Oppo F9: Smartphone Kelas Menengah dengan Charging Super Cepat

Oppo F9: Smartphone Kelas Menengah dengan Charging Super Cepat
Rating:
Rated 5.00 out of 5
Harga
Rp4.299.000
Sistem Operasi
ColorOS 5.2, based on Android 8.1
Memori Internal
64 GB
Tipe Kartu Memori
microSD
Kamera
25 MP
Model Kartu SIM
GSM
Ukuran Layar
6,23 inch
Resolusi
HD (1080 by 2340 pixels)

Spesifikasi Gadget

ProcessorProsessorMediatek Helio P60 Octa-core 2.0
BatteryBateraiTypical Capacity: 3500 mAh (Non Removable)
MiscGPUARM Mali-G72 MP3 800 Mhz
Internal storage64 GB
Kamera Belakang16 MP dan 2 MP
Kamera Depan 25 MP
Pilihan warnaSunshine Red. Twilight Blue dan Starry Purple
RAM4 GB dan 6 GB
Tinggi156,7
Lebar74,0
Ketebalan7,99 mm
Ukuran layar6,23 inch
Resolusi LayarHD+ 1080 x 2340 pixels
SIM CardDual Nano-SIM Cards
KeamananFinger Print
Disclamer: Kami tidak bisa menjamin bahwa informasi di halaman ini semuanya benar.

Menunggu memang hal yang tidak menyenangkan apalagi menunggu baterai handphone yang sedang di charging tetapi tidak penuh-penuh. Ah Rasanya pengen ganti handphone saja..hehe berlebihan

Tapi memang menunggu daya penuh itu menjemukan, karena kita ingin selalu memegang handphone itu. Tetapi tenang, hal ini mungkin tidak akan dialami jika anda menggunakan smartphone Oppo keluaran terbaru yakni Oppo F9 yang akan mempersingkat waktu isi daya pada smartphone.

Oppo sepertinya telah berkomitmen untuk selalu menciptakan smartphone dengan spesifikasi berbeda setiap mengeluarkan seri terbarunya. Jika sebelumnya vendor asal Tiongkok ini  telah merilis Oppo F7 maka beberapa bulan setelahnya  muncul Oppo F9 pada bulan Agustus 2018 dengan keunggulan yang diusungnya.

Baca Juga: Oppo F7: Spesifikasi Lengkap Pas Untuk Hobi Fotografi

Saya rasa Oppo F9 ini terlalu cepat untuk hadir di pasaran karena hanya tertaut beberapa bulan dari sang kakak, namun Kehadiran Oppo F9 ini bukan serta merta menggantikan posisi Oppo F7. Meskipun fitur-fiturnya memiliki kesamaan, F9 hadir untuk menyempurnakan versi sebelumnya.

Sebenarnya apa yang diusung oleh smartphone ini ?

Desain

Desain Oppo F9
Gambar : Oppo Official

Spesifikasi Oppo F9

Desain Oppo tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, Jika dari segi tampilan Oppo F9 memiliki varian kombinasi warna gradasi yaitu Sunshine Red (merah dan ungu), Twilight Blue (biru dan hitam), dan Starry Purple (ungu dan ungu gelap).

Di bagian belakang smartphone ini dilapisi oleh plastic tetapi sekalipun bahan utamanya dari plastic sekilas  tampilannya hampir mirip dengan kaca yang memberikan kesan mewah dan elegan.

Ada yang berbeda pada bagian belakang  Oppo F9, Jika dilihat dari angle samping terdapat pola yang hampir mirip sisik ikan dan pola ini juga yang membedakan dari seri sebelumnya. Untuk anda yang menyukai tampilan  polos, tenang. Pola ini tidak terlalu terlihat jika kita mengamati dari arah depan sehingga tidak akan berpengaruh pada tampilan smartphone.

Pada bagian layar Oppo F9 memiliki layar 6,23 inch menurut saya ukuran tersebut  saat digenggam sangat pas ditangan karena tidak terlalu besar dan juga tidak kekecilan.  Dibagian depan F9 menggunakan layar waterdrop screen yang mengasilkan notch seperti tetesan air dan terlihat sangat kecil hanya memuat kamera depan dibagian tengahnya.

Baca Juga: Oppo A37 : Smartphone Bodi Keren, Spesifikasi Oke dan Harga Terjangkau

Dengan notch yang kecil akan  lebih menghasilkan layar yang semakin luas dan ini merupakan salah satu kelebihan dari Oppo F9 dibandingkan dengan ponsel kelas menengah lainnya. Kemudian untuk display LTPS TFT LCD beresolusi HD+ 1080 x 2340 piksel detailnya sangat tajam dan memiliki warna yang cerah . Dengan berat 169 gram tentu membuat pengunaanya menjadi sangat pas ketika di genggam.

Selain itu dari segi keamanan  Oppo F9 juga dilengkapi  dengan finger print pada bagian belakang layar selain itu juga terdapat fitur face unlock pada smartphone ini.

Tidak lupa sebagai pelindung Oppo F9 memiliki pelindung layar Corning Gorilla Glass 6. Jenis Gorilla glass 6 ini di klaim memiliki kekuatan dua kali lipat dibandingkan dengan gorilla glass 5 yang dimiliki Oppo F7. Dengan pelindung layar terbaru dapat dipastikan smartphone ini akan tetap aman meskipun terjatuh berkali-kali.

Performa

oppo F9
Gambar : Oppo official

Hampir sama dengan versi yang keluar sebelumnya, kali ini Oppo F9 memiliki pilihan RAM 4 GB dan juga 6 GB dengan memori internal storage 64 GB dan masih bisa di upgrade sampai dengan 256 GB. Dengan spec tersebut anda dapat bermain game dengan lancar tanpa tersendat oleh kapasitas memory.

Oppo F9 sangat nyaman ketika digunakan scrooling media social selain itu saat main game juga tidak kalah dengan smartphone spec tinggi lainnya.

Salah satu Youtuber telah mencoba menggunakan smartphone ini untuk bermain PUBG sampai mendapatkan chicken dinner dan tidak mengalami kenaikan suhu yang signifikan, ini berarti smartphone ini sangat cocok untuk anda para gamers yang ingin menggunakan smartphone menengah dengan kualitas cukup tinggi

Oppo menggunakan OS Android  8.1 ( oreo) dan memiliki chipset  besutan mediatek MT6771 Helio P60 yang mempunyai spesialisai teknologi kecerdasan buatan atau artificial Intelligence. Smartphone ini juga dilengkapi dengan CPU Octa- core. untuk masalah grafis smartphone ini sangat mengandalkan GPU Mali G72 MP3.

Baterai

Salah satu kelebihan yang diusung dalam smartphone Oppo F9 ini adalah fitur VOOC Flash Charge yang biasanya dimiliki oleh smartphone kelas atas.

Lalu apa itu VOOC Flash Charge?

VOOC Flash Charge adalah fitur pengisian baterai dengan kemampuan mengisi daya hingga 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan metode pengisian daya pada umumnya. dengan menggunakan  VOOC Flash Charge anda bisa mengecas selama 5 menit untuk mendapatkan durasi pengunaan smartphone untuk menelepon selama 2 jam. Oppo mulai berani memberikan teknologi ini ke handphone menengah, karena biasanya fitur seperti ini hanya diberikan ke smartphone kelas atas saja.

Setelah saya coba mengisi baterai akan terisi 50 % dalam waktu setengah jam  dan untuk mencapai 100% saya membutuhkan waktu kira-kira satu setengah jam. Untuk Masalah ketahanan baterai smartphone ini memiliki ketahanan antara 22 jam sampai dengan 24 jam.

Kelebihan pengecasan durasi lebih cepat inilah yang menjadikan Oppo F9 berbeda dengan pendahulunya. Karena untuk penyematan VOOC Flash Charge ini adalah pertama kalinya bagi smartphone dikelasnya

Kamera

kamera oppo F9
Gambar : Oppo Official

Rupanya Oppo masih komitmen dengan gelarnya sebagai smartphone selfie expert. Dengan rilisnya Oppo F9 maka kualitas kamerapun selalu dikembangkan secara terus menerus.

Oppo F9 memikili fitur kamera depan 25 MP F/2.0 IMX576 dan sensorny telah dilengkapi HDR secara hardware. Fitur dari kamera depan juga banyak mulai dari vivid, sticker dengan berbagai animasi, serta yang menjadi andalan Oppo yaitu AI beauty pada kamera depannya. Kamera depan Oppo F9 juga memiliki detail yang sangat bagus. Anda juga akan mendapatkan efek bokeh ( belakang blur) pada mode potraitnya.

Baca juga: Oppo F1S Menggebrak Segmen Milenial

Pada saat menggunakan kamera depan biasanya anda akan mencari pencahayaan yang bagus agar mendapatkan hasil yang maksimal tetapi anda tidak perlu khawatir, untuk Oppo F9 ini memiliki kamera depan yang dapat mencerahkan yang berasal dari AI camera meskipun situasi untuk selfie tidak mendukung atapun low light.

Untuk kamera belakang Oppo F9 memiliki dua kamera yang dapat digunakan untuk kepentingan pemotretan. Kamera utama belakang memiliki 16 MP F/1.0  dan kamera satunya memiliki resolusi 2 MP. Dengan fitur auto fokus, zoom, dan mode  vivid juga dan  mode beauty sama seperti kamera depan.

Bagaimana dengan kamera videonya?

kamera oppo F9
Gambar : Oppo Official

Untuk anda yang suka vlogging nampaknya Oppo akan menjadi referensi kamera smartphone yang dapat digunakan untuk aktifitas vlogging. Kamera Oppo F9 juga dapat merekam video hingga full HD dengan detail yang lumayan untuk smartphone dikelasnya. Pada mode video juga terdapat beberapa fitur untuk mendukung kegiatan seperti super vivid yang dapat diaktifkan untuk mendukung warna dari video yang terekam.

Sebenarnya jika dibandingkan dengan hasil kameranya, kamera video memiliki kualitas video yang agak rendah. Tetapi untuk kamera Oppo dikelasnya memiliki kualitas yang baik.

Kesimpulannya

Smartphone ini hampir sama dengan pendahulunya Oppo 7. Namun dari sisi harga Oppo F9 jauh lebih mahal dari pendahulunya, mungkin kelebihan yang mencolok adalah fitur charging yang sangat bagus dikelasnya. Anda bisa melakukan isi daya dalam waktu yang relative pendek sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mengisi kembali daya pada smartphone anda.

Yuk dapetin update email penuh cinta dari BixBux

Review gadget lainnya

Berikan komentar

Email Anda tidak akan kami publikasikan. Wajib diisi *