Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi Android Tidak Muncul di Smartphone

Smartphone Android memang jauh lebih populer dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi lain. Namun hal tersebut bukan berarti smartphone yang menggunakan sistem operasi Android adalah yang paling sempurna.

Pasalnya, smartphone yang menggunakan sistem operasi Android juga masih sering mengalami berbagai macam masalah. Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna adalah seperti notifikasi Android yang terlambat atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Jika anda adalah pengguna smartphone Android, anda pasti sudah mengetahui bukan betapa pentingnya notifikasi pada smartphone tersebut. Tanpa ada notifikasi, jelas anda akan kerepotan sendiri karena tidak bisa mengetahui hal baru dari setiap aplikasi yang anda gunakan.

Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab dari masalah notifikasi yang terlambat atau bahkan tidak muncul pada smartphone Android tersebut? Bagaimana caranya mengatasinya? Baca penjelasannya selengkapnya di artikel ini.

Berbagai Macam Hal yang Menjadi Penyebab Masalah Notifikasi Android Terlambat atau Tidak Muncul Sama Sekali di Smartphone

Apa yang menjadi penyebab masalah notifikasi Android sering terlambat atau bahkan tidak muncul sama sekali di smartphone? Ternyata ada cukup banyak penyebabnya.

Berikut adalah beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab masalah notifikasi aplikasi yang terpasang di smartphone Android sering terlambat atau bahkan tidak muncul sama sekali:

1. Aplikasi bermasalah

Jika hanya ada beberapa aplikasi Android saja yang terlambat atau tidak menampilkan notifikasi sama sekali, kemungkinan besar memang ada masalah pada aplikasi-aplikasi tersebut.

2. Terlalu sering melakukan force stop pada aplikasi tertentu

Masalah notifikasi aplikasi Android yang terlambat atau bahkan tidak muncul sama sekali juga bisa disebabkan karena pengguna terlalu sering melakukan force stop.

Ketika aplikasi tertentu diberhentikan secara paksa, terkadang aplikasi akan mengalami masalah dan tidak bisa mengirimkan kembali notifikasi.

3. Sistem Android mengalami masalah

Jika semua aplikasi yang terpasang di smartphone Android tidak menampilkan notifikasi apapun, hal tersebut bisa jadi disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem operasi Android di dalam smartphone.

4. Penggunaan power saver bawaan atau aplikasi pihak ketiga

Masalah notifikasi Android yang terlambat atau bahkan sama sekali tidak muncul juga bisa disebabkan karena smartphone menggunakan pengaturan power saver.

Ketika smartphone menggunakan power saver bawaan ataupun dari aplikasi pihak ketiga, ada kemungkinan pengaturan tersebut menyebabkan smartphone anda tidak terkoneksi dengan internet.

Karena tidak terkoneksi dengan internet (terutama dalam kondisi idle), jelas anda tidak akan mendapatkan notifikasi apapun di smartphone anda.

Biasanya anda baru akan menerima notifikasi dari setiap aplikasi yang terpasang di smartphone setelah menghidupkan kembali layar smartphone anda.

5. Koneksi internet tidak stabil

Masalah terlambat atau tidak adanya notifikasi apapun pada smartphone Android juga bisa disebabkan karena koneksi internet yang anda gunakan sangat tidak stabil.

Karena koneksi internet yang anda gunakan tidak stabil, jelas aplikasi-aplikasi yang terpasang di smartphone anda tidak akan bisa memberikan notifikasi secara lancar.

Cara Mengatasi Masalah Notifikasi Android yang Sering Terlambat atau Tidak Muncul Sama Sekali di Smartphone

Anda sudah mengetahui apa saja penyebab masalah notifikasi Android yang sering terlambat atau bahkan sama sekali tidak muncul. Lalu bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba terapkan untuk mengatasi masalah terlambat atau tidak munculnya notifikasi pada smartphone Android yang anda gunakan:

1. Update aplikasi yang tidak memberikan notifikasi

Jika hanya ada satu atau beberapa aplikasi saja yang tidak memberikan notifikasi secara berkala, anda bisa mencoba mengatasi masalah tersebut dengan melakukan update.

Kemungkinan besar hal tersebut memang disebabkan karena versi aplikasi yang anda gunakan sudah ketinggalan. Coba cek apakah ada update untuk aplikasi tersebut secara langsung melalui Google Playstore.

2. Masukkan aplikasi tertentu dalam exclusion jika anda menggunakan pengaturan power saver

Jika anda memang sangat membutuhkan pengaturan power saver, namun tetap ingin mendapatkan notifikasi terbaru dari aplikasi-aplikasi tertentu di smartphone android anda, maka sebaiknya gunakan fitur exclusion.

Pengaturan power saver bawaan ataupun dari aplikasi pihak ketiga biasanya menyediakan fitur exclusion. Fitur tersebut membuat aplikasi-aplikasi tertentu yang anda pilih tetap bisa terhubung dengan koneksi internet meskipun smartphone dalam kondisi idle.

3. Lakukan reset factory pada smartphone Android anda

Jika memang semua aplikasi yang anda pasang di smartphone tidak memberikan notifikasi apapun, cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan factory reset pada smartphone anda.

Dengan melakukan factory reset, anda tidak hanya dapat memperbaiki sistem Android yang kemungkinan mengalami kerusakan.

Namun andapun juga sekaligus bisa mengatasi kemungkinan adanya aplikasi tertentu yang menyebabkan sistem Android di smartphone mengalami kerusakan.

Sekilas memang masalah notifikasi Android yang terlambat atau bahkan sama sekali tidak pernah muncul adalah masalah ringan. Namun jika anda mengalami masalah tersebut secara langsung, kemungkinan besar anda juga akan kebingungan karena selalu terlambat merespon chat atau berbagai hal di smartphone anda.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *