Ini Dia 5 Game Ringan PC Terbaik Sepanjang Masa

Sumber: Pexels

Game atau gim (bahasa serapan asing ke Indonesia) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah permainan. Aktivitas yang memiliki tujuan untuk happy-happy, mengisi waktu saat gabut (Baca: tidak ada kerjaan), dan mungkin saja berolahraga. Aktivitas yang biasanya untuk refresh pikiran ketika penat sehingga pikiran akan kembali segar. Harapan dari setiap permainan ya begitu. Namun tetap saja apabila berlebihan, permainan justru membuat kita lupa waktu dan bahkan membuat stres.

Ini biasanya terjadi pada permainan elektronik (video game, game PC, dan game online). Game elektronik itu, seringkali memanjakan para pengguna hingga level yang disebut ketagihan. Wajar bilamana waktu tak terasa dilewati oleh pemain game kebanyakan. Alih-alih, keinginan untuk terus bermain semakin kuat. Sejam saja tak bermain, rasanya gatal jiwa raga ini.

Terlepas dari dampak yang didapat saat bermain game, rasanya semua tergantung pribadi masing-masing. Maka sah saja bagi siapapun yang suka bermain game. Tapi mesti ingat untuk selalu kontrol diri. Justru akan bermanfaat untuk jiwa raga kita. Aamiin.

Btw, mengapa artikel ini saya buat. Lagi-lagi ini berhubungan dengan salah satu kesenangan saya dalam hidup. Seperti yang saya singgung sebelumnya, saya pun amat suka dengan game elektronik. Oleh karena itu, di sini saya akan berbagi sedikit perihal game. Apa yang akan saya bagi? Pastinya relevan dengan judul artikel. Sebagai tambahan, PC saya bukan dari golongan high-end namun mid-end agak low-end. Jadi ya pol-polan bermain game macam Plant vs Zombie dengan kualitas tinggi.

Sumber: Pexels

Hal ini yang melatarbelakangi terbitnya artikel ini. Semoga saja berguna bagi orang-orang dengan laptop macam saya. Oke guys langsung saja, ini dia game ringan PC terbaik sepanjang masa versi saya.

1. Plant vs Zombies

Sumber: PopCap Game

Game besutan PopCap Game yang rilis 5 Mei 2009. Kurang lebih sudah 9 tahun lamanya. Game yang bertemakan peperangan antara tanaman sebagai protagonis melawan para zombie sebagai antagonisnya. Jadi kita sebagai pemain game, harus menjaga rumah dari serangan zombie dengan bertahan atau menyerang melalui tanaman yang tersedia. Bagaimanapun caranya untuk mencegah zombie masuk ke rumah dan memakan otak kita.

Sumber: Wikipedia

Berdasarkan data di atas, bahwa Plant vs Zombies mendapat respon positif dari setiap pemainnya. Rata-rata mendekati nilai sempurna (bintang 5). Saya pun mengamini hal ini. Toh, saya pernah hampir menyelesaikan game ini hingga tamat. Mengindikasikan bahwa saya juga menyukainya. Ini serius, bahkan saya sempat mengulas game ini dalam satu artikel panjang. Faktor itu sudah cukup menandakan bahwa saya tertarik dengan game ini.

Pertanyaannya apakah game ini ringan untuk PC kentang (Baca: Kena Tanggung). Sebutan untuk PC yang bisa dibilang B saja. Atau, PC dengan spesifikasi agak rendah. Hampir rendah gitu deh. Nah, berikut persyaratan sistem minimum untuk dapat menjalankan game Plant vs Zombies dan saya cukup yakin PC Anda kuat untuk memainkan game ini.

CPU : 1.2 GHz processor

RAM : 512+ MB of RAM

GPU : 128 MB of video memory, 16-bit or 32-bit color quality

DX : DirectX 8 or later

OS : Windows 2000/XP/Vista

Store : 65+ MB of free hard drive space

Sound : DirectX-compatible sound

Resolution : 16-bit or 32-bit color quality

2. Zuma

Sumber: Microsoft

Lagi-lagi PopCap Game mempublikasikan game ringan yang menarik. Game Zuma ini rilis pada 12 Desember 2003. Game ini sedikit lebih tua dibanding Plant vs Zombies. Yap, +/- selisih 6 tahun. Saya suka juga memainkan game ini pada PC. Pasalnya simpel dan mudah dipahami. La wong, gameplay-nya memang dibuat sederhana oleh developernya. Jadi dalam waktu singkat kita akan memahaminya dengan cepat.

Jika kita perhatikan pada gambar cover Zuma di atas, di situ ada katak yang meniup atau menyembur bola berwarna kuning. Jikalau, bola kuning itu disembur ke arah bola yang berwarna sama (kuning) lalu kebetulan ada beberapa bola kuning berderet. Otomatis bola yang berwarna sama tadi, akan hancur. Yap, begitu seterusnya. Saya yakin kalian pasti pernah mencicipi game ini. Bagi yang belum pernah, bisa kalian cari di google dan kalian pasang di PC kalian. Saya sempat memperhatikan pada page one Google, ada Zuma versi online. Jadi, kita hanya membutuhkan browser serta dukungan flash dan internet.

Namun bagi yang ingin memainkan game ini pada PC. Berikut persyaratan sistem minimum. Silahkan tinggal di sesuaikan saja dengan PC kita masing-masing ya.

OS : Windows 98/ME/2000/XP

RAM : 128 MB of RAM

CPU : 500 MHz or faster

DirectX : 7.0

3. Angry Birds

Sumber: Angry Birds

Ini dia guys, salah satu game favorit saya, Burung yang marah kepada babi. Emm, rasanya semua orang pasti pernah bertemu dengan karakter dari game Angry Birds. Mungkin bertemu di toko boneka, atau bahkan di gantungan kunci seseorang. Saking terkenalnya game ini, wajar jika game satu ini mendapat bermacam-macam penghargaan.

Bagi yang pernah bermain game ini, pasti mengerti sensasi yang didapatkan saat ketapel dengan peluru burung tak mengenai target para babi. Akhirnya, klik pojok kiri atas (reply) untuk mengulang momen. Hingga kita merasa puas bisa mengenai seluruh target. Akhirnya ketagihan deh.

Game yang dikembangkan oleh Rovio Entertainment, pertama kali dirilis untuk platform iOS pada Desember 2009. Sejak game ini dirilis, sekitar > 12 juta kopi dibeli melalui iOS App Store. Perusahaan kemudian mulai merancang untuk versi ponsel layar sentuh lainnya (Android, Symbian, Windows Phone, dan Blackberry 10). Baru terakhir dikembangkan untuk PC. Hingga akhirnya game ini mendapat predikat game terhits tahun 2010.

Yap, sifatnya yang adiktif serta simpel dan unik membuatnya naik daun. Rovio Entertainment mulai melebarkan sayap dengan membuat film animasi dengan karakter dari game ini. Waktu itu saya ingat pernah menonton di stasiun televisi (ANTV) pada siang hari.

Guys, game ini masuk dalam game ringan pc terbaik menurut saya. Jadi bagi siapa saja yang berminat mengunduh lalu memainkan game ini. Berikut persyaratan minimal untuk sistem pada PC. Ini saya lansir dari rovio.com (web resmi developer Angry Birds).

Windows:

  • 2.33GHz or faster x86-compatible processor, or Intel® Atom™ 1.6GHz or faster processor for netbooks
  • Microsoft® Windows® XP (32-bit), Windows Server® 2003 (32-bit), Windows Server 2008 (32-bit), Windows Vista® (32-bit), Windows 7 (32-bit and 64-bit)
  • Internet Explorer 7.0 and above, Mozilla Firefox 4.0 and above, Google Chrome, Safari 5.0 and above, Opera 11
  • 1GB of RAM; 128MB of graphics memory

Mac:

  • Intel Core™ Duo 1.33GHz or faster processor
  • Mac OS X v10.6 or v10.7
  • Safari 5.0 and above, Mozilla Firefox 4.0 and above, Google Chrome, Opera 11
  • 1GB of RAM; 128MB of graphics memory

4. Mario Forever

Sumber: Buziol Games

Ada yang merasa familiar dengan game satu ini? Jika iya. Kita seumuran nih. Pasalnya dulu saya pernah bermain game ini. Namun, masih melalui joystick serta TV sebagai penampil grafik game tersebut. Yap, sebenarnya game ini juga dikenal dengan nama Super Mario Bros 3: Mario Forever. Game ini adalah versi PC yang terinspirasi oleh game yang sangat populer dari Nintendo, Super Mario Bros.

Mario Forever dikembangkan oleh Buziol Games (Softendo) +/- 14 tahun lalu, tepatnya pada 2 Januari 2004. Game yang mereproduksi gaya klasik ala Super Mario Bros era 80an. Namun, sedikit dipoles dengan grafik yang sedikit smooth. Serta backsound yang dibuat sedikit berbeda oleh pengembang.

Hingga akhirnya saat game ini rilis. Wajar jika game ini juga populer. Mencapai posisi tertinggi dalam unduhan CNET. Saat itu mencapai lebih dari 10 juta unduhan. Mungkin anak 80an rindu masa kanak-kanaknya dahulu. Berharap game ini menjadi obat untuk menikmati kerinduan tersebut. Asik.

Nah guys, kalian pasti tertarik dengan game satu ini kan? Sangat ringan dan menyenangkan game yang satu ini. Percaya sama saya. Berikut persyaratan minimum untuk dijalankan di PC.

OS : Windows XP/Vista/7/8

CPU : Pentium IV 2.0 GHz

RAM : 256 MB

DirectX : 9.0

Hard Drive Space : 20 MB

VGA : 64 MB

5. Cooking Academy

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Game bertema memasak. Kita sebagai pemain game dilatih untuk menjadi seorang koki yang profesional. Dimulai dari memasak makanan pembuka, makanan inti, hingga makanan penutup. Hal yang paling seru menurut saya saat diri saya asal-asalan memasak, hasilnya pun sangat menunjukkan. Serius guys, makanannya bisa gosong serta nilai saya default C atau D. Begitu sebaliknya. Saat saya memasak dengan serius mengikuti resep. Hasilnya pun memuaskan. Makanan tampak lezat dan nikmat.

Game ini dirilis pertama kali pada 29 Mei 2008. Tak terasa, sudah satu dekade umur game ini. Namun, tetap asyik saat saya kembali memainkan game ini pada PC kentang saya. Game yang dikembangkan oleh Fugazo memang keren. Saya yakin saat membangun game ini, ada seorang koki profesional yang turut andil dalam pengembangannya. Hasilnya ya coba kalian mainkan lalu nilai sendiri ya. Keren.

Bagi siapa saja yang tertarik boleh nih, diunduh lalu mainkan pada PC Anda. Berikut system requirements untuk menjalankannya.

Pentium III 1 GHz, 512 MB RAM, graphic card 64 MB (GeForce 3 Ti 200 or better), 40 MB HDD, Windows 2000/XP.

Baca juga: 7 Game Ringan Android Ini Bisa Bikin Anda Ketagihan

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai game ringan terbaik untuk PC sudah mencapai penghujung. Oke guys, tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. See you soon!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *