Bisnis online di indonesia ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, banyaknya masyarakat yang berbelanja online menjadi kesempatan bagi pebisnis online shop untuk berkembang menjadi besar. Nah untuk berjualan di media online anda harus banyak belajar seperti riset barang di marketplace lokal maupun internasional seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak sampai dengan Ali Express, Alibaba atau Wish.

Anda juga harus menentukan target pasar yang cocok sesuai dengan barang yang anda jual. Dan itu saja belum cukup, anda juga harus memperhatikan kondisi marketplace, gender audiance, dll. Agar anda bisa membidik target dengan benar melalui Fb Ads yang sangat memudahkan anda untuk mengiklankan produk anda.

Gambar : technofaq.org

Selain itu bagi anda yang tidak mau repot sekarang banyak sekali marketplace yang menyediakan lapak jualan. Hanya saja, bisa dibilang untuk membuka lapak di marketplace tersebut terdapat banyak pesaing lapak lainnya. Untuk itu anda harus melayani penjual dengan baik agar anda mendapatkan rating dan feedback yang baik dan bagus.

Untuk berbisnis online shop diperlukan produk untuk dijual, entah anda menjadi reseller/dropshipper atau mungkin menjadi produsen sendiri. Nah, kali ini saya akan membahas tentang produk yang laris dijual secara online, untuk itu mari disimak

Gambar : styloplanet.com

1. Produk yang lagi nge-tren

Sengaja saya taruh di urutan pertama, karena sering kali masyarakat mengikuti konsep yang lagi tren entah itu pakaian, tas, sandal, dll. Produk yang sedang menjadi tren cenderung memiliki banyak peminat, tak heran jika banyak toko offline dan online yang menyediakan produk tersebut secara instan. Ini semata-mata karena mereka memiliki peluang yang bagus untuk berhasil.

Sangatlah jarang toko online yang menyediakan produk jadul (out of date), karenanya pelaku usaha online shop sangatlah mempertimbangkan akan hal menurunnya calon buyer. Produk jadul sendiri sebenarnya masih ada peminatnya namun pelaku online shop membandrol harga produk jadul tersebut dengan harga yang relatif mahal, mungkin karena sangatlah sulit mencari calon konsumen yang mempunyai selera lawas/jadul.

Etz, Sedikit tips buat yang jualan produk tren yaitu jangan lupa riset marketplace terlebih dahulu, belum juga 100% produk yang sedang tren diincar buyer, karena ada berbagai faktor.

Gambar : theodysseyonline.com

2. Fashion

Produk fashion adalah produk yang sampai kapan pun akan di incar oleh calon buyer karena fashion adalah kebutuhan utama setiap orang. Yang jelas mayoritas masyarakat sangat memperhatikan penampilan. Itu sebabnya saya bilang, fashion selalu menjadi kebutuhan masyarakat agar bisa tampil lebih menarik dan tentunya keren. Google juga telah mensurvei, kalau produk fashion/pakaian adalah barang yang laris terjual di bandingkan dengan produk seperti kecantikan, gadget, buku, dll.

Baca juga: Memahami Perilaku Pasar Wanita Online di Niche Kosmetik Dari Herbeautymasker.Com

Konsumen produk fashion pun bukan hanya mayoritas kaum hawa, namun juga pria yang suka belanja online untuk produk yang satu ini. Ada banyak produk yang diminati oleh pria seperti jam tangan, sepatu, jaket, kaos, celana, dll.

Bagi anda yang punya bisnis online shop, fashion bisa menjadi produk yang utama. Bagi pelaku online shop pemula sih kebanyakan mereka menjual produk fashion ini, karena mereka beranggapan kalau saja produknya tidak laku dijual maka tidak akan menimbulkan kerugian terlalu banyak. Untuk alternatif lain biasanya pelaku online shop menjadi reseller agar meminimalisir terjadinya rugi.

Gambar : wagomu.id

3. Produk kecantikan

Siapa sih yang tidak mau wajahnya cantik. Semua wanita ingin mempuyai wajah cantik, tidak lain tujuannya untuk memikat hati para pria. Peluang tersebut dimanfaatkan dengan banyaknya produsen yang memilih untuk menggarap bisnis kecantikan.  Alesannya ada dua, yang pertama adalah wanita ingin tampil cantik, putih dan anggun; yang kedua : wanita dominan memiliki sifat yang berbelanja secara berlebihan dibandingkan pria.

Produk kecantikan yang biasanya dijual di media online diantaranya : penghilang jerawat, pemutih kulit wajah  dan tidak ketinggalan juga produk pelangsing yang menjadi incaran banyak wanita.

Dilihat dari data insight markplace indonesia, produk ini masuk dalam daftar produk yang laris bahkan diincar banyak kaum hawa. Namun untuk margin/keuntungan yang didapat oleh seller/penjual sangatlah besar dibanding produk lainnya.

Nah, saya rasa anda bisa memanfaatkan bisnis usaha ini, dan jika anda tidak punya skill untuk membuat produk kecantikan, saya sarankan jangan. Karena memliki resiko tinggi. Anda bisa menjadi reseller atau pun dropshipper dari supplier yang sudah terpercaya, aman digunakan, dan yang paling penting apakah sudah ada izin resmi dari BPOM atau kah belum.

Untuk menawarkan produk kecantikan kadang mudah kadang gampang, biasanya konsumen takut untuk membeli produk kecantikan di karena kan produk tersebut masih belum ada dipasaran, nah untuk yang masih pemula dalam closing saya rasa anda sulit untuk mendapatkan calon pembeli.

Gambar : kompasiana.com

4. Produk kesehatan

Produk yang tidak mau kalah dengan pesaingnya yaitu produk kesehatan. Peminatnya tergolong banyak, mulai dari usia remaja sampai tua, alasan mereka membeli produk kesehatan adalah mereka menginginkan hasil yang secara instant dan juga ingin memperoleh manfaat yang lebih, serta yang paling penting adalah manjur/mujarabnya produk tersebut.

Untuk menjual produk ini dibutuhkan bukti izin resmi BPOM dan juga label halal yang jelas, agar konsumen tidak takut untuk membeli produk tersebut. Mengingat sekarang banyaknya produk abal-abal (penipuan) yang beredar dipasaran, untuk itu konsumen lebih berhati-hati dan tidak ingin mengambil keputusan secara cepat untuk membeli atau tidak.

gambar : wrapbootstrap.com

5. Produk Makanan

Makanan adalah penunjang utama manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun jika membeli makanan di pasaran harus terlebih dahulu mengantri. Untuk itu produsen telah mengembangkan inovasi untuk berbelanja makanan secara online. Saat ini banyaknya produsen yang menjual makanan di media online. Untuk bersaing dengan lapak lainnya, mereka cenderung membuat inovasi dan kreasi makanan yang modern, unik, dan menarik yang sekiranya bisa menarik konsumen untuk membelinya.

Gambar : trendhunter.com

6. Produk yang unik dan menarik

Tampil dengan gaya yang sedang trend saat ini mungkin sudah biasanya. Atau pun memliki barang yang modern juga biasanya saja. Nah, sekarang banyaknya orang yang ingin mempunyai barang yang unik dan menarik karena mereka menyadari kalau barang bisa mencuri banyak perhatian lebih banyak orang.

Barang yang unik dan menarik adalah barang yang tergolong laris dalam pasaran. Selain itu barang yang seperti ini biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Mungkin anda bisa memanfaatkan bisnis ini untuk mencari keuntungan yang lebih besar.

Gambar : theverge.com

7. Gadget

Gadget merupakan kebutuhan yang bisa dibilang untuk kebutuhan sehari-hari dijaman modern ini, mulai dari chatting, video call, telepon, dll. Banyak orang pecinta gadget adalah peluang bagi kita untuk membuka usaha online shop dengan menjual gadget. Mengingat persaingan gadget dan juga banyak nya penjual gadget di hampir setiap jalanan. Untuk itu anda harus mencoba bisnis menjual gadget secara online.

Yang perlu diingat, jangan menaikkan harga gadget terlalu tinggi, dikarenakan banyaknya pesaing. Dan anda harus pintar-pintar menjual barang tersebut kepada calon konsumen, dan anda harus lebih perpengalaman mengenai gadget agar jika ditanyai tentang sesuatu hal yang berhubungan dengan gadget, anda bisa menjawabnya secara cepat dan benar.

Baca juga: Pentingnya Konten Di Sosial Media Dan 3 Tips Untuk Mengelolanya

Berjualan gadget resiko nya cukup besar jika gadget rusak pada waktu pengiriman bisa menyebabkan kerugian yang biasa di tanggung penjual. Untuk meningkatkan kepercayaan toko online anda dibutuhkan banyak rating dan feedback positif mengingat ada kasus pembelian gadget yang dibuka kemudian berisikan sabun.

Gambar : amazonaws.com

8. Produk elektronik

Meskipun peminatnya lebih banyak gadget namun bisa dipastikan bisa menyaingi produk lainnya. Menengok dari banyaknya pengguna barang elektronik yang menjadi incaran salah satunya adalah Action Cam yang diburu banyak remaja dan orang dewasa yang fungsinya untuk mengabadikan aktifitas seperti Vlog, melakukan hal yang tidak biasa, dll.

Namun produk elektronik seperti televisi, kamera, games (Playstation) peminatnya pun masih banyak. Saat ini banyaknya online shop yang besar menyediakan diskon untuk produk semacam ini.

Gambar : aarp.org

9. Buku

Baru-baru ini banyak online shop yang menyediakan produknya khusus untuk berjualan buku, karena mereka yakin buku tersebut laris terjual. Karena konsumen bisa lebih mudah membeli buku yang dia cari cukup dengan mengetikkan judul buku tersebut maka alhasil yang muncul adalah buku yang kita cari, tidak seperti di toko buku yang memiliki banyak buku untuk mencarinya rada-rada susah. Dan biasanya jika kita ke toko buku ,untuk mencari buku tersebut kita melirik buku lainnya, sehingga anda tertarik untuk membeli nya atau mungkin anda justru membeli buku yang lainnya.

Nah, itulah produk yang laris terjual di media Online. Perlu diingat jika anda menjual barang/produk dengan kategori diatas anda akan mendapatkan banyak pesaing. Jika anda tidak mau lebih banyak pesaing anda bisa memulai bisnis online shop dengan menjual produk yang tidak tercantum di atas.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

ABOUT THE AUTHOR:

Hanyalah seorang pemuda dari Lereng Semeru yang ingin berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman di dunia internet

Leave A Response