2 Cara Paling Mudah Aktivasi Windows 10 Secara Permanen

Menggunakan Windows yang terbaru sangat disarankan untuk mendapatkan fitur-fitur yang disediakan di update dari Windows terbaru. Nah untuk itu, bagi Anda yang menginginkan fitur terbaru Anda harus mengaktivasi Windows yang sedang Anda gunakan.

Windows sendiri memiliki beberapa jenis dan salah satu keluaran terakhir dari Windows adalah Windows 10. Di artikel sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara install Windows 10 di Pc dan kali ini kita akan membahas tentang aktivasi Windows 10 di PC.

Baca juga: Cara Install Windows 10 Lengkap dengan Langkah-Langkah Praktis

Jika Anda ingin mengaktifkan windows ada cara aktivasi windows offline yang bisa Anda lakukan sendiri dengan tutorial yang akan kami bagikan ini. Tetapi sebelumnya kita juga harus memahami aktivasi ini dilakukan untuk tujuan apa saja.

Mengapa Windows perlu diaktivasi ?

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Pinterest

Dengan menggunakan Windows terbaru Anda bisa menggunakan fitur terbaru dari Windows. Sekarang ini penggunaan sistem operasi yang paling banyak adalah Windows. Tetapi sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang tidak bersifat open source sehingga menggunakanya harus berbayar secara legal.

Jika Anda sudah menginstall Windows maka yang harus dilakukan berikutnya adalah mengaktivasi dengan lisensi Windows. Dengan mengaktivasi ini maka penggunaan dari Windows dapat digunakan secara penuh.

Penggunaan Windows yang tidak teraktivasi tentunya akan mengurangi fitur yang terdapat pada penggunaanya dan seharusnya bisa diakses seperti fitur-fiturnya tetapi tidak dapat karena Windows tidak teraktivasi.

Jika Anda menggunakan Windows Anda harus segera mengaktivasi karena jika tidak, ada beberapa hal yang mungkin terjadi jika Anda belum mengaktivasi Windows.

Pertama adalah akan muncul activate Windows dan pop up ini akan ada di pojok kanan bawah. Kemunculan dari watermark ini berada di dekstop dan juga pada jendela aplikasi yang digunakan di sistem operasi Windows 10. Jika Anda tidak melakukan aktivasi maka watermark tersebut akan selalu muncul. Jika Anda tidak ingin terganggu dengan watermark tersebut Anda harus melakukan aktivasi pada sistem operasi PC Anda.

Kekurangan dari sistem operasi yang tidak di aktivasi adalah Anda tidak bisa mengubah personalize pada setting dari Windows 10. Ini berarti ketika Windows tidak di aktivasi maka Anda tidak dapat mengubah wallpaper, mengganti tema maupun merubah sebuah gambar lockscreen dan juga pengaturan tampilan lainnya pada laptop.

Jika Windows tidak di aktivasi maka kekurangan dan juga fitur-fitur tidak dapat digunakan, untuk itu Anda harus segera mengaktivasi Windows Anda.

Bagaimana cara mengaktivasi Windows 10 ?

Dari kekurangan diatas sebenarnya Anda masih bisa menggunakan Windows secara normal tetapi mungkin nanti Anda akan terganggu. Aktifitas yang biasa seperti browsing, mengetik, ataupun menonton video tetap bisa. Tetapi yakin Anda tidak terganggu dengan notifikasi yang selalu muncul?

Agar tidak terganggu dengan hal tersebut Anda harus melakukan aktivasi dengan cara berikut ini. Ada cara aktivasi Windows yaitu dengan cara membeli digital Licency.

Membeli digital Licency

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Pinterest

Cara untuk mengaktivasi sebuah Windows adalah dengan membeli digital Licency yang ada di beberapa penyedia Licency.

Pihak yang menyediakan Licency seperti ini biasanya adalah marketplace, sudah banyak marketplace yang menyediakan seperti bukalapak, tokopedia, dan juga market place lainnya. Biasanya harga dari product ini sekitar 100ribu sampai dengan 500ribu.

Berbelanja Licency dimarketplace ini bisa dilakukan dengan menyertakan keterangan pendukung seperti alamat email dan juga versi Windows yang ingin dibeli misalnya saja Windows 10pro 64 bit. Data ini diperlukan untuk mengirimkan Licency tersebut dan biasanya Licency dikirim ke email.

Biasanya jasa pengiriman juga disertakan dengan ongkos kirim, karena ini produk digital maka pilih saja yang paling murah ongkos kirimnya. Kalau bisa pilih yang menjual Licency yang paling dekat dengan lokasi kita sehingga akan meminimalisir ongkir.

Jangka waktu dari pengiriman Licency biasanya dalam hitungan jam jadi tidak perlu menunggu lama untuk menerimanya. Setelah transaksi berlangsung akan ada pemberitahuan jika produk akan segera dikirim.

Setelah Licency yang dibeli sudah dikirim kemudian menuju ke aktivasi Anda harus membuka Licency yang sudah dikirim melalui email tadi. Jika belum terkirim maka tunggu sampai email dari penjual terkirim ke email Anda.

Kemudian setelah menerima Licency tersebut pergilah ke menu setting pada laptop Anda, setelah ke menu setting silahkan mencari tab Activation kemudian akan muncul jendela baru pada Windows lalu klik pada change product key yang akan digunakan untuk mengubah product key.

Lalu setelah itu masukan product key yang telah kirim tadi lalu selanjutnya klik pada pilihan next yang ada pada kolom perintah yang muncul.

Cara terakhirnya setelah Anda meng klik next kemudian akan ada kolom perintah lagi yang berisi dua perintah yakni activate dan cancel. klik pada “activated”

kemudian jika tahapan-tahapan diatas sudah dilakukan maka setelah itu Windows sudah berhasil di aktivasi dan Anda bisa menggunakannya.

Cara ini merupakan cara untuk mengaktivasi Windows ori dengan menggunakan digital Licency secara berbayar dengan licency yang berdiri sendiri. Tetapi terkadang licency pada laptop sudah di aktivasi oleh toko laptop sebelum kita beli dan  biasanya para took ini menggunakan volume based untuk mengaktivasi semua laptop yang dijualnya.

Biasanya laptop yang menggunakan atau sudah diaktivasi oleh toko sebelum membeli akan muncul notifikasi yang menerangkan bahwa windows akan mengalami kadaluarsa atau “Your Windows Will Expire Soon”

Bagaimana saat muncul notifikasi “Your Windows Will Expire Soon” ?

Jika setelah windows sudah teraktivasi tetapi  masih ada notifikasi pada “Your Windows Will Expire Soon” yang berarti windows yang Andagunakan akan mengalami kedaluarsa dan perlu diaktivasi secara ulang agar notifikasi ini tidak muncul terus.

Biasanya windows yang expired ini muncul padahal Andasudah membeli laptop yang sudah termasuk windows ori didalamnya. Hal ini bisa terjadi karena  biasanya licency windows ini dibeli secara bersama oleh pemilik toko laptop kemudian menggunakan licency tersebut di laptop yang dijual. seperti halnya mengaktifkan windows melalui jaringan yang mereka miliki.

Dengan memiliki activation master atau key masternya mereka bisa mengaktifkan windows di laptop mereka.

Dengan adanya koneksi di jaringan ini laptop minimal harus terkoneksi enam bulan sekali dengan jaringan masternya. Hal ini harus diikuti karena jika tidak tersambung status dari aktivasi akan dicabut kembali oleh windows 10.

Bagi Anda yang mendapatkan notifikasi  expired ini Anda bisa mengaktivasi sendiri dengan menggunakan aplikasi AAct.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengaktivasi kembali windows yang akan expired tadi dan tidak perlu datang lagi ketoko tempat kita membeli laptop.

AAct sendiri adalah sebuah tools activation,pastikan Andamendownload tools ini yang sesuai dengan tipe sistem yang sesuat bitnya. biasanya paling banyak adalah 64 bit.

Setelah memiliki tools ini tahap pertama adalah dengan menekan tombol gear yanga ada dibawah tools ini

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Youtube.com

Setelah itu akan muncul kolom pilihan kemudian cari menu “auto mode” kemudian klik. Setelah itu  klik “install GVLK key” jika Andatidak mempunyai product key dari laptop. Tetapi Andajika sudah memiliki product key Andabisa menekan “install own key” di sebelah bawahnya.

Nah kali ini ketik yang pertama tadi “install GVLK key” karena laptop saya tidak punya product key pada saat saya membeliya.

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Youtube.com

Proses dari product key akan terproses dan Andatidak perlu mengetik secara manual ke windows activation.Proses ini akan otomatis tetapi akan sedikit membutuhkan waktu beberapa detik,tunggu saja.

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Youtube.com

Setelah product key  sukses terinstall  kemudian tekan menu “windows activation” pada menu utama dari tools ini. Setelah itu tunggu proses dari install product key. Proses ini akan berlangsung beberapa saat.

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Youtube.com

Nah aktivasi sudah selesai ini berarti windows sudah teraktivasi. Untuk mengecek hasilnya klik pada menu ” windows information” untuk mengecek status aktivasinya.

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Youtube.com

Cara ini bisa Andagunakan jika Andamempunyai laptop yang windows volume base,  Anda bisa melakukan reaktivasi ini agar tidak muncul pop up windows expired lagi yang sering mengganggu.

Cara aktivasi windows 10
Gambar : Youtube.com

Dengan cara tersebut Anda bisa melakukan sebuah aktivasi windows yang dimiliki laptop bawaan tanpa harus ketoko laptop tempat Anda beli dulu.

Itulah cara aktivasi windows 10 pro yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu membawa ke teknisi yang akan menghemat juga tentunya. Windows memang sudah banyak digunakan di Indonesia dan tidak secara langsung juga banyak yang menggunakannya secara illegal cara terbaik untuk menggunakan lisensi adalah dengan menggunakan Licency legal, tetapi ya kembali lagi banyak yang eman uangnya. hehe

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *