Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pakaian, transportasi, dan sejumlah uang dengan kurs negara tujuan. Hal-hal tersebut sangatlah penting, tapi ada baiknya jika kita memikirkan hal-hal penting lainnya seperti media berkomunikasi. Komunikasi sangat dibutuhkan di luar negeri untuk beberapa orang yang meninggalkan keluarga di tanah air maupun yang berkepentingan  untuk mengetahui informasi transportasi, tujuan wisata serta tempat penginapan di Negara tujuan.

untuk melakukan kegiatan komunikasi tersebut tentunya dapat menggunakan ponsel, tablet atau laptop. Untuk ponsel saat ini sudah mendukung jaringan yang sama, tetapi untuk operator tiap negara memiliki operator yang berbeda dengan operator di negara asal. Yang dimana jika kita memakai operator negara asal di negara tujuan akan memakan biaya atau pulsa yang sangat banyak.

Untuk mendukung kegiatan berkomunikasi anda di negara tujuan anda, dibawah ini ada 7 tips untuk menghemat pengeluaran pulsa di luar negeri via ponsel yang akan membuat anda tidak berpikir tagihan telepon pas balik ke Indonesia.

1. Modifikasi layar kunci ponsel

Layar kunci di ponsel anda dapat  membantu anda untuk menemukan sesuatu yang anda sulit temukan seperti tujuan wisata di suatu Negara. Anda tinggal mengatur gambar peta yang dijadikan layar kunci anda dan dapat juga menanyakan informasi tersebut ke orang lokal, jadi anda tidak perlu membuka tutup layar kunci anda yang nantinya akan membuang banyak batere.

2. Non-aktifkan  paket data

Sebelum anda meninggalkan rumah ada baiknya anda menon-aktifkan paket data, dikarenakan secara tidak sadar ponsel akan terus mengambil pulsa untuk beberapa aplikasi yang terus berjalan seperti aplikasi untuk chatting dan beberapa aplikasi yang melakukan auto-update.

3. Ganti operator lokal dengan operator luar negeri

Mengganti operator lokal dengan operator luar negeri adalah solusi yang sangat baik untuk menghemat pengeluaran pulsa diluar negeri. Karena jika anda tetap memakai operator lokal pulsa anda akan sangat luar biasa membengkak. Selain membeli kartu operator luar negeri anda dapat membeli portable wi-fi. Sangat disarankan untuk membeli kartu operator dengan system pre-paid agar anda tidak over-budget dan dapat memperkirakan pengeluaran pulsa anda selama di luar negeri, dan juga untuk pembelian pulsanya mudah untuk ditemukan di beberapa toko serba ada.

4. Gunakan aplikasi berbasis chatting

Gunakan aplikasi chatting seperti KakaoTalk, WhatsApp atau Line. Aplikasi tersebut dapat memperkecil pengunaan pulsa untuk SMS. Apalagi jika ponsel anda terkoneksi ke Wi-Fi maka anda akan dapat menikmati aplikasi tersebut secara gratis. Dan beberapa aplikasi tersebut juga sudah menyediakan fasilitas free call.

5. Miliki peta offline di ponsel anda

Jika anda tidak memiliki kartu operator luar negeri ataupun tidak terkoneksi dengan Wi-Fi ada baiknya jika anda memiliki peta offline di ponsel anda, yang sangat berguna untuk menghindari tersesat di negeri orang dan menggunakan peta fisik yang terkadang agak sulit dimengerti oleh wisatawan. Cobalah untuk mengunduh peta tersebut sebelum kita meninggalkan negara asal.

6. Menggunakan Wi-Fi untuk menelepon ke negara asal

Beberapa aplikasi dapat menyediakan layanan menelepon gratis seperti Skype,Video Call Facebook dan Google Voice yang menyediakan layanan telepon sepanjang waktu asalkan terhubung dengan Wi-Fi.  Sekarang juga dapat dipermudah dengan adanya aplikasi seperti Line atau KakaoTalk yang sangat mempermudah untuk melakukan telepon via Wi-Fi

7. Cari info mengenai tarif “roaming

Jika anda melakukan Sms atau menelepon di luar negeri harganya akan sangat jelas berbeda (roaming) , ada baiknya jika anda mengetahui tarif roaming kartu operator anda jika sedang berada di luar negeri.  Sehingga anda dapat menetapkan budget menelepon, sms dan penggunaan internet. Beberapa operator di Indonesia pun sudah menyediakan paket roaming yang cukup terjangkau atau bahkan gratis namun hanya untuk beberapa hari saja.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response