Aplikasi Multimedia Semakin Mantab di iPhone 6 Plus

Aplikasi Multimedia Semakin Mantab di iPhone 6 Plus
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp. 3.500.000
Sistem Operasi
iOS 8, upgradable to iOS 12.1
Memori Internal
16/64/128 GB
Tipe Kartu Memori
Tidak Ada
Kamera
8 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
5.5'
Resolusi
1080 x 1920 pixels

Spesifikasi Gadget

ProcessorCPUual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based)
TechnologyGPUowerVR GX6450 (quad-core graphics)
BatteryNon-removableLi-Po 2915 mAh battery (11.1 Wh)
SoundLoudspeaker3.5 mm jack
MiscDimensi158.1 x 77.8 x 7.1 mm (6.22 x 3.06 x 0.28 in)
Berat172 g (6.07 oz)
BodyFront glass, aluminum body
SIMNano-SIM
DisplayLED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors Layar 5.5 inches, 83.4 cm2 (~67.8% screen-to-body ratio) Resolusi 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)
ChipsetApple A8 (20 nm)
Kamera Depan1.2 MP, f/2.2, 31mm (standard) face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular video [email protected]
Kamera Belakang8 MP, f/2.2, 29mm (standard), 1/3
KonektifitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot Bluetooth 4.0, A2DP, LE
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

Dalam sehari, saya sempat mengamati seberapa sering saya gunakan handphone untuk membuka aplikasi multimedia dibanding aplikasi lainnya. Kebetulan saya masih sering memfungsikan handphone sebagai mesin ketik juga. Jadi, ketika sedang enggak mood ngetik kadang saya buka aplikasi multimedia untuk refreshing.

Ternyata memang dalam sehari saya jarang membuka aplikasi multimedia. Penyebabnya bukan karena males atau enggak ada waktu. Melainkan karena spesifikasi handphone saya yang memang kurang mantab kalau dipakai untuk mengoperasikan aplikasi multimedia.

Bentangan layar handphone saya kurang maksimal, resolusinya juga kecil, belum lagi spesifikasi GPU yang ngaruh banget pada performance handphone. Maklum, memang handphone saya agak jadul. Lebih cocok buat ngetik di aplikasi WPS dan chat di WhatsApp.

Sempat ingin ganti handphone yang lebih pas spesifikasinya buat aplikasi multimedia, tapi belum tahu merk apa yang cocok. Kebanyakan handphone yang spesifikasinya bagus, sering kali harganya mahal. Kalaupun ada yang murah, kadang kurang mantab dan enggak awet.

Ada satu handphone yang bikin saya penasaran. Waktu itu saya lihat teman saya sedang mengedit video menggunakan aplikasi di handphonenya. Dia memang suka merekam video menggunakan handphone, mengedit lalu mengunggah di media social.

Saya tanya merk handphone dan mengenai spesifikasinya. Ternyata RAM handphone dia sama dengan handphone saya, Cuma 1 GB. Tapi kenapa handphone dia kelihatannya lebih mantab untuk mengoperasikan aplikasi multimedia?

Sumber gambar: pexels.com

Ternyata dia pakai iPhone 6 Plus. Iya, selama ini yang saya tahu produk-produk Apple memang selalu muncul dengan kualitas premium. Seperti halnya iPhone yang sudah merajai pasar ponsel premium di dunia.

Selain nanya-nanya soal iPhone 6 plus milik teman saya itu, saya juga coba nyari informasi spesifikasinya. Terus terang saya masih penasaran tentang perbedaan performance antara iPhone milik teman saya dengan handphone milik saya. Padahal besar RAM-nya sama, hanya 1 GB.

Spesifikasi iPhone 6 Plus

Seperti halnya perilaku konsumen lainnya, saya cari-cari informasi spesifikasi barang yang hendak dibeli. Dalam hal ini saya cari tahu informasi spesifikasi iPhone 6 Plus, handphone yang sama dengan milik teman saya yang sempat bikin penasaran.

Sekilas memang tidak banyak perbedaan spesifikasi iPhone 6 Plus dengan handphone saya. Hanya saja iPhone 6 Plus memang terlihat sangat mewah dengan body metal yang membalutnya. Ketika digenggam terasa banget lebih kokoh disbanding handphone saya.

Membandingkan bentangan layarnya pun iPhone 6 Plus sedikit lebih lebar. Wajar saja karena iPhone 6 Plus memakai layar 5,5 inch, sedangkan handphone saya 4,7 inch.

Saya lupa berapa resolusi handphone saya, tapi sepertinya iPhone 6 Plus punya resolusi lebih tinggi. Terasa banget ketika saya bandingkan rasa ketika menatap layarnya. Lebih bagus iPhone 6 Plus dan terasa lebih nyaman di mata.

Baca juga: iPhone 6S Lebih Elegan, Body Kokoh dengan Fitur 3D Touch

Secara fisik, saya tertarik untuk memiliki iPhone 6 Plus. Saya piker handphone ini sangat pas dengan kebutuhan saya yang ingin mengoptimalkan aplikasi multimedia.

Review iPhone 6 Plus

Saya kemudian tanya-tanya tentang kesan teman saya itu terkait iPhone 6 Plus miliknya. Dengan harapan ingin lebih memantapkan pilihan terhadap handphone ini sebelum benar-benar membelinya.

Pertama, Layar iPhone 6 Plus Nyaman Banget Buat Main Game dan Nonton Film

Layar 5,5 inch milik iPhone 6 Plus ini menurut teman saya pas banget buat para gamer online yang suka main via handphone. Grafik yang disajikan melalui layar selebar ini bisa tampak lebih detail dibandingkan handphone yang berlayar lebih kecil. Dan juga enak digenggam menggunakan dua tangan ketika memainkan game.

Sumber gambar; id.techinasia.com

Mengenai kecerahan layar, jelas tidak diragukan lagi. Karena iPhone 6 Plus menggunakan layar dengan panel LED-backlit IPS LCD dan resolusi 1080 x 1920 pixels. Yang membuat gambar-gambar tampak lebih enak di mata. Main game terasa betah dan enjoy banget.

Kedua, Sistem Bawaan iPhone 6 Plus Oke Banget Buat Main Game

Mulai dari start aplikasi game online sampai menjalankan game terasa banget loadingnya cepat. Enggak butuh nunggu lama untuk membuka aplikasi game dan memainkannya. Begitu juga ketika hendak membuka aplikasi multimedia di iPhone 6 Plus. Hampir enggak ada kendala loading sama sekali.

Nyatanya performa dari iPhone 6 Plus yang disematkan chipset Apple A8 ini cukup memuaskan. Apalagi ditambah dengan performa GPU PowerVR GX6450 (quad-core graphics) yang menjadikan kinerja iPhone lebih maksimal. Meskipun RAM yang disematkan cuma 1 GB, tapi performa yang dihasilkan jauh lebih baik dibandingkan handphone android dengan besaran RAM yang sama.

Jika kita ingin performa yang lebih, kita tinggal sesuaikan saja pilihan memori internal yang disediakan. Ada tiga pilihan memori internal, yaitu ukuran 16 GB, 64 GB, atau kita bisa memilih ukuran memori internal 128 GB. Tentu saja masing-masing iPhone dengan memori internal yang berbeda akan memiliki perbedaan harga. Jadi tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan kita saja.

Ketiga, Hasil Jepretan Kamera iPhone 6 Plus Mantab

Dengan kamera 8 megapixel berteknologi tinggi yang ada pada iPhone 6 Plus, kita enggak perlu khawatir ketika hendak mengambil gambar objek kurang cahaya. Karena tersedia true tone flash yang bakal mampu mengoptimalkan hasil foto dapa objek yang kurang cahaya.

Yang mengesankan lagi dari teknologi kamera iPhone 6 Plus ini adalah adanya sensor iSight dan teknologi f/2.2 aperture, serta dilengkapi Optimal Image Stabilization. Fitur-fitur inilah yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi dari hasil jepretan kamera iPhone 6 Plus.

Kita juga enggak perlu khawatir terhadap kerusakan pada kamera. Karena kamera iPhone 6 Plus dilapisi sebuah pelindung berupa Sapphire Crystal yang membuatnya terlindung dari goresan atau rusak akibat terjatuh.

Baca juga: iPhone 7 Plus dan Inovasi Kontroversial yang Dibawanya

Akhirnya ketemu alasan kenapa teman saya suka sekali merekam video menggunakan iPhone 6 Plus miliknya. Ternyata kamera iPhone 6 Plus ini mampu merekam video slow motion 240 fps dan mampu menghasilkan video beresolusi Full HD 1080 pixels. Wow, mantabs.

Sepertinya memang enggak salah pilih jika iPhone 6 Plus kita gunakan untuk kebutuhan mengakses aplikasi multimedia. Jelas, karena fisik dan performancenya sangat mumpuni.

Harga iPhone 6 Plus

Soal harga iPhone 6 Plus jelas sebanding dengan kelebihan dan kesan premium yang dihadirkan dalam ponsel ini. Memang sejak awal produk iPhone diluncurkan, targetnya selalu ditujukan kepada kalangan menengah ke atas. Maka dari tu, enggak heran kalau harga produk iPhone selalu tidak murah.

Menurut beberapa referensi sumber di media online, rata-rata harga iPhone 6 Plus dibanderol Rp. 3.500.000 (untuk iPhone 6 Plus dengan memori internal 16 GB); Rp. 4.700.000 (iPhone 6 Plus dengan memori internal 64 GB); dan Rp. 6.300.000 (untuk iPhone 6 Plus dengan memori internal 128 GB).

Tentu saja harga iPhone 6 Plus tersebut sewaktu-waktu bisa berubah tergantung lapak penjualnya dan kurs rupiah. Mungkin saja nanti ketika kita coba cari informasi harga iPhone 6 Plus di internet, kita bakal menemukan beberapa toko online yang menjual iPhone 6 Plus dengan harga yang bervariasi.

Rasanya saya memang harus berterima kasih pada teman saya itu yang memberikan informasi review terkait iPhone 6 Plus. Dengan informasi tersebut saya jadi paham bahwa sebaiknya kita sesuaikan antara kebutuhan menggunakan handphone dengan kemampuan membeli produk tersebut. Agar nantinya kita bisa memanfaatkan handphone secara optimal sesuai dengan fungsinya.

Nah, barangkali ada yang mau beli iPhone 6 Plus? Langsung aja cuss ke konter handphone terdekat ya? [SNs]

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *