ngeblog

Blogging. Di era modern sekarang ini segala sesuatu sudah serba digital dan memiliki hubungan dengan internet. Kamu ingin berbelanja, tinggal buka online shop. Kamu ingin naik ojek, tinggal buka aplikasi Go-Jek. Kamu ingin membayar berbagai macam tagihan, tinggal buka internet banking lalu beres semua!

Dalam hal mendapatkan informasi dan berita, kamu juga pastinya lebih banyak mengandalkan internet dibandingkan membaca koran atau majalah dalam bentuk cetak. Kini ada banyak media informasi online yang bermunculan mulai dari yang berisikan berita, infotainment, berita olaharaga, hingga tentang keluarga. Tidak sedikit juga media cetak yang mulai merambah dunia digital dengan membuat koran atau majalah mereka menjadi versi online.

Baca juga : Cara Mendapatkan Banyak Pengunjung Blog, Sederhana Tapi Ampuh!

Hal yang sama pun terjadi di bidang tulis-menulis. Jika dulu kamu menulis jurnal atau menceritakan kejadian sehari-hari di dalam buku harian, kini kamu hanya memerlukan blog. Blog ini merupakan wadah tulis-menulis yang sudah ada sejak tahun 2000-an. Sekarang ini hampir semua orang mempunyai blog pribadi sebagai tempat mereka menulis.

Ini nih 6 alasan kenapa kok kamu harus mulai blogging atau nge-blog sekarang juga!

1. Kamu ogah kan disebut anak ketinggalan zaman!

Siapa yang mau disebut dan dipanggil sebagai anak ketinggalan zaman? Sepertinya tidak ada ya! Nah, kalau kamu juga tidak ingin mendapat panggilan sebagai anak ketinggalan zaman, lebih baik mulailah blogging dari sekarang.

Anak muda seperti kamu seharusnya mengikuti perkembangan teknologi dan dunia digital karena hal ini dapat menambah pengetahuan kamu dan mungkin saja nantinya akan berguna di saat kamu bekerja atau di masa depan nantinya. Tidak ada salahnya selalu mempelajari dan mencoba hal baru, kan? Selain tidak jadi anak ketinggalan zaman, kamu juga bisa jadi tambah pintar.

2. Wadah baru tumpahkan isi kepalamu!

Blog sudah menjadi wadah baru untuk menumpah apa saja yang ada di kepala kamu. Kamu dapat menulis apa saja di dalam blog pribadi milikmu. Tapi, yang terpenting dan perlu diingat adalah jangan pernah menulis sesuatu yang dapat menyinggung orang lain dengan kasar dan jangan menulis tulisan yang mengandung SARA. Jadilah anak muda yang cerdas dan bijak ketika menulis dalam blog karena apa yang kamu tulis itu menjadi cerminan pribadimu.

Kamu dapat membuat tulisan untuk blog sesuai dengan apa yang menjadi kesukaanmu. Kamu dapat menulis tentang film, buku, olahraga, masakan, IT, parenting, fashion, desain rumah, dan masih banyak lagi. Selain itu, pastikan apa yang kamu tulis itu original, bukan menyontek hasil tulisan orang lain atau plagiat. Apabila kamu ingin mengutip, jangan lupa untuk menuliskan sumbernya dengan jelas seperti nama penulis dan dari mana kamu mengutipnya.

3. Berbagi informasi ke orang lain!

Dengan memiliki blog pribadi, kamu dapat membagi berbagai macam informasi berguna kepada banyak orang. Mungkin saja memiliki tips yang tidak orang lain ketahui lalu kamu tulis di dalam blog agar orang lain juga dapat mempraktikkannya. Ini sudah termasuk tindakan membagikan informasi yang berguna kepada orang lain. Blogging kegiatan yang positif, kan?

Baca juga : 4 Konten Blog Yang Harus Dipunyai Untuk Membuat Blog Kita Jauh Lebih Menarik

Kemudian misalnya, kamu sudah pergi jalan-jalan ke suatu daerah kemudian kamu membagi pengalaman perjalananmu mulai dari bugdet, akomodasi, biaya penginapan, makanan yang patut dicoba, hingga tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini tentunya akan sangat membantu orang-orang yang belum pergi ke daerah tersebut karena mereka jadi memiliki gambaran bagaimana dan apa yang harus dilakukan selama di sana.

Hal sama juga akan terjadi kepadamu. Kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Dengan membaca blog milik orang lain, kamu juga dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan.

4. Kamu bisa jadi terkenal gara-gara blog!

Cukup dengan menulis di blog pribadi, kamu bisa jadi orang yang terkenal! Bukan tidak mungkin lho! Hanya saja kamu memang harus menjadi kreatif, imajinatif, inovatif, dan menjadi lain daripada yang lain. Kamu harus memiliki nilai jual dan daya tarik sehingga orang-orang akan menjadi penasaran dan akhirnya mengunjungi blog pribadi milikmu.

Ada banyak contoh orang-orang yang menjadi terkenal karena blog pribadi yang mereka tulis. Ada Raditya Dika yang punya cerita kocak, Evita Nuh yang terkenal dengan blog fashion-nya, dan Trinity yang terkenal dengan blog perjalanannya. Raditya Dika dan Trinity bahkan sudah menerbitkan banyak judul buku dan laku keras di pasaran.

Kalau mereka bisa, kenapa kamu juga tidak? Oleh karena itu, ayo mulai blogging sekarang!

5. Memperluas jaringan pertemanan!

Dengan kegiatan blogging, kamu dapat menambah dan memperluas jaringan pertemananmu. Kamu dapat bergabung dengan komunitas blogger baik secara umum atau yang sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Misalnya, kamu bergabung dengan komunitas blogger IT, food blogger, blogger penyuka traveling, dan masih banyak lagi.

Kalau teman dan lingkungan pergaulan kamu sekarang hanya itu-itu saja, mungkin sekaranglah saatnya kamu untuk menambah teman baru dan mengganti suasana pergaulan. Dengan suasana dan lingkungan pergaulan yang baru kamu dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

6. Dari blog kamu bisa dapat uang!

Dengan memiliki blog ternyata kamu bisa mendapatkan uang! Jika kamu mahasiswa yang ingin mempunyai uang saku tambahan, blogging adalah salah satu solusi yang tepat! Namun, kamu perlu ingat kalau blogging bukanlah cara untuk mendapatkan uang dengan cepat. Kamu harus bersabar jika ingin mengumpulkan uang dalam jumlah yang banyak.

Apabila blog pribadi milikmu ramai dikunjungi orang sehingga memiliki trafik pengunjung yang bagus, maka kamu dapat mencoba untuk memasang iklan adsense. Iklan adsense ini memiliki sistem pembayaran dengan menghitung jumlah klik yang masuk ke blog milikmu. Dari sinilah sumber uang kamu akan masuk.

Untuk memaksimalkan iklan adsense yang ada di blog milikmu, kamu harus melakukan beberapa hal seperti terus memperbaharui isi tulisan di blog, buatlah tulisan yang dapat memberikan informasi dan manfaat kepada orang lain sehingga mereka senang membaca dan akan kembali mengunjungi blog milikmu.

Setelah membaca keenam alasan ini apakah kamu juga masih belum ingin memulai blogging? Jika jawabanmu adalah iya, maka kamu akan merugi sekali. Untuk membuat blog itu kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dari kantong. Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu juga dapat mendesain blog milikmu sesuai dengan selera dan keinginanmu.

Jadi, yuk mulai membuat blog sekarang juga!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Blogger tulen. Penggemar sejati Benyamin Sueb dan Rhoma Irama. Tidak takut untuk berkata tidak. Bertekuk lutut pada kopi kental tanpa gula.

Leave A Response