digital produk

Indonesia saat ini adalah pasar yang luar biasa besar, baik untuk produk offline maupun online. Penduduk Indonesia yang banyak ditambah penetrasi internet yang mencapai 38.6% setiap tahunnya berpotensi memunculkan produk-produk digital yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Pengguna internet di Indonesia, menurut eMarketer akan mencapai 102,8 juta orang pada tahun 2016. Itu berarti hampir separuh penduduk Indonesia akan melek internet.

Secara khusus, CEO Google, Eric Schmidt, memperkirakan, dengan pengguna handphone sebanyak 180 juta sementara penetrasi internet seperti sekarang maka akan terjadi lonjakan pemakai internet sebentar lagi. Pertanyaannya adalah, apakah anda akan menjadi saksi sejarah, atau akan menjadi bagian dari sejarah?

Kalau anda memutuskan untuk berpartisipasi aktif, mulailah sekarang menciptakan e-produk. Ini akan booming dalam 2-3 tahun lagi (bahkan bisa lebih cepat). Please note, produk digital yang saya maksud ini adalah bisa berupa ebook, aplikasi, games atau yang lainnya. Dan ini adalah alasan mengapa anda harus mempunyai produk digital :

  • Bikin sekali dijual berkali-kali. Yep, ini adalah karakteristik produk digital yang sangat menyenangkan. Bayangkan anda adalah penulis novel. Agar bisa dinikmati oleh pembaca, anda perlu berhubungan dengan publisher, kemudian publisher akan mencetak novel anda berkali-kali dan didistribusikan di toko buku. Pendapatan sebagai penulis, paling hanya sebesar 7%-10% dari total sales. You’re doomed. Sekarang bayangkan ini : anda buat novelnya, buat menjadi ebook/aplikasi. Anda tidak perlu mencetak berkali-kali agar orang bisa membaca novel anda. Cukup buat sekali, kalau ada yang beli anda berikan link untuk download – dan anda melakukan hal yang sama ke semua pembeli. Buat sekali, dijual berkali-kali. Ribetnya cukup sekali saja. Ini berlaku untuk semua produk digital.
  • Kesempatan untuk Up-Selling. Hanya kalau anda mempunyai produk digital maka anda akan mempunyai kesempatan untuk Up-Selling produk anda pada saat yang bersamaan. Contoh yang paling jamak adalah game online. Jual coin untuk upselling. Dalam kata yang lain, teman baik saya Agung Hari Prabowo akan mengatakan ini kesempatan untuk OTO – One Time Offer. Tawarkan kesempatan untuk mendapatkan produk lain yang berhubungan dengan produk anda, atau grade yang lebih tinggi dari yang mereka beli. Kesempatan Up-Selling ini adalah killer! Anda akan mendapatkan 2 kali pembelian dalam satu tembakan.
  • Kesempatan untuk Recurring Payment. Apa ini? Ini adalah jenis pembayaran yang dilakukan bulanan. Seperti tagihan bulanan. Untuk beberapa jenis eproduk, anda bisa saja menjualnya dengan sistem recurring, dan bukan one time payment. Saya tidak perlu menjelaskan lagi seperti apa keuntungan produk yang recurring. Tapi anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat karenanya.
  • Dapatkan harga yang lebih tinggi. Ini terjadi karena anda mempunyai kekuatan yang lain ketika menjual e-produk, yaitu : Sales Page! Sales page ini seperti salesman/saleswoman yang terus menggoda calon pembeli untuk segera membeli barang yang kita jual. Kalau anda di Gramedia, anda akan sangat bebas memilih buku anda sendiri. Tapi di Internet, produk digital, calon pembeli akan dibuat untuk ‘melupakan’ produk yang lain dan menjadikan produk andalah yang terhebat diantara semuanya. Kekuatan Sales Page ini juga akan membuat pembeli ‘lupa’ bahwa produk sejenis di toko offline bisa saja dijual dengan harga yang lebih murah. Hey, biar bagaimanapun juga, membeli produk digital, pembeli hanya tinggal download/install. Tidak diperlukan biaya transpor untuk keluar dari rumah.
  • Membangun jaringan dan List Building. Untuk setiap pembelian, pastikan pembeli memasukkan email mereka ke database anda. Lakukan dengan pilihan opt-in. Setelah itu pastikan anda berhubungan dengan mereka secara rutin. Dalam sebuah kesempatan, anda akan bisa memanfaatkan email list yang sudah anda bangun untuk menjual produk yang sejenis. Double Combo!
  • Anda tidak perlu menjual sendiri. Safe your time! Saat ini juga sudah muncul banyak digital product marketplace yang bisa anda pilih. Ini adalah tempat dimana anda bisa meletakkan ‘dagangan’ anda. Kebanyakan juga sudah dilengkapi dengan payment system yang oke serta sistem affiliate yang baku. Ratusan bahkan ribuan affiliate akan membantu anda menjual produk yang sudah anda buat. Oleh karena itu, buatlah produk anda juga menarik untuk affiliate. Salah satunya dengan memberikan komisi yang besar untuk mereka.

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Founder EntroBuzz. Passionate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook or Twitter @WRahMada.

18 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. yansugie January 17, 2013 at 7:10 AM - Reply

    Segera action, menyongsong kesempatan emas nan gemilang ini. Terima kasih Mastah!

  2. Arief Theo January 17, 2013 at 7:15 AM - Reply

    Lagi dibuat mas…:D

  3. Rudy Kurniawan January 17, 2013 at 7:16 AM - Reply

    dunia baruku…boleh dunk belajar

  4. digimanain? January 17, 2013 at 7:20 AM - Reply

    setelah booming dalam 2-3 tahun kedepan (ato lebih cepat), bagaimana prospek pada tahun-tahun berikutnya kira-kira?

    action action~

    • Wientor Rah Mada January 17, 2013 at 9:47 AM - Reply

      Pemakai internet tidak hanya akan naek secara kuantiti, tapi kualitasnya juga. Peluang besar om..

  5. Berlin Sianipar January 17, 2013 at 8:25 AM - Reply

    Sedang dirintis. Awal tahun ini launching perdana :)

  6. Handoko Tantra January 17, 2013 at 11:50 AM - Reply

    Nikmatnya produk digital…keren artikelnya bos :)

  7. Henry Bechtolsheim January 18, 2013 at 1:04 AM - Reply

    You get my point brad…!!

  8. Ghor January 18, 2013 at 3:20 AM - Reply

    Keren kakak. Tapi pembajakan di negeri ini itu loh yang bikin mikir2 lagi :D

    • Wientor Rah Mada January 18, 2013 at 3:28 AM - Reply

      Jangan dipikir gan, rejeki gak akan kemana, udah ada yg ngatur. Action duluan saja :)

  9. akhmad March 17, 2013 at 1:26 PM - Reply

    om Wientor, kl bikin situs wadah produk digital khusus indo seperti clickbank prospek nggak ya ?

Leave A Response