka aplikasi asus Flash Tool dengan klik kanan lalu ‘Run as Administrator’

f. Sambungkan HP dengan laptop menggunakan USB

g. Pilih type ZC451CG, kemudian pada Wipe data pilih Yes

Pilih USB

h. Klik ikon USB, kemudian pilih start

klik start

i. Selesai ketika keterangan state berwarna hijauketerangan sudah hijau

j. Tutup aplikasi, lepas kabel kemudian restart

k. Selesai

Metode ini adalah yang paling umum digunakan oleh para teknisi karena kerjanya mudah, efektif dan hasilnya hampir selalu berhasil, hampir sama dengan via adb. Kunci suksesnya adalah dengan menggunakan software yang tepat di laptop dan juga menggunakan kabel data yang berkualitas agar hubungan antara laptop dengan HP dapat terjalin dengan baik dan proses flash akan terjadi dengan lancar.

2. Cara flash via SD Card

Metode flash asus via SD card merupakan cara Flash Asus Zenfone C tanpa pc. Ini cocok digunakan bagi kamu yang tidak memiliki akses kepada laptop atau komputer PC. Namun yang perlu dijadikan catatan adalah metode ini tidak selalu berjalan.

Jika HP yang akan kamu flash adalah HP yang mati total, maka akan sulit melakukannya. Hal ini karena kamu tidak bisa mengoperasikan HP untuk melakukan flashing. Berbeda dengan cara sebelumnya yang menggunakan komputer, semua kendali ada pada komputer sehingga smartphone hanya tinggal menerima proses dan hasilnya saja.

  • Berikut ini merupakan langkah langkahnya
  • Siapkan SD card, pastikan sudah diformat ke Fat 32 Default
  • Download Asus Zenfone C Firmware
  • Copy file Firmware dalam bentuk .zip ke SD Card
  • Masuk ke recovery mode
  • Pilih apply update from sd card
  • Cari file firmware yang sudah dimasukkan tadi
  • Tunggu hingga proses flash selesai
  • Reboot system
  • Selesai

Nah itu tadi langkah langkah yang perlu kamu lakukan. Pastikan kamu mengikuti setiap langkah langkahnya dengan benar.

3. Melakukan Flash Asus dengan QFIL

Flash HP menggunakan QFIL bisa dilakukan pada smartphone yang menggunakan basis Qualcomm. QFIL merupakan aplikasi kecil yang memang dirancang khusus untuk melakukan flashing pada smartphone dengan bawaan Qualcomm. Metode ini ada sangat banyak dan tergantung dari type HP yang akan di flash.

Kelebihan dari melakukan flash menggunakan QFIL adalah metode ini spesifik dilakukan pada chipset Qualcomm. Sehingga eror yang mungkin terjadi sangat kecil karena memang di desain khusus untuk chipset ini.

Ada sangat banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, sehingga tergolong ribet untuk melakukan flashing. Aku sarankan untuk menyerahkan flashing menggunakan metode ini kepada ahlinya saja.  Hal ini karena metode menggunakan QFIL bisa dibilang ribet untuk diterapkan sendiri dan kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah apabila salah dalam menggunakan aplikasi.

Sekian tadi beberapa cara flash asus zenfone C yang dapat kamu pilih. Kamu bisa menggunakan metode yang paling mudah menurutmu. Pastikan bahwa kamu memilih metode yang paling tepat sesyai dengan type HP dan kelengkapan yang ada di sekitarmu.

Sekian dulu bahasan kali ini semoga kamu berhasil melakukan flashing HP Asus Zenfone C kesayangan kamu. Semoga dapat membantu dan semoga bermanfaat, aamiin.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *