Blog merupakan salah satu aplikasi atau situs yang berisi informasi dalam bentuk tulisan atau gambar, dimana pemiliknya dapat menulis, dan pembaca dapat mengaksesnya lewat internet. Aktivitas dalam mengelola blog disebut blogging. Sedangkan penggunanya disebut blogger.

Pengguna blog saat ini sangat beragam, dengan tujuan bermacam-macam. Ada blog yang ditujukan untuk menyediakan informasi saja, sampai penggunaan blog untuk bisnis. Saat ini, telah banyak komunitas blogger yang terbentuk, baik karena kesamaan topik, kesamaan ketertarikan dan kesamaan-kesamaan lainnya.

Suatu blog bahkan dapat dijadikan sumber penghasil uang dengan berbagai cara. Baik dari iklan yang dipasang di blog anda, menulis review website atau bisnis orang lain, sampai menggunakan Google Adsense. Semuanya menuntut sebuah blog yang memiliki banyak pengunjung atau disebut juga traffic yang besar.

Pertanyaannya adalah, apa yang harus ada dalam blog anda, sehingga banyak orang yang mau berkunjung dan betah berlama-lama membacanya? Paling bagus jika mereka tertarik untuk berkunjung lagi di lain waktu.

1. Judul yang menarik dan sesuai kebutuhan pembaca

alamat-blog

Alamat blog via www.hometreeatlas.com

Yang pertama adalah tentu saja tulisan dalam blog anda harus memiliki judul yang menarik. Judul ini harus jelas agar ketika orang-orang mencari keyword yang terkait dengan tulisan anda, tulisan anda akan muncul. Bukan hanya jelas, tetapi judulmu harus mewakili isi tulisan anda.

Judul yang terlalu panjang dan tidak to the point akan membuat malas pembaca yang memang hanya ingin “lihat-lihat” suatu bahan bacaan saja. Judul yang menarik adalah judul yang membuat orang penasaran dengan isi dari artikel itu, jika artikel tersebut sejenis artikel tips dan trik, atau how to do. Sedangkan untuk artikel yang merupakan artikel definisi atau penjelasan suatu hal, judulnya harus padat berisi.

2. Tampilan atau template yang jelas dan memanjakan mata

Tampilan blog via www.mojomarketplace.com

Tampilan blog via www.mojomarketplace.com

Pemilihan tampilan blog juga sangat penting. Proporsi antara tulisan dan gambar harus seimbang, sesuai dengan jenis tulisannya. Tampilan halaman depan harus menarik dan mewakili isi blog anda. Tampilan blog anda nantinya akan membedakan blogmu dengan blog orang lain.

Pemilihan jenis tulisan wajib diperhatikan, jangan terlalu kecil karena akan membuat lelah mata. Tetapi jangan terlalu besar juga karena tidak akan menarik dilihat dan memenuhi halaman. Selain itu, anda juga harus memilih jenis huruf yang jelas dibaca.

Warna dari latar belakang tulisan anda harus kontras degan warna tulisan, sehingga tulisan akan jelas terbaca. Saat ini tampilan gratis yang disediakan oleh blog cukup banyak. Tetapi jika anda mau tampilan yang lebih menarik dan unik, anda dapat membelinya. Berbagai jasa pembuatan template saat ini banyak ditawarkan.

Baca juga: 4 Konten Blog Yang Harus Dipunyai Untuk Membuat Blog Kita Jauh Lebih Menarik

3. Manajemen isi blog

Manajemen isi blog via qurtemplates.blogspot.com

Manajemen isi blog via qurtemplates.blogspot.com

Blog bagaikan sebuah rumah yang memiliki beberapa ruang. Penempatan ruang beserta isi-sinya harus strategis dan mudah dimengerti. Anda dapat menggunakan daftar isi untuk memudahkan pembaca mencari tulisan yang mereka inginkan.

Daftar isi dapat dibuat berdasarkan label atau kategori tulisan anda. Hal ini bukan hanya berguna bagi pembaca yang mengunjungi blog anda, tetapi juga bagi orang-orang yang menggunakan mesin pencari atau search engine. Selain itu, daftar isi juga berfungsi membuat tampilan anda ringkas dan rapi.

Di antara tulisan anda, anda juga dapat menyisipkan link yang terkait dengan tulisan anda, sehingga memungkinkan pembaca untuk melihat tulisan anda yang lain. Link ini adalah judul dari tulisan anda yang jika diklik akan membawa pembaca ke tulisan tersebut.

4. Gambar yang sesuai dengan artikel

Gambar blog via colorlib.com

Gambar blog via colorlib.com

Gambar adalah pelengkap tulisan anda agar lebih menarik, jelas dan tidak bosan untuk dibaca. Bahkan pada beberapa tulisan, gambar berbicara lebih banyak dibandingkan tulisannya sendiri. Oleh sebab itu, pemilihan gambar merupakan suatu hal yang penting.

Pilihlah gambar yang sesuai dengan artikelmu. Jangan lupa menyertakan sumber dari gambar, baik itu dokumentasi pribadimu, ataupun jika gambar itu berasal dari blog atau website orang lain. Hal ini akan memudahkan pembaca jika ingin mencari tahu mengenai gambar itu lebih jauh.

Kualitas dari gambar juga harus bagus. Paling tidak gambar tidak pecah jika diperbesar. Letakkan gambar di tempat yang sesuai, anda bisa mengaturnya sedemikian rupa agar tulisan anda tetap terlihat rapi.

5. Bahasa penulisan

 

Bahasa penulisan blog via qurtemplates.blogspot.com

Bahasa penulisan blog via qurtemplates.blogspot.com

Tidak ketinggalan mengenai bahasa tulisan. Anda harus menyesuaikan bahasa tulisan yang anda gunakan dengan isi tulisan anda. Kesesuaikan bahasa penulisan dengan isi tulisan akan membuat pembacamu betah membaca tulisan-tulisan anda.

Jika tulisan anda merupakan tulisan ilmiah, sebaiknya anda menggunakan bahasa yang resmi. Pengunjung utama tulisan ilmiah adalah para akademisi yang sangat menjunjung tata cara penulisan yang baik dan benar. Hal ini nantinya akan menjadi acuan mereka juga dalam menulis paper atau tulisan ilmiah.

Sedangkan untuk tulisan popular, anda dapat menggunakan bahasa penulisan yang lebih santai. Anda juga terkadang dapat mencampur tulisan anda dengan istilah-istilah popular atau istilah dalam bahasa asing, tentu saja dengan penulisan yang sesuai aturan penulisan.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang Juga!

6. Konten tulisan

Konten blog via www.meltwater.com

Konten blog via www.meltwater.com

Perlu diingat bahwa isi tulisan anda harus sesuai dengan kebutuhan dari pembaca. Kebutuhan di sini mencakup kebutuhan jenis artikel dan isi artikel. Kebutuhan ini yang akan menarik pembaca mencari artikelmu.

Jenis-jenis artikel yang menarik bagi pembaca meliputi definisi dari suatu hal (misalnya istilah-istilah baru, istilah asing, istilah ilmiah), tips dan trik, how to do, masalah beserta solusi yang biasanya untuk gadget atau produk elektronik. Sedangkan untuk isi artikel sesuai dengan bidang masing-masing.

Tema dari tulisan anda haruslah unik. Hindari tema-tema yang sudah banyak ditulis oleh website atau blogger-blogger lain. Caranya adalah dengan mencari di situs pencarian. Ketiklah tema yang akan anda tulis, dan lihatlah seberapa banyak orang yang telah menulis tema itu sebelumnya.

Orang-orang akan lebih tertarik pada blog atau website yang berada di posisi teratas dalam daftar pencarian. Dan itu berarti, tulisan-tulisan yang lebih dahulu ditulis dan sudah banyak pengunjungnya akan bertengger di atas. Jadi lupakan menulis tulisan dengan tema yang mainstream.

7. Menulislah dengan hati, sesuai kemampuan dan keahlianmu, dan jangan menjadi plagiat

 

Menulis dengan passion via relentlesswriters.blogspot.com

Menulis dengan passion via relentlesswriters.blogspot.com

Yang terakhir, yang tidak kalah penting adalah menulislah dengan hati. Anda harus menyukai apa yang anda lakukan, termasuk menulis isi blogmu. Karena jika tidak, tulisan anda akan terlihat seperti dipaksakan.

Percayalah bahwa setiap orang menguasai rangkaian bidang yang berbeda dari orang lain. Misalnya jika si A menguasai olahraga, traveling, dan kuliner, si B mungkin menyukai traveling, musik, dan bisnis. Pakailah rangkaian kemampuan dan keahlianmu itu untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang unik.

Yang paling penting untuk menjadi seorang penulis sukses adalah menghindari plagiarisme. Apa artinya tulisan bagus dan pengunjung yang banyak, jika ternyata tulisan yang anda sajikan dalam blogmu adalah karya orang lain.

Dengan memperhatikan 7 hal-hal di atas, anda akan mengundang banyak orang mengunjungi blogmu. Jadilah seorang penulis yang jujur dan tulus. Kebanggaan seorang penulis bukan dilihat dari seberapa banyak orang yang membaca tulisannya, tetapi seberapa banyak orang yang jatuh cinta dan terinspirasi ketika membaca tulisan itu.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: ,

ABOUT THE AUTHOR:

17 and learning. Hogwarts graduate (currently a full time wizard). Art and design addict.

8 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Bayuwin November 29, 2016 at 6:53 PM - Reply

    Sepp..
    Yap setuju gan yg penting menulis dgn hati biar yg baca nerima juga dengan hati.. #BukanCurhat

  2. prama November 30, 2016 at 4:44 PM - Reply

    simpel dan lengkap kayaknya sih bakal mudah di praktekin, hehe

  3. ALIM December 8, 2016 at 9:27 PM - Reply

    Wah… aku sangat sulit mmengangkat banyaknya pengunjung ke website saya. kursusui saya donk kakak…
    Download K Lite Code Pack 10 Terbaru
    http://alimpolos.blogspot.co.id/2016/01/download-k-lite-code-pack-terbaru-2016.html

  4. Ahmad December 11, 2016 at 4:40 PM - Reply

    kebali lagi konten ya kan mas … tulislah konten sesuai dgn kemampuan dan lakukan dengan enjoy

  5. Amad Soleh January 21, 2017 at 12:50 AM - Reply

    Sangat menarik ulasanya dan sangat menambah pengetahuan saya. Terima Kasih

  6. Prima January 21, 2017 at 9:22 PM - Reply

    Simple dan menarik 🙂

  7. teoredoks March 26, 2017 at 4:20 PM - Reply

    Bagian konten mungkin saya perlu perbaikan soalnya saya masih kesulitan membuat konten yang bagus di blog saya.

Leave A Response