Satu dari sekian banyak masalah internet marketer adalah membuat newsletter yang baik dan menarik. Menurut penelitian mengatakan bahwa 50% pembaca hanya melihat sekilas dari dari newsletter yang mereka terima. Dan hanya 23% yang membaca seluruh isinya. Dan sisanya? Sama sekali tidak pernah membukanya. Timbullah sebuah masalah, bagaimana newsletter yang anda buat dapat membuat pembaca tertarik? Dibawah ini dijelaskan sedikit rahasianya.

beautiful girl photo

Buatlah Semenarik Mungkin

Coba buat agar newsletter anda mudah dibaca meski hanya selintas. Rahasianya adalah: Pakai poin-poin, perbanyak spasi putih antar topik, persingkat paragraphnya.

Cari Judul Yang Menjual

Desainlah agar newsletter anda mudah dilihat meski sepintas. Kunci salah satunya adalah judul. Judul adalah salah satu kunci agar pembaca newsletter anda tertarik dengan isi newsletter anda. Hanya sepersekian detik namun sangat menentukan, jadi manfaatkanlah dengan baik.

Berikan Judul Newsletter di Kolom Subject

Sertakan judul newsletter di awal kolom subject sehingga pembaca dapat membedakan newsletter anda dari email sampah atau junk. Pembaca juga dapat menyortir newsletter anda langsung menuju folder terpisah dengan menggunakan filter email.

Selipkan Line Break

Gunakan hard line breaks, 60/65/70 karakter per baris. Agar mudah dibaca,  anda dapat menggunakan juga editor teks seperti TextPad, dan diset untuk dapat meletakkan hard carriage returns pada akhir setiap baris di karakter ke 65.

Berikan Daftar Isi

Agar pembaca mudah memilih topik mana yang mereka ingin baca, berikan daftar isi dibagian atas newsletter.

Buatlah Newsletter Tipe HTML Yang Bersahabat

Banyak orang yang menggunakan resolusi layar 800×600, namun tampilan preview email biasanya jauh lebih kecil daripada ukuran tampilan layar maksimal. Maka, formatlah lebar tabel HTML Anda pada 500-600 piksel, atau gunakan lebar tabel relatif (presentase), yang memungkinkan newsletter anda dapat disesuaikan ukuran tampilannya jika dilihat di windows yang berbeda ukurannya.

Persingkat Link Yang Panjang Menggunakan Bit.ly Atau Sejenisnya

Hyperlink yang terlalu panjang kemungkinan akan menjadi rusak jika Anda memformat email menggunakan line break pada 60/65/70 karakter per baris. Cara memperbaikinya, matikan fungsi word wrap setelah Anda menyisipkan carriage return. Lalu, edit linknya secara manual untuk memastikan bahwa linknya terletak pada satu garis. Ketika email dikirimkan, linknya mungkin saja tetap dalam dua baris, namun sekarang dapat diklik.

Beberapa hal diatas adalah tips untuk membuat newletter anda lebih menarik, coba lakukan dan praktekan beberapa tips mudah diatas, untuk mendapatkan newsletter yang menarik untuk dibaca oleh orang yang dituju. Semoga berhasil!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Tags: ,

ABOUT THE AUTHOR:

Part-time post graduate student. Full-time online marketer. Social media junkie and Gadget freak. Think out side the box. Get to know Dewa at Google+, Facebook & Twitter @Dewanta_

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Pulung Riswanto April 25, 2017 at 8:48 AM - Reply

    yg simple tapi keren ada gk gan

Leave A Response