Cara Jualan Pulsa, Paket Data, & Sejenisnya dengan Mudah & Simpel

Gambar: Pexels

Bisnis lagi nih. Mumpung ada peluang dan kesempatan, hajar! Saya berbagi cara ini sebenarnya bisa menambah pesaing pribadi. Kebetulan saya juga berkecimpung di dunia pulsa dan teman-temannya itu : Paket data, paket telepon, token listrik, dan produk elektronik lain. Tetapi tak masalah. Kita bersaing sehat saja ya. Kalian cari pasar masing-masing. Pun pembaca di sini saya rasa tidak saling kenal. Alih-alih tetanggaan. Mudah-mudahan begitu. Sehingga kita tidak tahu siapa yang akan mulai duluan dalam bisnis ini. Kemudian bisa bertahan melewati rintangan dalam dunia bisnis. Aamiin.

Mudah-mudahan juga angka pengusaha di Indonesia bisa meningkat. Supaya bisa menyaingi para negara maju di benua biru sana. Sudah saya singgung pada artikel sebelumnya, bahwa angka pengusaha di Indonesia masih kecil. Hanya sekitar 3% dari populasi penduduk di Indonesia. Sedangkan angka pengusaha di negara maju sudah mencapai sekitar 14% dari jumlah penduduknya. Sungguh tak heran mengapa mereka bisa menjadi negara adidaya. Pengusaha tersebut memberi peran penting dalam menyediakan lapangan pekerjaan. Otomatis angka pengangguran bisa diminimalisasi. Dampaknya ekonomi suatu negara akan menjadi lebih baik.

Jadi itulah mengapa saya ingin berbagi tulisan ini. Tulisan yang mungkin bermanfaat untuk orang di luar sana. Orang yang mungkin baru mulai usaha. Atau bisa saja orang yang mencari sampingan untuk meningkatkan ekonomi mereka, dan masih banyak lagi. Satu hal yang perlu diingat. Bisnis yang baru mulai, sedang jalan, atau saat ini sukses. Siapkan diri untuk menghadapi ujian selanjutnya. Jika lulus. Kita bisa naik ke level berikutnya. Bismillah untuk selalu menjadi orang yang bermanfaat.

Peluang Jualan Pulsa

Produk ini masih menjadi kebutuhan orang-orang di zaman sekarang. Anda yang sedang membaca ini pun salah satu orangnya. Harga yang bervariasi membuat jangkauannya luas. Orang dengan kekuatan ekonomi mana saja bisa dijangkau dengan produk ini. Maka ini peluang yang bisa diambil. Eksekusi atau tidak, itu pilihan Anda. Tetapi saya memberi rekomendasi untuk mengeksekusi sekarang. Sebagai penyemangat, saya juga ingin memberi data menarik yang up to date. Coba perhatikan gambar di bawah.

Diagram: Statcounter

Diagram batang di atas adalah pengguna media sosial di Indonesia. Di mana Facebook berada di puncak. Cukup jauh meninggalkan media sosial lain. Jadi bagaimana tanggapan Anda atas data di atas? Orang Indonesia banyak yang menyukai sosial media. Facebook, YouTube, Twitter, Instagram adalah 4 besar dengan pengguna terbanyak di negara kita. Memangnya untuk menikmati platform ini, tidak membutuhkan pulsa? Selama media ini masih ada. Kita semua membutuhkan produk digital ini. Sekarang bisa kita simpulkan bahwa pulsa adalah kebutuhan primer kita. Ada diagram satu lagi nih, supaya kita semakin semangat. Cek diagram di bawah ini.

Diagram: Databoks

Tahap Persiapan Jualan Pulsa

Sebelum kita mulai jual pulsa. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan:

  • Mempunyai rekening bank & mengaktifkan mobile banking. Ini penting dilakukan untuk memudahkan proses pembayaran di banyak marketplace. Mobile banking saya pertebal ya. Ini kunci untuk melayani pelanggan lebih cepat. Oya, ini rekomendasi saya mengenai bank yang memudahkan proses pembayaran secara online: Mandiri, BNI, BCA, dan BRI. Keempat bank ini sudah bekerja sama dengan beberapa marketplace online. Sehingga tidak perlu khawatir akan biaya admin.
  • Membeli pulsa untuk pelanggan di beberapa marketplace ini: Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, dan Shopee. Sehingga coba pasang aplikasi mobilenya di smartphone kita. Atau boleh juga melalui website.

Saya kasih gambaran untuk harga pulsa 50 ribu Telkomsel dari keempat marketplace di atas. Berikut tabel harga terbaru yang bisa kalian konfirmasi sendiri.

MarketplaceHarga Pulsa 50 ribu TelkomselPotongan Kode Unik
TravelokaRp50.000Ada
BukalapakRp50.000Tidak Ada
TokopediaRp50.000Tidak Ada
EleveniaRp50.300Tidak Ada
ShopeeRp50.000Tidak Ada

Note: Potongan kode unik adalah potongan angka secara acak dari marketplace. Contohnya begini, jika kita tadi membeli pulsa 50 ribu dengan harga pas (tertera) Rp50.000. Kemudian pada proses pembayaran melalui transfer bank. Ada kode unik dengan 3 digit angka yang mengurangi harga bayar. Misalnya kode angka sejumlah 399. Sehingga total yang harus di transfer sebesar Rp50.000 dikurangi 399 sama dengan Rp49.601 saja.

Begitulah daftar harga pulsa 50 ribu dari beberapa marketplace. Harganya relatif sama ya. Hanya selisih beberapa ratus perak saja. Itulah kira-kira modal yang dibutuhkan untuk jualan pulsa. Kita tinggal memikirkan ingin menjual dengan harga berapa ke pelanggan. Ambil contoh ingin menjual dengan harga Rp51.500 kepada calon pelanggan Anda. Sehingga untung Anda Rp1.500 per-satu pelanggan. Jika kita bisa mendapat pelanggan hingga 20 orang setiap hari, maka Rp1.500 x 20 pelanggan = Rp30.000 untung Anda per-hari. Dikalikan 7 untuk menghitung untung yang didapat selama seminggu, Rp30.000 x 7 hari = Rp210.000 bisa didapat. Terakhir kita kalikan 4 untuk menghitung jumlah untung dalam sebulan, Rp210.000 x 4 minggu = Rp840.000 untung dari penjualan kepada 20 pelanggan selama satu bulan.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memilih Bisnis Online Sebagai Langkah Awal Memasuki Dunia Bisnis

Tahap Proses Jualan Pulsa

Apakah Anda tertarik dengan bisnis ini? Jika iya, kita bisa lanjut ke langkah berikutnya. Di mana proses ketika kita menawarkan produk digital ini. Berikut cara yang bisa dilakukan:

  • (Opsional) Membuat desain menarik berupa informasi daftar harga produk digital ini. Dari yang terkecil hingga yang terbesar. Kalian bisa membuat desain tersebut melalui software grafis atau situs desain online seperti Canva. Coba saja klik tautan itu.
  • (Opsional) Promosi di sosial media yang Anda punya. Boleh dengan desain yang telah dibuat sebelumnya. Atau berupa daftar harga pun tak masalah.
  • (Harus) Menawarkan kepada keluarga terdekat: Bapak, Ibu, Om, Tante, Paman, dll. Pastikan harga yang kalian tawarkan lebih murah dibanding langganan mereka sebelumnya. Meskipun selisih Rp500, pasti diperhatikan oleh mereka.
  • (Harus) Jika kalian mahasiswa baru, segera tawarkan di kelas bahwa Anda itu jualan pulsa. Kita bangun pasar yang sekiranya terjangkau oleh tangan.

Tahap Jualan Pulsa

Ini dia tahap paling penting menurut saya. Apakah kita bisa membuat pembeli baru ini kembali? Maka kita harus beri layanan yang maksimal. Seperti kesigapan dan kecepatan dalam mengisi ulang pulsa mereka. Apalagi harga yang kita berikan terjangkau. Tidak bisa dipungkiri memang pelanggan suka membandingkan harga dengan pedagang lainnya.

Pertama, ada si A yang ingin membeli pulsa 25 ribu Telkomsel kepada kita. Langsung minta nomor telepon yang ingin diisi ulang. Pastikan sudah benar. Kemudian copy nomor tersebut.

Kedua, dari keempat marketplace di atas, saya sarankan langsung buka Traveloka untuk membeli pulsa pelanggan kita ini. Kebetulan saya menggunakan Traveloka versi Android. Kalian bisa mengikuti tutorial gambar di bawah.

Baca juga: Inilah Mengapa, Bisnis Travel Agent Anda, Tidak Akan Bisa Mengalahkan Traveloka

  • Membuka aplikasi Traveloka dan kita harus login sebelum bertransaksi di sana. Jika belum memiliki akun, silahkan daftar terlebih dahulu dengan email. Lalu, klik Akun Saya.
  • Klik Masuk, kemudian terdapat form untuk memasukkan email dan kata sandi.
  • Jika berhasil masuk, akan tertera nama profil Anda. Kemudian, kembali ke halaman depan Traveloka dengan klik Awal.

  • Pada halaman Traveloka, kita pilih Tagihan & Isi Ulang.
  • Pada halaman selanjutnya, kita pilih Pulsa & Paket Internet.
  • Memasukkan nomor handphone yang ingin diisi pulsa ke dalam form. Pastikan nomor tersebut sudah benar. Atau bisa paste nomor yang sudah Anda copy sebelumnya. Kemudian, pilih nominal pulsa yang ingin dibeli. Kebetulan saya ingin membeli pulsa 25 ribu. Maka, klik 25.000 untuk melanjutkan.

  • Simpan nomor tersebut untuk transaksi selanjutnya dengan checklist. Kemudian, klik Lanjutkan jika nomor & produk yang dimasukkan sudah benar.
  • Kita memasuki halaman Review dan Bayar. Pada tahap ini terdapat detail produk yang kita pesan. Pastikan sekali lagi bahwa data telah benar. Kita akan memilih metode pembayaran Transfer.
  • Inilah manfaat jika kita telah memiliki rekening bank besar di Indonesia. Apalagi sudah mengaktifkan mobile banking. Sehingga kita bisa melakukan transfer melalui smartphone kita, tanpa menuju ke ATM. Proses akan lebih cepat dan simpel. Pilih bank yang Anda miliki.

  • Kebetulan saya menggunakan bank Mandiri. Di situ akan muncul rincian harga serta potongan kode unik. Saya beruntung bisa mendapat potongan kode unik Rp641 yang otomatis mengurangi harga Rp25.000. Sehingga saya cukup transfer sejumlah Rp24.359. Selanjutnya bisa klik Bayar dengan Transfer.
  • Muncul nomor rekening dan jumlah yang harus ditransfer. Kalian bisa langsung menyalin nomor rekening tersebut. Lalu, transfer ke nomor rekening itu. Jika sudah selesai transfer bisa klik Saya Sudah Bayar.
  • Akan diarahkan ke Daftar Pembelian, tunggu +/- 1 menit. Biarkan Traveloka memprosesnya.

  • Jika sudah muncul Pembelian Berhasil maka pulsa tersebut sudah masuk ke nomor handphone tadi. Klik untuk melihat detailnya.
  • Akan muncul detail pembayaran yang telah dibayar sebelumnya. Coba tanyakan kepada pemilik nomor tersebut, untuk lebih memastikan bahwa pulsa telah masuk.

Penutup

Begitulah cara jualan pulsa online yang murah. Jika kita ambil kesimpulan. Sederhana kan? Di mana kita hanya memerlukan nomor rekening Bank besar: BCA, Mandiri, BNI, dan BRI. Kemudian, mengaktifkan mobile banking supaya bisa transaksi di mana saja melalui smartphone. Rajin-rajin cek promo di beberapa marketplace yang saya sebutkan di atas.

Baca juga: Peluang Usaha Yang Menjanjikan Dari Bisnis Dropship, Yuk Simak Cara Kerjanya

Oya, untuk memperlebar sayap. Jangan hanya menawarkan jual pulsa ya. Kita tawarkan produk lain seperti paket internet, listrik PLN, PDAM, dll. Semua itu sudah tersedia di marketplace tadi. Proses pembelian persis seperti di atas. Sehingga sangat mudah untuk transaksi. Insyaallah, keuntungan yang didapat akan semakin besar. Aamiin. Berikut screenshot produk digital dari Traveloka.

Akhirnya tulisan mengenai cara jualan pulsa sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

2 Komentar

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *