Joox atau Spotify, Lebih Keren Mana?

Sumber: Pexels

Bagi pecinta musik, mungkin sudah familiar dengan dua layanan ini: Joox dan Spotify. Layanan yang populer digunakan untuk streaming musik di Indonesia. Keduanya pun memiliki pengguna yang saling bersaing.

Satu hal yang pasti. Kini zaman telah berubah. Di mana dulu marak sekali laman website yang menyediakan lagu-lagu bajakan untuk diunduh oleh para penikmat musik. Namun sekarang dengan hadirnya layanan untuk streaming. Para penikmat musik pun ikut bermigrasi.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Tinggal Kepada Aplikasi Pemutar Musik Legendaris Winamp

Ada banyak keuntungan mengapa orang-orang kini beralih ke layanan seperti Joox dan Spotify. Seperti menghemat ruang penyimpanan smartphone. Musik yang didengarkan pun ori, legal, dan halal (baca: bukan musik bajakan). Kualitasnya yang jernih juga salah satu keuntungan yang di dapat.

Mari sekarang kita bahas kedua layanan ini. Joox vs Spotify. Mana yang lebih baik? Saya rasa keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga semua tergantung pengguna ingin melihat dari sudut pandang mana.

Maka pada tulisan ini. Saya akan melakukan perbandingan dari beberapa variabel. Kemudian, biarkan pembaca yang menarik kesimpulan. Toh, mereka akan tahu mana yang terbaik untuk mereka.

Joox

Sumber: Google

Joox sebenarnya berasal dari kata Jukebox. Entah mengapa menjadi Joox. Mungkin supaya lebih simpel dan mudah diingat. Iya sih. Menurut saya juga lebih kekinian gitu namanya. Emm, seperti yang kita ketahui bahwa Joox merupakan layanan untuk streaming musik. Namun tidak hanya untuk streaming. Di situ juga ada layanan untuk mendengarkan radio. Bahkan layanan untuk karaokean juga ada. Wah, mantap betul nih aplikasi.

Sedikit menengok sejarah. Setelah layanan ini sukses mengudara di negara asal (baca: Tiongkok) dan juga Hongkong. Joox lalu melakukan ekspansi di Indonesia pada 4 tahun lalu. Masih tergolong muda ya. Layanan dari negeri tirai bambu ini hadir pada bulan Oktober 2015. Saat itu masih mengusung tagline Live your music” namun jika kita sekarang kunjungi web resmi Joox slogannya berubah menjadi “Music Anytime Anywhere”. Sesuai dengan diksi tagline, maka Joox memiliki keinginan untuk mempermudah siapapun dalam mendengarkan musik.

Baca Juga: China Telah Membuka Pintu Untuk Facebook dan Twitter

Mendengarkan Musik dengan Joox Melalui PC

Bagaimana cara untuk menggunakan Joox di PC supaya bisa mendengarkan musik? Caranya mudah.

  • Anda hanya cukup mempersiapkan koneksi internet.
  • Lalu coba akses www.joox.com melalui browser favorit Anda.
  • Di situ sudah banyak playlist yang siap Anda putar.
  • Namun, jika kalian ingin mencari lagu kesukaan kalian. Cukup dengan mengisi pada kolom pencarian. Kemudian, enter. Semoga saja lagu kesukaannya ada.

Mendengarkan Musik dengan Joox Melalui Smartphone

  • Bagi pengguna Android, silahkan unduh atau download melalui playstore. Sedangkan untuk pengguna iOS, bisa mengunduh melalui App Store.
  • Pastikan Joox telah terpasang pada smartphone Anda itu.
  • Buka aplikasi Joox tersebut. Ada banyak cara untuk login. Bisa melalui akun Joox yang pernah Anda buat, WeChat, Facebook, atau sebagai Guest (tamu) jika Anda tidak ingin ribet.
  • Saran dari saya, coba login melalui Facebook. Anda nanti bisa mendapat layanan VIP dari Joox, jika membagikan lagu di beranda Facebook.

Kelebihan Joox

  • Adanya lirik saat mendengarkan lagu. Misal ada lagu yang tidak memiliki lirik. Kita bisa klik “minta lirik” untuk diproses oleh pihak Joox.
  • Mudahnya mendapat layanan VIP secara gratis.

Kekurangan Joox

  • Beberapa lagu lawas tidak tersedia.
  • Album lagu dari band kecil tidak tersedia.

Mendapat Layanan VIP di Joox

Poin ini adalah salah satu kelebihan dari Joox. Layanan VIP pastinya memiliki kelebihan dibanding layanan free. Oleh karena itu, bagaimana cara mendapat layanan tersebut? Bahkan tanpa uang sekalipun. Oke guys, berikut caranya.

Pertama, kalian bisa mengakses www.joox.com melalui browser di PC Anda. Kemudian klik tombol Sign In yang ada di pojok kanan atas.

Kedua, akan muncul form login. Langsung saja Sign up atau membuat akun Anda dahulu.

Ketiga, Anda akan disuruh untuk mengunduh Joox di smartphone. Pastikan aplikasinya telah terpasang di smartphone kalian ya. Sekarang buka Joox melalui smartphone tersebut.

Keempat, buka aplikasi Joox melalui smartphone Anda. Lalu pilih Other Accounts >> Sign Up terlebih dahulu untuk membuat akun baru.

Kelima, Anda memilih bahasa yang ingin digunakan pada Joox >> Ada permintaan untuk menampilkan lirik di smartphone kamu, abaikan terlebih dahulu >> Klik logo profil di pojok kiri atas.

Keenam, Anda berhasil mendapatkan layanan VIP. Ditandai dengan badge VIP. Terakhir, kalian juga bisa login melalui browser PC dan menikmati layanan VIP tersebut selama dua minggu. Bisa kalian perhatikan tulisan “VIP expires on 24-01-2019” dimulai semenjak kalian berhasil login tadi.

Terakhir, sebagai tambahan informasi. Misalnya masa aktif VIP Anda habis. Kalian bisa mendapat layanan VIP kembali dengan cara share lagu ke sosial media. Sehingga kalian bisa menikmati layanan tersebut tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Manfaat Menggunakan Layanan VIP Joox

Sumber: Joox

Spotify

Sumber: Pinterest

Spotify fungsinya sebelas dua belas dengan Joox. Salah satu layanan populer juga untuk streaming musik. Layanan ini berasal dari Swedia. Negara dari Eropa Utara. Spotify sendiri lebih tua dari Joox. Diluncurkan 11 tahun yang lalu. Tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2008. Wajar bila hingga saat ini, Spotify diperkirakan memiliki 75 juta pengguna. Berdasarkan sumber yang saya baca, tidak dijelaskan seluruhnya pengguna aktif atau bukan. Itu masih perkiraan. Itu pun data pada tahun 2015. Sedangkan pada tahun ini, belum saya temukan data terbaru pengguna Spotify.

Mendengarkan Musik dengan Spotify Melalui PC

  • Akses www.spotify.com lalu masuk ke menu Download. Maka otomatis PC Anda akan mengunduh spotify melalui browser. Namun, jika browser diatur untuk “Menanyakan tempat menyimpan setiap file, sebelum mengunduh” otomatis akan muncul dialog box untuk mengatur tempat penyimpanan hasil unduhan.
  • Setelah Spotify berhasil diunduh. Langsung install di PC Anda.
  • Buka Spotify.
  • Akan muncul form untuk login. Silahkan login melalui akun Facebook jika Anda malas ribet.
  • Sip. Anda sudah bisa menggunakan spotify. Silahkan cari album atau lagu kesukaan Anda.

Mendengarkan Musik dengan Spotify Melalui Smartphone

  • Hampir sama seperti Joox. Anda bisa mengunduh melalui Play Store atau App Store. Lalu, memasangnya pada smartphone Anda.
  • Setelah Spotify berhasil dipasang. Langsung buka saja untuk memulai streaming musik.
  • Cari album atau lagu yang kalian sukai.
  • Selamat mendengarkan.

Kelebihan Spotify

  • Lagu yang tersedia lengkap. Bahkan lagu lawas pun ada.
  • Album dari band-band kecil juga ada.

Kekurangan Spotify

  • Susahnya mendapat layanan VIP atau premium secara gratis. Fix, kita harus merogoh kocek untuk menikmati layanan tersebut.
  • Tidak adanya lirik saat mendengarkan lagu.

Mendapat Layanan Premium di Spotify

Sedangkan poin ini masuk di kekurangan Spotify. Mengapa demikian? Jika kalian akses www.spotify.com kemudian masuk ke menu premium. Di situ tertera jelas nominal untuk mendapat layanan ini. Jadi kita harus mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Tentu berbeda dengan Joox, yang memudahkan pengguna untuk mendapat layanan VIP.

Sumber: Spotify

Nominal dihitung berdasarkan berapa lama kita ingin menikmati layanan ini. Mungkin sebulan, seminggu, atau sehari. Tergantung kebutuhan kita masing-masing. Kalian bisa membayar melalui pulsa maupun kartu kredit/debit.

Tapi saya merekomendasikan untuk menikmati layanan premium family dari Spotify. Menurut saya itu jauh lebih murah dibanding kalian menikmati layanan premium pribadi. Caranya bagaimana? Coba akses ke URL berikut www.spotify.com/id/family/

Sumber: Spotify

Bisa kalian perhatikan Rp79.000 per-bulan. Layanan premium family ini, bisa dinikmati hingga lima orang. Syaratnya ya lima orang tersebut, harus berada di alamat yang sama. Misalnya, sama-sama tinggal di Yogyakarta. Jika kita hitung Rp79.000 dibagi 5 orang, sama dengan Rp15.800 per-orang setiap bulan. Tentu jauh lebih murah ketimbang layanan premium pribadi sebelumnya. Jadi, lebih hemat di kantong kita kan. Btw, gambar di bawah merupakan manfaat yang didapat ketika menggunakan layanan premium family.

Sumber: Spotify

Manfaat Menggunakan Layanan Premium Spotify

Sumber: Spotify

Penutup

Begitulah tulisan saya mengenai dua layanan populer untuk streaming musik di Indonesia. Sebagai penutup nih. Saya ingin berbagi info sedikit.

Spotify, Joox, dan layanan streaming musik lainnya seringkali mendapat kritik dari para seniman musik. Pasalnya semenjak kemunculan layanan ini. Terjadi penurunan penjualan unduhan (download) dari lagu-lagu mereka. Itu dikarenakan orang-orang cenderung lebih memilih streaming dibanding mengunduh lagu. Apalagi lagu yang diunduh berbayar. Seperti yang saya singgung di awal. Memang faktanya streaming lebih menguntungkan daripada mengunduh lagu.

Akhirnya tulisan mengenai perbandingan Joox dan Spotify sudah mencapai penghujung. Oke guys, tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. See you soon!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *