Sebagai aplikasi yang menjadi sarana penghubung sosial, sama sepeti Facebook atau Twitter. Linked-In hadir sebagai jejaring sosial yang dapat mencari kesamaan antar pengguna. Dari kesamaan inilah akan lahir sebuah profil yang kuat dan dapat mempromosikan anda sendiri di hadapan para relasi atau koneksi di Linked-In. karena di jejaring sosial ini anda dapat mempromosikan keahlian, kemampuan dan juga kepribadian. Dengan menjadikan diri anda sebagai sebuah brand, anda dapat memanfaatkan profil Linked-In untuk mendapatakan relasi dengan banyak jaringan, dibawah ini ada sepuluh tips yang dapat membantu anda mendapatakan relasi dan personal branding yang baik.

networking photo

1. Perbanyak Relasi

Koneksi adalah salah satu aspek terpenting dari sebuah brand, karena perusahaan yang terhubung dengan Anda mencerminkan kualitas dari brand Anda sendiri. Apa yang terjadi jika mengamati sebuah profil, dan melihat bahwa Anda dan perusahaan tersebut memiliki koneksi yang sama? Profil tersebut akan memiliki nilai lebih di mata Anda. Nilai kesamaan tersebut bekerja dua arah. Oleh karena itu, kenali koneksi mana saja yang dapat menambah kredibilitas lalu pertahankan hal tersebut.

2.  Pelajari cara marketer handal dalam bertemu klien

Cobalah untuk merangkai kata yang baik, dan bayangkan diri anda ketika anda sedang menghadiri sebuah konferensi, dimana anda harus menggunakan semua manner atau sopan santun and adalam berkata-kata maupun bersikap layaknya seorang marketer yang sudah berpengalaman dalam bertemu dengan klien. Cara anda tersebut akan menjadi nilai lebih bagi relasi anda di Linked-In.

3.  Jangan COPAS ketika anda membuat resume anda sendiri

Sebaiknya di linked in anda menerangkan tentang apa keahlian anda dan pengalaman anda, karena di Linked-In konsepnya adalah untuk mem-branding anda, bukan secara langsung menjual diri anda. Jadi lebih baik anda cantumkan keahlian dan detail mengenai diri anda di Linked-In dan mulai membangun relasi.

4. Beri info tentang keahlian anda secara jelas

Isilah kolom skills & expertise menjadi tools atau alat yang dapat mempermudah orang untuk menemukan dan mengingat anda.  Bahkan anda dapat meminta untuk mendapatan support dari teman-teman anda untuk menambah kredibilitas anda.

5. Gunakan dengan baik Personal Elevator Pitch

Yang disebut personal elevator pitch adalah Jika Anda diberikan waktu untuk mendeskripsikan diri dalam waktu 30 detik, tentu yang disebutkan hanya hal-hal paling signifikan saja. Anda dapat  Gunakan ini di bagian ‘Summary’ profil Linked-In untuk mendapat perhatian dengan mudah. Semakin bagus summary anda maka akan semakin banyak orang yang akan mengunjungi akun anda.

6. Buatlah personal tagline

Di bawah profil anda, adalah kolom yang anda dapat tulis dengun sebuah kata-kata, kata-kata tersebutlah yang akan muncul ketika orang mencari anda.  Coba untuk membuat seusatu tagline atau kalimat yag dapat mengggambarkan diri anda hanya dengan melihat sekejap mata.

7. Naikan page rank pada google

Anda bisa menambahkan website anda di profil linked-in anda untuk menarik trafik atau minat para pengunjung profil anda untuk mengkliknya yang kemudian akan meningkatkan page rank website anda di google sehingga traffic akan dapat meningkat dengan pesat.

8. Tetap aktif dengan Mengupdate Linked-In

Teruslah aktif mengupdate berita terkini mengenai anda, tidak hanya pengalaman bekerja, tetapi anda dapat mengupdate apa yang anda baru saja lakukan, misalnya anda baru saja menyelesaikan proyek atau baru saja mendapatkan sertifikat dari kursus professional. Hal tersebut dapat memberikan efek positif bagi relasi atau koneksi anda.

9. Jelaskan pengalaman secara mendetail

Beri info bagi relasi anda mengenai apa yang anda kerjakan di perusahaan terdahulu dan sekarang secara singkat namun mendetail, kembali lagi imajinasikan bahwa anda sedang memberikan sebuah materi dimana anda harus menjelaskan materi tersebut secara singkat dan jelas karena waktu yang terbatas.

10. Berikan diferensiasi yang tinggi

Cobalah untuk meminta support dari rekan anda untuk memberikan pendapat atau komentar tentang prestasi yang anda pernah dapatkan. Kemudian coba untuk memunculkan pendapat dari relasi anda tersebut, variasi seperti demikian akan membuat rekomendasi anda terlihat original atau asli.

Tunjukkan pendapat anda mengenai trend terbaru demgan mengupdate status dan ikut berkomentar terhadap berita yang terkait dengan berita tersebut. Share koneksi untuk membangun kredibilitas. Segera hubungkan diri dengan kenalan profesional baru untuk menjaga hubungan professional. Teruslah aktif dengan Linked-In akan menggambarkan bahwa anda dapat beradaptasi dengan lingkungan anda, baik itu pekerjaan atau membangun relasi.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: , ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

Leave A Response