4 Cara Cek Kuota Tekomsel Yang Gampang dan Gak Ribet

Untuk kamu pengguna paket data atau kuota pasti tau kalau Telkomsel jadi salah satu operator GSM yang memiliki jaringan berkualitas di Indonesia. Dari pertama hadir kini Telkomsel sudah lebih dari 20 tahun melayani dan terbukti memiliki jaringan sinyal yang sangat luas tersebar di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Bisa juga dibilang kalau Telkomsel ini operator nomer wahid karena sudah banyak sekali yang membuktikan.

Dari dulu, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan pelayanan komunikasi untuk masyarakat Indonesia. Hingga saat ini nih, Telkomsel terus mengikuti kebutuhan masyarakat yang modern dengan layanan internet.

Kenapa banyak yang pilih Telkomsel? Ada banyak alasan sebenarnya kenapa Telkomsel masih jadi pilihan favorit pengguna jaringan atau paket internet. Tapi rata-rata jawabannya karena jaringannya yang kuat jadi nggak perlu bingung cari sinyal kalau lagi nggak di kota alias di pelosok daerah. Memang sih, bukan katanya lagi karena saya pun juga sudah membuktikannya.

Bagi kamu pengguna jaringan internet terlebih lagi smartphone Android juga iPhone atau iOS pasti nyari koneksi internet yang bagus di mana pun dan juga stabil. Koneksi jaringan internet yang stabil juga cepat tentu membuat kita sebagai pengguna smartphone nyaman untuk browsing ataupun sedang melakukan aktivitas online lainnya seperti game.

Baca Juga: Cara Simpel Regisrasi Telkomsel Saat Terjadi Kegagalan

Ada beberapa paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel seperti kuota internet 2 GB, 5 GB hingga paket unlimited. Berbicara tentang paket kuota internet, meskipun banyak yang sudah pakai tapi ternyata nggak semua pengguna Telkomsel tau cara cek kuota atau paket internet Telkomsel. Padahal dengan cek kuota internet kita bisa tau dan mengontrol kuota supaya pas target.

Cara Cek Kuota Telkomsel Simpel

Padahal cek kuota Telkomsel ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Caranya pun biasanya sudah tercantum pada kemasan paket internet yang kamu beli. Ada beberapa cara cek kuota yang bisa kamu lakukan dari SMS, melalui aplikasi hingga cek melalui website. Nah, kali ini kami akan bahas secara lengkap mengenai cara cek kuota Telkomsel.
Bagaimana Saja Sih Cara Cek Kuota Telkomsel?

Cek Kuota Internet Telkomsel Offline (Dial Phone)

Untuk cara yang pertama kita bahas dulu cara yang paling umum dan cara ini dulu digunakan untuk mengecek pulsa. Cara dial phone ini dilakukan dengan menggunakan cara dan nomor yang diberikan oleh telkomsel. Cara dial phone ini meliputi semua informasi yang terdapat pada kartu telkomsel. Untuk mengecek sisa kuota Telkomsel dengan menggunakan dial phone ini adalah dengan cara mengetikan *888# selanjutnya pilih informasi untuk cek kuota internet. Caranya adalah sebagai berikut:

1) Ketik *888# , lalu pilih callCek Kuota Internet Telkomsel Offline (Dial Phone)

2) Cek Kuota dan Kirimkan

Setelah itu muncul kotak dialog pertama yang berisi tentang informasi pulsa dan ada 3 pilihan, kemudian ketik 3 untuk Cek Kuota dan pilih Kirimkan.
3) Status Kuota Internet

Selanjutnya akan muncul lagi kotak dialog kedua yang berisikan 6 pilihan informasi lalu ketik 1 untuk Cek Kuota Internet. Nah setelah itu, akan keluar informasi berupa pesan masuk atau tampilan yang berisikan informasi lengkap jumlah kuota internet kamu yang tersisa.

Cek Kuota Telkomsel Via SMS

Selain melakukan dial up, kamu juga bisa nih cek kuota internet kamu melalui SMS. Nggak perlu khawatir karena layanan cek kuota ini gratis kok alias nggak dikenakan biaya sedikitpun. Caranya cukup mudah dan sama dengan cara mengirim pesan biasa hanya saja format tulisannya yang sudah ditentukan oleh Telkomsel. Cara cek kuota internet telkomsel ini, cukup dengan cara mengetik:

UL(spasi)INFO lalu kirim ke 3636.

Atau bisa juga nih kamu pakai format lain yaitu dengan mengetik:

Flash(spasi) INFO V2 kirim ke 3636.

Kedua format tersebut sama saja fungsinya untuk melakukan pengecekan kuota internet. Dengan mengetik format tersebut, nantinya akan muncul hasil atau pesan masuk dari Telkomsel, contohnya adalah sebagai berikut:

Cek kuota internet
Cek Kuota Telkomsel Online

1) Melalui Website Telkomsel

Kalau kamu sedang ingin cek kuota dan nggak tahu caranya melalui dial up atau sms kamu juga bisa cek kuota internet kamu melalui website Telkomsel. Ini juga bisa memudahkan kamu mengecek kuota internet kamu ketika sedang kamu gunakan menggunakan modem. Melalui alamat website resmi Telkomsel inikamu bisa cek kuota kamu dengan cara lebih modern.

Caranya hanya dengan kunjungi website Telkomsel kemudian pilih menu info flash, nah kamu akan lihat berbagai info penting tentang kartu kamu seperti layaknya menggunakan aplikasi Telkomsel yang tersedia. Tapi yang perlu kamu ketahui untuk menggunakan website Telkomsel ini adalah kamu harus terdaftar sebagai user Telkomsel.

Kamu bisa log in dengan memasukkan nomer Telkomsel kamu yang akan kamu cek kuotanya. Selanjutnya kamu baru bisa masuk dan menggunakan fitur layanan Telkomsel. Nah, berikut ini adalah contoh tampilan website resmi Telkomsel untuk kamu bisa cek kuota internet. Oiya alamat websitenya adalah https://my.telkomsel.com/ .Cara cek kuota di website mytelkomsel

2) Cek Sisa Kuota Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Nah, jika kamu adalah orang yang anti ribet dan pengennya cepet kamu juga bisa nih pakai cara cek kuota yang modern dan terbaru yaitu dengan menggunakan Aplikasi MyTelkomsel. Cara ini paling mudah dibandingkan dengan ketiga cara sebelumnya karena kamu hanya tinggal mengeceknya melalui aplikasi yang ada di smartphonemu.

Itu artinya, kamu harus download dulu aplikasi MyTelkomsel melalui Google Play Store ataupun App Store di smartphone kamu. Setelah berhasil terinstall, kamu hanya perlu log in dengan memasukkan nomor Telkomsel kamu, dan sekarang semua informasi terkait nomor kamu akan ditampilkan.

Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi MyTelkomsel:

1) Download atau Install Aplikasi MyTelkomsel

Melalui Google Play Store ataupun App Store yang ada di Smartphone kamu. Ukuran aplikasi ini nggak berat kok, dan kamu bisa dapat informasi tentang sisa kuota kamu, sisa bonus kuota, penggunaan kuota dan bahkan bisa melakukan pembelian paket internet di sini.

Download aplikasi mytelkomsel
2) Log in dengan nomor Telkomselmu

Kemudian akan muncul tampilan informasi lengkap tentang nomor Telkomsel kamu. Untuk lebih detailnya kamu bisa pilih rincian.

Download aplikasi mytelkomsel
Nah, itulah 4 cara yang bisa kamu pilih dan lakukan kalau kamu ingin mengecek kuota internet kamu. Kalau kamu pilih yang nggaj ribet, saya rekomendasikan untuk menggunakan cara terakhir yaitu melalui aplikasi MyTelkomsel. Tapi 3 cara sebelumnya juga boleh dan bisa saja kamu gunakan untuk pengguna Telkomsel Cek Kuota.

Baca Juga: Cara Mudah Tukar Poin Telkomsel

Selain cara cek kuota internet Telkomsel, saya juga akan berikan beberapa tips untuk hemat kuota internet agar kuota bisa terkontrol dengan baik. Berikut adalah tipsnya:

1) Pilih Paket Internet sesuai dengan Kebutuhan

Ada banyak sekali operator jaringan internet ditambah lagi jenis dan jumlah datanya. Nah, kamu jangan tergiur dengan jumlah kuota yang besar, tapi harganya juga besar. Pilih saja kuota internet yang pas dengan kebutuhan kamu. Kalau kamu hanya butuh kuota internet untuk aplikasi chatting saja dan nggak minat untuk menggunakan aplikasi dengan kuota internet besar seperti Youtube dan Instagram, kamu pilih saja paket internet yang pas untuk kebutuhan chattingan kamu.

Tapi kalau kebutuhan internet kamu besar misalnya digunakan untuk menonton video-video di Youtube, kamu bisa pilih paket kuota unlimited atau pilih paket internet yang ada paketan data untuk Aplikasi Youtube.

2) Matikan Fungsi Auto-Sync

Tips selanjutnya untuk hemat kuota adalah untuk mematikan fungsi Auto-Sync di smartphone kamu. Daripada kamu merelakan kuota internet untuk update aplikasi yang nggak dibutuhkan, lebih baik jika matikan saja fungsi auto-sync dan update dengan cara manual.

3) Cari Tahu Aplikasi yang Menguras Banyak kuota

Ada banyak apliaksi dan masing-masing berbeda mengkonsumsi kuota kamu. Misalnya saja aplikasi Whatsapp menggunakan aplikasi lebih sedikit dibandingkan dengan Instagram atau Youtube. Nah, kamu harus tahu nih jadi kamu juga bisa mengontrol penggunaan kuota internet kamu. Hindari juga pemakaian yang terlalu sering agar bisa menghemat kuota internet kamu.

4) Aktifkan Notifikasi Pembatasan Penggunaan Kuota

Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi pembatasan penggunaan kuota di smartphone kamu. Ketika kamu tetapkan batasan penggunaan internet kamu maka akan muncul notifikasi sebagai pengingat kamu ketika penggunaan data hampir menyentuh batas maksimal. Kamu bisa atur sendiri batas penggunaan paket internet kamu dan secara otomatis notifikasi akan muncul ketika mendekati batas penggunaan tersebut.

5) Manfaatkan WiFi

Nah, selain tips sebelumnya kalau kamu ingin hemat kuota maka manfaatkan fasilitas Wi-Fi yang ada di sekitar kamu. Fasilitas Wi-Fi ini akan mengurangi penggunaan kuota internet kamu sehingga nggak perlu khawatir lagi menggunakan data internet yang berlebihan. Terlebih untuk aktifitas internet kamu seperti download vidoe atau film yang akan menghabiskan banyak kuota internet.

Itulah ulasan lengkap mengenai Cara Cek Kuota Internet Telkomsel yang Gampang dan Nggak Pake Ribet serta sedikit tips untuk kamu agar lebih hemat kuota. Semoga bermanfaat.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *