4 Kode Rahasia Melacak HP Android Dan iOs Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Smartphone banyak tersimpan informasi bersifat privasi yang tidak boleh orang lain mengetahui. Namun jika informasi tersebut jatuh ketangan orang yang salah maka dikhawatirkan akan disalahgunakan untuk hal yang tidak semestinya. Berikut ini akan diulas mengenai kode untuk bisa mengetahuinya serta cara menanggulanginya.

Cara mudah mengetahui apakah seseorang telah diam-diam membuntuti ponsel kita, inilah 4 kode rahasia melacak hp yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya.

4 Kode Rahasia Melacak HP Android & iOs

1) Gunakan kode *#21#

Kode ini digunakan untuk mengetahui apakah pesan-pesan, telepon dan data-data lainnya dialihkan. Dengan menekan kode tersebut pada panggilan telepon maka kita dapat menemukan detail informasi apakah call forwarding, data, fax, sysnc, async, packet access diaktifkan atau tidak. Jika diaktifkan, itu artinya ada yang sudah diam-diam membuntuti ponsel kita alias disadap. Sebagai contoh seperti pada handphone saya dibawah ini, akan saya cek apakah ada yang menyadapnya atau tidak.

ini ciri hp disadap
Karena saya ingin mengetahui apakah nomer XL saya kena sadap atau tidak, maka saya memilih untuk menekan tombol SIM 2 yang menggunakan operator XL. Dan hasilnya tampak seperti dibawah ini.

tanda smartphone kamu disadap hacker
Dan ternyata hp saya aman dari serangan hacker, ya iyalah orang hp biasa-biasa aja gak ada yang spesial..hehe

2) Gunakan kode *#62#

Kode ini berfungsi untuk mengetahui kemana telepon, pesan-pesan dan data dialihkan. Karena ketika seseorang menghubungi nomer kita kemudian muncul pesan tidak ada layanan atau jawaban maka gunakan kode ini untuk menyelidikinya. Setelah “plong” mengetahui pada kode yang pertama tadi hp saya aman, kemudian saya masih penasaran ingin mencoba mengeceknya dengan menggunakan kode yang kedua ini, penampakannya seperti dibawah ini.
cara mengatasi hp disadap
Kemudian setelah tampilan seperti diatas muncul pilih nomer mana yang akan dilacak, saya ingin mencontohkan nomer XL diponsel saya apakah kena sadap atau tidak. Berikut ini penampakannya.

cara mengetahui hp disadap polisi
Kemudian hasilnya aman lagi karena tak ada yang menyadapnya, dan ternyata tampilan hasil yang mucul dari kode pertama dan kedua sama.

3) Gunakan kode ##002#

Setelah mengetahui kemana pesan-pesan, telepon dan data dialihkan dengan menggunakan kode *#62# maka untuk menonaktifkannya gunakanlah kode ini. Ini adalah kode universal untuk menonaktifkan semua call forwarding.

Dengan kode ini semua pengalihan pada ponsel akan dimatikan. Apabila kita merasa panggilan kita dialihkan, cukup gunakan kode ini untuk menghentikannya. Namun karena hp saya aman dari penyadapan maka tetap akan saya contohkan dengan menggunakan kode yang ketiga ini, dan kita akan lihat hasilnya seperti ini.

ciri hp di hack
Lalu hasilnya mengejutkan, meskipun hp saya tidak terindikasi terkena hack, namun proses penonaktifan pun tetap berhasil.

cara menghentikan sadap hp android

4) Gunakan Kode *#06#

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan yang familier dengan produk Tech, kode ini digunakan untuk mengetahui nomer IMEI (international mobile equipment identifier) pada ponsel kita. Dengan mengetahui nomer IMEI yang terdapat pada ponsel milik kita, maka ketika suatu saat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada handpone kita misalnya dicuri, maka kita dapat menemukan ponsel kita dan melacak keberadaannya. Setelah saya mengecek berapa kode IMEI dalam ponselku, ternyata muncul dua IMEI didalamnya. Hal ini terjadi karena didalam ponselku terdapat dua SIM card, Bagaimana denganmu?

cara mengetahui nomor hp disadap

Jika pada ponsel ada lebih dari satu IMEI maka kemungkinan besar itu terjadi karena nomer SIM card yang ada pada ponsel juga lebih dari satu. Kode diatas adalah kode khusus yang memungkinkan seseorang melacak lokasi dimana kita berada. Dan juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah seseorang mengikuti kita.

Baca juga: Cek Imei Iphone

Kode tersebut dapat digunakan untuk semua tipe handphone dan operator, namun ada juga beberapa yang tidak bisa, karena faktor lain. Sebenarnya yang membedakan apakah kode itu bisa diterapkan atau tidak adalah sistem operasi yang digunakan pada ponsel itu sendiri.

Kode ini dapat digunakan sesuai sengan sistem operasi ponsel yang kamu punya. Selain itu terdapat juga cara mengetahui apakah hp di hack melalui sistem operasi yang digunakan, jika menggunakan sistem operasi Android gunakan kode ini *#*#4636#*#* atau *#*#197328640#*#*. Pada Kode Android *#*#197328640#*#*.

Ketika saya cek di ponsel saya tidak muncul apapun dilayar, sehingga saya mencobanya sebanyak dua kali apakah ada yang salah, ternyata memang kode ini tidak bisa terdeteksi untuk hp saya, yang bisa terdeteksi hanyalah kode *#*#4636#*#*.

Dan bagi kalian pengguna Iphone bisa melakukan cek validitas dengan menggunakan sistem operasi iOs/Iphone ketik kode ini *3001#12345#*.

Saya akan coba mengecek dengan mode sistem operasi yang berjalan pada Androidku, dengan menekan kode *#*#4636#*#* kemudian pilih info telepon2, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

4 kode rahasia untuk mengetahui hp disadap

merek hp yang tidak bisa disadap
cara melindungi hp dari hacker

Berikut ini cara pemakaiaan kode tersebut pada Iphone:

Langkah Pertama:

Ketik kode diatas sesuai dengan sistem operasi pada ponsel yang kalian miliki, kemudian klik pada tombol panggilan telepon, lalu pilih UMTS cell environtment, selanjutnya pilih UMTS RR info. Tulis semua nomer yang muncul dibawah ID ponsel.

Langkah Kedua:

Kembali ke menu atau tampilan awal pilih MM info tab, lalu pilih serving PLMN, catat nomor yang muncul pada local area code.

Langkah Ketiga:

Setelah semua nomor dicatat, buka website opencellid http://opencellid.org lalu pilih tab ke empat dari kiri. Kita bisa menemukan pada peta lokasi BTS (base transceiver) dimana ponsel kita terhubung .

Itulah kode-kode untuk mengetahui apakah ponsel kita sudah terkena sadap atau tidak. Bagaimana simpel bukan? Jika kamu sedang mengalami hal tersebut semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: iPhone Xs: Tahan Debu dan Air dengan IP68

Catatan:

Ada sebuah kisah nyata yang dialami oleh seseorang yang pernah disadap ponsel dan data pribadinya oleh oknum tidak dikenal. Ketika ponsel miliknya melakukan panggilan telepon tertulis “diteruskan”, kemudian secara tiba-tiba mendapatkan notifikasi dari Gmail bahwa dia baru saja login menggunakan PC, padahal dia enggak ngerasa login ke email yang dimiliki, tapi dapet notifikasi bahwa baru saja login.

Awalnya dia tidak memperdulikan akan keganjalan tersebut, sampai suatu ketika dia berada diperjalanan pulang menuju rumahnya kemudian dia merasa ada yang membuntuti dari jarak dekat. Sesampainya dirumah dia curiga dengan orang-orang tersebut lalu dia diberi tahu teman mungkin hpnya kena sadap, kemudian barulah dia mencari-cari refrensi ciri-ciri hp kena sadap.

Setelah dia membaca-baca dan mempelajari referensi, dia menemukan kode-kode rahasia untuk bisa mengetahui ciri-ciri hp kena sadap dan cara mengatasainya. Lalu dia praktekkan untuk menegetahui apakah benar ponsel miliknya sudah disadap. Dan ternayata benar adanya, bahwa hp nya telah disadap oleh orang tak dikenal. Setelah dia mengetahui bahwa hpnya disadap maka dia segera mengganti nomer ponsel miliknya yang semula provider A menjadi provider B.

Apakah kamu pernah mengalami hal yang sama dengan orang tersebut? jika iya bagikan pengalamanmu kepada yang lain yuk, agar bisa saling memberikan manfaat kepada sesama karena telah membantu memberikan informasi ciri-ciri hp kena sadap dan agar tidak ada lagi yang mengalami hal serupa. Namun jika kamu sedang mengalami hal diatas, maka kode ini patut diketahui dan dicoba untuk memastikan validitas kebenarannya.

Ciri-ciri hp yang kena sadap melalui frekuensi telepon antara lain:

  1. Ketika seseorang sedang melakukan panggilan telepon maka akan terdengar suara menggema dan dengung panjang seakan-akan suara lawan bicara berada disuatu ruang bergema.
  2. Ketika sedang melakukan panggilan tertentu, sambungan telepon akan putus-putus walaupun tidak sedang diluar kota.
  3. Sulit melakukan panggilan telepon ke nomer-nomer tertentu.
  4. Akan sering terjadi salah sambung jika sedang melakukan panggilan.

Ciri-ciri hp yang kena sadap melalui software antara lain:

  1. Pemakaian kuota internet dan telepon pada ponsel akan terasa lebih boros dari pemakaian biasanya.
  2. Hp yang kena sadap akan mengalami sering lemot dan terasa panas meskipun pemakaian normal.
  3. Hp akan sering mati dengan sendirinya saat melakukan panggilan telepon.
  4. Terdengar suara aneh saat melakukan panggilan telepon seperti “klik” atau “drew”.

Jika setelah dicek menggunakan kode tersebut diatas dan ternyata memang hpmu ada orang yang melacaknya secara diam-diam maka apakah solusinya? menurut cerita teman tadi salah satunya dengan “membuang” nomer yang lama dan mengganti dengan nomer baru.

Selain itu juga harus berbeda provider jika sebelumnya menggunakan provider A kemudian ketahuan ada yang membuntuti informasi privasi yang ada di ponsel kita,lalu gantilah nomermu dengan provider yang lain. Aduh kan sayang itu nomer kontak lama, dan isinya penting semua, nah apakah masih ada “rasa” tersebut. Yah semua tergantung pilihan apakah mau mempertahankan nomer dengan selalu “dikuntil” oleh orang yang tak dikenal atau hidup damai tanpa ada yang mengikuti dengan nomer baru, silahkan memilih.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Artikel terkait

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *