Bisnis Cafe Untuk Generasi Millenials, Cocok kah??

Sumber gambar: lifestyle.okezone.com

Akhir-akhir ini saya sering lihat-lihat dan scrool di media sosial. Terutama Facebook dan Instagram. Tapi lebih cenderung ke Instagram sih… Hal pertama yang membuat saya suka dengan instagram adalah banyaknya foto dan video yang bagus, dan saya juga sering melihat foto dan video yang menggambarkan anak remaja jaman sekarang (anak hitz).

Tentu ini membuat saya tidak bosan scrool beranda Instagram. Tapi disini saya melihat banyaknya foto-foto keren alias anak Instagramable.. Nah, disini saya mulai berfikiran, kok banyak sekarang tempat-tempat instagramable ya?? Saya melihat hampir keseluruhan yang di tampilkan itu adalah tempat wisata dan tempat tongkrongan/Cafe.

Sebetulnya ini menurut pemikiran saya saja ya, tapi setelah saya lihat-lihat lebih detail. Ternyata memang benar anak jaman sekarang itu lebih suka foto-foto di tempat yang viewnya bagus untuk motret, bahasa kerennya tempat-tempat Instagramable. Dari sini saya mulai sering mengunjungi cafe-cafe di area tempat saya (Malang), dan kebanyakan cafe di area tempat saya tinggal itu hampir kebanyakan cafenya masih baru jalan/masih baru dibangun.

Nah, yang membuat saya heran, mengapa anak jaman sekarang kalo di cafe-cafe yang ada spot fotonya selalu mengambil foto, paling minim ya selfie.. terus upload di media sosial. Terutama Instagram. Padahal percaya nggak percaya, mereka cuman pesan kopi doank. Tapi di dalam cafenya ampe berjam-jam.

Dan yang bikin saya tercengang, kebanyakan dari mereka klo mengambil foto memakai kamera DSLR, padahal menurut teman saya, kebanyakan dari mereka sewa kamera DSLR di rental terdekat…makin tercengang saja saya, pengen ngehitz sampe sewa kamera segala :D.

Dan yang saya jelaskan di atas itu cafe yang masih baru dibangun (running). Di sisi lain saya melihat rumah makan, bisa dibilang mempunyai konsep cafe. Saya lihat kok pada sepi ya, pengunjungnya rata-rata orang Dewasa (generasi non Milenial). Dulunya tempat makan A ini rame, tapi sekarang kok makin menurun ya…

Cafe Sawah Pujon, gambar : instagram.com/venameliana

Ok, Dari sini saya berfikir seperti ini “Awalnya nggak ada masalah tapi, lama kelamaan jadi masalah”  kok bisa?? Yupz, begini konsepnya..dulu awal mulanya rumah makan tersebut memang pesaingnya sedikit. Tapi setelah berubahnya era zaman, seperti yang saya katakan tadi, jamannya anak ngethitz dan instagramable. Jadi mereka akan lebih memilih cafe yang mempunyai view bagus untuk berfoto ria.

Menurut saya konsep anak remaja jaman sekarang itu konsepnya, mengunjungi tempat wisata atau pun cafe yang memliki spot foto yang bagus untuk di upload di Medsos.. Nah, dari sini tentunya anda bisa membaca peluang bukan??

Baca Juga : Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan Keuntungan Besar, Cocok Untuk Yang Ingin Mempunyai Waktu Banyak Bersama Keluarga

Nah, saya berfikir ada peluang bisnis yang mejanjikan untuk generasi milenial. Pilih cafe atau tempat wisata?? Jika dilihat dari aspek biaya pembangunannya. Jelas cafe lebih cenderung menghabiskan biaya yang jauh lebih murah dibanding wisata.

Nah, itu sebabnya saya lebih suka ke cafe. Bagi pembaca artikel ini, saya nggak akan banyak basa-basi langsung saja saya bahas secara tuntas.

Mengapa cafe cocok untuk bisnis generasi milenial?

Jujur, saya juga generasi milenial. Jadi tahu passion yang cocok untuk generasi milenial. Dari segi pemikiran memang anak muda jaman sekarang ingin mengembangkan bisnisnya sesuai dengan passion. Bisa di lihat rata-rata owner dari sebuah cafe adalah anak muda. Ini dikarenakan karena anak muda memiliki ide yang cemerlang, sehingga sangat mudah menciptakan ide yang baru.

Selain itu bisnis cafe ini membutuhkan banyak saluran teman untuk memperluas jaringan bisnis cafe tersebut. Jadi saya rasa ini adalah bisnis yang cocok untuk generasi milenial.

Cokelat Klasik Cafe Cab. Batu. Gambar: instagram.com/anang_sh95/

Hal-hal yang harus anda perhatikan dan point penting dalam berbisnis cafe :

  1. Perencaan modal usaha. Sebelum anda membangun sebuah cafe, anda cek dulu perencanaan biaya pembangunan cafe tersebut. Jika dirasa biayanya cukup mahal, anda bisa join patner dengan teman ada yang memiliki passion yang sama. (biasanya anak muda mempunyai passion bisnis yang sama seperti membuat tempat nongkrong).
  2. Mencari tempat yang tempat untuk membangun cafe. Usahakan mencari tempat yang ramai, atau bisa yang dekat dengan sekolah atau tempat tongrongan anak muda. Ini bisa menjadikan cafe anda ramai, karena pemilihan tempatnya yang pas dan strategis.
  3. Perencanaan SDM. Membangun dan menjalankan bisnis cafe itu tidaklah mudah, butuh banyak tenaga, apalagi klo cafenya ramai pengunjung. Tapi saran saya ajak teman-teman akrab anda untuk bergabung, tetapi jangan juga terlalu banyak juga merekrut karyawan. Karena kita butuh SDM sesuai dengan kebutuhan cafe tersebut.
  4. Persiapan waktu dan ide yang extra. Pertama kali membangun cafe tersebut, Harus meluangkan banyak waktu dan juga ide cemerlang untuk menarik pengunjung, karena cafe anda masih butuh tambahan extra waktu untuk mencari pengunjung cafe.
  5. Mempersiapkan promosi yang tepat. Hal yang tidak boleh anda tinggalkan adalah promosi. Karena promosi ini adalah Inti dari sebuah keberhasilan membangun sebuah cafe. Untuk itu buatlah metode promosi yang tepat untuk pertama kali launching atau pembukaan cafe yang masih baru.
  6. Floor Plan. Mungkin anda belum tau apa itu Floor plan?? Floor Plan adalah suatu konsep interior untuk mengatur jalannya transaksi dan aktivitas di sebuah ruangan, dengan metode Floor Plan anda bisa mengatur letak struktur properti. Seperti peletakan kursi, meja, dapur, dan letak kasir sesuai dengan struktur peta yang anda buat (kurang lebih seperti itu). Dan untuk menerapkan metode Floor Plan ini tidak boleh asal-asalan. Karena jika anda salah menyusun Floor Plan, bisa-bisa pengunjung merasa tidak nyaman, sehingga bisa mengurangi daya minat pelanggan.
  7. Maksimalkan Fasilitas seperti, Free Wifi, Musik (sound), Listrik di setiap meja untuk cas laptop/hp, dan yang paling penting toilet.
Sumber gambar: medan.tribunnews.com

Strategi bisnis cafe

Hal terpenting yang harus di perhatikan demi kesuksesan sebuah cafe adalah dengan menerapkan strategi bisnis. Nah, apa saja sih strategi untuk bisnis cafe ini?? Yuk simak baik-baik.

  1. Melakukan promosi yang tepat. Ada 2 metode ampuh yang bisa anda terapkan.
  • Promosi lewat media sosial, Nah ini sengaja saya taruh di menu paling atas. Karena sekarang target dari sebuah cafe adalah anak ngehitz yang pengen eksis di medsos, untuk itu sangatlah penting menerapkan strategi promosi lewat sosmed. Ada beberapa teknik yang bisa anda terapkan. Seperti dengan menggunakan fb ads, Instagram Ads, menggunakan jasa Paid Promote (harus diperhatikan target followernya si selebgram), dll.
  • Promosi lewat poster, brosur, dan Mulut ke mulut. Untuk desain lewat poster dan brosur menurut saya masih efektif tapi jangan lupa juga di desain semenarik mungkin dan jangan lupa juga iming-imingi sebuah diskon agar audiance nya tertarik. Untuk poster dan brosur carilah tempat yang stategis untuk memasang poster dan membagikan brosur di tempat yang tepat. Dan untuk promosi dari mulut ke mulut, ini lebih efektif dari brosur dan poster. Karena dari jaringan mulut ke mulut mempunyai saluran yang bisa memperluas jaringan bisnis anda. Jangan heran jika metode ini sangatlah cepat untuk mendongkrak bisnis anda. Karena hal ini efektif dan gratis, yang anda butuhkan banyak teman untuk memperluas jaringan promosi cafe anda.
  1. Bikin tempat cafe anda unik, menarik dan tempat instagramable. Anak jaman sekarang itu, butuh spot foto yang bagus. Nah, dari sini anda juga harus bisa menciptakan suasana cafe yang unik dan menarik. Sehingga pengunjung akan betah, walaupun hanya sekedar foto-foto tetapi jika di upload di medsos oleh banyak orang. Lama-lama cafe anda bisa terkenal sebagai spot foto instagramable.
  2. Bersikap ramah dan selalu menciptakan suasana nyaman. Dari poin ini saya rasa sudah tidak usah di jelasin lagi, karena setiap orang memiliki ide yang sendiri untuk menciptakan kenyamanan.
  3. Bikin nama menu makanan semenarik mungkin. Point ini yang menurut saya sangat penting, karena para pemburu wisata kuliner cenderung penasaran dengan nama menu makanan yang unik. Maka tak heran jika banyak nama menu makanan yang aneh dan justru di bikin penasaran banyak orang.
  4. Sering adakan event/acara di cafe anda. Nah, ini sebetulnya prinsip strategi bisnis yang ampuh. Ok, jelasnya begini. Setiap ada event di sebuah cafe, entah itu live musik akuinstik atau pun lainnya. Jelas ini sangat menarik pengunjung. Buktinya jika malem minggu di cafe di daerah saya tinggal, setiap malem minggu itu di cafe full pengunjungnya sampe kehabisan tempat duduk. Nah, ini membuktikan bahwa semakin banyak event di cafe anda, maka akan bisa menarik pengunjung ke cafe anda.

Dari artikel diatas. Bisa disimpulkan bahwa. Membangun cafe membutuhkan biaya yang cukup besar, dan ekstra waktu yang full di awal launching. Dan tujuan membangun cafe diatas, yang paling penting adalah menarik daya pengunjung supaya betah. Maka dengan itu ciptakan suasana yang nyaman, dan yang paling penting jangan lupa menyusun Floor Plan. Karena Floor Plan yang bagus akan bisa memperindah suasana di cafe anda, sehingga bisa terwujudnya suana nyaman.

Artikel ini ditulis dari hasil pengamatan saya pribadi, dan jangan tanya saya punya cafe atau tidak?? Jawabannya tidak :v Semoga bermanfaat 😀

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *