Sehebat Apa Sih iPhone 8 Plus? Simak Ulasan Singkatnya Disini

Sehebat Apa Sih iPhone 8 Plus? Simak Ulasan Singkatnya Disini
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp. 12.250.000
Sistem Operasi
iOS 11, upgradable to iOS 12.1
Memori Internal
64/256 GB, 3 GB RAM
Tipe Kartu Memori
Tidak Ada
Kamera
12 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
5,5'
Resolusi
1080 x 1920 pixels

Spesifikasi Gadget

ProcessorChipsetApple A11 Bionic (10 nm)
CPUHexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral)
GPUApple GPU (three-core graphics)
MiscDimensi158.4 x 78.1 x 7.5 mm (6.24 x 3.07 x 0.30 in)
Berat202 g (7.13 oz)
BodyFront/back glass, aluminum frame - IP67 dust/water resistant (up to 1m for 30 mins)
SIMNano-SIM
DisplayLED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors 5.5 inches, 83.4 cm2 (~67.4% screen-to-body ratio) 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density) Ion-strengthened glass, oleophobic coating - Wide color gamut display - 3D Touch display & home button - True-tone display
Kamera Belakang12 MP, f/1.8, 28mm (wide), OIS, PDAF 12 MP, f/2.8, 57mm (telephoto), 2x optical zoom, PDAF Quad-LED dual-tone flash, HDR [email protected]/30/60fps, [email protected]/60/120/240fps
Kamera Depan7 MP, f/2.2, 32mm (standard) Face detection, HDR [email protected]
SoundLoudspeakers with stereo speakers Tanpa jack 3,5 mm
KoneksiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot Bluetooth 5.0, A2DP, LE USB 2.0, proprietary reversible connector
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
WarnaGold, Space Gray, Silver, Red
BatteryNon-removableLi-Ion 2691 mAh battery (10.28 Wh)
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

Saya sempat enggak percaya ketika nonton ulasan iPhone 8 Plus di youtube yang mengatakan bahwa iPhone 8 Plus menjadi ponsel tercepat di alam semesta. Saya pikir si pereview terlalu berlebihan menyematkan predikat itu. Atau bisa jadi dia belum membandingkan dengan ponsel lain yang tentu saja kita semua tahu saat ini iPhone bukanlah satu-satunya ponsel yang digandrungi. Artinya belum layak julukan ponsel tercepat itu diberikan sebelum ada adu performance dengan ponsel favorit lainnya.

Iya, semacam atlet gitu. Mereka kan bisa dikatakan sebagai pemecah rekor ketika mampu mengalahkan catatan terbaik dari atlet lainnya. Logika ini tentunya berlaku juga buat performance sebuah gadget. Agar nantinya tidak sembarangan orang mengatakan gadget mereka yang paling hebat.

Sumber gambar: apple.com

Untuk iPhone 8 Plus ini, tentu sekilas kita lihat penampakan fisiknya enggak jauh beda dengan ponsel-ponsel lainnya. Bahkan ketika kita coba operasikan dengan menjalankan beberapa aplikasi atau game, feelnya mungkin enggak begitu terasa berbeda dengan ponsel lain. Maka dari itu, perlu dibuktikan dengan uji menggunakan parameter tertentu.

Di dunia teknologi gadget, dikenal istilah uji benchmark. Sebuah tes yang dilakukan terhadap gadget seperti ponsel, computer, dan lain sebagainya untuk mengetahui performance melalui interpretasi angka dalam digit tertentu.

Melalui uji benchmark inilah para reviewer gadget sering mengadu performance antar ponsel. Ponsel tercepat bagi mereka adalah yang mampu mencetak sekor tertinggi mengungguli hasil uji ponsel lainnya.

Nah, untuk mengetahui sehebat apa iPhone 8 Plus kali ini saya ingin buktikan dengan hasil uji benchmark tersebut. Saya sudah mencatat beberapa data tentang hal ini. Apakah iPhone 8 Plus beneran jadi ponsel tercepat di alam semesta? Yuk kita lihat.

Spesifikasi iPhone 8 Plus

Sebelum ke pemaparan hasil uji benchmark iPhone 8 Plus, perlu kita cermati dulu spesifikasi dari iPhone 8 Plus. Dari table spesifikasi di atas, ada yang menarik perhatian. Iya, Chipset Apple A11 Bionic (10 nm) dengan CPU Hexa-Core tersemat pada iPhone 8 Plus.

Baca juga: iPhone 8: Punya Prosesor Tercepat dengan Chip A11 Bionic

Untuk spesifikasi lainnya mungkin kurang lebih sama dengan ponsel lain, atau malah beberapa ponsel malah menyematkan sepesifikasi yang lebih tinggi disbanding yang ada pada iPhone 8 Plus. Namun, untuk urusan dapur pacu, hanya iPhone yang menggunakan Chipset yang tidak ada pada ponsel lainnya.

Inilah yang menjadikan iPhone selalu mampu menunjukkan kesan eksklusif dan premium dibanding ponsel lainnya. Mereka selalu menyuguhkan sesuatu yang istimewa dari teknologi terkini yang mereka rancang sendiri.

Review iPhone 8 Plus

Saya penasaran dengan kata “Bionic” yang disematkan pada nama chipset A11 yang dibawa iPhone 8 Plus. Karena pada seri-seri iPhone sebelumnya belum ada yang menggunakan A11 Bionic kecuali iPhone 8.

Sepertinya memang ada sesuatu yang ingin ditunjukkan Apple pada iPhone 8 Plus ini. Ternyata pada chipset A11 Bionic ini memiliki enam inti CPU, dengan dua core performance yang menjanjikan peningkatan kinerja sebesar 25% dan empat inti high efficiency yang menjanjikan peningkatan sebesar 70% dibanding A10 Fusion pada iPhone 7. (dikutip dari laman tomsguide.com)

Baca juga: Review iPhone 7: Spesifikasi RAM Kecil yang Powerfull

Wow! Performance iPhone 7 saja sudah begitu mantul (mantab betul), apalagi jika ada peningkatan hingga 70% kinerja pada iPhone 8 Plus? Beneran enggak bisa ngebayangin bakal seperti apa megang iPhone 8 Plus.

Benchmark iPhone 8 Plus Lebih Unggul

Hasil uji dengan Geekbench 4 yang mengukur kinerja secara keseluruhan menunjukkan skor iPhone 8 Plus jauh melebihi gadget lainnya. Skor iPhone 8 Plus mencapai 10.472 mengungguli Galaxy S8 yang mencetak skor 6.295 dan juga Galaxy Note 8. Bahkan iPhone 8 Plus mengungguli MacBook Pro 13 inch yang menggunakan core i5 generasi ke-7 sebagai dapur pacunya.

Yang mencengangkan adalah kita tahu bahwa Galaxy Note 8 menggunakan RAM 6 GB dengan chipset Snapdragon 835 Qualcomm, sedangkan iPhone 8 Plus hanya menyematkan RAM 3 GB.

Bisa dikatakan performance iPhone 8 Plus ini melebihi computer desktop yang menggunakan prosesor core i5. Bukankah ini sesuatu yang istimewa?

Sumber gambar: tomsguide.com

Uji selanjutnya adalah dengan 3DMark IceStorm Unlimited yang menunjukkan hasil skor telak atas pesaing iPhone 8 Plus. Skor iPhone 8 Plus mencapai 64.412 jauh di atas Galaxy Note 8 yang meraih skor 39.834. Tentu juga skor iPhone 8 Plus di atas OnePlus 5 dan Galaxy S8 yang juga diuji menggunakan cara yang sama.

Sumber gambar: tomsguide.com

iPhone 8 Plus Lebih Unggul Dalam Test Editing Video

Tes performance selanjutnya dilakukan dengan cara adu kecepatan dalam hal editing video. Dalam uji kali ini yang diadu adalah iPhone 8 dengan Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 +. Kita tahu bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sama-sama menggunakan chipset A11 Bionic dan memiliki spesifikasi yang hampir sama.

Tes dilakukan dengan cara menempatkan video berdurasi 2 menit yang direkam dalam 4K menggunakan drone pada ketiga ponsel yang diuji. Lalu sama-sama ditambahkan transisi dan efek yang sejenis sebelum mengekspor dan menyimpan hasil editik dalam format video pada ponsel masing-masing.

Hasilnya menunjukkan bahwa iPhone 8 bisa menyelesaikan tugas editing lebih cepat disbanding pesaingnya. Hanya butuh waktu 42 detik bagi iPhone 8 untuk melaksanakan tugas itu. Sedangkan Galaxy Note 8 butuh waktu lebih dari 3 menit, dan Galaxy S8 + butuh waktu lebih dari 4 menit.

Sumber gambar: tomsguide.com

Bukan hanya dari sisi editing video, iPhone 8 Plus yang menggunakan chipset A11 Bionic juga terbukti lebih unggul dalam uji kecepatan dalam membuka file PDF dalam ukuran besar. iPhone 8 Plus juga terbukti lebih cepat dalam memuat penuh game yang dijalankan pada ponsel tersebut.

Jadi, sepertinya memang enggak berlebihan kalau dibilang iPhone 8 Plus adalah ponsel tercepat dibanding ponsel favorit lainnya. Saya harus akui bahwa chipset A11 Bionic telah membuat iPhone 8 Plus mampu mengusung kehebatan yang luar biasa.

Harga iPhone 8 Plus

Dari beberapa referensi yang saya lihat, iPhone 8 Plus dijual dengan harga Rp. 12.250.000 untuk spesifikasi 64 GB. Sedangkan iPhone 8 Plus dengan spesifikasi 256 GB dijual dengan harga Rp. 14.100.000.

Tentu saja harga ini sewaktu-waktu bisa berubah. Tergantung kurs rupiah dan di lapak mana kita membelinya. Maka jangan bosan mencari informasi harga terupdatenya. Pantengin laman website ecommerce, juga pantengin laman website reviewnya.

Ada baiknya juga kalau kita bandingkan antara harga di toko satu dengan yang lainnya. Siapa tahu ketemu harga yang paling pas dengan kantong yang kita punya. Pokoknya jangan males survey harga kalau pengin dapat harga terbaik.

Biasanya orang yang menyesal setelah membeli handphone itu karena kurang cermat memilih. Kadang sudah terlanjur beli, ternyata di lapak sebelah  isa dapat harga lebih murah.

Tentu saja dengan predikat sebagai ponsel tercepat di alam semesta, iPhone 8 Plus sangat layak dibanderol dengan harga mahal. Karena memang sebanding dengan performance yang diberikan. Yakin deh, membeli iPhone 8 Plus enggak ada ruginya. Selain keren bentuk fisiknya, tentu juga bakal puas saat menggunakannya.

Nah, siap mencoba kehebatan iPhone 8 Plus? [SNs]

 

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *