Cara Aktivasi Windows 8 Secara Offline Dengan Mudah

Ketika kita telah selesai menginstall windows 8, tahap selanjutnya adalah mengaktifkannya. Biasanya butuh product key untuk bisa menggunakan fitur dari windows secara penuh dan legal. Namun, dari referensi yang saya baca menunjukkan, ada beberapa cara aktivasi windows 8 yang bisa kita lakukan secara offline dengan mudah. Baik cara aktivasi dengan menggunakan software maupun tanpa software. Bagaimana caranya? Nanti akan saya tunjukkan.

Bagi yang belum tahu cara install windows 8, silakan baca artikel yang sudah saya tulis sebelumnya. Karena artikel ini adalah lanjutan dari artikel tersebut. Berikut link artikelnya: Cara Install (Ulang) Windows 8 dengan Flashdisk Tanpa Kehilangan Data.

Saya harap sebelum kita mencoba aktivasi windows 8, sudah enggak ada masalah ya terkait proses intall-nya. Kalau masih belum berhasil menginstall, silakan minta bantuan ke teman atau coba pahami lagi langkah-langkahnya. Jadi, ketika kita hendak menginstall windows 8, maka perlu juga tahu cara aktivasinya. Itu sudah sepaket.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kita coba untuk aktivasi windows 8. Silakan pilih salah satu saja, enggak perlu semua dilakukan. Kalau mau semua, ya pelajari satu-satu bolehlah.

Aktivasi Windows 8 yang Meminta Kode Aktivasi

Ketika kita menggunakan software Windows 8 yang original, biasanya ada kode aktivasi yang disertakan dalam setiap pembelian. Bisa dibilang tanpa kode ini, kita enggak bisa menggunakan secara penuh fitur-fitur yang ada dalam Windows 8. Maka dari itu, harga software yang original biasanya lebih mahal. Ini kalau kita beli loh ya.

Nah, jangan sampai ketika kita sudah bayar mahal, tapi enggak bisa dengan tepat menginstall dan mengaktifkannya. Sehingga windows 8 yang ada dalam PC kita enggak bisa berfungsi maksimal.

Untuk mencegah hal itu, saya coba sajikan artikel yang mengulas tentang langkah-langkah aktivasi Windows 8 dengan bahasa sederhana. Dalam artikel ini pun semaksimal mungkin saya lengkapi dengan gambar-gambar yang harapannya bisa mempermudah dalam memahaminya.

Berikut cara aktivasi windows 8 ketika meminta aktivasi dengan menggunakan kode. Silakan ikuti langkah-langkahnya setelah berhasil menginstall Windows 8 di PC kita.

Pertama, ketikkan “Activate Windows” pada kolom ‘Search’ yang ada pada taskbar, lalu klik Enter.

Kedua, klik pada tanda Gear yang bertuliskan “Activate Windows” untuk membuka pengaturan aktivasi.

Ketiga, klik “Entry Key” yang ada pada jendela baru tersebut.

Keempat, silakan ketikkan kode aktivasi pada kolom yang tersedia, kemudian klik Enter.

Kelima, tunggu beberapa saat hingga proses loading selesai. Setelah berhasil, klik Close untuk menutup jendela setting aktivasi Windowsnya.

Keenam, silakan cek pada bagian properties untuk memastikan Windownya sudah teraktivasi. Jika berhasil, maka aka nada keterangan “Windows is activated.”

Semudah itulah cara aktivasi Windows 8 dengan cara offline yang meminta kode aktivasi. Jadi kita enggak perlu bingung-bingung menyambungkan dengan internet. Dengan catatan sebelumnya kita sudah punya kode aktivasi. Syarat mutlak ini, mah.

Cara Aktivasi Windows 8 dengan KMS Auto Lite

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan aktivasi windows 8 dengan KMS Auto Lite, antara lain:

  1. Pastikan kita sudah punya file KMS Auto Lite dan tersimpan di PC. Silakan download saja jika belum memilikinya. Setelah itu kita ekstrak filenya. Iya, karena file hasil downloadnya berupa file zip.
  2. Perhatikan spesifikasi windows yang kita pakai, apakah versi 32 bit, ataukah 64 bit. Karena kita akan menyesuaikannya dengan file KMS Auto Lite yang sudah kita ekstrak. Jika spesifikasi windows kita versi 32 bit, maka kita pakai file X32. Begitu juga jika kita pakai windows versi 64 bit, maka kita pakai file X64 untuk aktivasinya.
  3. Jika di PC kita terinstall antivirus Smadav, pastikan kita atur terlebih dulu menjadi “enable windows script host.” Agar nantinya ketika proses aktivasi enggak terjadi error.

Jika persiapan tersebut sudah kita pastikan, selanjutnya kita bisa mulai menjalankan aktivasi menggunakan KMS Auto Lite. Silakan buka folder tempat kita menyimpan file KMS Auto yang sebelumnya sudah kita ekstrak.

Klik kanan pada file “KMSauto x64” atau KMSauto x32” sesuai spesifikasi windows yang kita install. Pilih “Run as administrator.”

Beberapa saat kemudian akan muncul jendela KMS Auto Lite yang meminta kita untuk melakukan pengaturan instalasi. Silakan beri tanda centang pada pilihan “Install GVLK” dan “Forcibly” kemudian klik “Windows key.”

Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi “Key Installed Successful,” maka proses aktivasi bisa melanjutkan untuk klik “Activate Windows.”

Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi “Activation Successful.” Maka proses aktivasi menggunakan KMS Auto Lite sudah kelar.

Bagaimana cara memastikan aktivasi ini berhasil atau enggak? Kita bisa melihatnya di menu Control Panel. Caranya? Klik saja di menu System and Security, lalu pastikan di menu System ada tertulis “Windows is Activated.”

Cara Aktivasi Windows 8 dengan KMSpico

Cara yang kedua ini hampir sama dengan cara pertama. Kita perlu melakukan persiapan sebagaimana yang dilakukan saat hendak melakukan aktivasi menggunakan KMS Auto Lite. Hanya saja bedanya, di sini kita harus punya file KMSPico yang sebelumnya bisa didownload gratis. Namun, untuk proses aktivasinya lebih mudah.

Sebelum melakukan aktivasi, kita bisa memeriksa terlebih dulu apakah Windows yang terinstall di PC kita sudah aktif atau belum. Caranya dilihat pada menu Control Panel pada bagian menu System. Jika keterangan di sana bertuliskan, “Windows is not activated,” maka Windows tersebut belum diaktivasi.

Nah, untuk bisa mengaktivasi Windows tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka folder di computer kita yang menyimpan file KMSpico yang sudah kita install. Silakan ekstrak file tersebut jika masih dalam bentuk file zip atau file compress.

Kedua, jika sudah diekstrak, silakan klik kanan menggunakan mouse pada file KMSpico, pilih ‘Run as administrator,’ untuk mulai menjalankannya.

Ketiga, pada jendela Setup KMSpico, silakan klik “Next.”

Keempat, beri tanda centang pada pilihan “I accept the agreement,” pada jendela Licence Agreement, kemudian klik “Next.”

Kelima, pilih folder tempat kita menempatkan file instalasi KMSpico. Jika ingin default saja, ya enggak perlu diubah. Biarkan saja tetap pada pilihan folder C:/Program files. Kemudian klik “Next.”

Tunggu beberapa saat hingga proses installasi selesai. Selanjutnya silakan cek status aktivasi Windows pada menu Control Panel. Jika berhasil, maka statusnya akan berubah menjadi “Windows is activated.” Mudah sekali bukan?

Cara Aktivasi Windows 8 Tanpa Software

Kalau cara-cara sebelumnya cenderung simple, kali ini saya jabarkan cara aktivasi windows 8 yang rada ribet. Kenapa saya bilang rada ribet? Karena kita akan coba aktivasi tanpa menggunakan software, alias dilakukan secara manual.

Sebelum mulai melakukan aktivasi, silakan pilih dan catat dulu lisensi key di bawah ini yang sesuai dengan seri Windows 8 yang kita punya. Daftar lisensi key ini saya peroleh dari situ msguide.com.

W8 Core: BN3D2-R7TKB-3YPBD-8DRP2-27GG4

W8 Core Single Language: 2WN2H-YGCQR-KFX6K-CD6TF-84YXQ

W8 Professional: NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4

W8 Professional N: XCVCF-2NXM9-723PB-MHCB7-2RYQQ

W8 Professional WMC: GNBB8-YVD74-QJHX6-27H4K-8QHDG

W8 Enterprise: 32JNW-9KQ84-P47T8-D8GGY-CWCK7

W8 Enterprise N: JMNMF-RHW7P-DMY6X-RF3DR-X2BQT

W8.1 Core: M9Q9P-WNJJT-6PXPY-DWX8H-6XWKK

W8.1 Core N: 7B9N3-D94CG-YTVHR-QBPX3-RJP64

W8.1 Core Single Language: BB6NG-PQ82V-VRDPW-8XVD2-V8P66

W8.1 Professional: GCRJD-8NW9H-F2CDX-CCM8D-9D6T9

W8.1 Professional N: HMCNV-VVBFX-7HMBH-CTY9B-B4FXY

W8.1 Professional WMC: 789NJ-TQK6T-6XTH8-J39CJ-J8D3P

W8.1 Enterprise: MHF9N-XY6XB-WVXMC-BTDCT-MKKG7

W8.1 Enterprise N: TT4HM-HN7YT-62K67-RGRQJ-JFFXW

Pertama, klik kanan pada logo windows yang ada di toolbar di pojok kiri bawah. Pilih “Command Prompt (Admin)” atau kalu tidak ketemu, kita bisa cari dengan menggunakan menu search pada toolbar dengan kata kunci ‘Command Prompt.”

Kedua, silakan ketikkan perintah: “slmgr /ipk_key” (ganti kata ‘key’ dengan lisensi key yang sebelumnya sudah kita catat. Kemudian klik enter untuk mulai menjalankan Command Prompt.

Contoh: “C:\Windows\system32>slmgr /ipk TT4HM-HN7YT-62K67-RGRQJ-JFFXW”

Ketiga, selanjutnya kita akan menghubungkan system dengan server KMS. Caranya: ketikkan perintah “slmgr /skms kms8.msguides.com.” lalu klik enter.

Keempat, lakukan aktivasi windows dengan menggunakan perintah “slmgr /ato” pada Command Prompt, lalu klik enter.

Jika berhasil, maka aka nada notifikasi bahwa proses aktivasi telah sukses. Selanjutnya tinggal cek status aktivasinya pada menu Control Panel.

Itulah cara aktivasi Windows 8 yang bisa kita lakukan. Cara-cara ini bisa kita lakukan untuk mengaktivasi Windows 8 versi pro, enterprise, build 9200, atau versi yang lainnya. Tinggal pilih saja kita lebih nyaman pakai yang mana.

Proses aktivasi ini bisa kita lakukan dengan cara offline dan hasil aktivasinya bersifat permanen. Enggak perlu khawatir dengan masa expired dan Windowsnya enggak bisa dipakai lagi. Kalau memang enggak bisa dipakai, bisa jadi karena sebab error atau memang produknya dihentikan oleh Microsoft.

Semoga bermanfaat, silakan share dan tinggalkan komentar jika dirasa tutorial ini bermanfaat. Terima kasih. [SNs].

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *