Hal yang ditunggu-tunggu oleh para pengguna apple iPhone setiap rilis sistem operasi terbaru telah terjawab. iOs 7 sebagai sistem operasi terbaru yang dikeluarkan oleh Apple sekitar pertengahan tahun lalu kini telah bertekuk lutut oleh sekelompok komunitas hacker bernama “evad3rs”. Mereka telah berhasil men-jailbreak system operasi Apple tersebut kemudian membuat tools bernama evasiOn7 agar pengguna iPhone lain dapat men-jailbreak ponselnya sendiri. The Telegraph menyatakan kebenarannya bahwa tools tersebut telah berhasil meretas perangkat ponsel iPhone/iPod/iPad yang didalamnya terpasang sistem operasi iOs 7.0 sampai 7.0.4.

Salah satu keuntungan ponsel Apple di jailbreak adalah ponsel tersebut jadi dapat menggunakan aplikasi yang didapat di luar Appstore. Tanpa persetujuan dari Apple, aplikasi yang telah diinstall pun dapat dinikmati di ponsel Apple pengguna. Tools ini bisa dipakai di komputer berbasis Windows dan Mac. Proses jailbreak ini sangat amat praktis, mudah dan cepat. Hanya perlu waktu selama kurang lebih 5 menit saja. Dengan menghubungkan kabel data ke komputer, sisanya tools ini yang mengerjakan dan selesailah proses jailbreak.

Dengan segala kelebihan jailbreak ini ada baiknya para pengguna lebih waspada dengan penggunaan tools ini karena masih ada beberapa masalah seperti kecocokan dengan Cydia. Cydia adalah Appstore-nya untuk aplikasi bajakan yang dapat dinikmati setelah iPhone ter-jailbreak. Evad3ers mengatakan, wajib hukumnya untuk mem-backup ponsel anda sebelum menggunakan aplikasi yang tersedia di Cydia agar ponsel anda tetap aman jikalau terjadi kesalahan dalam proses booting.

Kritik pun didapat dari komunitas jailbreak dikarenakan memasukan toko aplikasi dari china bernama Taig bersama tools buatan mereka. Evad3rs yang menyatakan dirinya sangat anti terhadap bajakan malah menggandeng Taig yang menyediakan aplikasi illegal. Akhirnya evad3rs meminta maaf untuk itu dan telah menendang Taig keluar dari aplikasinya tersebut. Sebenarnya menjailbreak ponsel anda sendiri bukanlah hal yang melanggar hukum, namun ingat Apple telah memberitahu dengan menjailbreak ponsel anda berarti anda telah menghanguskan garansi resmi dari apple.

Jailbreak memungkinkan hacker masuk dan mencuri berbagai data dari anda. Bahkan bisa merusak ponsel, menyerang jaringan dalam juga menyebarkan virus dan spyware. Jadi sebaiknya anda berhati-hati dalam melakukan jailbreak. Jika tidak perlu saya sarankan untuk tidak melakukannya, karena akan lebih nikmat jika menikmati ponsel iPhone dengan semua aplikasi original yang telah disediakan apple dalam Appstore-nya.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response