Ini Dia Cara Mudah untuk Main Mobile Legends di PC (100% Worked)

Gambar: NoxPlayer

Kali ini saya akan membahas game populer dan termasuk jajaran game terbaik abad ini : Mobile Legends: Bang Bang. Saya berani bilang begitu karena faktanya demikian jelas. Perhatikan ketika Anda sedang makan siang di warung. Ada beberapa kemungkinan ketika seseorang memiringkan smartphone-nya. Dari semua kemungkinan itu, salah satunya karena orang itu sedang bermain ML. Meskipun ini hanya opini. Saya beberapa kali menemuinya.

Sekarang kita perkuat opini saya dengan melihat data yang lebih valid. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menuju Google Play. Arahkan menuju menu Games. Lalu, pilih menu Top Charts. Terakhir kalian cek pada pilihan Top Free & Top Grossing. Toko aplikasi dari Google mengamini apa yang saya utarakan sebelumnya. Bisa kalian perhatikan screenshot di bawah. Atau, bisa kalian kunjungi sendiri dengan klik tautan di atas. Sudah saya sisipkan link ke Google Play. Mobile Legends menduduki peringkat kedua pada Top Free. Sedangkan pada Top Grossing menduduki peringkat ketiga. Mantap.

Semenjak Mobile Legends dirilis dua tahun lalu, tepatnya 11 Juli 2016 (Dahulu namanya masih Legends: 5v5 Moba). Game ini masuk di kolom trending store aplikasi Android maupun iOS. Pemasaran yang cukup brilian, membuatnya berhasil diunduh hingga jutaan orang. Ini pun senada dengan munculnya para atlet E-Sport yang GG dalam bermain. Kemudian, posting aktivitas bermainnya di Youtube. Ada yang kenal siapa orang ini? Yap, Jess No Limit. Bermain hingga +/- 18 jam sehari pada masanya itu. Wajar bila saat itu Jess mencapai top global pemain di Mobile Legends.

Itulah yang menjadikan ML belum surut sampai detik ini. Anak muda yang masih aktif sekolah. Terkadang menyempatkan diri untuk bermain. Bahkan saat guru menjelaskan (tidak untuk ditiru). Sifatnya yang adiktif membuat seseorang berlaku aneh. Salah satunya berkata kasar ketika bermain. Haha. Memang sebenarnya itu wujud perasaan ketika bermain game. Ketika diluapkan akan terasa lebih lega bagi sebagian orang. Namun, dosa juga turut berbanding lurus. Istighfar, Astaghfirullah.

Sekarang teman-teman setuju kan? Bahwa memang Mobile Legends adalah game terlaris untuk saat ini. Kita lihat beberapa tahun ke depan ya. Apakah mereka bisa mempertahankan eksistensinya? Hmm. Menarik untuk ditunggu dan diperhatikan. Pasalnya Moonton belum memberi solusi akan masalah penggunaan memori smartphone. Bagi yang belum tahu masalah ML yang sering dikeluhkan penggunanya. Ketika awal download ML, size yang dibutuhkan hanya +/- 90 MB. Namun, seiring berjalannya waktu ketika kita bermain. Akan ada pembaruan yang semakin menguras memori. Saya pernah membaca komentar di Google Play, penggunaan memori bisa mencapai +/- 1 GB. Wow.

Saat artikel ini ditulis. Saya kembali ke kolom komentar Mobile Legends di Google Play. Ada masalah lain yang perlu dibenahi Moonton. Apa itu? Masalah Ping yang tidak stabil. Padahal jaringan sedang stabil. Namun, ketika bermain ada kendala jaringan. Alias lag atau macet-macet saat bermain. Pengguna pun bingung mengapa demikian. Saya perhatikan cukup banyak yang mengeluhkan hal ini. Namun balasan dari Moonton belum menuai kepuasan mereka. Alhasil, rate bintang satu diturunkan oleh pengguna tersebut. Waduh.

Baca juga: Cara Praktis Ping Google di PC & Smartphone Tanpa Software Tambahan

Memang tidak ada sistem yang sempurna. Begitu juga dengan game yang notabene adalah sistem hiburan terprogram. Wajar bila banyak polemik. Doakan saja semoga pengembang sistem tersebut bisa membenahi masalah yang ada. Sekarang kita move on ke pokok pikiran artikel ini. Di mana saya akan bahas cara main Mobile Legends di PC. Wow. Padahal kan ini game versi mobile. Apa iya bisa dimainkan di PC? Oh, tentu bisa.

Spesifikasi Minimum PC atau Laptop untuk Bermain Mobile Legends

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulainya. Pertama-tama kita perlu mempersiapkan hal ini untuk lanjut ke tahap berikutnya. Bermain Mobile Legends di PC atau Laptop sudah pasti membutuhkan hardware yang mumpuni supaya lancar. La wong layar yang ditampilkan akan jauh lebih besar ketimbang smartphone?

FiturSpesifikasi
TambahanKoneksi Internet 4G yang Stabil
Sistem OperasiWindows 7/8/10
CPUMultiple core processor, mendukung VT-x, atau AMD-V Virtualization Technology
GPUMendukung Open GL 2.0
RAM4 GB
StorageRuang kosong 2 GB

Cara Main Mobile Legends di PC Tanpa Lag

Gambar: Moonton

Jika kalian sudah mengikuti spesifikasi minimum PC atau laptop yang digunakan. Saya sih yakin akan lancar saat nanti bermain Mobile Legends di PC. Sehingga tidak perlu khawatir lag atau macet-macet. Mari kita ke tahap berikutnya.

Install NoxPlayer Emulator Android

Ini adalah cara paling aman untuk menjalankan aplikasi Android di PC. Sebenarnya ada cara untuk bermain Mobile Legends tanpa emulator. Tetapi menurut saya belum cukup aman. Kita perlu memasang OS tambahan pada PC. Sehingga perlu mengatur partisi. Lalu, menjalankan PC dengan dual boot. Alias PC yang memiliki OS lebih dari satu. Ini ribet dan kurang aman.

  • Anda bisa mengunduh NoxPlayer di situs resminya langsung. Klik tautan ini. Saat artikel ini ditulis NoxPlayer sudah mengeluarkan versi 6.2.8.1 pada 12 April 2019. Jadi memang aplikasi ini akan terus dikembangkan untuk lebih baik.
  • Install NoxPlayer pada PC Anda. Caranya sangat mudah, cukup klik dua kali pada file EXE yang telah Anda download sebelumnya. Terakhir, klik Next hingga Finish.
  • Pada menu pengaturan bisa kalian atur sedemikian rupa, supaya pas untuk PC Anda. Jadi misal pengaturan default dari Nox terasa berat, bisa kalian atur menjadi low dari medium. Caranya dengan masuk ke System settings >> Advanced settings >> Kalian bisa atur seperti gambar di bawah. Atau, disesuaikan dengan kemampuan PC masing-masing.

Install Mobile Legends di NoxPlayer

Itu dia fungsi dari emulator Android. Di mana kita bisa menjalankan aplikasi Android melalui PC. Jadi tidak semata-mata hanya Mobile Legends saja yang bisa dimainkan di PC. Beberapa game Android lain bisa kalian mainkan di sini. Ini ibarat kita sedang menjalankan smartphone Android di PC. Inilah mengapa membutuhkan spesifikasi PC yang cukup.

Pertama, bisa langsung klik logo Play Store atau Google Play untuk mulai mengunduh Mobile Legends.

Kedua, Anda akan dimintai akun Google sebelum masuk ke Google Play. Pastikan Anda memilikinya ya. Pilih existing lalu masukkan Gmail dan kata sandi Anda.

Ketiga, baru bisa masuk ke Google Play untuk mulai mencari Mobile Legends. Download kemudian tunggu proses install selesai. Anda bisa langsung membukanya dengan klik Open. Selamat bermain Mobile Legends di PC.

Gambar: Bignox

Cara Mengatur Keyboard & Konfigurasi Mobile Legends di NoxPlayer

Haha. Saya ingat pertama mencoba memainkan ML di PC. Baru sadar ternyata perlu dua tangan untuk memainkan game moba satu ini. Masa iya hanya bermodalkan mouse? Kita perlu kontrol lain untuk menjalankan hero tersebut. Makanya pada artikel ini juga akan saya jelaskan cara untuk mengatur keyboard supaya pas dengan kontrol Mobile Legends.

Pertama, kita perlu memunculkan Keyboard Control. Caranya dengan tekan CTRL + 1. Hingga muncul tampilan seperti di bawah.

Gambar: Bignox

Kedua, kalian bisa perhatikan gambar di bawah ya.

  • Perhatikan di sana ada button arah. Pilih button tersebut, kemudian atur sizenya sesuai kebutuhan.
  • Di sana ada simbol bintang 6 yang bisa digunakan untuk jurus atau ulti pada hero.
Gambar: Bignox

Ketiga, ada alternatif lain untuk mengatur kontrol. Apa itu?

  • Menggunakan QWERTY pada keyboard kita. Pilih huruf yang pas untuk Anda. Kemudian, atur pada setiap tombol di Mobile Legends. Jika kita lihat pada gambar di bawah. Membutuhkan 12 huruf/angka di keyboard PC untuk memenuhi kebutuhan tombol di ML.
  • Nah untuk menjalankan hero. Kalian bisa menggunakan klik kanan mouse yang ditahan. Kemudian, jalankan hero sesuai keinginan. Caranya dengan mengaktifkan ‘Move with right mouse’.
Gambar: Bignox

Jika kalian bingung huruf mana yang sekiranya pas untuk kontrol di Mobile Legends. Kalian bisa mengikuti tabel di bawah untuk mengatur tombol keyboard PC kalian.

TombolFungsi
Button UpMovement Up
Button DownMovement Down
Button LeftMovement Left
Button RightMovement Right
SpaceNormal Attack
QSkill 1
WSkill 2
ESkill 3
1Skill 1 Upgrade
2Skill 2 Upgrade
3Skill 3 Upgrade
VRecall
BRegen
NBattle Spell
Caps LockItem Shop
ZBuy Item 1
XBuy Item 2
F1Attack Command
F2Retreat Command
F3Gather Command
F4Chat Command
ShiftBattle Stats

Rekomendasi Emulator Android Lainnya

Ada beberapa emulator lain yang bisa dicoba pada PC Anda. Jadi bukan hanya NoxPlayer, kalian boleh coba yang lain. Berikut ini adalah rekomedasi lainnya:

1. BlueStacks

Gambar: BlueStacks

BlueStacks. Emulator ini bisa menjadi alternatif apabila Anda tertarik. Dahulu saya pernah menggunakan emulator ini saat belum memiliki Android. Cukup mengesankan. Kalian bisa mengunduhnya di tautan ini.

2. Windroye

Gambar: Windroye

Windroye. Emulator yang memiliki warna-warni. Namun cukup ringan dijalankan pada PC dengan RAM 2 GB. Selalu perhatikan minimum requirement hardware. Apakah pas dengan Anda? Bagi yang tertarik bisa download di sini.

Baca juga: Main Game Lebih Asyik dengan Emulator Android Terbaik

Penutup

Akhirnya tulisan mengenai cara main Mobile Legends di PC sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa!

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *