Entah kenapa orang Indonesia suka sekali dengan bisnis yang tanpa modal. Entah ini berhubungan dengan kondisi ekonomi ataukah memang kita merasa tertantang dengan bisnis yang tidak mengeluarkan modal sama sekali. Atau, asumsi saya yang paling jelek adalah kita sudah diajarkan hal yang salah selama ini. Masih ingat mengenai prinsip ekonomi? Bagaimana kita harus mengeluarkan modal seminim mungkin untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya? Hehe..maaf nih, tapi rasanya itu sudah tidak berlaku lagi di jaman sekarang. Seharusnya dogma itu dirubah menjadi : kalau mau hasil yang besar, ya tetap harus mengeluarkan modal yang besar pula. Tinggal lihat marginnya saja. Selama positif, ya hajar terus.

people running photo

Bisnis online tanpa modal buat saya hal yang sangat tidak mungkin. Tetapi kita bisa menyiasati modal yang kita punya, mempergunakan sebaik mungkin dan mendapatkan hasil yang maksimal. Maksud saya begini, sejauh yang saya tahu, semua bisnis memerlukan kapital di awal. Tapi oke, mari kita bahas mengenai bisnis online. Tetap saja kita perlu modal, paling nggak, modal semangat. Nah, di bawah ini beberapa bisnis yang bisa anda laksanakan tanpa modal kapital :

1. Google Adsense

Gak usah kita bicara yang rumit lah. Apapun pekerjaan yang anda lakukan sekarang, Google Adsense adalah alternatif yang oke buat dapet penghasilan tambahan. Terlepas dengan berbagai masalah tentang akun yang dibanned dan sebagainya, kita harus akui, modal memulai adsense hanyalah nulis. Yep, nulis (atau bikin video kalau anda mau monetize youtube).

Ada banyak strategi buat mendatangkan uang lewat adsense. Tetapi apapun itu, kalau kita nulis artikel banyak, maka artikel yang diindex google akan semakin banyak dan dollar akan mengalir dengan sendirinya. Algoritma Google sekarang juga gak ribet kok. Asalkan tulisan anda mempunyai manfaat untuk pembaca, Google akan mengapresiasi.

Banyak orang pinter yang menggeluti adsense. Semua pengen cepet-cepet dapet duwit. Jadinya, muncul banyak strategi yang malah menghancurkan dirinya sendiri. Padahal sudah jelas banget Google bilang. Tulis saja artikel yang bagus, traffic akan datang. Semakin banyak traffic, makin banyak pula pendapatan kita. Gak usah mikir yang aneh-aneh.

Makanya, dasar untuk mendapatkan pendapatan dari adsense ini adalah kemampuan menulis kita. Bukan lagi kehebatan kita mendapatkan backlinks yang selama ini dipercayai akan membuat artikel kita menjadi nomer satu di Google. Karena kalau tulisan kita bagus, backlinks akan di dapat dengan sendirinya. Percaya deh.

Oiya, bagaimana dengan beli domain dan hosting? Sudahlah, kalau mau tanpa modal ya bikin blog saja di blogger. Nanti daftar adsense di dalemnya. Gampang.

2. Affiliate

Nah yang ini agak rumit sedikit. Tetapi jangan terbawa suasana juga. Tadi di poin pertama saya berbicara tentang kemampuan menulis. Kalau blog kita diisi dengan artikel keren, kemudian bisa mendatangkan traffic banyak, duwit bisa di dapat dengan berbagai cara. Selain adsense, bisa juga dengan menjadi affiliate.

Bahasa saya mengenai affiliate adalah makelar online. Ada banyak situs-situs dagang yang mempunyai program affiliate. Zalora, Lazada, Accor Hotels sampai dengan Agoda punya program affiliate. Artinya kita bisa menjualkan produk mereka. Caranya?

Kalau blog kita sudah punya traffic, apapun bisa kita lakukan. Misalnya dengan mengiklankan produk-produk dari toko online yang tadi saya sebut. Buat widget, kemudian ambil banner dari mereka (biasanya sudah disediakan), kemudian pasang di blog. Voila! Kita sudah bisa berjualan tanpa modal. Program affiliate akan membayar dari setiap produk yang terjual. Keisi deh rekening kita.

Cara lain lagi ya bisa dengan menulis review mengenai produk yang akan kita promosikan lewat program affiliate itu. Setelah mereview di artikel, kasih link URL ke toko online yang kita promosikan. Kalau ada barang terjual, dapat uang deh.

3. Toko Online

Membuat toko online tidaklah sesusah yang dibayangkan. Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana kita bisa mendapatkan barang yang bisa dijual online. Coba tengak-tengok kanan dan kiri. Perhatikan saudara atau tetangga sekitar. Mungkin ada diantara mereka yang memproduksi barang bagus yang belum dijual online. Dinego saja dulu. Jangan mau apabila diminta buat bayar dimuka. Bilang saja anda mau bantu pemasaran lewat internet. Dijamin tidak akan ditolak.

Untuk toko online pemula, tidak perlu direpotkan dengan beli domain dan hosting. Banyak situs yang menyediakan platform toko online gratis, seperti YukBisnis, Onigi atau kalau mau yang berbayar ada Jejualan atau Shopify.

Ketiadaan modal pada pembuatan toko online akan menghambat di step berikutnya, yaitu promosi. Mempunyai toko online dan tanpa promosi sama saja kita buka toko tapi di tengah hutan yang tidak berpenghuni. Sampai lebaran monyet juga gak akana da yang beli. Jadi, walau baru buka toko online, disarankan tetap untuk menyisihkan modal sedikit untuk berpromosi. Yang paling mudah dan murah ya di Facebook dengan memakai platform FB Advertising atau Google Adwords.

Dari ketiga bisnis online tanpa modal di atas, sebetulnya ada kesamaannya. Semua bisnis online tersebut memerlukan tenaga, waktu dan pikiran. Walaupun modal kapital (uang) minim, tetapi ternyata bisa digantikan dengan yang lain. Fokus saja dengan usaha yang kita lakukan, maka hasil akan mengalir dengan sendirinya. Kalau kata teman baik saya, bisnis yang paling baik bukanlah bisnis yang mendatangkan banyak keuntungan. Tapi bisnis yang baling baik adalah bisnis yang dibuka. Jadi, mulailah sekarang. Apa lagi?

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

CEO of EntroBuzz. Passionate affiliate marketer. Coffee trailblazer. Believe in idea, creativity and rock 'n roll. Find me on Google+, Facebook, Instagram, or Twitter @WRahMada.

5 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Inspirasi bisnis online July 12, 2015 at 6:29 AM - Reply

    Saya sebenarnya sangat tertarik membuat toko online..namun kendalanya saya msh sangat awam di bidang ini..

    • Wientor Rah Mada July 24, 2015 at 10:42 AM - Reply

      Bisnis yang baik adalah bisnis yang dibuka ~ om bob sadino

      • Asep February 17, 2016 at 6:51 AM - Reply

        Mksudnya dibuka gimana om ?

        dijalankan kah maksudnya ?

        • Wientor Rah Mada February 17, 2016 at 8:17 AM - Reply

          iya, kalo bisnis cuma dipikirin sama di planning ya gak akan jadi-jadi

  2. Jasa Toko August 14, 2016 at 9:50 PM - Reply

    Dalam bisnis online yang paling penting adalah setelah direncanakan dengan matang maka secepatnya harus ada tindakan

Leave A Response