2 Cara Aktivasi Windows 7 Secara Permanen dengan Mudah

Gambar: Wallpaperscraft

Sebenarnya tulisan ini adalah lanjutan dari artikel saya sebelumnya. Jadi, bagi teman-teman yang sudah selesai install (ulang) Windows 7. Tahap selanjutnya untuk mengaktivasi sistem operasi tersebut. Memang harus kah? Menurut saya pribadi itu harus. Mengapa? Dikarenakan apabila kita tidak mengaktivasi Windows hingga hari ke-30. Alias sebulan tidak memasukkan product key. Windows tersebut akan mengalami keterbatasan dalam fungsinya. Salah satu yang terlihat, desktop pada Windows akan berwarna hitam dan tertulis, “Windows is not genuine.” Kalian juga tidak bisa mengganti dengan wallpaper lain.

Apa artinya? Bahwa Windows Anda tidak original. Kita biasa menyebut dengan istilah Windows bajakan. Produk Microsoft satu ini memiliki jenis lisensi sumber tertutup (close source). Jadi Microsoft memiliki kebijakan untuk siapa saja yang menggunakan produknya harus membayar sejumlah nominal untuk mendapatkan produk dengan full version. Bagi yang tidak menaati kebijakan tersebut. Maka, Microsoft berhak membatasi user dalam menggunakan produk mereka. Salah satunya dalam hal pembaruan sistem berkala.

Seberapa penting hal ini bagi kita? Semua dikembalikan pada diri masing-masing. Windows 7 itu sebuah produk yang dikembangkan Microsoft. Mereka membuat Windows 7 tersebut untuk dipasarkan (mereka berjualan dalam hal teknologi). Jika kita tidak mau membayar ya jangan pakai produknya. Sesimpel itu. Memangnya kita mau dikatain pembajak atau pencuri? Hehe.

Meski begitu artikel ini akan saya bahas dari dua sudut pandang. Pertama, cara mengaktivasi Windows 7 secara ilegal. Kedua, cara mengaktivasi Windows 7 secara legal. Jadi, tetap pilihan ada di tangan kalian. Masalah hukum dan agama tanggung jawab masing-masing. Mari kita mulai.

Cara Aktivasi Windows 7 Secara Ilegal

Kita mulai dengan cara ilegal. Ilegal di sini sudah pasti gratis ya. Kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Padahal sebenarnya harus mengeluarkan uang tersebut. Tetapi ya sudah. Mungkin Anda terpaksa melakukan ini ya.

Aktivasi Windows 7 dengan Windows Loader

Mari kita mulai cara pertama ini. Ada sebuah software/aplikasi bernama Windows Loader. Ini sangat terkenal di kalangan pembajak Windows 7. Pasalnya, logo dari Windows Loader persis seperti Windows 7. Ya mungkin memang dikhususkan untuk Windows satu ini.

Pertama, kalian download dahulu aplikasinya. Cukup dengan search sendiri di mesin pencari dengan keyword: Download Windows Loader. Tinggal pilih salah satu website di page one. Saya mendapat Windows Loader versi 2.2.2.zip yang harus diekstrak terlebih dahulu.

Persiapan sebelum melanjutkan (Wajib):

  • Matikan koneksi internet pada PC.
  • Matikan antivirus pada PC.

Kedua, sekarang kita buka Windows Loader tersebut. Seperti biasa klik dua kali pada file Exe (Application) dalam folder tersebut.

Ketiga, maka Windows Loader akan otomatis terbuka seperti ini. Kebetulan Windows 7 saya sudah aktif. Sehingga pada status tertera Licensed. Jika belum aktif, biasanya akan tertera Trial. Jadi, bagi kalian yang belum aktif. Silakan klik Install pada Windows Loader.

Keempat, restart PC kalian dan kemudian menuju My Computer (Windows + R). Lalu, klik kanan dan pilih properties.

Kelima, akan muncul tampilan informasi dari sistem PC Anda. Silakan langsung mengecek di bagian Windows Activation. Apakah sudah tertera Windows is Activated? Jika sudah, proses aktivasi Windows 7 yang kita lakukan telah berhasil melalui Windows Loader. Jika belum, mari kita coba cara lain.

Aktivasi Windows 7 dengan KMSpico

Ini dia cara lain yang bisa kita coba. Kita akan menggunakan software lain untuk mengaktivasi Windows 7. Nama aplikasinya adalah Kmspico. Sebenarnya aplikasi satu ini lebih ke general aktivasi. Banyak produk dari Microsoft yang bisa di aktivasi melalui  Kmspico. Wah seriusan? Iya serius. Berikut daftar produk yang bisa di aktivasi melalui software satu ini:

  • Windows Vista Business/N/Enterprise/N
  • Windows 7 Professional/N/Enterprise/N
  • Windows 8/8.1 All
  • Windows 10 All
  • Office 2010/2013/2016
  • Windows Server 2008/Standard/Datacenter/Enterprise/2008R2/Standard/Datacenter/Enterprise
  • Windows Server 2012/Standard/Datacenter/2012R2/Standard/Datacenter
  • Windows Server 2016

Pertama, download dahulu KMSpico di internet. Bisa kalian pilih pada halaman pertama Google dengan keyword: Download KMSpico. Saya kebetulan mendapatkan KMSpico versi 10.2.0 dengan file ZIP yang harus diekstrak.

Persiapan sebelum melanjutkan (Wajib):

  • Matikan koneksi internet pada PC.
  • Matikan antivirus pada PC.

Kedua, kita buka folder tersebut. Sehingga akan muncul file-file KMSpico. Pilih file application dari KMSpico seperti yang saya pilih. Kemudian, klik kanan dan pilih Run as administrator.

Ketiga, jika kalian muncul peringatan seperti ini. Itu berarti .NET Framework: v4.0.30319 belum terpasang di PC kalian. Oleh karena itu download dulu di sini (Situs dari Microsoft). Kalian boleh mengunduh versi paling baru. Asal tidak di bawah versi 4. Kemudian, ulang lagi langkah kedua di atas. Dengan menjalankan KMSpico sebagai administrator.

Keempat, restart PC Anda. Kemudian, cek lagi pada bagian informasi sistem. Apakah sudah berhasil menjadi Windows is Activated?

Aktivasi Windows 7 Full Activated ISO

Jika sebelumnya kita menggunakan software untuk aktivasi. Sekarang kita tidak perlu melakukan itu. Pasalnya kita hanya perlu download ISO dari Windows 7 yang versi full aktivasi. Sehingga saat proses install (ulang) Windows 7 selesai. Otomatis Windows sudah aktif selamanya. 

Pertama, Anda bisa mengunduh ISO Windows 7 Full Activated di sini. Pilih website yang Anda sreg atau yakini.

Kedua, setelah selesai download file ISO-nya. Kalian boleh memulai proses install (ulang) Windows tersebut hingga beres. Kemudian, kalian cek di informasi sistem pada My Computer. Biasanya akan otomatis tertulis Windows is Activated di sana.

Aktivasi Windows 7 dengan Product Key Internet

Ini dia cara ilegal terakhir yang bisa saya berikan. Di mana tidak perlu menggunakan software tambahan untuk melakukan aktivasinya. Kita hanya memerlukan info terbaru dari product key di internet. Kemudian, kita terapkan pada PC kita.

Pertama, kalian Googling dengan keyword: product key windows 7. Kemudian, akan banyak muncul website yang menawarkan product key tersebut. Cari yang paling sesuai dengan versi Windows kalian.

Kedua, setelah itu kalian copy product key yang kalian temukan di internet. Sekarang tekan Windows + R pada keyboard, hingga muncul seperti ini. Kemudian, kalian ketik CMD. Lalu, ENTER atau OK.

Ketiga, CMD atau Command Prompt akan tampil. Langsung saja kalian ketik: slui.exe 3 dan tekan ENTER untuk mengeksekusi atau menjalankan.

Keempat, akan muncul jendela Windows Activation seperti ini. Di situlah kalian paste product key yang kalian copy dari internet. Kemudian, klik Next untuk melanjutkan proses.

Kelima, Windows akan melakukan proses aktivasi dari product key yang kalian inputkan. Silakan tunggu sejenak, hanya beberapa menit saja.

Keenam, jika tampilan seperti ini maka proses aktivasi berhasil dilakukan. Jika kalian tidak berhasil. Silakan cari product key lainnya untuk dicoba kembali dari langkah ke-2. Selesai.

Cara Aktivasi Windows 7 Secara legal

Jika sebelumnya saya sudah membahas cara ilegalnya. Kini kita masuk ke cara legal untuk aktivasi Windows 7. Anda mungkin bisa mencoba menggunakan cara ini supaya berkah. Aamiin. Pasalnya cara ini bisa dibilang halal. Sekaligus sesuai dengan hukum dan agama. Insyaallah. Ada beberapa cara legal yang akan saya paparkan. Silakan dicoba.

Aktivasi Windows 7 Resmi Microsoft

Windows adalah produk dari Microsoft. Mereka itu pengembang dari sistem operasi ini. Jadi, apabila Anda ingin melakukan aktivasi Windows secara legal. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengunjungi situs resmi Microsoft. Namun, sayang sekali. Mengingat Windows 7 sebenarnya sudah tidak mendapat dukungan utama sejak 13 Januari 2015. Tetapi Microsoft tahu bahwa Windows 7 memiliki pengguna yang cukup banyak. Akhirnya diperpanjang hingga 14 Januari 2020.

Jika kalian search pada situs resmi Microsoft. Bahkan Windows 7 sudah tidak dipajang lagi. Mereka fokus memamerkan sistem operasi gres mereka. Jadi, memang sangat sulit untuk mendapat product key langsung dari Microsoft. Oleh karena itu, kita lanjut ke cara berikutnya.

Aktivasi Windows 7 Retail dan OEM

Ada dua cara lain untuk aktivasi Windows 7 secara legal. Secara umum terbagi menjadi dua lisensi di kalangan sistem operasi Windows:

Retail

Lisensi ini dikhususkan untuk para pengguna rumahan. Di mana harganya lebih mahal dibandingkan OEM. Tetapi justru lebih fleksibel jika menurut saya pribadi. Contohnya begini, saya ingin install Windows 7 dengan file ISO yang diunduh di laman resmi Microsoft. File ISO tersebut jika saya install pada PC, kondisinya masih trial karena belum memasukkan product key. Oleh karenanya saya harus membeli lisensi (product key) supaya Windows 7 itu segera aktif.

Singkat cerita saya sudah memasukkan product key retail resmi di Windows 7 tersebut. Otomatis Windows tersebut sudah aktif dan bisa digunakan dengan semestinya. Hingga beberapa tahun kemudian, saya ingin ganti laptop baru.

Kelebihan lisensi retail di sini. Jika sewaktu-waktu kita ingin ganti laptop baru. Lisensi retail tadi bisa kita pindahkan pada laptop baru kita. Dengan syarat, lisensi tersebut hanya digunakan oleh satu PC dalam satu waktu. Jadi, jika kalian gunakan lebih dari satu PC dalam satu waktu. Itu sudah melanggar hukum. Otomatis jadi ilegal deh.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Jika kita perhatikan dari diksi kepanjangan dari OEM. Pasti ada hubungannya dengan pabrik. Betul sekali. Lisensi OEM adalah lisensi bawaan pabrik ketika kita membeli PC atau laptop dengan merek tertentu.

Contohnya, saat saya membeli laptop Acer baru. Di casing laptop biasanya ada stiker logo Windows tertentu. Biasanya juga, laptop tersebut sudah terinstall Windows yang aktif. Alias tidak perlu memasukkan product key seperti lisensi retail.

Pertanyaannya? Jika kita ganti laptop baru, apakah lisensi ini bisa digunakan? Jawabannya, tidak. Memang begitu adanya. Bahwa lisensi OEM sudah dipasangkan dengan mesin laptop sejak dari pabrik.

Penutup

Itu dia artikel saya tentang cara aktivasi Windows 7. Sekali lagi saya ingatkan bahwa ada dua cara untuk mengaktivasi sistem operasi ini: Cara legal dan ilegal. Pilihan ada di tangan kalian. Sampai jumpa! Semoga bermanfaat. Tunggu saya di tulisan berikutnya.

Baca juga:

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *