5 Game Android Terbaik Offline & Online yang Harus Anda Mainkan Sekarang!

Gambar: Pexels

Saya beberapa kali menulis tentang game di Bixbux. Coba ketik saja di kolom pencarian dengan kata kunci “game”. Nanti ada beberapa tulisan saya yang membahasnya. Tidak banyak sih. Sepertinya ada tiga artikel. Tapi semuanya relevan dengan artikel yang satu ini. Kali ini saya dipercaya untuk membahasnya lagi. Namun dengan kacamata berbeda. Jika kalian perhatikan, di sana ada kata tambahan terbaik. Variabel apa yang menentukan sesuatu bisa dikatakan baik? Emm, itu semua tergantung konteks yang dibahas ya. Kebetulan kali ini gagasan pokoknya adalah game.

Game dengan segala konsepnya selalu menarik untuk dibahas. Siapa sih yang tidak suka game di bumi ini? Meski tidak fanatik saya rasa semua orang menyukainya. Itu pun karena game memiliki jiwa. Ada perasaan yang dibangun oleh pengembang setiap game. Ini serius, saya kebetulan pernah mempelajarinya. Dulu saya sempat berkecimpung di game development selama 6 bulan. Meski sebentar, saya cukup menikmatinya.

Sebelum memasuki inti artikel, saya ingin berbagi tentang hal menarik dalam game. Pertama tentang alasan seseorang bermain game? Ada yang tahu? Saya kasih beberapa poin ya. Alasan ini diungkapkan oleh seorang desainer video game berkebangsaan Amerika. Namanya Richard Rouse III, desainer dari beberapa projek game sekaligus penulis buku Game Design: Theory and Practice (2001, 2004). Berikut alasan seseorang bermain game:

  1. Tantangan
  2. Bersosialisasi
  3. Ingin dianggap lebih hebat
  4. Pengalaman emosional
  5. Bereksplorasi
  6. Berfantasi
  7. Berinteraksi

Dari ketujuh alasan di atas, apakah sesuai dengan alasan Anda bermain game? Mungkin beberapa iya, beberapa tidak ya. Tidak masalah. Setiap orang memiliki alasannya masing-masing. Saya pribadi suka alasan nomor 3. Saya senang dianggap GG (Good Game) dalam bermain. Pasalnya saya kurang suka dikatakan noob dalam bermain game. Saya selalu berpikir bahwa bermain game itu, hanya perlu latihan. Seseorang yang jago bermain game, dulunya pasti latihan untuk mencapai titik itu. Sehingga seseorang yang belum jago bermain game, lebih tepat disebut kurang latihan. Hehe.

Itu tadi yang pertama. Sekarang kita yang kedua. Salah satu Indie Game Developer bernama Ahmed Saker, menyajikan sebuah diagram seperti di bawah.

Diagram: Ahmed Saker

Diagram di atas menjelaskan bahwa game memiliki tiga aspek tersebut. Kita ambil contoh salah satu game populer : Mobile Legends. Adakah seni dalam game tersebut? Ada dong. Setiap karakter sudah pasti digambar oleh seniman. Seseorang yang memiliki passion di bidang seni gambar. Sehingga bisa diciptakan karakter dengan detail yang artistik. Kemudian, adakah bisnis dalam setiap game yang dikembangkan? Sudah pasti itu. Itulah alasan mengapa ML bisa bertahan hingga detik ini. Terakhir, adakah sains dan teknologi yang diterapkan? Tentu saja ya. Semua konsep yang dibangun dalam game, sangat erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan maupun teknologi (algoritma, pemrograman, software, dan lain-lain).

Salah satu pencipta game Super Mario Bros & The Legend of Zelda. Game yang dikatakan terbaik sepanjang masa. Shigeru Miyamoto pernah berkata, “Saya tidak memulai proyek ini dengan bisnis sense. Dengan kata lain, saya tidak berniat membuat sesuatu untuk menjadi populer. Hanya ingin membuat sesuatu yang ingin saya mainkan. Tidak ada bisnis termasuk akal. Hanya cinta yang terlibat dalam penciptaan. Entah bagaimana, apa yang ingin saya ciptakan untuk diri sendiri justru dihargai oleh orang lain di negara ini dan dibagikan oleh orang-orang di negara lain.”

Inti yang bisa saya tangkap adalah jangan membuat sesuatu untuk dijual (populer). Tetapi, buatlah sesuatu untuk dicintai. Ya dicintai oleh Anda. Itu adalah perasaan inti untuk membuat game. Bahwa memang dalam setiap game terdapat perasaan yang bisa kita rasakan. Marah, senang, dan sedih. Itulah mengapa game sangat diminati.

Itulah pembukaan sebelum memasuki inti dari artikel ini. Izinkan saya membuat opini dengan beberapa alasan yang menarik. Pasalnya saya akan mengulas game Android terbaik yang boleh Anda coba. Game Android online maupun offline. Berikut ulasan lengkapnya.

Game Android Offline Terbaik

Game yang tidak membutuhkan koneksi internet. Cukup dengan sekali pasang pada Android Anda. Kemudian bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja, tanpa internet. Btw, referensi saya dari Google Play ya. Silahkan dinikmati.

1. Plants vs Zombies

Plants vs Zombies. Setelah EA (Electronic Arts) sukses dengan Plants vs Zombies di platform PC. Kini merambah ke versi mobile, alias smartphone. Sehingga kita perlu memiringkan smartphone saat memainkannya. Game ini masuk dalam daftar #4 Top Free saat tulisan ini dibuat. Membuktikan bahwa game ini layak Anda mainkan. Ratingnya terbilang memuaskan dengan 4.4 dari 5 bintang.

Baca juga: Ini Dia 5 Game Ringan PC Terbaik Sepanjang Masa

2. Robbery Bob 2: Double Trouble

Robbery Bob 2: Double Trouble. Jika ada yang bertanya game ini tentang apa. Maka akan saya ungkapkan dengan dua kata : deg-degan. Pasalnya Anda harus mengendalikan seorang pencuri bernama Bob dengan hati-hati. Ya iya dong. Anda perlu tenang saat memainkannya. Memastikan orang di dalam rumah tidak sadar sedang ada maling. Ide game yang menarik dari Level Eight AB.

3. Fishing Hook

Fishing Hook. Ini dia game yang pas untuk Anda melakukan mancing mania. Mantap! Saat Anda mengulur atau menggulung senar pancing. Sensasinya cukup menegangkan. Penasaran dengan ikan yang akan kita dapatkan. Eh iya. Peralatan mancing perlu diperbarui guna meningkatkan level dari hasil pancingan Anda. Sudah pasti ikan berbobot besar, perlu peralatan khusus untuk menangkapnya.

4. Hill Climb Classic

Hill Climb Classic. Game ini masuk dalam jajaran game ringan Android. Bukan tanpa alasan. Smartphone dengan spesifikasi low-end bisa memainkan game ini dengan lancar. Grafik yang dibangun cukup imut dan lucu. Ada bukit atau gunung yang harus dilewati oleh mobil Anda. Pastikan mobil bisa terkendali dengan baik. Ada banyak rintangan lain yang harus diperhatikan sebelum mencapai garis finish.

5. Hill Climb Racing 2

Hill Climb Racing 2. Setelah sukses dengan seri pertamanya. Bukankah akan seru apabila pengembang mengeluarkan seri terbarunya. Dipoles dengan mobil yang lebih racing. Kemudian, arena yang semakin menantang. Membuatnya mampu mendapat review dari 3 juta orang karena berhasil diunduh hingga > 100 juta kali. Mobil yang diusung adalah jenis jeep untuk melewati rintangan yang ada.

Game Android Online Terbaik

Game ini membutuhkan koneksi internet saat memainkannya. Hal ini berfungsi untuk mempertemukan antar pemain di belahan dunia lain. Sehingga latar waktunya nyata (real time). Wajar bila game online sangat digandrungi oleh orang zaman sekarang. Senada dengan perkembangan jaringan internet yang kian maju.

1. Ludo King

Ludo King. Saat ini menduduki #1 Top Free di Google Play. Memang asyik sekali game papan satu ini. Mengingatkan masa kecil saya. Perlunya mengocok dadu dengan 6 sisi sebelum melangkah. Ludo King hadir dengan versi smartphone canggih. Basisnya online, sehingga bisa bermain dengan siapa saja. Oya, game ini bisa untuk seru-seruan ketika sedang kumpul bersama keluarga atau teman akrab.

2. PUBG Mobile

PUBG Mobile. Kalian tidak asing dengan game ini kan? Masuk dalam daftar game online terbaik versi Bixbux. Grafiknya memukau, sebanding dengan size game ini. Bahkan muncul turnamen besar dengan total hadiah fantastis karena hadirnya PUBG Mobile. Bagi kalian yang memiliki smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Silahkan mainkan sekarang juga. Rasakan serunya battle royale ala tentara.

Baca juga: Cara Main PUBG Mobile di PC dengan Emulator Anti Banned

3. Garena Free Fire

Garena Free Fire. Basisnya sama dengan game sebelumnya. Hanya berbeda pengembang sekaligus requirement gamenya. Sizenya lebih kecil dibanding PUBG. Mungkin pas untuk Anda yang keberatan bermain PUBG. Coba deh mainkan Free Fire sebagai alternatifnya. Saya rasa tidak kalah seru dengan euforia game sebelah. Sama-sama dibutuhkan skill bertahan hidup dengan senjata tajam atau api.

4. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang. Game moba 5 vs 5 ini cukup adiktif. Pasalnya hingga kini, penggunanya belum menurun. Hampir di semua smartphone anak muda, mungkin memiliki game satu ini. Wajar bila ML berada di posisi #2 Top Free. Hingga 11 juta review di Google Play harus diterima oleh developernya. Semua orang memberi saran supaya game ini lebih baik. Kata-kata kasar pun harus diterimanya.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah untuk Main Mobile Legends di PC (100% Worked)

5. Clash of Clans

Clash of Clans. Kalian boleh saja mengatakan game ini kuno. Tetapi saya yakin Anda pernah memainkannya, saat dulu CoC sedang naik daun. Iya kan? Haha. Game ini bisa membuat seseorang kecanduan. Game dengan basis tim alias klan. Membutuhkan strategi yang tepat saat bermain. Ada desa yang harus dikelola dengan baik. Supaya mampu bertahan saat mendapat serangan dari musuh.

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai game Android terbaik di dunia sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *