Main Game Lebih Asyik dengan Emulator Android Terbaik

Beberapa waktu yang lalu handphone android saya rusak. Sampai artikel ini saya tulis, kurang lebih sudah seminggu masih mondok di tukang servis. Entah apa permasalahannya, sampai sekarang juga belum ada keterangan yang jelas.

Tentu saja selama masa servis, ada komunikasi yang terhambat. Saya merasa perlu sebuah aplikasi yang bisa membantu saya agar tetap bisa berkomunikasi layaknya saat masih menggunakan handphone android.

Aplikasi chat, media social, game, dan aplikasi lainnya yang ada di handphone otomatis enggak bisa saya jalankan selama handphone ada di tukang servis. Padahal rasanya tangan ini gatal kalau sejam saja enggak pegang handphone. Karena biasanya kan sedikit-sedikit buka whatsapp, facebook, posting Instagram. Lah ini sudah seminggu saya harus menahan diri.

Sumber gambar: bluestack.com

Saya punya laptop, tapi ketika hendak menggunakan whatsapp di browser ternyata butuh aplikasi whatsapp di handphone untuk bisa tersambung ke whatsapp web. Karena tanpa scan QR Code enggak akan bisa terhubung. Padahal selama ini saya sangat intens berkomunikasi melalui whatsapp.

Saya khawatir jika kondisi seperti ini berlangsung lama, bisa-bisa saya kehilangan relasi, teman, dan informasi update dari beberapa grup whatsapp yang saya ikuti. Ini ancaman buat saya yang baru saja erintis karir sebagai freelancer.

Saya butuh whatsapp untuk tetap terhubung dengan mereka. Saya butuh refreshing dengan bermain game di handphone, dan kebutuhan lainnya. Semacam melakukan bayar-bayar dengan menggunakan aplikasi e-money di handphone. Tapi bagaimana caranya? Sedangkan saat itu saya belum punya cukup uang untuk membeli handphone yang baru.

Saya coba cari informasi di internet, tentang cara agar bisa menjalankan aplikasi android di laptop. Saya cari di Google, juga dengan bertanya-tanya pada teman dekat.

Dari pencarian itu saya mendapatkan sebuah aplikasi sejenis emulator android. Memang agak sedikit asing, tapi ternyata aplikasi jenis ini sudah ada sejak lama. Duh, kayaknya saya agak ketinggalan informasi.

Maklumlah, gaya hidup orang-orang zaman modern seperti sekarang ini kan sangat dekat dengan handphone. Hampir bisa dipastikan semua orang memiliki handphone dan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Ketika seseorang sudah memiliki handphone, sepertinya bakal jarang menjalankan fungsi android pada laptopnya. Ada, tapi mungkin tidak banyak.

Bahkan kalau saya amati, sebagian besar pengguna laptop atau PC jarang mengoperasikan aplikasi android pada laptop atau PC mereka. Ya, karena sebagian besar punya keduanya. Dan masing-masing dipakai sesuai dengan kebutuhan.

Ketika butuh handphone untuk berkomunikasi, ya mereka akan mengaktifkan handphone dan menggunakannya. Tapi ketika mereka butuh laptop untuk menyelesaika  pekerjaan, ya pasti lebih memilih buka laptop ketimbang handphone. Bisa jadi karena ada beberapa fungsi pekerjaan yang enggak bisa diselesaikan dengan menggunakan handphone.

Emulator Android PC Sebagai Alternatif Main Game Android di Laptop

Main game adalah salah satu alasan bagi seseorang menginstall emulator android pada computer atau laptop miliknya. Biasanya karena seseorang merasa kurang  nyaman dengan tampilan game pada layar android yang kecil atau karena ingin pengalaman main game yang lebih nyaman. Terutama untuk game yang lebih enak dimainkan menggunakan mouse dan keyboard.

Sumber gambar: bluestack.com

Bisa juga karena performance android kita yang kurang, sehingga butuh laptop atau PC untuk memainkan game. Secara experience memang kadang android sering lags ketika performancenya kurang bagus. Sehingga main game jadi kurang enjoy.

Pada prinsipnya ketika PC kita install aplikasi emulator android, semua jenis aplikasi android bisa kita jalankan di sana. Termasuk game. Namun, memang ada beberapa aplikasi yang enggak bisa berjalan maksimal ketika dijalankan di emulator android. Biasanya karena fiturnya yang seharusnya terintegrasi dengan handphone, dan tidak ada di laptop.

Game-game yang lebih nyaman kita mainkan menggunakan emulator android antara lain: Clash of Clans, Gangstar Vegas, Player Unknown Battleground, dan lain sebagainya. Game-game tersebut merupakan game favorit yang sering dimainkan anak-anak muda zaman sekarang di android.

Maka tidak heran kalau saat ini emulator android PC sudah mulai digunakan oleh para penggila game tersebut. Tentu saja dengan harapan akan mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan.

Emulator Android Ringan yang Jadi Pilihan

Permasalahan yang sering dialami oleh pengguna emulator android adalah berat ringannya aplikasi ketika dijalankan di laptop atau PC. Hal ini berkaitan dengan performance PC yang kurang memadai dengan spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menginstall emulator android.

Maka sangat disarankan untuk memastikan spesifikasi PC lebih dulu sebelum menginstall emulator android. Sesuaikan dengan syarat spesifikasi minimal yang ada pada informasi penginstalan aplikasi. Jika dirasa spesifikasi PC memadai, ya silakan lanjut install.

Jika emulator android dipaksakan untuk diinstall pada PC yang spesifikasinya enggak memadai, maka siap-siap saja mendapati PC menjadi lemot ketika dijalankan.

Baca juga: Cara Simple Ini Bisa Memaksimalkan Android Anda

Atau solusi lainnya kita bisa mencari emulator android ringan yang bisa dijalankan di PC dengan maksimal. Ada beberapa aplikasi emulator android ringan yang direkomendasikan beberapa gamer, antara lain:

Bluestack: Emulator Android Ringan Paling Mainstream

Bluestack direkomendasikan karena kompatibel untuk windows maupun macintosh. Bluestack juga memiliki kemampuan untuk menjalankan multiwindows, didukung dengan pengaturan keymapping yang memungkinkan penyesauian tombol game dengan keyboard.

Untuk bisa menginstall bluestack di PC, pastikan spesifikasi minimal ini dimiliki PC yang hendak diinstall. Spesifikasi minimal yang dibutuhkan adalah: Windows XP SP3, Dual Core AMD atau Intel, 2GB RAM, dan 4 GB space hardisk kosong.

Bluetack akan berjalan dengan baik jika spesifikasi minimal tersebut dipenuhi oleh PC. Silakan coba, dijamin bakal lebih enjoy main game di PC.

Aplikasi emulator android bluestack sangat mudah didapatkan secara gratis dengan mendownload di websitenya.

GenyMotion: Diklaim Memiliki Performa Lebih Cepat Dibanding Bluestack

Kabarnya emulator android GenyMotion memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan dengan Bluestack. Meski belum ada bukti perbandingan uji benchmark, tapi enggak ada salahnya mencoba install GenyMotion di PC.

Secara umum perbandingan spesifikasi minimal yang dibutuhkan memang lebih kecil disbanding dengan Bluestack. GenyMotion hanya butuh spesifikasi minimal: Windows 7, Dual Core AMD atau Intel, 2 GB RAM, dan 2 GB Space kosong hardisk.

Kelebihan lain dari GenyMotion adalah dilengkapi sensor akselerator, baterai dan GPS. Ini menjadi poin tambah GenyMotion disbanding emulator android lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi emulator android ringan yang bisa kita dapatkan gratis di internet. Namun, untuk saat ini kedua emulator android di ataslah yang paling direkomendasikan. Tentu saja kita bebas memilih akan menggunakan yang mana. Yang jelas sesuaikan dengan spesifikasi minimal PC dengan yang dibutuhkan.

Emulator Android Terbaik

Kalian pasti bertanya-tanya, sebenarnya emulator android mana yang terbaik? Sehingga akan lebih optimal ketika dijalankan di PC.

Baca juga: Bukan RAM Saj, Ternya Ini Faktor Lain Penentu Kecepatan Smartphone Android Anda

Pada umumnya semua emulator android yang sesuai dengan spesifikasi PC adalah baik. Namun, kadang kita merasa belum puas jika belum menemukan mana yang terbaik. Yang terbaik dalam arti memang bisa memberikan kepuasan lebih dibandingkan yang lain.

Untuk mengetahui emulator android terbaik yang direkomendasikan, tentu harus banyak-banyak cari informasi review mengenainya. Atau kalau lebih baik lagi kita coba langsung membandingkan antara yang satu dengan yang lainnya.

Kalau berdasarkan pengalaman saya menggunakan emulator android selama ini, saya menilai Bluestack lebih nyaman untuk dipakai disbanding yang lainnya. Secara performance juga pas dengan spesifikasi PC saya. Sepertinya juga akan cocok dengan spesifikasi PC pada umumnya. Karena PC saya spesifikasinya standar.

Bluestack menjadi yang terbaik karena kehadirannya sudah sejak lama dan terus menerus melakukan perbaikan. Hingga saat ini bluestack telah mengeluarkan versi 4 sebagai versi yang terbaru. Secara tampilan dan performance jauh lebih baik disbanding versi sebelum-sebelumnya.

Bluestack versi 4 memiliki kinerja 6x lebih cepat dari Samsung Galaxy S9+ dan 8x lebih cepat disbanding versi sebelumnya, Bluestack versi 3. Dengan kinerja seperti ini tentu akan memberikan kenyamanan bermain game yang luar biasa. Enggak perlu khawatir bakal lags atau gangguan lainnya.

Ketika membuka bluestack, saya terkesan dengan tampilan UI yang sederhana. Lebih enak dilihat dan nyaman.

Fitur bluestack 4 yang menjadikannya sebagai emulator android terbaik, salah satunya  adalah adanya peningkayan pada keymapping yang baru. Dengan fitur ini memungkinkan kita untuk mengelola control utama degan menggunakan jendela control game baru. System navigasinya pun juga lebih memudahkan pengguna karena dibagi dalam beberapa kategori.

Fitur ini juga memungkinkan kita untuk main dengan control default atau dibuat sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Yang lebih mengejutkan lagi ternyata dengan emulator android bluestack 4 kita bisa bermain di beberapa game dari beberapa akun Google Play. Atau mencoba bermain game yang sama dari beberapa akun. Mantab, dah.

Nah, apa kalian ingin mencobanya? Saya sepertinya bakal sering-sering main game pakai emulator android di laptop. Lumayan. Ternyata setelah handphone saya rusak, ada hikmah di baliknya. Dengan begini saya bisa berbagi bagimana rasanya menggunakan emulator android di laptop.

Semoga bermanfaat dan silakan share info ini untuk berbagi. Silakan tulis di kolom komentar jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan atau sekadar sharing pengalaman. [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *