Cara Bikin Streaming TV Online dengan Modal Gratisan

Apa benar saat ini acara TV tuh sudah enggak bermutu? Kok kayaknya zaman sekarang tuh udah pada beralih ke streaming TV online. Hal ini bukan rahasia lagi kalau penonton Youtube jumlahnya lebih banyak dibanding penonton TV. Namun, kalau dibilang ini karena kualitas tontonan TV mulai anjlok, nanti dulu. Ini mah, butuh data untuk membuktikannya.

Di artikel ini focus bahasan saya bukan soal membandingkan kualitas tontonan, tapi lebih kepada bagaimana cara bikin streaming TV dengan modal gratisan. Ya, saya ingin mengajak agar kita lebih kreatif. Dari pada mencibir sana-sini, kan, mending kita buktikan bahwa kita bisa bikin konten tontonan yang berkualitas.

Sumber: pexels.com

Kalau saya sih, sayang banget kalau selamanya jadi penonton ya? Melihat betapa banyak jutawan lahir dari para konten creator. Seharusnya, kita juga melihat peluang ini sebagai lahan kreatifitas yang patut dicoba. Toh, nyatanya beberapa dari para konten creator yang sudah berhasil itu memulainya dengan modal minimal.

Sebelum membahas cara bikin streaming TV online, saya akan tunjukkan beberapa fakta betapa menjamurnya media online yang menyajikan konten video streaming.

Beberapa Situs Penyedia Konten Live Streaming TV

Youtube memang situs yang sudah sangat popular di penjuru dunia dalam hal urusan konten video. Namun, perlu juga kita ketahui bahwa ternyata banyak sekali situs-situs yang sengaja dibuat dengan konsep menyajikan konten streaming. Sepertinya hal ini ada kaitannya dengan perubahan selera penikmat internet. Selera netizen sudah berubah, mereka lebih suka konten video yang memang lebih menarik dibanding konten yang lain.

Perubahan selera inilah yang kemudian memberikan angin segar bagi konten creator. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Nah, inilah beberapa situs penyedia konten live streaming TV online.

Live Streaming TV Melalui Vidio.com

Bagi penikmat channel TV Nasional, tentu enggak asing dengan situs vidio.com. hampir semua channel TV favorit di tanah air, ada dalam daftar channel di situs vidio.com. maka enggak heran jika sekarang banyak ibu-ibu yang merasa tenang-tenang saja ketika sedang bepergian di saat jadwal sinetron favoritnya tayang. Karena mereka cukup nyalain android, buka situs vidio.com, bisa tuh nonton meskipun sedang dalam perjalanan.

Selain menyediakan konten streaming secara gratis, vidio.com juga menyediakan konten berbayar. Kita bisa memilih konten sesuai dengan yang kita butuhkan dengan pilihan premium atau yang gratis.

Live Streaming TV Melalui Mivo.com

Konten yang ada dalam situs mivo.com lebih variatif. Selain menyediakan channel TV Nasional, juga ada konten vlog dan video-video singkat seperti yang sering kita temukan di youtube. Pada menu situsnya pun sangat simple, hanya ada menu Rekomendasi, Live, Video, GIG, dan marketplace. Konsepnya cukup menarik, karena ada menu marketplace yang menjual aneka barang-barang. Enggak Cuma barang elektronik, baju, kaos kaki, hingga alat music pun ada.

Live Streaming TV Melalui UseeTV.com

Nah, pelanggan Indihome tentu sangat fammiliar dengan UseeTV. Pasalnya situs ini milik salah satu brand perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, Telkomsel. Kita bisa berlangganan useetv dengan cara berlangganan paket wifi yang ditawarkan oleh indihome. Untuk besaran tarifnya tentu bervariasi tergantung dari besar kecepatan internet yang dipilih.

Nonton TV Streaming Melalui PC atau Handphone?

Baik PC maupun handphone sama-sama bisa kita gunakan untuk nonton TV streaming. Hampir enggak ada bedanya, hanya masalah ukuran layar dan spesifikasi saja. Kalau di PC jelas bentangan layarnya lebih besar, sehingga lebih terasa seperti nonton TV seperti biasanya.

Namun, saat ini seseorang sepertinya hanya akan nonton TV streaming melalui handphone ketika sedang bepergian saja. Karena sifat handphone yang memang lebih fleksibel untuk dibawa ke mana-mana dibandingkan dengan PC.

Kita hanya perlu memastikan ketersediaan koneksi internet yang bagus sebelum mulai nonton TV streaming. Kalau memang ingin menikmati dengan bebas, ya tentu paket internet unlimited adalah pilihan mutlak untuk hal itu. Paling tepat memang dengan menggunakan wifi yang kita dapatkan dengan cara berlangganan bulanan, atau kita dapatkan di fasilitas umum.

Berapa Modal yang Harus Disiapkan Untuk Membuat Konten Streaming TV?

Modal minimal sih hanya perlu handphone dan koneksi internet saja. Apalagi jika kita menggunakan menu live streaming yang ada di media social, seperti facebook, Instagram, dan youtube. Namun, jika kita ingin membuat konten streaming TV online yang berkualitas, tentu perlu investasi lebih besar pada sisi perangkat dan produksi kontennya.

Semakin bagus perangkat yang kita gunakan untuk merekam video, semakin keren konten yang dihasilkan. Tentu juga keterampilan dalam mengedit video atau keterampilan dalam hal multimedia juga akan sangat dibutuhkan ketika memproduksi konten.

Baca juga: Ingin Jadi Youtuber? Berikut Rekomendasi 11 Software Aplikasi Untuk Mengedit Video

Jika kita hendak membuat konten streaming TV yang berkualitas, sebaiknya menyiapkan talent untuk menjadi objek dalam program tayangan. Semakin popular talent yang mengisi acara, semakin besar potensi konten untuk diminati oleh netizen. Atau bisa juga dengan memaksimalkan kreatifitas dan membuat konten tanpa melibatkan talent. Konten streaming gaming atau animasi misalnya. Kan, hanya butuh keterampilan yang kita miliki dalam main game dan membuat animasi.

Saran saya, silakan sesuaikan modalnya dengan kemampuan yang kita punya. Kalau memang enggak punya modal banyak, ya manfaatkan handphone dengan menu-menu streaming yang ada pada media social. Selama kita komitmen menyajikan konten berkualitas, tentu hasilnya pun akan bagus dan bermanfaat.

Cara Bikin Streaming TV Online di Youtube

Cara bikin bikin streaming TV online di youtube cukup mudah dan enggak butuh modal banyak. Selama kita punya laptop, kamera, dan aplikasi softwarenya, sudah bisa bikin streaming. Silakan coba cara simple berikut ini untuk membuat konten streaming di youtube.

Pertama, download software OBS Studio dan menginstallnya.

Silakan buka situs obsproject.com untuk bisa mendownload softwarenya secara gratis. Di sana ada beberapa pilihan untuk menyesuaikan file download dengan jenis laptop yang kita punya. Bisa klik “Windows” jika kita nantinya menggunakan laptop yang menggunakan system operasi windows.

Setelah file terdownload silakan langsung install saja ke laptop. Cara penginstalannya cukup mudah, tinggal ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan dalam kotak dialog. Kita enggak perlu khawatir, karena software ini engga perlu crack untuk aktivasi. Karena memang disedian gratis agar bisa dipakai oleh siapa pun.

Kedua, dapatkan stream key dari youtube untuk menghubungkan software dengan youtube.

Silakan buka dashboard youtube, atau klik aja: Dashboard Live Streaming Youtube untuk mendapatkannya. Klik menu “Live Streaming” lalu klik “memulai.”

Selanjutnya kita akan diminta untuk verifikasi akun. Silakan pilih salah satu cara verifikasi, apakah dengan menggunakan cara telepon langsung atau dengan SMS. Jika kita ingin mendapatkan kode verifikasi melalui SMS, ya silakan beri tanda centang pada pilihan “Kirimi saya SMS untuk mendapatkan kode verifikasi.” Syaratnya nomor handphone yang kita gunakan masih aktif.

Jika verifikasi berhasil, maka akan ada notifikasi dari youtube. Namun, sampai tahap ini kita belum bisa langsung mendapatkan stream key dari youtube. Kita masih harus menunggu selama 1 x 24 jam untuk prosesnya aktivasi.

Ketiga, Jika sudah aktif, kita bisa memulai dengan membuka aplikasi OBS Studio yang sudah kita install sebelumnya di laptop. Kita bisa memilih apakah nantinya aplikasi ini akan lebih sering kita gunakan untuk streaming dan beberapa untuk merekam, maka tinggal kasih tanda centang saja, lalu klik “Next.”

 

Selanjutnya kita akan diminta untuk melakukan setting aplikasi OBS Studio. Silakan klik “Next” jika ingin menggunakan settingan standar.

Selanjutnya ubah settingan “Service” dengan pilihan youtube/ youtube gamning. Sedangkan untuk “Server” silakan pilih Primary youtube ingest server. Lalu paste link stream key yang kita dapatkan dari youtube. Selanjutnya klik “Next” untuk melanjutkan. Jika sudah selesai, kita bisa memulai melakukan streaming TV online di youtube menggunakan aplikasi OBS Studio.

Bagaimana cara mendapatkan stream key? Kita bisa buka Dashboard Youtube, kemudian klik “Upload” dan carilah “Penyiapan encoder” di situ ada URL server dan stream key yang bisa kita gunakan untuk menhubungkan aplikasi OBS Studio dengan Youtube.

Setelah stream key kita masukkan, selanjutnya kita sudah bisa memulai streaming menggunakan aplikasi OBS Studio. Perlu diingat bahwa sebelum memulai streming, silakan setting privasi video ke dalam mode “Private” kemudian setelah siap memulai streaming, baru diubah ke “Public” agar bisa dilihat oleh orang lain secara online.

Nah, mudah sekali bukan? Silakan dicoba, dan buatlah konten streaming TV yang berkualitas. Dalam arti, konten yang mendidik dan enggak menimbulkan dampak negative buat orang lain. Sehingga lebih bermanfaat dan memberikan pahala kebaikan bagi kita semua.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Silakan share dan komentar.[SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *