Cara Mengetahui Jenis Font Huruf Ketika Melihatnya di Tempat Umum

Gambar: Pexels

Bagi kalian penggemar seni tulis. Acap kali penasaran dengan jenis font huruf di suatu tempat. Hal ini dirasakan ketika kita menemui tulisan dengan font yang menarik. Misalnya, muncul poster pengumuman atau desain grafis pada timeline media sosial kita. Beberapa orang senang memperhatikan font atau bentuk huruf tersebut. “Ih, font-nya keren!”. Mungkin oleh orang tersebut, akan dijadikan referensi pribadi. Akhirnya desain grafis tersebut di save pada galerinya.

Sampai situ belum timbul masalah yang begitu nampak. Muncul ketika kita diberi emban untuk membuat suatu desain tertentu. Desain poster atau lain sebagainya. Terkadang kita ingin menerapkan jenis font yang menarik dan pas. Kebetulan kita pernah melihatnya di tempat umum. Bisa di media sosial, jalan, atau tempat lainnya. Intinya kita melihat jenis font tersebut tanpa sengaja dan ingin menerapkan pada desain yang sedang dibuat.

Jenis font yang tak sengaja dilihat membuat kita terinspirasi sekaligus bingung. Terinspirasi karena bentuk font tersebut. Bingung karena tidak tahu nama atau jenis font tersebut. Akhirnya memakai font yang ada saja pada software grafis tersebut. Sehingga tidak jadi menggunakan font menarik yang kita temui sebelumnya.

Artikel ini ditulis untuk memberi solusi dari masalah di atas. Jujur saja. Ini pun pernah dialami oleh penulis. Jadi tulisan ini dibuat berdasar pengalaman hidup. Weh, masa sih? Ya sudah jika tak percaya. Oke berikut cara mengetahui jenis font huruf ketika kita melihatnya.

Mengetahui Jenis Font Huruf Secara Online

Penting untuk dilakukan ketika melihat font yang membuat Anda tertarik yaitu dokumentasi. Bisa kalian foto, atau kalian screenshot jika menemukan pada timeline media sosial. Itu berguna sekali ketika Anda sewaktu-waktu ingin mencari tahu nama atau jenis font tersebut. Pada poin ini tindakan tersebut masuk ke dalam tutorial.

Pertama, coba akses tautan ini : www.myfonts.com/WhatTheFont untuk mulai mencari tahu jenis font huruf. Tampilan situs seperti di bawah ini kan?

Kedua, mempersiapkan dokumentasi font. Seperti gambar yang fokusnya mengarah pada font tersebut. Contohnya gambar di bawah ini. Di mana fokus kamera mengarah kepada teks yang memiliki font itu. Tidak harus fokus, yang terpenting teks pada gambar terlihat jelas. Pastikan formatnya JPG atau PNG ya. Kita ikuti saja permintaan dari situs ini.

Gambar: Pexels

Ketiga, jika foto atau gambar font sudah siap. Silahkan upload atau unggah gambarnya. Caranya bisa drag and drop. Atau memilih pada storage pada memori kalian masing-masing dengan klik pada tulisan ‘click here to upload an image’ yang saya tunjuk di bawah.

Keempat, dilakukan proses crop terhadap teks pada gambar. Tujuannya supaya sistem bisa mengidentifikasi font lebih cepat. Seperti screenshot di bawah. Saya crop kata ‘Marry’ saja karena sudah mewakilkan semua font pada teks lainnya. Lalu klik arah panah putih pada lingkaran biru di bawah untuk mulai mengidentifikasi font.

Kelima, akan banyak font yang teridentifikasi mirip dengan font yang terdapat pada gambar. Jadi kita tinggal mencari mana yang paling mirip dengan font pada gambar. Lalu pilih Get it untuk mengunduhnya. Jika kalian beruntung, di sana bisa terdapat font yang lebih menarik. Pilih sesuai keinginan. Selesai.

Cara di atas saya praktikkan pada PC. Jika kalian bertanya apakah situs ini bisa diakses melalui smartphone/HP. Jawabannya, sangat bisa dicoba pada smartphone. Saya coba mengakses melalui peramban Google Chrome dan terbukti bisa. Gambar di bawah adalah screenshot-nya.

Cara Mengetahui Jenis Font pada Website

Ada yang penasaran caranya tidak? Bagi kalian para blogger dan web developer (designer atau programmer-nya) mungkin cara ini bisa berguna. Mungkin ketika kalian penasaran dengan font website tertentu. Tetapi tidak mengetahui nama atau jenis font-nya. Padahal font tersebut menarik untuk dicoba dan terapkan. Tidak perlu khawatir. Ternyata ada cara mengetahuinya tanpa perlu tanya pada empunya website. Berikut caranya.

Pertama, akses URL ini fount.artequalswork.com dan pastikan tampilan web seperti di bawah ini.

Kedua, perhatikan ada tombol ‘Fount’ di bagian bawah. Sekarang coba arahkan kursor pada tombol tersebut. Maka kursor akan berubah menjadi telapak tangan. Perhatikan GIF di bawah.

Ketiga, kita abaikan dahulu langkah kedua. Sekarang kita atur browser supaya bookmarks bar ada di bagian atas. Caranya dengan klik ‘Show bookmarks bar’ atau shortcut-nya Ctrl+Shift+B. Pastikan sudah tercentang seperti di bawah ya. Sebagai informasi, saya menggunakan browser Google Chrome. Bagi kalian pengguna browser lain, otak-atik sendiri ya. Kurang lebih sama caranya seperti ini.

Keempat, kembali ke situs Fount yang telah kita buka sebelumnya. Lalu perhatikan GIF di bawah. Seret atau drag tombol ‘Fount’ ke arah bookmarks bar kita. Ini bertujuan supaya tombol Fount berada pada bookmarks kita.

Pastikan sudah seperti di bawah ini ya teman-teman. Soalnya ini berhubungan dengan langkah selanjutnya.

Kelima, sekarang kita coba kunjungi website atau situs yang ingin kita ketahui jenis font-nya. Misalnya saya mengunjungi bixbux.com dan membukanya melalui browser.

Keenam, sekarang klik tombol ‘Fount’ yang telah kita taruh di bookmarks bar tadi. Kemudian, blok teks yang ingin kita ketahui jenis font-nya. Seperti saya yang ingin tahu jenis font pada sidebar Bixbux. Setelah teks diblok maka otomatis muncul keterangan jenis font seperti di bawah ini.

Begitulah cara untuk mengetahui jenis font pada suatu website. Sehingga mungkin bisa menambah informasi bagi para web designer di luar sana. Tanpa perlu repot bertanya pada pemilik website.

Mengetahui Jenis Font Melalui Smartphone

Cara ini khusus untuk para pengguna smartphone. Aplikasi yang dibutuhkan pun sangat ringan. Nama aplikasinya adalah WhatTheFont, bagi para pengguna iPhone maupun Android. Keduanya bisa mengunduh pada App Store atau Google Play. Silahkan klik tautan itu untuk mulai mencoba di ponsel Anda masing-masing. Saya pun akan mencobanya. Berikut cara menggunakannya.

  • Unduh dan pasang aplikasi WhatTheFont pada smartphone kalian.
  • Pastikan koneksi internet smartphone sudah terhubung.
  • Kemudian masuk ke aplikasi. Ada terms of use, centang sebagai bentuk setuju >> Klik Accept.
  • Ada permintaan izin dari WhatTheFont untuk mengambil gambar atau video >> Klik Allow.
  • Ada permintaan izin kembali untuk mengakses galeri foto dan file di smartphone kita >> Klik Allow.
  • Terakhir kita baru bisa menggunakan aplikasi ini. Caranya dengan mengambil gambar secara langsung. Atau, mengambil gambar yang terdapat pada galeri.
  • Kemudian, WhatTheFont akan mulai mengidentifikasi font yang terdapat pada gambar tersebut.
  • Kalian bisa memperhatikan screenshot petunjuk di bawah ini.
Gambar Screenshot: WhatTheFont, disunting oleh Bixbux
Gambar Screenshot: WhatTheFont, disunting oleh Bixbux

Aplikasi ini bisa digunakan kapan dan di mana saja. Misalnya saja kalian menemukan teks di tong sampah sekalipun. Cara menggunakannya sangat sederhana. Cukup jepret teks tersebut dengan kamera Anda. Kemudian, memastikan koneksi internet terhubung. Terakhir, WhatTheFont akan mulai mengidentifikasi jenis font pada teks tersebut. Simpel.

Mengetahui Jenis Font dengan Fontspring Matcherator

Situs ini juga bisa digunakan untuk mengetahui jenis font teks pada suatu gambar. Caranya sebelas dua belas dengan tutorial sebelumnya. Hanya perlu gambar yang di dalamnya terdapat teks yang siap diidentifikasi. Bagi kalian yang penasaran bisa langsung menuju website ini. Sudah saya beri tautan.

Mengetahui Jenis Font dengan Font Finder by What Font Is

Banyak sekali ya ternyata situs yang berfungsi untuk mengidentifikasi jenis font pada suatu teks. Terhitung sudah ada 3 website pada artikel ini. Sekarang tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing. Jika misalnya pada website pertama tidak menemukan jenis font-nya. Bisa mencoba website lainnya. Saya yakin salah satunya ada di website tersebut.

Website satu ini bernama Font Finder dari What Font Is. Cara kerjanya sama dengan Fontspring. Membutuhkan gambar atau URL gambar yang harus diunggah pada website ini. Sehingga ketika gambar selesai diunggah, maka Font Finder akan memulai proses identifikasi gambar tersebut. Dilanjutkan tampilan beberapa teks dengan jenis font yang diduga mirip. Terakhir kita dipersilahkan untuk mencari font tersebut sesuai kebutuhan.

Mengetahui Jenis Font Melalui Photoshop

Gambar: Pexels

Sayang sekali, pada GIMP belum ada tools untuk mengidentifikasi font huruf. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap software memiliki kelebihannya masing-masing. Salah satunya Photoshop memiliki tools untuk mengetahui jenis font pada teks yang terdapat di gambar. Caranya begini.

Pertama, buka dahulu Photoshop pada PC kalian masing-masing.

Kedua, open file gambar yang memiliki teks dengan pilih menu file >> Open >> Cari Gambar >> Ok. Pastikan teks tersebut cukup jelas untuk diidentifikasi. Sehingga Photoshop akan mudah untuk menemukan jenis font tersebut.

Ketiga, pilih menu Type >> klik Match Font >> Maka Photoshop akan mengidentifikasi nama atau jenis font tersebut. Selamat mencoba.

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai cara mengetahui jenis font sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *